53 Tahun Semen Tonasa Membangun Peradaban Timur Indonesia


Industri semen adalah industri strategis pada pembangunan infrastruktur dalam negeri. Saat ini infrastruktur masih menjadi fokus pembangunan Presiden Joko Widodo. Bahkan pemerintah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur tahun 2021 sebesar Rp. 417,8 triliun. 


Apa hubungan industri semen dengan pembangunan infrastruktur? Tentu saja berhubungan karena semen menjadi material utama dalam pembangunan infrastruktur. Semenlah yang merekatkan dan menguatkan bangunan. Tak salah jika ada istilah bahwa industri semen adalah salah satu penopang utama pembangunan infrastruktur. 


Namun, Presiden Joko Widodo mengakui ada ketimpangan pembangunan antara bagian barat Indonesia dibandingkan Kawasan Timur. Ketimpangan di wilayah timur Indonesia ini bisa dilihat dari pemerataan pembangunan infrastruktur seperti bandar udara, pelabuhan, dan jembatan yang masih minim. 


Maka untuk menyelesaikan banyak ketimpangan tersebut, pemerintah terus membangun infrastruktur Kawasan Timur Indonesia agar lebih maju lagi. 


Kawasan Indonesia Timur (KIT) adalah sebuah kawasan di bagian Timur Indonesia yang meliputi Kepulauan Nusa Tenggara, Bali, Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Papua. 




Pembangunan infrastruktur yang baik, tentu harus disokong oleh bahan bangunan yang berkualitas. Sebagai jawaban untuk memenuhi tantangan peningkatan infrastruktur di KIT tersebut, maka PT Semen Tonasa menjadi yang terdepan berkomitmen memenuhi kebutuhan semen sebagai bahan baku utama untuk pekerjaan-pekerjaan sipil. Membangun peradaban ke pelosok timur Indonesia untuk menghasilkan mahakarya berkualitas dunia.


Mengenal PT Semen Tonasa


PT Semen Tonasa adalah produsen semen pertama dan tertua di kawasan timur Indonesia. Perseroan ini bergerak dalam bidang industri semen. Fokus bidang usahanya adalah sebagai produsen semen dan melakukan perdangangan terkait industri semen. 


Pabrik Semen Tonasa berlokasi di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Propinsi Sulawesi Selatan. Secara keseluruhan perseroan menguasai lahan dengan total seluas 1.571 hektar. 


Perseroan ini didirikan sesuai TAP MPRS II/MPRS/1960 tanggal 5 Desember 1960 dengan kepemilikan 100% pemerintah. 


Sumber gambar : PT Semen Tonasa


Secara geografis lokasi Semen Tonasa merupakan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia yang memiliki keunggulan komparatif dengan memberikan manfaat efisiensi pada sistem distribusi produk yang dekat ke pasar tujuan (Kawasan Indonesia Timur) serta didukung oleh lokasi asal bahan bakar utama yang sangat dekat dengan lokasi industri Perseroan demi menjamin ketersediaan bahan bakar batu bara. 


Apalagi PT Semen Tonasa difasilitasi oleh Coal Unloading System yang berlokasi di area Pelabuhan Biringkassi dengan kapasitas pembongkaran mencapai 1.000 ton/jam.


kapasitas produksi PT Semen Tonasa. Sumber gambar : KompasTV diedit oleh penulis menggunakan Canva



Semen Tonasa senantiasa memproduksi semen kualitas terbaik, yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan sistim operasional canggih, dan teknologi yang modern, serta didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten dengan memproduksi 3 jenis semen. Antara lain :


Semen Portland Tipe I (OPC) Ordinary Portland Cement (OPC) SNI No: SNI 2049:2015

Semen Portland Tipe I adalah semen hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak dan gipsum. Semen jenis ini digunakan untuk bangunan umum dengan kekuatan tekanan yang tinggi (tidak memerlukan persyaratan khusus).


Semen jenis ini diperuntukkan untuk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesteran dan acian, selokan, jalan, pagar dinding, pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pracetak, beton pratekan, panel beton, bata beton (paving block) dan sebagainya.


Semen Portland Komposit (PCC) Portland Composite Cement (PCC) SNI No: SNI 7064:2014 

Semen Portland Komposit adalah bahan pengikat hidrolis hasil penggilingan bersama terak semen Portland dan gipsum dengan satu atau lebih bahan anorganik atau hasil pencampuran bubuk semen Portland dengan bubuk bahan anorganik lain. 


Semen jenis ini diperuntukkan untuk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesteran dan acian, selokan, jalan, pagar dinding, pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pracetak, beton pratekan, panel beton, bata beton (paving block) dan sebagainya.


Semen Portland Pozzolan (PPC) Portland Pozzolan Cement (PPC) SNI No: 0302:2014

Semen Portland Pozzolan adalah semen hidrolis yang terdiri dari campuran homogen antara semen Portland dan pozzolan halus, yang diproduksi dengan menggiling klinker semen Portland dan pozzolan bersama-sama atau mencampur secara rata bubuk Semen Portland dan pozzolan atau gabungan antara menggiling dan mencampur, dimana kadar pozzolan 15-40% massa Semen Portland Pozzolan. 


Semen jenis ini ideal untuk bangunan bertingkat (2-3 lantai), konstruksi beton umum, konstruksi beton massa seperti pondasi plat penuh dan bendungan, konstruksi bangunan di daerah pantai, tanah berair (rawa) dan bangunan di lingkungan garam sulfat yang agresif, serta konstruksi bangunan yang memerlukan kekedapan tinggi seperti bangunan sanitasi, bangunan perairan, dan penampungan air.


 

3 jenis semen yang diproduksi PT Semen Tonasa


Keunggulan PT Semen Tonasa dari sisi produksi adalah menggunakan pijakan ramah lingkungan dengan memanfaatkan biomassa sebagai bahan bakar alternatif. Perusahaan juga turut melestarikan tanaman bakau di sekitar pantai Pelabuhan Biringkassi dan memanfaatkan lahan bekas tambang tanah liat sebagai penampungan air bersih. 


Kontribusi Semen Tonasa Membangun Peradaban di Timur Indonesia


Banyak pekerjaan proyek infrastruktur pemerintah dan swasta mempercayakan PT Semen Tonasa sebagai penyedia bahan baku semen misalnya jalan tol. 


Jalan tol adalah infrastruktur penting dalam membangun Kawasan Indonesia Timur. Secara substansi, dengan adanya jalan tol akan memperlancar arus lalu lintas. Dampaknya bisa menggerakkan perdagangan dan ekonomi. Hal ini karena distribusi barang akan lancar sehingga harga lebih murah. Masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan pasokan bahan pertanian, misalnya. 


Semen Tonasa membangun peradaban timur Indonesia

 

Jalan tol yang baru saja rampung adalah tol Bitung – Manado, yang merupakan jalan bebas hambatan pertama di Sulawesi Utara. Dan megaproyek ini dikontruksi menggunakan Semen Tonasa. 


Dulu, ruas jalan Manado – Airmadidi – Bitung selalu diwarnai kemacetan setiap hari. Setelah diresmikan tahan pertama pada 2020 lalu, tol yang disebut terpanjang di Pulau Sulawesi ini telah memangkas waktu tempuh Manado – Bitung (dan sebaliknya) hanya setengah jam saja. Padahal sebelumnya butuh waktu tempuh rata-rata hingga satu setengah jam. 


Jalan tol Manado – Bitung memiliki keseluruhan panjang 39,85 km ini akan terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata. Tentu ini akan memangkas biaya logistik dari Pelabuhan Bitung sehingga mendukung peningkatan ekonomi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. 


Melalui kontribusi Semen Tonasa dalam mengokohkan jalan tol Manado – Bitung, akan mengembangkan potensi industri mulai perikanan, pertanian, pariwisata dan perkebunan. Khususnya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado – Bitung – Likupang. 


Tol Bitung - Manado. Sumber gambar : portalika.id

 

Tidak hanya jalan tol yang telah mengubah wajah timur Indonesia, namun juga infrastruktur olahraga. Stadion Lukas Enembe telah menjadi saksi perhelatan ajang olahraga nasional PON XX Papua yang diselenggarakan mulai 2-15 Oktober 2021 lalu, setelah tertunda selama setahun karena pandemi. 


Gubernur Papua Lukas Enembe saat itu sangat serius untuk menggegas pembangunan Stadion dengan tetap menjaga kualitas bangunan, dibuktikan dengan menggandeng PT. Semen Tonasa untuk menyediakan semen dengan jaminan suplai yang tak terputus. 


Semen Tonasa telah menjadi bahan baku utama untuk mengokohkan stadion Lukas Enembe yang disebut stadion olahraga termegah bertaraf internasional nomor 2 di Indonesia setelah stadion Gelora Bung karno (GBK) Jakarta. 


Infrastruktur megah ini menjadi penanda yang mengukuhkan eksistensi Bumi Cenderawasih dalam sejarah nasional Indonesia khususnya dalam bidang olahraga. Stadion yang dibentangkan di atas lahan 13 hektar tersebut masih kokoh berdiri, menjadi saksi perjuangan duta olahraga dari seluruh Indonesia.  


Saat meletakkan batu pertama pembangunan Stadion - yang sebelumnya bernama Stadion Papua Bangkit ini -, Presiden Joko Widodo berharap pembangunannya menjadi pemicu untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur di Timur Indonesia juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. 


meriahnya pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe. Sumber gambar : SumutPos


Benar saja, kuatnya bangunan stadion yang berada di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura ini juga turut berperan menggerakkan perekonomian bagi warga lokal. 


Pada area Stadion Lukas Enembe yang jadi pusat ajang olahraga empat tahunan tersebut misalnya, terlihat banyak tenda Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjual hasil kerajinan tangan seperti lukisan kulit kayu dan noken. 


Sementara di luar stadion selain tenda UMKM, terlihat belasan warung yang dibuat mandiri oleh Ibu-Ibu Papua. Warung-warung tersebut selain menjual kerajinan tangan juga menjual pinang dan sirih yang biasa dikonsumsi warga Papua. 


Dengan adanya Stadion Lukas Enembe juga telah melecut semangat atlet Papua untuk mengerahkan prestasi terbaik. Papua telah mengukir sejarah melalui capaian medali dan peringkat tertinggi selama keikutsertaan pada PON. 


Papua mempersembahkan prestasi di peringkat keempat dengan koleksi 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu. Dulu, pencapaian terbaik Papua terjadi pada PON 1985 di Jakarta. Papua saat itu berada di urutan kelima dengan torehan 23 medali emas, 24 perak dan 26 perunggu. 


Dari cerita ini, ternyata semen produksi anak bangsa sangat penting perannya dalam mengokohkan infrastruktur hingga berdampak pada kemaslahatan masyarakat khususnya untuk Kawasan Indonesia Timur. 


Jembatan Soekarno manado. Sumber gambar : PT Semen Tonasa

Dan masih banyak infrastruktur - di Sulawesi misalnya - yang proses pembangunannya tak lepas dari peran Semen Tonasa, seperti :

o Pembangunan tapal batas wilayah di 14 kecamatan di Kota Makasaar

o Jalanan beton di poros Trans Makassar – Parepare

o Bandara Internasional Sultan Hasanudiin

o Pelabuhan Makasar (New Port)

o Masjid Al – Markaz Al – Islami

o Masjid Terapung 

o Monumen Mandala

o Fort Rotterdam 

o Universitas Negeri Makassar

o Jembatan Soekarno Manado

o Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Makassar


Juga beberapa infrastruktur di Kawasan Timur Indonesia, PT Semen Tonasa juga menyuplai semen pada pembangunan tol Samarinda – Balikpapan di Kalimantan Timur, Jembatan Merah Putih Ambon, Jembatan Holtekamp Papua, dan proyek-proyek lain di Wamena dan Papua.  


Yang dengan ini semakin membuktikan bahwa PT Semen Tonasa telah turut serta berkontribusi membangun peradaban di Kawasan Indonesia Timur. 


 

Kontribusi Semen Tonasa Membangun Lingkungan


Membangun peradaban bukan berarti PT Semen Tonasa hanya berurusan dengan benda mati saja. Membangun peradaban timur Indonesia adalah pekerjaan bersama. Dalam aktivitas perusahaan, PT Semen Tonasa juga memainkan peran untuk membangun lingkungan, baik dilaksanakan sendiri maupun yang dilakukan dalam kerangka Corporate Social Responsibility (CSR). 


PT Semen Tonasa juga membangun peradaban bersifat non fisik, yang tidak hanya membentangkan tol Bitung - Manado di Sulawesi atau menjulangkan stadion Lukas Enembe di Papua. Namun juga melahirkan usaha-usaha kecil binaan perusahaan, memberikan beasiswa dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. 


PT Semen Tonasa telah menyelaraskan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di wilayah sekitar pabrik dan regional Sulawesi Selatan tempat perusahaan berdiri. Dimana hal ini adalah upaya sinergitas perusahaan dan stakeholder secara berkesinambungan sehingga mengembangkan kemandirian masyarakat sekitar perusahaan secara berkelanjutan. 


Dengan program TJSL berkesinambungan, PT Semen Tonasa terus berupaya meningkatkan peran penting dan kontribusi sosialnya melalui “Tonasa Bersaudara” yang ditopang oleh Lima Pilar yakni Tonasa Mandiri, Tonasa Cerdas, Tonasa Sehat, Tonasa Bersahaja dan Tonasa Hijau.


Seperti yang dirasakan Ambo Enre, salah satu penerima bantuan dari PT Semen Tonasa. Ia adalah pengusaha Sop Saudara dan Sop Kikil Pangkep yang sudah populer. Usaha yang dirintisnya sejak 1990 adalah usaha rumah makan yang menghadirkan sop kikil yang akhirnya tetap eksis dan semakin besar selama 30 tahun karena peran dari program kemitraan PT Semen Tonasa.


Ambo bercerita, awal usahanya berdiri modalnya hanya Rp. 150.000, lalu terus berkembang karena suntikan bantuan UMKM yang diberi bertahap oleh perusahaan dari Rp. 7,5 juta pada tahun 2004 hingga kini Rp. 50 juta. 


Dari modal usaha yang terus berjalan, omzet yang diperoleh 2 juta perbulan. Dan kini mencapai 100 juta per bulan. 


Ia mengisahkan Semen Tonasa tidak hanya membantu dalam permodalan namun juga promosi produk, hingga usaha rumah makannya terus dikenal seluruh masyarakat Sulawesi Selatan. Ambo terus dibimbing dari memasarkan produk hingga promosi dan pengembalian pinjaman yang ringan bunganya. 


Dengan bantuan pinjaman lunak ini PT Semen Tonasa tidak memberatkan karena bunga pinjaman kecil, namun juga meningkatkan kesejahteraan dan jiwa kemandirian Ambo. 


Tahun 2014 PT Semen Tonasa memiliki 8.810 mitra binaan dengan berbagai bidang usaha mulai perikanan, peternakan, perdagangan dan industri kecil dan terus berkembangan hingga saat ini. 


Hal tersebut adalah komitmen perusahaan untuk mendorong pengembangan usaha mikro Kecil menengah (UMKM) yang produktif sebagai mitra perusahaan di semua sektor ekonomi (industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, jasa dan lainnya) dan mendorong kewirausahaan di lingkungan perusahaan. 


Disamping pembinaan pengusaha lokal, program ini juga akan menjangkau masyarakat miskin. Sehingga terdapat skema pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi secara mikro.


Pemberian beasiswa dari PT Semen Tonasa. Sumber gambar : upeks.co.id

Tidak hanya melahirkan usaha binaan, sadar akan peran pendidikan sebagai modal utama dalam membangun SDM berkualitas yang nanti akan membangun daerahnya, PT Semen Tonasa berupaya membantu dunia pendidikan hingga jenjang strata 1. 


Tahun 2021, PT Semen Tonasa telah menggelontorkan beasiswa pada 140 mahasiswa Pangkep dengan total anggaran 175 juta. Program ini telah berjalan sejak 2014 dan tahun 2021 sudah 1.096 mahasiswa menerima beasiswa dari PT Semen Tonasa dengan total Rp. 1,3 Miliyar lebih. 


Tak berhenti pada jenjang mahasiswa, PT Semen Tonasa juga memberikan bantuan pada sekolah SD berupa buku, kursi, meja, dan beasiswa untuk siswa berprestasi dan yang tidak mampu. 


Menurut Kepala SDN 35 Tonasa II, sekolahnya sangat terbantu dengan adanya bantuan bulan Mei 2021 dari Semen Tonasa berupa fasilitas pendidikan dan beasiswa. Sehingga muridnya bisa termotivasi belajar. 


Bagi pelajar SD yang tak mampu, bantuan itu bukan berarti mendapat banyak uang. Namun sebuah harapan anak-anak yang hampir putus sekolah karena tak ada biaya. Dan harapan itu kembali menyala karena komitmen PT Semen Tonasa mengulurkan tanggung jawabnya pada bidang pendidikan. 


Segala fasilitas pendidikan yang diberikan harus juga didukung kesehatan siswa yang prima. Khususnya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Maka PT Semen Tonasa berkolaborasi dengan Kepolisian Resort Pangkep Sulawesi Selatan berkolaborasi untuk mengadakan gerai vaksin keliling bagi pelajar. 


Program ini  dalam rangka mendukung program percepatan vaksinasi khususnya bagi pelajar yang berada di area sekitar perusahaan. Dengan adanya program vaksin pelajar ini, PT Semen Tonasa melancarkan ikhtiar terbentuknya kekebalan kelompok. 


Kepala SMP Negeri 2 Bungaro sangat mengapresiasi program vaksinasi bagi muridnya karena ia merasa siswanya cukup tertinggal dalam mata pelajaran. Sehingga diharapkan setelah vaksinasi, siswanya dapat kembali melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Pelaksanaan vaksin pelajar dilaksanakan selama lima hari, dengan total peserta vaksinasi mencapai 1.836 siswa. 


PT Semen Tonasa juga bersinergi dengan TNI menggelar sebuan vaksinasi Covid-19 di Pangkep. Vaksinasi kedua digelar di Ruang Auditorium Kantor Utama PT Semen Tonasa dengan sasaran vaksinasi karyawan dan masyarakat umum. 


Saat ini perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Pangkep menjadi zona hijau tanpa ada tambahan kasus positif per 25 Oktober 2021. Jumlah kasus aktif ini adalah nol, baik yang isolasi mandiri atau yang dirawat. 


Kesimpulan


Dengan kinerja itu semua, maka wajar jika kita simpulkan bahwa dalam perjalanan setengah abad lebih PT Semen Tonasa telah berkontribusi membangun peradaban di timur Indonesia, yang bersinergi dengan berbagai pihak. 


Sebagai ikon perusahaan persemenan di Kawasan Timur Indonesia, PT Semen Tonasa telah berkontribusi menyediakan bahan baku utama berkualitas untuk membangun mahakarya yang kokoh dan kuat. 


Juga terpercaya merangkul masyarakat sekitar perusahaan untuk menguatkan ekonomi melalui pembinaan UMKM. Dan menggandeng pemuda untuk optimis menatap masa depan cerah dengan pendidikan dan mengikhtiarkan kesehatan masyarakat. 

 

Dirgahayu PT Semen Tonasa yang ke 53 tahun. Teruslah berkarya membangun negeri dengan mengokohkan infrastruktur di Timur Indonesia. Terpercaya membangun peradaban di Kawasan Timur Indonesia. Membangun sinergitas berkelanjutan.




#53TahunSemenTonasa

#KokohKuatTerpercaya

#MembangunSinergitasBerkelanjutan





PT. Semen Tonasa

Kantor Pusat:

Biring Ere, Pangkep,

Sulawesi Selatan, 90651

P. +62 410 312345,

F. +62 410 310113


Kantor Penghubung Makassar:

Jl. Khairil Anwar No.1,

Makassar, Sulawesi Selatan,

90113

P. +62 411 3621823,

F. +62 411 3620649


Kantor Perwakilan Jakarta:

Graha Irama Lantai 11, Blok X-1

Jl. H.R. Rasuna Said, Kav 1-2,

Jakarta, 12950

P. +62 21 5261161-4,

F. +62 21 5161160







Referensi 

PT Semen Indonesia. 2018. Semen Indonesia Membangun Peradaban Bangsa. Padang Sumatera Barat:Arifha

http://jurnal.stim-lpi.ac.id/index.php/Jomel/article/viewFile/17/49

http://www.sementonasa.co.id/

https://regional.kompas.com/read/2019/10/29/14105121/jokowi-akui-ada-ketimpangan-pembangunan-di-wilayah-timur-indonesia

https://ekbis.sindonews.com/berita/932441/34/semen-tonasa-gelontorkan-rp147-m-untuk-ukm-kuliner

https://parepos.co.id/2021/06/peduli-pendidikan-semen-tonasa-bantu-beasiswa-bagi-mahasiswa-pangkep/

https://upeks.co.id/2021/06/peduli-pendidikan-tonasa-salurkan-beasiswa-senilai-rp13-m/

https://rri.co.id/makassar/daerah/1195899/semen-tonasa-kolaborasi-polres-pangkep-gelar-vaksinasi-keliling-di-sekolah







40 komentar

  1. Dirgahayu juga nih buat Semen Tonasa yang jadi pelopor produsen semen wilayah Timur. Sukses dan jaya selalu

    BalasHapus
  2. Banyak banget kontribusi PT. semen Tonasa buat pembangunan di Wilayah Timur ya kayak bandara, pelabuhan, mesjid, sekolah, dll. Dirgahayu semen Tonasa. Semoga tambah sukses dan semakin terpercaya.

    BalasHapus
  3. baru tau kalo semen tonasa menyediakan 3 jenis semen, kirain semua semen sama aja :D

    setuju banget pembangunan infrastuktur otomatis membangun peradaban juga, karena perekonomian dan budaya akan berkembang

    BalasHapus
  4. MasyaAllah sudah 1/2 abadi, semen tonasa sudah memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Saya termasuk yang suka sama sop saudara. Enak soalnya, hehehe. Sukses terus buat semen tonasa, agar tetap memberikan bantuan-bantuan positifnya buat masyarakat luas, aamiin

    BalasHapus
  5. Saya daei dulu pengen ke Indonesia bagian Timur, bagi saya yang di barat/Sumatra, timur sangat menarik.
    Oiya, semoga Semen Tonasa semakin berjaya membangun Indonesia

    BalasHapus
  6. bagi orang Indonesia Timur, kalau sebut semen itu kami pasti tahunya Semen Tonasa secara semen inilah yang banyak membangun gedung bahkan rumah-rumah penduduk pun menggunakan semen Tonasa.

    BalasHapus
  7. wah Semen Tonasa ternyata banyak juga ya kiprahnya dalam proyek pembangunan di kawasan Indonesia Timur, sukses terus Semen Tonasa

    BalasHapus
  8. Semen Tonasa kalo di Indonesia Timur udah gak perlu dikenalin lagi ya mba. Udah bintangnya mah di sana. Kalo ngomong semen, pasti Tonasa. Nah, di Jawa mungkin belum populer, tapi pastinya setelah pembentukan BUMN Semen Indonesia Group, nama Semen Tonasa kian dikenal juga di pusat.

    BalasHapus
  9. Semen yang mengakar di ingatan saya nih, karena saya tumbuh besar di Sulawesi, means di sana kebanyakan semen ya Tonasa, jadinya semua semen disebut pakai Tonasa hahaha.

    Nantilah ke Jawa baru kenal semen lainnya.
    Btw, di pemerintahan pak Jokowi memang luar biasa ya pembangunan infrastrukturnya, terbayang betapa banyak semen Tonasa ini punya adil dalam semua infrastruktur tersebut :)

    BalasHapus
  10. Saya baru tau malah ada pabrik semen di Luar Jawa..semoga semen Tonasa dapat menjadi sumber bahan material bangunan dan infrastruktur untuk kota2 pulau Jawa spya harga nya terjangkau dan pembangunan merata

    BalasHapus
  11. Oh jadi begitu konsep si sementara Tonasa ini. Bagus banget sih, biar wil Indonesia Timur bisa merata juga pembangunan ya. Karena aku denger di Papua semen 1 sak itu bisa 2 juta harganya, uwow banget. Hiks

    BalasHapus
  12. Saya nggak pernah berpikir kalau semen itu ternyata ada beberapa jenisnya. Kirain mah semen tu ya satu jenis doang cuma beda brand gitu.

    BalasHapus
  13. ke mana aja saya baru tahu semen tonasa. bagus dong, kalau dekat dengan indonesia timur. jadi lebih mudah melangsungkan pembangunan di sana, ya

    BalasHapus
  14. Baru tahu kalau ada semen Tonasa. Aku kira semen yang dipakai di Indonesia Timur ini distribusi dari wilayah Barat. Semoga makin maju Semen Tonasa

    BalasHapus
  15. Saya sepakat dengan kalimat yang menyatakan bahwa "semen adalah penopang utama dalam pembangunan infrastuktur". Karena semen adalah salah satu perekat yang memungkinkan sebuah bangunan itu tegak berdiri.

    Saya berharap agar SEMEN TONASA bisa terus menjadi produk andalan dalam negeri dan melakukan banyak inovasi dalam segala bidang.

    BalasHapus
  16. Iya harga semen tonasa lebih terjangkau nih dari pada yang lain. Tapi kualitas boleh di adu deh

    BalasHapus
  17. Baru tahu tentang Semen Tonasa ini, Mba Septi. Ternyata sudah cukup banyak kontribusinya membangun infrastruktur Indonesia Timur. Tenyata sudah 53 tahun berkontribusi ikut membangun Indonesia.

    BalasHapus
  18. wah sudah banyak ya mba kontribusi semen Tonasa btw baca artikel mba saya jadi tau ternyata semen Tonasa itu ada 3 jenis macamnya..sukses terus untuk semen Tonasa :)

    BalasHapus
  19. Wahh semen tonasa memanfaatkan penghasilannya untuj mendukung indonesia ya, saya jadi tergerak ingin ikut mendukung dengan membeli semen tonasa.

    BalasHapus
  20. Huhuhu, pembangunan seperti masjid, jembatan, jalan tol dll di daerah Timur Indonesia ternyata pake semen Tonasa ini ya. Pastinya Tonasa ini berkontribusi nyata bagi pembangunan daerah di sana. Sukses selalu untuk semen Tonasa.

    BalasHapus
  21. semoga semen tonasa di hari ulang tahun ke 53, usia emasnya, semakin berjaya dan semakin banyak memberi manfaat untuk lebih banyak warga, khususnya yang lingkar pabrik

    BalasHapus
  22. Wow, sudah 53 tahun? Berarti memang sudah sangat terpecaya,apalgi banyak bangunan yang kita kenal juga menggunakan senyum Tonasa. Sukses terus buat semen tonasa, semoga bisa terus memberi warna tersendiri untuk pembangunana negeri ini.

    BalasHapus
  23. Jujur bangga banget sih semen Tonasa ini bener-bener ikut berkontribusi buat pembangunan bangsa. Semoga jaya selalu dan Indonesia masih punya aset penting

    BalasHapus
  24. Selamat ulang tahun, semoga semakin sukses dan jaya membangun negeri. Infrastruktur semakin maju jadinya! Jadi ingat waktu kuliah teknik sipil saya pernah ngaduk semen hehe.

    BalasHapus
  25. Dedikasi Semen Tonasa untuk membangun negeri, pastinya menjadi contoh untuk kita bahwa memberikan banyak manfaat kepada sesama pasti akan membawa berkah. Sukses terus untuk Semen Tonasa.

    BalasHapus
  26. Wah keren banget nih semen Tonasa ikut andil dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia timur semoga selalu sukses ya untuk Semen Tonasa berkembang dan maju

    BalasHapus
  27. Semen Tonasa ikut andil dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur, semoga Semen Tonasa lebih banyak lagi dalam membantu pembangunan infrastruktur di indonesia

    BalasHapus
  28. Wah banyak juga ya yang sudah dilakukan Semen Tonasa ini. KOntribusinya terhadap negara sudah terbukti. Bahkan bantuan beasiswa juga dilakukan

    BalasHapus
  29. Wow, udah 53 tahu ya kiprahnya perusahaan ini. Pastinya sudah banyak nih memberi sumbangsih kepada masyarakat. Semoga semakin nambah terus bilangan usianya, dan semakin bermanfaat untuk masyarakat.

    BalasHapus
  30. keren banget nih semen Tonasa

    BalasHapus
  31. iya, semen identik dengan pembangunan infrastruktur ya
    apa yg dilakukan semen Tonasa ini ikit membantu peradaban di Indonesia Timur

    BalasHapus
  32. Siapa sih yang nggak kenal semen Tonasa? Sebagian besar penduduk Indonesia sih tahu lah ya kualitas semen Tonasa. Peradaban Timur dibangun dengan kontribusi semen Tonasa, yeayy

    BalasHapus
  33. Keren nih semen tonasa yang dipake untuk bangun stadion lukas enembe. Udah 53 tahun ya usianya, udah senior dong di industri bahan bangunan.

    BalasHapus
  34. Semen ini ternyata banyak digunakan dipembangunan infrastruktur di Indonesia ya. Salah satunya stadion Lukas Enembe. Baru tahu kalau ada semen dari Indonesia Timur yang berkualitas kayak gini.

    BalasHapus
  35. Mantap Semen Tonasa mendedikasikan untuk negeri.
    Sehingga dapat membangun beragam infrastruktur yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat. Sukses selalu untuk Semen Tonasa.

    BalasHapus
  36. semen tonasa ini memang sudah cukup lama ya mba.. sudah pasti sudah berpengalaman membangun banyak hal terutama di area indonesia timur

    BalasHapus
  37. Sosial Responsibility dari semen Tonasa ini keren juga ya mbak. Selain pembangunan infrastruktur, semen Tonasa juga turut mengembangkan perekonomian bangsa

    BalasHapus
  38. Wah... keren banget Semen Tonasa ini. Semoga semakin maju dan jaya selalu. Semakin merambah luas ke seluruh negeri juga

    BalasHapus
  39. Bangga banget kita ya sama semen produksi anak bangsa, Semen Tonasa, semen portland. Semen Tonasa ini tertua di kawasan Indonesia timur pula ya, selama ini familiernya sama Semen Padang atau Semen Gresik aja, baca artikel ini jadi lebih paham.

    BalasHapus
  40. Dirgahayu Semen Tonasa yang ke 53, semangat terus membangun negeri dari Timur Indonesia. Semoga makin Kokoh, Kuat, dan Terpercaya

    BalasHapus