Merasakan Panasnya Tanah Dieng di Kawah Sikidang

 

Kata siapa dataran tinggi dieng selalu sejuk bahkan dingin? Coba datang ke kawah Sikidang untuk merasakan panasnya tanah Dieng. Cerita ini adalah lanjutan postingan wisata budaya Dieng DISINI ya.

 

Kadang saya berpikir, apakah tanah Dieng ini terbuat dari bumi yang lain? Aktivitas apa lagi di bawah bumi tempat saya menginjakkan kaki ini? Karena Dieng masih menyimpang kawah yang benyawa, salah satunya di Kawah Sikidang. Meskipun sungguh kantuk mulai menyergab karena sejak malam belum istirahat, tapi rasa penasaran belum terjawab. Hingga tiba juga di lokasi Kawah Sikidang.




Kawah Sikidang sudah dibuka untuk wisatawan umum dengan menegakkan protokol kesehatan. Kami harus mencuci tangan di depan kompleks Kawah. Tiket dari kompleks candi Arjuna masih dapat digunakan untuk masuk ke Kawah Sikidang. Untuk penderita asma disarankan tidak mendekati area kawah, karena di takutkan tidak kuat dengan aroma belerangnya yang kuat.





Ada persewaan mobil jib Rp.300.000 untuk maksimal 6 orang menuju ke kawah tanpa harus berjalan kaki. Namun saya dan suami memilih jalan kaki saja.

 

Setelah masuk lokasi, ada lubangan yang tak ada air belerangnya. Hmm, kemanakah kawah itu? Ternyata saya harus berjalan kaki menuju aroma belerang kira-kira 1 km dari pintu masuk. Baru saya ketahui bahwa lubang besar itu adalah bekas kawah yang sekarang menjadi cekungan besar.




Menuju kawah utama saya tempuh berjalan kaki melewati jalanan yang tak mulus. Bau belerang mulai menyusupi indera penciuman. Bau belerang tak sanggup dibendung hanya dengan masker. Cara yang bisa dilakukan adalah berdiri berlawanan arah angin yang membawa kepulan asap kawah yang dikepung pepohonan meranggas.

 

Inilah pertama kali saya melihat kawah dari dekat, bahkan sangat dekat. Kawah Sikidang berada di area mendatar sehingga tak perlu mendaki gunung, lewati lembah kita bisa menyaksikan fenomena alam ini.




Sikidang masih bernapas, sikidang adalah legenda. Seorang tour guide mengisahkan pada saya, ada cerita yang dipercaya masyarakat mengenai Sikidang. Dulu, tersebutlah seorang Raja Kidang ingin melamar Ratu Sinta Dewi. Tanpa bertemu sebelumnya, sang ratu menerima pinangan sang Raja. Ternyata Ratu Sinta kecewa melihat sang raja yang berbadan tegab namun kepalanya berambut gimbal seperti Kidang (binatang Kijang).

 

Hingga sang ratu memberi persyaratan untuk menyuruh sang raja menggali sumur di sini. Ternyata itu adalah cara sang Ratu untuk memendam sang Raja. Sang Raja marah dalam galian sumur dan tiba-tiba sumur meledak. Kemarahan itulah yang dipercaya sebagai cikal bakal Kawah Sikidang.

 

Saya jadi tertegun membayangkan betapa bumi dieng menyimpan banyak khazanah tradisional yang unik. Kepulan asap belarang mungkin adalah wujud kemarahan Raja Kidang yang ditolak lamarannya oleh sang Sang Ratu Sinta.




 






Untuk melihat lebih jelas fenomena ciptaan Illahi itu, idealnya naik ke bukit kapur menjulang di sekitar kawah. Namun buat saya terlalu beresiko, jika terpeleset bisa tercebur ke air menggelak kawah.

 

Sebagai wisatawan, saya berusaha untuk mentaati peraturan yang ada. Tidak mendekat pada pagar pembatas kawah, dan tetap menjaga kebersihan. Saya berusaha mendekat pada tour guide agar bisa menyimak setiap kisah yang dituturkan mengenai Sikidang. Perjalanan bisa penuh makna jika mengetahui cerita dibalik tempat wisata yang kita pijak. Sikidang telah mengajarkan kita semua untuk menepati janji, apapun resikonya.

 

Cuma ada hal yang mengganggu pemandangan saya. Ada seutas tali besi dekat kawah yang ternyata saya ketahui dari tour guide itu adalah tali untuk flying fox. Hmm, apa benar-benar aman ya, tali besi tersebut di udara panas Sikidang. Kenapa Sikidang tak dibiarkan alami saja sebagai wisata alam.

 

Untuk fasilitas di Kawah Sikidang ada toilet bersih dengan air yang mengalir cukup deras, ada musholla, dan warung makan juga penjual oleh-oleh. Banyak Ibu-Ibu menjual hasil perkebunan Dieng seperti kentang, wortel, kopi bubuk, kaos khas Dieng, bahkan serbuk belerang yang dipercaya banyak manfaat.

 

Misalnya untuk mengobati penyakit kulit seperti jerawat, gatal-gatal dan ketombe. Caranya satu sampai dua sendok serbuk belerang dilarutkan ke dalam air panas. Setelah dingin baru di basuhkan ke anggota yang sakit.  







Semua tentang Sikidang sangat memesona. Namun saya tak bisa berlama-lama didekatnya. Di dekat kawah juga tak ada tempat untuk sekedar duduk-duduk. Sehingga setelah selesai menikmati kisah dan keunikan kawahnya, saya bergegas pergi.

 

Saat ini Kawah Sikidang menjadi lokasi andalan dataran tinggi Dieng sekaligus penyimpan potensi panas bumi. Ia menjadikan para pejalan mempunyai pengalaman seakan berada di bumi lain. Di kawah yang melegenda, kawah yang bernyawa, dialah Kawah Sikidang.


Kalian pernah menjejalah Dieng dan bertandang ke Kawah Sikidang? Share pengalamannya yuk, di kolom komentar ya

13 komentar

  1. Aku ke Kawah Sikidang dua tahun lalu...dan beneran memnag bau belerang bikin sesak berlama-lama, apalagi kedua anakku ada asma. Memesona Dieng dengan pesona alam dan keunikannya. Meski masih perlu perbaikan di sana-sini karena di sekitar kawah berserak tempat pepotoan yang bikin pemandangan ga alami. Tapi ditu dulu gatau sekarang. Semoga berkesempatan ke Dieng lagi karena waktu itu cuma 2 hari

    BalasHapus
  2. Wohooo, Dieng memang menakjubkaaann!
    Aku mauuu banget main2 ke Dieng, ntar deh, nunggu kondisi aman terkendali.
    Kece bangettt ini foto2 di kawah sikidang nyaaa

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke kawah ini, Mba, tapi membaca gambaranmu, kebayang panasnya ini.... Wuih. Terus...
    --> Ada seutas tali besi dekat kawah yang ternyata saya ketahui dari tour guide itu adalah tali untuk flying fox.
    Ini kok kayaknya bahaya banget yaa? Kalo kenapa-napa gimana? Hehe. Setuju denganmu, Mba, akan lebih baik jika dibiarkan alami saja sih ya?

    Ntar kapan kesana pengen deh bisa ke kawah ini.


    BalasHapus
  4. Bisaan banget yang ngarang!

    Kalau jaman now jangan jangan karena ditolak cintanya oleh BTS atau anggota grup boyband NCT

    BalasHapus
  5. Daku belum pernah ke Dieng mbak, dan ceritamu membuatku kesana, hu hu hu
    Kapan yaa bisa bebas jejalan lagi, supaya bisa mengunjungi daerah wisata ini.

    BalasHapus
  6. Di Dieng ada minuman purwaceng, nyobain ngga?

    Nyeremin ya, ada flying fox di kawah, bacanya aja serem

    apalagi kalo lihat, bakal tutup muka deh saking takutnya

    BalasHapus
  7. Duh eike klo naik gunung atau ke datarang tggi agak rempong mak, soalnya sering bengek. Aplg mencium bau belerang

    BalasHapus
  8. udah lama ga kesini...jadi kangen deh. dulu kawahnya terbuka gitu. orang bebas mendekati kawah yg keluarkan asapnya. bahkan sampe ada yg bawa telur mentah buat dimasak dengan asap kawahnya. sekarang udah dipagari ya...

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah ke Dieng mba... Bbrp klo mau pergi gagal Ada Aja alasannya kpinginnya sih pergi bareng2, baru Tau ini sejarahnya ttg sikidang

    BalasHapus
  10. Pernah ke kawah ini tapi saya gak kuat dengan bau belerang nya. Akhirnya keliling di dalam pasar yang ada di dekat area parkiran. Malah ketemu camilan-camilan yang nyenengin banget hahahaha. Akhirnya malah nongkrong ngopi di sana bareng temen-temen

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah ke Dieng, apalagi sampai ke kawahnya. Huhuhu. Semoga deh suatu saat nanti bisa ke sana. Oh ya, pengen lihat event Jazz Atas Awan juga.

    BalasHapus
  12. Tetep belom pernah ke sini, jadinya lebih fokus ke kakaknya Lui ajah deh, itu senyumnya penuh makna banget, senyum kesenengan yang lagi halan-halan hahaha.

    Senyummu itu mirip adik sepupu saya yang juga imoet, jadi ngobatin banget keluarga nun jauh di sono say.

    Oh ya, btw kuat banget dirimu jalan kaki say, emang petualang sejati yang merindukan sosok alam nih :D

    BalasHapus
  13. Mba, maksudnya itu tali flying fox melintasi kawahnya gitu?

    Pas aku kesana msh belum ada yg aneh2 bgitu. Tapi aku inget ada motor trail dijadiin spot foto, trus ada serombongan trnsgender berpoese2 pake baju mencolok :D. Hrs bayar kalo foto Ama mereka. Msh ada ga yaa?

    Kangen sih Ama Sikidang dan wisata Dieng yg lain. Aku diceritain juga Ama guide kemarin, kawah2 begini pasti selalu ada minta tumbal. Kalo Sikidang dia ga cerita, tapi kawah candradimuka yg aku dtgin sebelum ke Sikidang itu rutin ngambil korban, kalo menurut guide yaaa. Orang2 jatuhlah ke dalam kawah. Ya pasti lgs meninggal :(. Ga kebayang panasnya itu

    BalasHapus