Selamanya Selalu Dicintai

 

Sejak kecil, setiap tanggal 11 September tak pernah ada lilin dan perayaan khusus. Sepertinya hanya sekali saat SMP, makan bareng di rumah bersama temen-temen. Itulah pertama kali merasakan mendapat kado ulang tahun. Senang sekali mendapat hadiah, namanya masih bocah :p

 

Ibuku selalu bilang, meramaikan ulang tahun itu nggak penting. Yang penting doa dari keluarga. Setiap bapak dan Ibuku ulang tahun tidak ada bedanya dengan hari lain. Mereka tetap bekerja dan ibu tetap memasak untuk keluarga. Tak ada pesta besar-besaran. Uangnya ditabung !!!


ulang-tahun-luigi-ke6

Dan aku mengamininya hingga melahirkan Luigi tak ada yang spesial. Hingga pada usia 5 tahun kemarin, ternyata Luigi sangat antusias hari ulang tahunnya. Apalagi sepanjang hari ia bernyanyi lagu Selamat Ulang Tahun.

 

Saat itu aku merapalkan doa, semoga setiap hari lahirnya ia merasakan menjadi orang yang spesial. Aku bisa selalu menemani dan merayakannya.

 

Hingga sejak bulan September 2021 ia selalu menanyakan kapan hari ulang tahunnya. Ia mulai rajin menghitung hari.

 

Aku bersyukur suamiku mengijinkan aku merayakan di rumah Ibu sesuai keinginan Luigi. Kebetulan saat itu sekolah dilakukan secara dalam jaringan (daring). Jumat, 18 Februari Luigi sekolah dengan semangat. Setiap ustazah memberi pertanyaan seputar kisah Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Nabi Ismail selalu dijawab. Ia juga mengikuti shalat dhuha dengan khusuk.

 

Sepulang sekolah Luigi mulai gelisah. Kapan aku ulang tahun? Ratapnya serius


akhirnya naik jilid 2 menginjak usia 6

Saat itu Ibuk masih sibuk membuat nasi kuning di dapur, sementara kondisi Surabaya hujan. Kue tar yang dia inginkan, masih belum aku dapatkan. Sempat hunting kue seharga hampir 300ribu di Suzanna, untuk rasa yang masih ragu.

 

Hingga ide itu muncul. Kue tetap beli Holland Bakery dengan figur karakter Pow Patrol kesukaannya beli di Tobaku. Dalam gerimis, bersama mbak Erti mencari kue tar ulang tahun.

 

Ternyata kue tar di Holland Bakery tinggal 1, rasa lemon. Persis kue yang dibelikan untuk ulang tahun Bapak. Yaudah nggak masalah, tetap dibeli. Lalu mulai berburu karakter di Tobaku dan ketemu. Akupun juga membeli lilin angka 6, topi ulang tahun, hiasan dinding dan balon. Tak tahu akan seperti apa, yang penting dibeli dulu.

 

Ternyata pakdhe Aris (suami kakakku) semangat mendekor ruang tamu bersama bapakku. Ucapan Ulang Tahun di tembok dibantu oleh keponakanku, Davin. Sementara aku dan mbak Erti berburu waktu untuk packing nasi kuning, sesuai ukuran wadah. Aku memilah mana ayam goreng ukuran besar yang layak. Bagi Ibuku, ayam berukuran kecil harus dimakan sendiri. Terakhir, Ibuku bagian jepret wadah.

 

Luigi ditanya Ibuk, apa temannya diundang ke rumah. Dengan semangat ia jawab tentu. Dengan mengajak hanya 4 orang teman yang biasa bermain bersama di rumah Ibuk, perayaan ini sederhana namun membuatnya tersenyum.



Akhirnya acara terpenting adalah doa yang dipimpin oleh Bapak. Semoga Luigi makin cerdas dan tumbuh sehat. Lalu hampir 40 kotak nasi kuning dibagikan kepada tetangga dekat dan saudara. Semoga doa dari banyak orang sampai ke langit.

 

Alhamdulillah semua orang yang menerima nasi kuning buatan Ibuku memuji masakan Ibu. Semua mengatakan enak dan habis. Alhamdulillah. Semoga kebahagiaan Luigi hari ini menular pada yang menerima nasi kuning.



Luigi,

Kencangnya sang waktu memang tak dapat kuraih

Hingga kutahu, pada lonceng malam engkaulah laki-laki yang kini berusia 6 tahun

Dulu ingin kupercepat waktu agar engkau lekas besar

Agar tak perlu aku bersedih melihatmu dalam kesakitan dalam setiap pengobatan

Padahal, jika kuhitung nikmatNya... lebih banyak waktu sehat daripada sakitmu

 

Luigi,

Terima kasih menjadi anak yang kritis

Terima kasih menjadi anak yang mengerti dan empati

Terima kasih menjadi anak yang baik buat ayah dan mama

Terima kasih menjadi murid mengerti adab dan sangat siap sekolah

 

Sungguh, mama minta maaf padamu

Atas semua tangismu sewaktu kecil

Mama nggak sempurna, namun ingin selalu membuatmu tertawa

Saat ini mama ingin selalu memeluk dan menggendongmu

Ingin selalu membuatmu bahagia

Percayalah, Luigi dicintai selamanya

 

Selamat ulang tahun yang ke 6 ya Nak

Semoga Allah selalu menjagamu

Semoga Allah selalu memberikan kesehatan

Semoga Allah meninggalkan kesempatan yang baik

Semoga bahagia dunia akhirat :)


kesederhanaan hari usia baru Luigi ada di video ini







Baca juga : Luigi lima tahun

Luigi tiga tahun

Luigi dua tahun

Luigi setahun

Tidak ada komentar