Kilas Balik 2021

Kilas Balik 2021

 

Semoga nggak ketinggalan bikin kilas balik 2021 meski sekarang udah minggu kedua 2022. Tapi aku merangkumnya dalam 1 halaman, agar semua terekam selamanya. Kalian yang membaca semoga betah membaca sampai akhir ya. Semoga dalam kisahku setahun yang lalu ada sebuah pembelajaran.



Januari

Mengawali tahun 2021 -tepatnya 3 Januari- aku, Luigi, keponakan dan Bapak Ibuk refreshing ke Claket Adventure Park dan kolam pemandian air panas Padusan di Pacet Mojokerto.

 

Claket Adventure Park sesuai namanya adalah tempat yang nyediain berbagai wahana seru dan menantang namun tetap menyatu dengan alam. Wisata ini sepertinya cocok buat remaja alias muda mudi gt deh. Selain instagramable juga jiwa anak muda kan suka tantangan. Karena isinya ya kayak naik ayunan di jurang, foto deket jurang, ya seperti itu lah.

 

Trus baru deh ke pemandian yang nggak jauh dari Claket Adventure Park. Eh pas di kolamnya malah hujan deres. Tempat pemandian ini letaknya diatas ketinggian 800 mpdl, jadi udaranya sejuk atau cenderung dingin. Suhu disana rata-rata 20 derajat celcius.

 

Oia, lokasi pemandian air panas Padusan ada di bawah lereng gunung Welirang. Denger-denger sih kalo masyarakat mandi disini, bisa ngilangin penyakit khususnya penyakit kulit. Entahlah itu mitos apa nggak. Jadi yang nyebur disana ya cuma Lui Bapak dan Davin. Omong-omong emang kaki Lui kan suka gatel gitu.

 

Alhamdulillah, setelah sepanjang 2020 nggak pernah keluar rumah sama sekali -apalagi keluar kota- kali ini bisa nyampe Mojokerto. Dekat sih dari Surabaya, tapi lumayan hawa baru. Adem..

 

***

Mungkin terlalu gabut karena Luigi belum aku sekolahkan, akhirnya aku memperbolehkan ia memelihara hewan. Yang aku setujui hanya anak ayam. Maka, oleh Bapakku dibelikan sekitar 5 ayam yang bisa kami kasih makan dan sayangi sepenuh hati di belakang rumah.

 

Kami nggak bikin kandang khusus, aku biarin aja para ayam berlarian sepuasnya di kebon belakang rumah.

 

Menurutku itu lebih berperikehewanan dari pada di kasih rumah sempit yang sampe mereka terbatas geraknya. Cuma ternyata kalau maghrib, si ayam ini butuh tempat berlindung, jadi aku kasih tempat bekas kandang burung yang gede. Nah biasanya aku yang kebagian bersihin kotoran ayam di kandang.

 

***

 

31 Januari menjadi titik awal berani melangkah ke mall di Pakuwon City dan kami bertiga makan di Penyetan Cuk. Rencananya setelah makan aku pengen tulis di blog, sekalian buat konten. Karena sebelum makan, tuh semua menu yang kupesen udah kupotoin, tapi yaaah sekali lagi, nggak sempet. Bloger macam apa aku ini, hiks.

 

 

Februari

 

Pada awal bulan kedua aku diberi kepercayaan menjadi tamu di Instagram Live sebuah komunitas menulis. Untuk momen ini aku sampai beli ring light baru di mall BG Junction Surabaya biar nggak kucel di kamera. Yihahaha.

 

Alhamdulillah semuanya lancar meski awalnya aku sangat grogi, takut salah ngomong. Yang ngeliat sih nggak banyak, nggak sampe 50 orang, tapi aku seneng ada pengalaman baru.

 

***

 

Di 3 Februari untuk pertama kalinya Luigi mengaji pada seorang guru yang rumahnya dekat dengan perumahan tempat kami tinggal. Jadi ia jalan kaki bersama 2 temannya yang selalu jemput.

 

Lama-lama sih ia ngerasa nggak nyaman. Kenapa dek? Tanyaku sambil mendekat pada Lui. Disana panas Ma, aku keringetan :D aku kasih solusi untuk sangu kipas tangan. Tapi ternyata ia beneran nggak nyaman, padahal aku seneng karena lokasinya yang terjangkau. 


Ia pun beneran nggak lanjut saat perumahanku lock down karena varian Delta banyak tetanggaku yang mulai terjangkit.

 

***

 

Karena aku nggak tahu lagi harus ngapain, maka tanggal 11 Februari aku belajar Canva. Pada kelas berbayar ini aku kurang aktif karena ternyata aku kurang minat otak atik element. Jiwa seniku emang payah. Padahal aku tahu, tujuanku ikut kelas ini tentu saja biar ngeblogku makin bagus.

 

***

 

Esoknya 12 Februari mbak Erti dan keponakanku Davin aku ajak ke pelabuhan. Darisanalah muncul ide untuk membuat konten yutub. Meski amatir, tapi aku suka sama hasilnya. Hanya saja karena fokus edit video, sampai sekarang aku belum pernah menuliskannya di blog. Semoga secepatnya bisa kesana lagi dan bercerita disini ya.

 

***

 

Setelah mbakku pulang, ya biasa aja 13 Februarinya. Lalu terjadilah, atap kamar rumahku roboh. Padahal kamar itu kami buat tidur bersama berlima biasanya. Setelah kejadian hujan itu, aku masuk kamar. Tiba-tiba ada suara gemuruh yang sangat keras dan byar, plafon kamar ambruk dan hanya ada aku di kamar itu.

 

Saat itu aku di depan laptop. Untungnya aku nggak di atas kasur, dan laptopku juga nggak kena. Cuma ya penuh debu gt. Hmm, ini sih akibat nggak taat sama suami. Adalah masalah saat itu, jadi kayak Allah kasih balesannya saat itu juga. Auh ah, pengen lupain aja gitu. Maafin ya suami :P

 

Trus esoknya, Bapak Ibuku bantuin beresin rumah. Pokoknya mati-matian deh emak bapakku kerja bakti. Hingga akhirnya memutuskan, ayam peliharaan Luigi dibawa ke Surabaya aja dan disembelih. Luigi tahunya ayamnya lagi dititipin ke orang lain, penjelasan Bapak sih gitu.

 

***

 

Dan akhirnya 18 Februari ngerayain ulang tahun Luigi yang ke 5 tahun di rumah Bapak dan Ibuk. Ibuk masak nasi kuning secukupnya buat dibagiin ke para penjahit. Dan aku beliin kue di Holland Bakery juga lilinnya.

 

Sempet ada kok catetannya tentang ulang tahun. Intinya sih, aku seneng Lui udah gede. Inget-inget waktu masih kecil kan dia sakit-sakitan mulu. Sekarang pandemi malah sehat karena di rumah aja.

 

Maret

Bulan Maret aku ikutan lagi kelas blognya teh Ani Berta dan SEO dari mas Ardan, juga Canva dari mba Eva. Ini ceritanya ngulang kursus ISB dan aku seneng bisa menuliskannya ilmu SEO nya ini. Biar inget lah poin-poinnya.

 

Kelas teh Ani, SEO mas Ardan, dan mba Efa bener-bener aku simak, karena emang gabut banget di rumah aja. Jadi selalu bisa nyimak di setiap kelasnya. Nggak pernah absen karena alesan remeh sih.

 

Dari kelas ini aku belajar dari mba Vicky, bloger Surabaya juga. Setiap masuk kelas, mba Vicky selalu open camera zoom, dan selalu dandan juga pakai baju rapi. Ia pun pakai lipstik yang cetar. 


Ternyata alasannya karena ia ingin menghargai pengisi materi dengan cara seperti itu. Ia membuka kamera sepanjang kelas tandanya ia siap menerima materi.

 

Makanya kalau aku ikut kelas zoom, biasanya aku tiru cara mba Vicky ini. Kebetulan di kursus ISB ini aku sekelas sama mba Vicky.

 

***

 

Di bilangan 14 bulan ketiga, aku berkesempatan naik kereta api. Setelah sekian lama yak. Naik kereta pertama pada saat pandemi, ya meski cuma kereta jarak pendek sih. Gresik-Sidoarjo doang. Belum ada tuh yang namanya varian Delta virus Korona. Jadi ya kita ngerasa masih aman aja dengan protokol kesehatan. Akupun bikin konten yutub selama menikmati perjalanan kereta.

 

Ini kayaknya pengalaman kedua Luigi naik kereta api. Yang pertama pas dia masih bayi aku ajak ke Bojonegoro, jadi pasti nggak inget dong.

 

April

Awal bulan keempat tanggal 8 pertama kalinya Luigi aku ikutkan kajian online. Pengalaman Luigi ngaji jarak jauh pakai zoom meeting. Lumayan buat pemanasan sebelum dia sekolah online kedepannya. 


Dia jadi tahu, kapan nyalain mic, kapan harus tanya dan kapan harus nyimak. Aku liatnya sih dia seneng karena pengalaman baru kali ya. Dia juga nggak caper kok selama nge-zoom.

 

***

 

Tanggal 9 April aku memenangkan lomba blog yang diselenggarakan EraSupplies dan HP Indonesia. Alhamdulillah dapat juara 3. Padahal temanya "bukan aku banget". 


Esoknya 10 April baru deh pengumuman lomba Anugerah Pewarta Astra 2020, dan aku deg-degan pas dapet email dari panitia suruh hadir di zoom. Apakah artinya aku dapat juara? Dan ternyata Alhamdulillah perjuanganku wawancara Pak Hendro di sela nemenin mbakku operasi bisa diganjar sebagai juara favorit 9. Lumayan lah sebagai pemula lomba Astra ini aku bisa dapat tempat.

 

Tak lupa aku ucapin terima kasih sama Pak Hendro, aku tag beliau di Instagram. Yakin deh, kayaknya cuma aku yang wawancara beliau dengan “ngeyel” haha. 


Padahal beliau ini kepala sekolah loh, tapi aku kejar agenda beliau sampai bisa wawancara 2x, dengan alasan butuh fotonya Pak Hendro, hehe. Padahal aku masih pengen gali data lagi.

 

Bandingin aja tulisan di web konvensional tentang Hendro Yulius Suryo, tulisanku kayaknya paling lengkap *sombong setengah mati :p

 

***

 

Bulan April aku juga belajar dari kejadian tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 401 di perairan utara Bali. Awalnya kapal selam yang membawa 53 awak kapal ini dilaporkan hilang kontak pada Rabu (21/4/21) sekitar pukul 03.00 WIB saat melakukan latihan penembakan terpedo SUT (Surface and Underwater Target).

 

Hingga akhirnya panglima TNI menyatakan kapal selam mengalami tenggelam dan semua awaknya gugur. Sungguh, usia adalah misteri. Yang wajib adalah melakukan yang terbaik setiap hari untuk “sangu” dan nggak boleh menunda untuk memberikan kasih sayang pada orang yang dicintai.

 

Mei

 

Sekali lagi mungkin saking gabutnya pada bulan Ramadhan, aku ikutan kelas webinar berbayar. Pada 8 Mei aku ikut kelas strategi mempersiapkan anak belajar membaca, karena Luigi pengen aku ajarin sendiri mengenai calistung. 


Esoknya 9 Mei aku ikut kelasnya mba Maya Lestari temanya strategi mengembangkan literasi untuk anak usia pra sekolah.

 

14 Mei malam pada lebaran pertama tiba-tiba ada agenda dadakan. Mudik ke kampung halaman Ibuk Bapak. Karena Adit nggak bisa ikut karena ada amanah tetep nyalain alat printing.

 

Maka, Aku, Lui, Mbak Erti, Davin, Bapak dan Ibuk ke Trenggalek bareng sama saudara dari Benowo, bos warung Jaya.

 

Kok bisa mudik? Bisa karena nenekku sakit. Tiap malam kakinya ngilu, bahkan buat jalan sulit. Makanya kami beneran mau nengokin mbah uti.

 

Selama perjalanan juga lumayan juga cari jalan aman. Hingga berhenti buat istirahat di warung Titin. Biasanya disana banyak mobil travel yang parkir, tapi kali ini nggak ada satupun mobil. Cuma mobil kita aja. Menunya pun nggak lengkap, telur aja nggak ada. Akhirnya Luigi makan tahu Kediri.

 

Semua makanan orang se-mobil aku yang bayari. Itung-itung, udah nebeng masak nggak tahu diri sih, HEHE. Makanya aku langsung ke kasir aja.

 

15 Mei pagi nyampe Panggul, dan kami main ke sawah dan main di kali pada hari pertama. Alhamdulillah videonya bisa aku kumpulin buat konten yutub.

 

16 Mei kami berwisata ke pantai Konang, bawa udang buat makan di rumah mbahku. Pulangnya cuci baju karena sepulang dari pantai baju Luigi penuh pasir.

 

17 Mei semua berangkat ke rumah masa kecil Bapak yakni Sambiroto. Seneng banget akhirnya naik gunung. Ketemu saudara Bapak. Kami juga sempet makan di rumah masa kecil bapak yang sekarang ditinggali oleh adiknya yang nomor 9. Cuma sepi banget.

 

Videonya disana cuma sedikit, jadi nggak bisa aku satuin khusus Sambiroto. Tapi ada pengalaman seru karena pulangnya kami jalan kaki. Ibarat para tim pencinta alam, kami bener-bener turun melewati pegunungan yang jauh. Luigi nggak gendong sama sekali. Ya kalo capek, berhenti. Kami juga sempet melihat pertandingan volly antar desa. Cuma nggak boleh ada foto atau video.

 

18 Mei pagi aku dan mbak ke pasar Panggul karena kebetulan pasar Wage. Jadi rame. Trus siangnya kami ke sawah bareng, bikin konten juga. Esoknya kami pulang ke Surabaya, singkat tapi cukup seneng. Lebih ke lega sih perasaannya. Lega karena akhirnya Ibuk dan Bapak bisa mudik.

 

***

Setelah pulang dari desa, aku perhalus lagi lomba mengenai sampah makanan. Ternyata aku kalah dong. Tapi saatnya pengumuman, dapat peringkat 1 games tebak cepat. Jadi aku dapet hadiah dari penyelenggaranya, seperti tumbler dan berbagai peralatan ramah lingkungan. Sedih, jelas HAHA. Tapi yaudah aku lupain. Berjuang lagi di lomba lainnya.

 

Juni

1 Juni Adit ada kerjaan di daerah Menganti, aku dan Lui ikutan deh. Ternyata tempatnya deket sama Lontar Sewu. Akhirnya nyari deh tempatnya. Satu jam sebelum tutup, kami nyampe lokasi. 


Ibarat pasar malam, tempat seperti ini lumayan sih kalau emang kangen bazar. Di sana cuma naik kereta sawah doang bertiga. Mau makan juga udah tutup restonya. Yaudah jajan doang HAHA.


***

11 Juni akhirnya aku bisa melepaskan pekerjaan di Ngagel, setelah lebih dari setahun yang lalu memohon pada Pak Bos mengajukan resign karena Luigi mau sekolah. Tapi karena pandemi, akhirnya nggak jadi sekolah, nggak jadi juga deh resign-nya. 


Inget banget pertama kali kerja bareng tim dari mulai kantor di Gubeng Kertajaya bulan Oktober 2017, hingga sekarang pindah ke Ngagel. Wow, ternyata lama juga ya aku kerja bareng tim dengan orang-orang cerdas :D


Tapi mungkin Allah tahu kapan waktu terbaik. Dan inilah saatnya, Juni 2021. Yang dirasakan setelah resign adalah LEGA BANGET. InsyaAllah semoga meninggalkan kesan yang baik, karena aku berusaha amanah dalam setiap pekerjaan. 

 

***

24 Juni aku mengikuti seleksi tim Reviewer Enlightening Parenting. Esoknya jam 5 sore pengumuman hanya 14 orang yang lulus tahap A. 


Dan aku? 

Nggak lulus :( 


Pesannya Kak Offie kelonan lagi sama buku EP. Pesan Bu Okina, membaca, menulis dan mengaplikasikan adalah koentji. Semua peserta more or less paham keseluruhan konsep EP , hanya soal tahap ke-nglontok-annya saja ada selisih.

 

Akupun curhat sama suami dan di puk puk HAHA. Aku tahu di mana kekuranganku dalam menjawab soal. Semoga tahun depan ada kesempatan lagi untuk terus taat, syukur, meningkat dan bermanfaat bersama konsep Enlightening Parenting.

 

***

22 Juni lomba blog @DivisiHumasPolri pusat aku nyoba ikutan lagi. Hadiahnya gede :p Di malam sunyi, aku dapat ide bahas Bhabinkamtibnas dalam perannya untuk penanganan Covid-19. Aku harus wawancara ke Bhabinkamtibnas kecamatan Sawahan Surabaya, dengan cara janjian.

 

Susah juga yak, karena beliau sibuk banget. Belum lagi ada trauma takut polisi karena pernah ketilang HAHA. Ternyata kalah lagi, :p yaudah lanjut aja. Berjuang lagi.

 

Hingga akhirnya Juni menjadi bulan yang nggak bakal di lupakan semua orang. Varian Delta mulai masuk Indonesia. Tetangga kanan kiri, berguguran, mereka kalah.

 

Hitungan akhir kalender Juni, Luigi sakit yang menurutku lumayan parah. Setelah sehat karena pandemi, kali ini dia muntah puluhan kali dalam sehari. Hingga bertemu dr. Syamsul Arief, Sp. A (K), MARS dengan antrian nomor 10. Allah beri kesembuhan melalui tangan dokter Syamsul karena Luigi lebih baik.

 

Lalu karena lonjakan kasus Covid-19 yang makin menjadi, maka mulai 3 Juli akan diberlakukan PPKM darurat se-Jawa Bali. Ya Allah terima kasih sudah menjaga keluarga kami.

 

Juli

 

Dengan pengalaman mendampingi Luigi sakit, maka aku berusaha cara sendiri vaksin massal, dan nemu di Polrestabes Surabaya. Meski antriannya MashaAllah, tapi hajar aja pada 7 Juli 2021. Masa ini terjadi krisis oksigen dimana-mana. Oksigen menjadi langka, kalaupun ada harganya bisa berpuluh kali lipat.

 

Dan setelah vaksin pun aku masih harus debat sama Adit, karena yang penting bagi dia hanya sertifikatnya saja. Hingga akhirnya ia menerima, bahwa memang Covid ini berbahaya buat keluarga kita khususnya. Kami saling menguatkan dan menyadari bahwa memang Covid nggak bisa dianggap remeh. Lalu 14 Agustus aku vaksin lagi dosis kedua. Semuanya memakai vaksin jenis Sinovac.

 

***

Setelah menunda sekolah karena pandemi, mengundurkan diri pada tahun kemarin. Tanggal 12 Juli adalah hari bersejarah karena Luigi akhirnya sekolah. Sekolah online menggunakan zoom meeting. MashaAllah anakku TK-A. Yang awalnya emaknya galau tetep lanjut sekolah, apa homeschooling aja. Tapi akhirnya sekolah formal juga.

 

Pertengahan Juli ada yang tidak beres pada indera penciumanku. Aku nggak bisa membau apapun, termasuk minyak wangi atau minyak kayu putih. Sejak itu, di rumah aku selalu pakai masker termasuk tidur. Jika mendampingi Luigi belajar aku bener-bener jaga jarak sama dia.

 

Padahal saat itu, keluargaku di Surabaya akan ada cara penting namun mendesak. Bapakku akan menikahkan (lagi) kakakku. Meski dalam kondisi PSBB, tapi harus segera dilaksanakan karena calon suaminya bakalan balik ke laut lagi. Akhirnya 30 Juli mbak Erti menikah. Alhamdulillah. Dengan segala keterbatasan, namun acara berjalan lancar.

 

Agustus

Fokus dampingi Luigi sekolah online, menyesuaikan jam biologis yang baru dengan membiasakan bersepeda sebelum menghadap laptop untuk zoom dan aku vaksin dosis 2. Akhir Agustus juga menyempatkan main ke rumah Kinan dan Laras di Krembangan Gresik bersama Bapak Ibuk dan Luigi.

 

September

10 September aku perpanjangan SIM di Gresik meski KTP ku Surabaya. Ternyata caranya mudah kok. Pokoknya harus H-1 deadline SIM kadaluarsa harus diurus ke Samsat.  

 

12 September pertama kali bikin kolam lele. Adit beli terpal buat kolam di temannya. Kebetulan temannya juga ternak lele, jadi sekalian kami bisa belajar. Bapak seneng banget. Beliau sampe beli 1.000 ekor anak lele. Lalu Bapak beli terpal lagi yang lebih tinggi.

 

11 September Luigi les renang pertama kali. Untuk mengajaknya kelas sepak bola masih sulit, makanya diajak aja main air. Dan dia setuju. Kami pakai guru privat dari guru olahraga sebuah sekolah di Gresik.

 

Oia masa-masa bulan September ini lumayan menyita banyak duit sih. Karena air PDAM mati lebih dari 2 minggu (eh apa lebih ya) dan nggak tahu kapan keluar air lagi. Maka, kami memutuskan untuk pakai sanyo lagi. Ternyata 2X pasang sanyo tetep nggak bisa. Air dari sumur bor masih susah naik.

 

Kecewa juga sih sama tukang pompanya karena ketika tetep nggak bisa bukannya garansi malah dia minta duit lagi, banyak pula :(

 

Barulah 16 September Bapak manggil tukang pompa air yang direkomendasikan sama suaminya mbak Erti. Dengan sekuat tenaga, seharian benerin air, akhirnya air bisa keluar, mashaAllah. Nikmatnya ada air mengalir deras.

 

Oktober

Suatu siang yang panas 9 Oktober, tiba-tiba mas Adhe hubungi aku untuk menawarkan sebagai tamu undangan bersama Tempo sebagai perwakilan bloger peserta webinar Cek Fakta Tempo. Aku iya iya aja sih. Dipikir nanti lah, pikirku singkat.

 

Pembicaranya dari Tempo.co Health Fellow dalam program Facebook – Global Health Fellowship , ICT Watch Indonesia, Presidium Mafindo, dosen Universitas Indonesia dan aku sendiri. Acara juga dibuka oleh Pemimpin Redaksi Tempo.co.

 

Tapi tiba-tiba aku beneran kepikiran, buset ini kan Tempo sebuah media besar. Aku liat lagi profile pembicara, ya ampun langsung meriang. Pantes nggak sih aku satu layar sama mereka. Akupun belajar materinya lagi, bikin draft khusus untuk acara ini.

 

Aku mikirnya gini, bukankah ntar bakalan ada terus di youtubenya Tempo, bahkan mungkin SELAMANYA. Makanya aku nggak boleh nggak sempurna. Aku dipercaya berarti aku mampu dan dapat mengedukasi.

 

Hingga tibalah 18 Oktober jam 11.00 WIB Allah lancarkan lisan ini dalam berkomunikasi. Acara ini streaming dari berbagai kanal mulai Youtube Tempodotco, Facebook Tempo Media, Youtube TV Tempo dan Facebook TV Tempo.

 

Untuk kali ini aku sampai pasang catatan di pinggir-pinggir laptop biar nggak ada poin yang terlewat dari tema. Makasih ISB atas kesempatannya. Makasih Tempo udah mempercayakan namaku ada di flyer Instagram Tempo.Co. Makasih suami yang bawa Luigi kerja, agar aku bisa fokus presentasi :)

 

***

Pada 30 Oktober Alhamdulillah bisa merayakan secara sederhana ulang tahun Bapak dan Ibuk secara bersamaan. Ada kue ulang tahun dan doa-doa agar semuanya diberi kesehatan. Tak lupa juga kami semua berfoto bersama. Ya Allah semoga kami anak dan cucunya bisa SELALU bisa membahagiakan Bapak dan Ibuk. Seorang yang telah berjuang dengan kerja keras, tulus dengan kasih sayang buat kami semua.

 

November

7 November nekat tanpa persiapan ke pesisir Kabupaten Lamongan. Tujuan kami ke Maharani Zoo dan Gua.  Harusnya Cave ya, tapi emang gitu namanya – pakai gua - . Disana Luigi seneng banget pertama kali tahu bahkan bisa masuk gua. Bayangannya gua itu gelap. Tapi ini kan gua wisata, jadi udah dibentuk sedemikian rupa biar tetep ramah pelancong.

 

Suer aku seneng banget disini, meski kaki pegel karena Maharani Zoo dan Goa ada di atas lahan seluas 3,5 hektar. Jalannya naik turun, tapi akhirnya bisa pergi bertiga. Kami juga ada pengalaman baru yakni kasih makan burung. Awalnya aku takut, tapi lihat Luigi nggak khawatir, maka aku berani deh.

 

Untuk cuacanya sangat panas gaes, maklum ya daerah pantau utara Jawa (Pantura), jadi meski di dalem banyak pohon tapi hawanya ya tetep nggak se adem kalau kita ke Batu. Kapan-kapan aku cerita detailnya deh :p

 

19 November

Ngedate sama Luigi di Icon Mall Gresik sejak pulang sekolah. Mulai lihat pameran lukisan, main ke Happy Time, makan nasgor, beli jajan, dan nonton di CGV. Ini adalah bioskop kedua Luigi setelah dia bayi. Kami nonton film Nussa.

 

Oia aku tertarik banget sama pameran lukisan dari Solo Painting Exhibition seorang anak usia 11 tahun bernama Aliya Sakina Murdoko. Tema pameran yang diusung adalah Art Journey Into The Future. Di lantai 2 Icon Mall Gresik, semua karya lukisannya dipamerkan.

 

Luar biasa, anak muda cerdas yang kreatif. Terdapat pula informasi semua pencapaiannya dari tahun ke tahun mulai International Art Appreciation, Music Appreciation, Writing Appreciation dan Group Art Exhibitions. Sungguh kecil-kecil cabe rawit. Salut juga sama orang tuanya. Sayangnya, pameran ini letaknya di pojokan, dan saat itu yang ngunjungi cuma aku Luigi doang. Huift. Eman.

 

Aku pernah tanya ke mbak Maya Lestari saat aku bingung mengenai bahan obrolan sama Luigi. Aku nggak tahu lukisan yang kuat dan filosofis itu seperti apa yang bikin Lui antusias saat pameran.

 

Kira-kira gini pertanyaannya

“Mba, kapan hari anakku kuajak liat pameran lukisan, tapi aku jadi bingung bahas apaan ya, selain bilang bagus lukisannya 😀 Gitu itu mba kalo ajak anak2nya ke pameran seni yang jadi bahan pembicaraan apa aja mba? Atau pernah nulis di status FB, mungkin🙏”

 

Jawaban mbak Maya Lestari seperti ini

“bahas aja seputar maksud lukisan, Mbak. Perhatikan ada apa aja di lukisan itu, trus coba dikira maksudnya. Kira-kira lukisannya menceritakan apa. Mulanya kita aja yang cerita dulu. Ya dikira-kira aja.”

 

Jadi ada gambaran jika esok ajak Luigi ke pameran lukisan lagi. Pulangnya puas banget. Ternyata anakku udah bisa diajak ngedate dan dia betah duduk di bioskop yang remang. Apalagi ada jarak antar kursi. Hebat deh Luigi !!! Mama bangga sama adek karena baik selama jalan-jalan nge-mall. Nggak minta ini itu, nggak kabur saat duduk di kursi bioskop, dan nggak minta pulang. Pokoknya semua sesuai rencana :D

 

***

 

27 November toko yang ada di rumah harus pindah di tempat yang lebih luas, sebelah Rumah Sakit Semen Gresik. Akhirnya punya rumah yang lapang. 

 

30 November

Mbah Uti ke Gresik, udah lebih sehat, dan segar. Sehat selalu Mbah.

 

Desember

5 Desember kami ke Jalan Tunjungan lihat Hari Armada ke 76 karena digelar Navy Day dengan tema Satria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju. Di sana ada music performance, pertunjukan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) sepanjang Tunjungan Romansa.

 

Alutsista yang dipamerkan banyak banget diantaranya Skuter Rutinor, RHIB Kopaska, Tank BMP 3F , P6 ATAV, RM 70 GRAD, Mobil Chamber , Howitzer 105 MM, Sea Rider Taifib, Jforce Hard Top, Jforce Soft Top, ACMAT VLRA, Skuter Air DVP, Sea Rider Impact, Sea Rider NSW.

 

Luigi sempat dapat penjelasan bahwa ada Alutsista yang bisa jalan di jalanan berat seperti lumpur dan batu. Akupun “maksa” dia foto sama salah seorang prajurit AL.

 

***

 

7 Desember ikutan event pertama kali setelah pandemi dari YOU Beauty. Akhirnya bisa kumpul-kumpul lagi para blogger. Meski undangan yang lebih banyak influencer-nya sih, bloggernya cuma 5 doang. Tapi mengobati kekangenan saling tukar cerita tanpa layar.

 

9 Desember sekolah Luigi mengadakan Puncak Tema Udang, dan ia diamanahi jualan bola-bola udang. Ternyata Luigi jualan paling laris. Ada videonya makanya kami percaya yang diceritakan hehe. Dia bangga banget pas cerita sama kami.

 

12 Desember tanpa tujuan akhirnya kamu ke Tugu Pahlawan. Sempat parkir dan mau jalan-jalan ke pasar paginya. Namun Luigi kayaknya nggak nyaman, dia malah ingin masuk ke Tugu Pahlawan. Aku cek ponsel, Alhamdulillah ternyata bawa, karena butuh aplikasi Peduli Lindungi. Ternyata disana digelar drama teatrikal pertempuran Surabaya setelah sebelumnya terhenti karena pandemi.  

 

Tema drama teater kali ini adalah Kompi Maling Matosin yang ditampilkan oleh komunitas Front Kolosal Soerabaja jam 08.00 WIB. Pada 10 Nopember 1945 arek-arek Suroboyo ada yang berjuang di bawah pimpinan Kompi Matosin.

 

Dilansir dari laman matapadi,co ternyata awal kemerdekaan ada laskar bernama Barisan M alias Maling. Laskar ini dipimpin oleh Kompi Matosin seorang buta huruf.  (sumber : https://matapadi.co/barisan-maling-dan-kompi-matosin/)

 

Meski banyak adegan perang, namun ceritanya tetap diiringi humor khas Suroboyoan. Jadi pesannya bisa tetap sampai dengan bahasa lokal. Luigi pun seneng karena senapan yang dipakai juga berbunyi mercon, bomnya juga ada asap warna warni, dan sesekali ia pun tertawa.

 

Sepulangnya dari Tugu Pahlawan, Luigi aku belikan sepeda roda dua yang lebih tinggi daripada yang dipakai sekarang. Beli sepeda 300.000, ditawar Ibuk jadi 275.000. Perjalanan bersepeda akhirnya makin lancar. Ingat pertama kali bisa mengayuh sepeda roda dua usia 4 tahun, setelah sebelumnya menjadi atlit Balance Bike hehe.

 

19 Desember aku wawancara narasumber untuk lomba Anugerah Pewarta Astra 2021. Lumayan juga sih perjuangannya karena jauh. Ternyata aku telat ngumpulin, aku nggak ngeh kalau deadline nya jam 10.00 WIB karena tahun kemarin jam 23.59 WIB. Ya ampun sungguh nyesel, karena aku sakit telinga. Untuk sakit ini akan ada cerita di halaman khusus ya.

 

Baca aja disini : telingaku sakit

 

20 Desember keponakanku Davin akhirnya sunat :P dan Luigi bilang kelas berapapun nggak akan mau di sunat. Selamanya katanya HAHA. Karena lihat kakaknya nangis.

 

21 Desember badan Luigi panas lebih dari 39 derajat, akhirnya aku dan Ibu bawa ke dr. Syamsul Arief, Sp. A (K), MARS. Antriannya panjang bener, akhirnya dikasih obat dan aku tebus setelah mengantarkan Luigi dan Ibuk pulang kerumah. Ternyata ambil obat dalam kondisi hujan sangat deras, huhu, Semangat deh :P

 

25 Desember Luigi sudah membaik, aku ajak Ibuk ke Tunjungan Plaza dan ajak Luigi karena dia bilang pingin beli mainan. Di TP cuma makan dan jajan. Pulangnya baru deh ke Toys Kingdom beli mainan truk molen seharga 300ribuan. Dia pengen cepet pulang karena ingin segera main.

 

Esoknya 26 Desember ke Tugu Pahlawan cari panas matahari, biar makin sembuh tuh anak. Aku suruh larian di lapangan bareng aku nangkap kupu-kupu.

 

Barulah 28 Desember kembali ke dunia nyata, pulang ke Gresik naik GoCar.

 

Sehingga kesimpulannya, 2021 isinya kegagalan, tapi aku FOKUS sama Luigi, dia mulai sekolah, dan kami bertiga bener-bener banyak menghabiskan waktu bersama sekeluarga.

 

Selamat jalan 2021, Selamat datang harapan baru, target baru di 2022.


Baca juga : Kilas Balik 2020

Baca juga : Kilas Balik 2019

Baca juga : Kilas Balik 2018

 

 

 

 

 

 


2 komentar

  1. 2021 memang nano nano ya mbaaa... Triana Krn delta memang yg bikin banyak kehilangan THN lalu. Akupun tiap kali anak2ku panas sekarang jadi panik sendiri. Apa tertular COVID atau ga :(.

    Duuh sempet serem baca yg plafon ambyar :(. Untung mba ga sedang di bawahnya. Kebayang itu seremnya :(.

    Semoga THN ini jadi tahun yg lebih baik sih. Bener2 berharap aku. Rasanya udah kayak mati rasa kalo inget si virus mutasi trus2an 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, varian Delta itu bikin cemas, apalagi setiap grup WA isinya butuh donor darah penyintas Covid dan oksigen sampai langka, termasuk tabungnya, hiks.
      Aduh plafon itu beneran deh, kayak teguran dari Allah secara langsung, hehe.
      Amin, semoga setelah Omicron, pandemi ini bakalan berakhir, apalagi mulai banyak yang mau divaksin, lah emang mau apa nggak bisa kemana-mana kalo nggak vaksin Wkwk. Mulai booster juga kan ini. Ibuku aja udah dosis ke3.
      Semoga tahun 2022 mba Fanny juga tercapai impian2nya ya :) termasuk bisa jalan jalan lagi yang jauh.

      Hapus