Kenali 5 Bahan Pembuatan Office Partition Berikut Ini

 

Partisi kantor saat ini memang cukup penting di ruang perkantoran. Bagian yang juga kerap disebut office partition ini memegang peran menjaga fokus dan kenyamanan karyawan dalam bekerja. Sekat-sekat yang ada menjaga privasi karyawan dan mereka bertanggung jawab pada kerapian meja kerjanya.



Manfaat bagi perusahaan, tentu dengan sekat-sekat ini akan menambah estetika ruangan, apalagi banyak pilihan model dan warna. Bedanya menyekat ruangan menggunakan tembok adalah akan mempengaruhi struktur bangunan karena ada upaya pembongkaran. Jika menggunakan office partition dapat menghemat biaya dan waktu.

 

Harga partisi kantor cukup bervariasi tergantung dari jenis, bahan, dan desainnya. Jadi, sebelum memutuskan untuk memesan partisi kantor, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu beberapa bahan yang biasanya digunakan. Pengetahuan tentang bahan-bahan ini akan memudahkan kamu dalam memilih partisi kantor yang tepat nantinya.


sekat-sekat yang digunakan untuk kenyamanan karyawan. Sumber poto : https://unsplash.com/s/photos/office-partition


sumber poto : https://unsplash.com/s/photos/office-partition


Yang jelas, kamu bisa memperkirakan budget yang harus dikeluarkan karena setiap bahan memiliki harga masing-masing. Berikut ini adalah beberapa bahan yang sebaiknya kamu ketahui.

 

Bahan-Bahan Pembuatan Partisi Kantor

1. Batu bata

Batu bata atau bata ringan adalah bahan yang paling umum digunakan untuk partisi kantor maupun rumahan. Bahan ini mempunyai kelebihan kedap suara, kuat, tahan lama, dan tahan air.

 

Oleh sebab itu, biasanya beberapa pemasangan alat elektronik seperti AC dan kipas angin dilakukan di dinding ini. Hanya saja, partisi yang menggunakan bahan ini bersifat permanen dan tidak bisa dibongkar pasang dengan mudah.

 

Karena dirasa kurang praktis, partisi dengan bahan ini lama-kelamaan mulai ditinggalkan karena kebanyakan orang lebih cenderung memilih bahan lain yang lebih praktis. Akan tetapi, jika kamu tidak terlalu membutuhkan partisi yang berpindah-pindah, bahan ini sangat tepat.

 

2. Gypsum

Bahan yang berikutnya adalah gypsum. Dari segi bobot, gypsum cenderung lebih ringan daripada batu bata. Pemasangannya juga cukup mudah dan biaya yang diperlukan termasuk murah.

 

Material yang juga kerap digunakan untuk membuat langit-langit ruangan ini adalah salah satu material standar untuk membuat partisi kantor.

 

Kelebihan dari bahan gypsum adalah tahan api. Namun, bahan ini tidak tahan dengan air. Oleh sebab itu, partisi dengan bahan ini lebih sering digunakan untuk ruang yang bersifat kering. Karena sifatnya yang tidak sekokoh batu-bata, pemasangan AC tidak pernah dilakukan di bahan ini.

 

3. GRC

GRC mempunyai sifat mirip dengan gypsum, yakni elastis dan bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan batu bata. Selain itu, bahan ini juga mempunyai keunggulan tahan terhadap api dan air karena menggunakan bahan dasar semen dan serat fiber.

 

Kekurangan bahan ini adalah harganya yang cenderung lebih mahal dari gypsum. Inilah sebabnya GRC jarang digunakan untuk membuat partisi indoor.


4. Kaca

Apabila ketiga bahan di atas adalah bersifat permanen, partisi dengan bahan kaca ada yang bisa dibongkar pasang dan dipindah dengan lebih mudah. Biasanya bahan kaca ini dikombinasikan dengan rangka kayu atau aluminium.


Sumber poto : https://unsplash.com/s/photos/office-partition


Keunggulan dari partisi kaca adalah juga bisa digunakan sebagai pemercantik interior ruangan karena desainnya banyak yang menarik.

 

Akan tetapi, bahan ini juga memiliki kekurangan. Pembuatan partisi dari kaca membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Selain itu, karena bersifat transparan, beberapa karyawan mungkin akan merasa terganggu karena privasinya akan sedikit terusik. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan gorden sebagai penutup.

 

5. Kayu

Bahan yang terakhir ini adalah yang paling praktis dari semua bahan. Kayu yang sering digunakan adalah kayu solid seperti jati, merbau, dan lain-lain.


sumber poto : Arkadia

Partisi dari kayu sangat cocok apabila kantor sering berpindah-pindah karena partisi ini sangat praktis untuk dibongkar pasang. Harga yang dipasang juga tidak terlalu tinggi.

 

Setelah mengetahui bahan-bahan di atas, kini kamu sudah tahu mana yang paling tepat untuk kantor kamu. Langkah selanjutnya adalah kamu bisa segera memesan partisi kantor / office partition yang dibutuhkan. Kamu bisa memesan di Arkadia

 

15 komentar

  1. Dulu pas msh ngantor, biasanya yg dipake kantorku yg bahan kaca Ama kayu. Tapi ada juga bbrp cabang kantor yg ga pake partisi di bagian back officenya.

    Karena ada bbrp atasan yg ga ingin pake partisi di meja2 staff supaya ga ada sekat satu sama lain. Tapi bagi atasan yg menganut sistem Jepang, mereka biasanya pake partisi supaya staff bisa konsen :D. Beda2 yaaa.

    Aku sendiri pernah ngalamin 2-2 nya Krn atasan yg berbeda :D. Buatku sama aja. Mau diksh partisi ato ga, aku mah tetep fokus :D

    BalasHapus
  2. Beautiful room...ya menjadi menyenangkan membaca ulasannya. Office particion penting untuk kenyamanan bekerja

    BalasHapus
  3. kalau di kantor saya sih kayaknya pakai gypsum, lebih ringan dan masih bisa dibongkar untuk merombak ruangan, maklum kantornya masih pengembangan ruangan

    BalasHapus
  4. Kalo ruangan kantor saya dulu itu, biasanya menggunakan kayu & triplek. Sederhana memang. Mungkin ngirit anggaran ya ehehe..

    BalasHapus
  5. Dari ke-5 bahan, kayu emang paling oke ya?
    Nampak cantik, mudah dibersihkan dan yang terpenting bisa "ngumpet: karena kerja 8 jam lebih, kadang butuh privasi

    BalasHapus
  6. Mbak sep, kalau untuk dirumah juga cakep ya penggunaan partisi? iya gak sih ya, mbak sep?pastinya rumah yang gede kali ya, hehehe. Kalau lihat dichannel youtube gitu, ya rumahnya horang kaya gitu, rumah dikasih partisi kaca, ada juga yang bentuk ornamen gitu, nonton aja dah bikin happy, nonton aja, karena kalau pake partisi rumahku juga gak bakalan mungkin, soalnya kecil,hahaha

    BalasHapus
  7. pakai kayu jadi lebih baguuuss sya
    ningkatkan mood kerja dan kreativitas ughaaaa

    BalasHapus
  8. Ada bermacam bahan berkualitas untuk partisi, kita tinggal pilih mana yang suka. Partisi terbaik adalah yang kita sreg dan bikin nyaman :D Begitu kan mbak?

    BalasHapus
  9. Pakai sekat gini selain ruangan tampak rapi, juga lebih aman saat masa pandemi gini ya mba

    BalasHapus
  10. Keren-keren Mbak contoh office partition nya. Selain menghemat biaya dan hemat ruang, partisi yang tidak terlalu tinggi tetap bisa memberikan ruang privacy bagi pegawai. Tetap bisa konsentrasi kerja meskipun berada di area yang sama dengan karyawan lain.

    BalasHapus
  11. Bagus banget kantornya, jadi kangen ngantor huhu, dilema resign yaa. Tapi cakep juga ruang kerja di rumah kaya gini

    BalasHapus
  12. saya suka banget kalau melihat interior kantor dengan perpaduan kayu dan kaca, apalagi kacanya dikasih hiasan tempel gitu, bagus banget..

    BalasHapus
  13. Untuuung aja aku ga pernah kebagian kantor yang berpartisi mbak, aku selalu ndilalah dapetnya yang di ruangan - entah kenapa gitu, hoki kali yaaa

    enaknya di ruangan, walau berbagi dengan orang lain, tapi minimal aku bisa menaruh aneka perabot dengan tenang aman jaya, kalo di partisi, mo ngemil aja ketahuan sekantor hahahaha

    BalasHapus
  14. Suka deh dengan office partition macam begini. Aku kepengen juga deh rumah ada bagian partisi kayak gini. Buat space kerjaku, suami, dan tempat belajar anak-anak. :D

    BalasHapus
  15. Yang bahan kayu sepertinya menarik ya mbak... Kayak lebih adem gitu

    BalasHapus