Mengapa Saya Belum Setuju Luigi Sekolah Tatap Muka?

 

Luigi saat ini usia 5 tahun dan tidak sekolah. Maksudnya. dia tidak saya ikutkan lembaga pendidikan manapun. Sejak pandemi menyerang, semua pembelajaran saya lakukan secara mandiri dengan bantuan buku. Untuk acuannya saya menggunakan checklist indikator perkembangan anak 0-6 tahun dari bonus buku Pojok Bermain Anak yang bersumber Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007. 


Untuk aktivitas fisik, saya dibantu tangga brakiasi yang kami punya. Mau dia manjat kek, mau dia gelantungan, terserah, Yang penting energinya tersalurkan. Entahlah dia udah nggak tertarik lagi sama sepedanya.


Sejak November 2020 sekolah di semua zona boleh dibuka dengan syarat menerapkan protokol kesehatan dan mendapat izin pemerintah daerah. Hingga 23 Maret 2021, 22 persen sekolah sudah menggelar pembelajaran tatap muka terbatas.

 

Kasus Covid-19 di Indonesia memang menurun, tetapi tingkat infeksi Covid-19 masih sekitar 12 persen, tes di masyarakat pun belum optimal. Pandemi belum terkendali. (harian Kompas 3 April 2021)




Jika alasan pembukaan sekolah karena 2 hal ini, maka jawaban saya adalah


Guru dan Tenaga Kependidikan Telah Divaksinasi

Kenyataannya dalam studi terbaru, tenaga kesehatan yang divaksinasi tetap bisa tertular Covid-19. Hal ini dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine edisi 23 Maret 2021 yang ditulis peneliti University of California San Diego (UCSD) School of Medicine (harian Kompas, Kamis 25 Maret 2021).

 

Kenapa?

Untuk konteks Indonesia karena :

 

Menurut Kusnandi Rusmil, Ketua Tim Uji Klinis tahap 3 vaksin Sinovac di Indonesia yang juga Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak FK Universitas Padjajaran Bandung pada 28 Maret 2021, mengatakan kemampuan vaksin membantu tubuh mengatasi virus bergantung efikasi (kemanjuran) vaksin.

 

Dari uji klinis di Indonesia, efikasi Corona-Vac hanya 65,3%. Sehingga 34,7 % orang yang divaksinasi bisa tertular virus penyebab Covid-19. Meski memang gejalanya lebih ringan dibandingkan yang tak divaksinasi.

 

Selain itu orang masih bisa tertular meski divaksin ada beberapa penyebab misalnya daya tahan tubuh, respons imun, serta ada tidaknya penyakit penyerta. (harian kompas 30 Maret 2021)

 

Alasan lain mengapa saya belum setuju pembukaan sekolah tatap muka karena rasio guru dan tenaga pendidikan dan siswa sekitar 1:10. Sehingga nggak mungkin tercapai kekebalan komunitas di sekolah karena siswa belum divaksinasi. Guru dan tenaga kependidikan masih bisa menularkan atau juga tertular.

 

Kasus Kematian Anak di Indonesia Kecil

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman B Pulungan mengatakan Covid-19 pada anak bisa berefek jangak panjang dan berakibat fatal. Tingkat kematiannya mencapai 3 persen, dari angka kasus pada anak yang berkisar 9-10 persen. Angka ini cukup tinggi dibandingkan di negara lain, yang nyaris tiada kasus kematian akibat Covid-19 pada anak. (sumber : harian Kompas 3 April 2021). 


Menurut saya, jangan melihat angkanya saja, karena satu nyawa anak sangat berarti bagi para orangtua, juga bagi bangsa. Anak-anak inilah yang akan meneruskan pembangunan masyarakat kelak. Menjadi calon pemimpin masa depan. 


Jika kesehatannya saja terganggu karena pernah terkena Covid-19, tentu akan sulit bagi mereka meraih prestasi dan cita-cita. Karena syarat mutlak meraih impian adalah dengan kesehatan prima.

 


Sehingga,

Untuk saat ini saya belum setuju pembukaan sekolah tatap muka. Sampai kapan? sampai pandemi terkendali, dengan penurunan jumlah kasus secara signifikan. WHO sebagai organisai kesehatan dunia merekomendasikan pembukaan sekolah tatap muka dilakukan jika tingkat infeksi Covid-19 kurang dari 5%.

 

Saya nggak ingin menyesal jika terjadi sesuatu pada anak semata wayang saya, hanya karena saya lelah mengajarinya di rumah. Selama saya masih sehat, saya akan terus mendampingi anak saya belajar sendiri di rumah. Tak ideal bukan berarti harus sempurna.  


Namun keputusan dalam tulisan ini bisa berubah, sesuai kondisi dan kesepakatan antara kepala keluarga, saya dan Luigi juga tentunya. Doa saya tetap sama. Semoga pandemi segera usai, Amin ya Rabb. 



Baca juga : pengajian virtual Luigi

1 komentar

  1. Pasti lah Mbak. Dalam situasi sekarang yang masih belum jelas, kekhawatiran seorang ibu terhadap keselamatan putra-putrinya adalah sesuatu yang memang seharusnya.

    Oleh karena itu kan keputusan sekolah tatap muka di masa pandemi masih memperhatikan masukan dari orangtua juga.

    Lagi pula, dengan usia masih 5 tahun, sepertinya tidak perlu terlalu dipaksakan agar si anak bersekolah tatap muka.

    Perjalanan masih panjang.

    BalasHapus