Semen Indonesia Gelar Festival Millennials Berkarya


Semen Indonesia sukses menggelar Festival Millennials Berkarya 2018 di Wisma Ahmad Yani, Gresik. Festival Millennials Berkarya adalah ajang bertemu para change makers dan creators se-Jawa Timur untuk saling bertukar gagasan dan berkolaborasi dalam rangka mencipta karya bagi bangsa. Menghadirkan para speaker inspiratif dibidangnya yang mengajak para generasi millenial untuk melakukan project kebaikan sosial guna menyelesaikan masalah sosial disekitar.

Wisma Ahmad Yani kemarin disulap menjadi tempat yang “anak muda” banget. Setelah registrasi peserta kami akan disuguhi oleh booth komunitas. Ada juga mini class 1 dan 2. Ditengah booth komunitas ada 180 derajat photobooth. Wah ini super keren banget. Sementara big stage akan dihadirkan pembicara inspiratif diantaranya Fico Fachriza (komika, runner up stand up comedy), Vikra Ijaz (co founder kitabisa.com), dan Kevin Hendrawan (host TV dan youtuber). Dan sebagai pamungkas acara dihadirkan Is Pusakata atau eks vocalis Payung Teduh. 



Millennial berkarya dimulai sejak 2017, dan launching dilakukan di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Millenial Berkarya adalah sebuah komunitas perkumpulan anak muda yang dipelopori oleh Semen Indonesia Grup. Visi besar program ini adalah mewujudkan dan mewadahi kaum millenial untuk menjadi inisiator guna melakukan perubahan di Indonesia sesuai bidangnya masing-masing. Perubahan yang dimaksud disini adalah insfrastuktur sosial.

Millennial Berkarya juga ada kompetisinya diikuti oleh seluruh Indonesia. Kompetisinya nanti akan diseleksi dan didanai sepenuhnya oleh Semen Indonesia. Semen Indonesia berkomitmen memberikan kontribusi untuk Indonesia melalui #aksinyatauntukbangsa. Contoh penggerak perubahan misalnya sekolah apung, rumah baca di Bangka Belitung untuk anak usia dini dan difable dan banyak lagi lainnya. 




Mini Class dan Booth Komunitas
Mini class 1 diisi oleh Aini Hanifa dan Nuri Fauziah dan mini class 2 diisi oleh Aditya Abdurahman dan Agoes Sam. Pameran booth komunitas ini bukan komunitas biasa. Mereka adalah komunitas sosial yang bener-bener tujuannya untuk masyarakat. Sebutlah Kelas Inspirasi Gresik. Kelas Inspirasi (KI) adalah turunan dari Indonesia Mengajar, digagas oleh pengajar muda. 

bersama teman-teman dari Kelas Inspirasi Gresik

Awalnya dibikinnya di Jogja, Jakarta, dan Surabaya. Lama-lama setiap kota duplikasi, salah satunya Gresik. Jadi, Kelas Inspirasi Gresik ini ada karena efeknya positif. Sistemnya adalah mengajar adik-adik Sekolah Dasar. Relawan mencari sekolah yang terpencil di daerah Kabupaten Gresik. Yakni sekolah dengan kualitas pendidikan rendah, baik dalam hal pengajarannya, prestasinya, termasuk insfrastuktur. Setelah dapat target sekolah, KI mengadakan rekrutmen untuk relawan pengajar.

Nah yang menarik adalah materi yang diajarkan adik-adik Sekolah Dasar adalah tentang profesinya. Tujuannya mengenalkan profesi itu tidak hanya dokter, tentara, banyak loh cita-cita yang bisa kamu lihat sekarang. Ngajarnya satu hari, sehari ada 4-5 profesi dengan durasi pukul 8 pagi sampai 12 siang.

Ada pula komunitas Polygot yakni wadah buat orang-orang yang pengen belajar bahasa. Tiga sasaran adalah pertama orang Indonesia yang sedang belajar dan butuh wadah, kedua untuk orang Indonesia yang pernah keluar negeri dan balik kesini gak ada teman untuk praktek, dan yang ketiga untuk ekspatriat atau warga negara asing yang pengen belajar bahasa indonesia. Bahkan jika kamu gak bisa sama sekali bahasa inggris, boleh belajar sama mereka. Anggota paling tua 60 tahun dan paling kecil SMP kelas 3 dengan basic bahasa Jerman. Dan semua program ini tidak dipungut biaya, alias Gratis !!!

Pembicara inspiratif
Fico Fachriza (juara 2 stand up comedy)
Fiko pernah bikin pengakuan di youtube kalo dirinya pernah kena narkoba. Pesan video tersebut sebenarnya adalah ingin orang lain yang belum pernah kenal narkoba jangan pernah kenal. kalaupun yang udah kenal, jangan pernah nyoba. Banyak yang menganggap pernah pakai narkoba itu aib, namun menurut Fico hal ini bisa diambil pelajaran oleh orang lain. 

Fico menceritakan dirinya sejak broken home, masuk dunia entertaint, sampe kena narkoba dan bisa bangkit. Setiap orang muda punya kesempatan tambahnya. Cari lingkungan positif. Titik balik Fico untuk bangkit adalah  ketika ia main film bareng komika ari kriting dan ernest. Ia merasa dua orang ini karirnya bagus. Lalu dia mengambil kesimpulan bahwa ari kriting dan ernest karirnya lebih bagus karena meraka tidak menggunakan narkoba. Dan jiwa kompetitif inilah yang akhirnya membawa Fico sampai hari ini.



Vikra Ijaz (co founder kitabisa.com)
Vikra mengatakan tujuan hidup setiap orang beda-beda dan unik, namun yang perlu kita investasikan waktunya adalah mengenal diri. Bagi Vikra di era digital ini membuat kita tidak sempet mengenal diri lebih baik karena kita terekspos sama kehidupan orang lain 24 jam. Kita melihat kehidupan orang lain terus yang lebih bahagia, jauh lebih maju, lebih mapan, dan seperti itulah yang terlihat di sosial media. 



Vikra menyampaikan pesan untuk menggali potensi terbaiknya agar bisa berkontribusi untuk masyarakat. Ia mencontohkan dulu saat masih ABG pengen jadi seseorang yang sukses yang membanggakan orang tua,  namun lama kelamaan motivasi seperti itu tidak akan bertahan lama. Seiring mulai dewasa ia terjun kedunia start up sosial melalui kitabisa.com dan Vikra melihat kerennya sektor kemanusiaan dan gotong royong.

Misi kitabisa.com adalah menghubungkan kebaikan orang-orang untuk berbagai tujuan salah satunya tolong menolong dan membangun bangsa. Menurutnya ini merupakan sebuah misi dan sebuah kemewahan. Melalui kitabisa.com, Vikra bisa mencari penghidupan dan nafkah namun tetap sejalan dengan apa yang dirasa menjadi tujuan hidup, yakni bisa bermanfaat buat sesama. Semua bisa berjalan beriringan. 



Kevin Hendrawan (TV host dan youtuber)
Kevin yang kita lihat hari ini adalah Kevin yang cakep (eh ini kayaknya dari dulu deh ya wkwk), Kevin yang terkenal, bisa jalan-jalan ke banyak tempat dan tentunya banyak duit. Namun siapa sangka Kevin kecil ditempa dari hidup yang keras dan penuh disiplin. Saat SD ia harus latihan renang sejak Shubuh dan sore hari. Karena merasa bukan dari keluarga berada ia pun harus berprestasi dengan mengikuti Olimpiade. 



Akhirnya Kevin juara atlet renang, dan berprestasi disekolah. Namun titik balik hidupnya adalah sebuah tagihan rumah sakit ketika Kevin kuliah perhotelan di Bali. Ayahnya sakit !!! Saat itulah sebagai anak laki-laki paling tua ia merasa punya tanggung jawab. Bermodalkan 200 ribu, ia membuka usaha laundy kiloan, mengerjakan semua sendiri, mulai menggiling cucian, menyetrika dan lainnya. Pernah juga ia menjajal bisnis martabak. Meramu resep dan mengerjakan semua sendiri.

Perjalanan Kevin membuat saya semakin yakin jika tidak ada yang instan. Semuanya ada proses. Semua ada step by stepnya. Akhirnya pada tahun 2016 Kevin membuat konten di youtube. Dia mengatakan pertama kali ya harus struggle. Kevin terus berusaha dan tidak pernah berhenti untuk bikin konten di Youtube. Barulah sampai ke video 120 dia bisa dikenal karena video tentang Pokemon viral.

Misalnya dia berhenti pada video ke 199 mungkin Kevin tidak akan dikenal sebagai youtuber seperti hari ini. Kevin terus konsisten dan riset mana yang terbaru. Sekarang ia memiliki jadwal seminggu 3 kali posting dan landasannya dari setiap konten youtube adalah memposting informasi yang bermanfaat.

youtuber Kevin Hendrawan


***

Acara ini memang dimulai sejak siang sampai malam. Namun kami tidak khawatir kelaparan tau atau merasa haus. Karena didepan ada tenant foodtruck dengan harga terjangkau. Seperti Cha Time, burger, sup ayam, siomay, dan banyak lagi lainnya.



Sebagai pamungkas acara hadir Is Pusakata eks vocalis Payung Teguh tepat pukul setengah 10 malam. Dengan suara merdu yang khas, pusakata menghipnotis penonton untuk ikut bersenandung. Seperti biasa, Is Pusakata membawakan musik yang slow dan gaya yang kalem. Diiringi oleh 2 rekannya, Is sering memberi kesempatan penonton untuk bernyanyi bersama. Lagu Akad menjadi lagu terakhir yang dibawakan. 



Sungguh acara Festival Millennials Berkarya ini sangat inspiratif dan menghibur. Semua tertata dengan sangat tertib. Dan penonton diguyuri dengan ilmu dari pembicara yang keren dibidangnya. No pain No gain sepertinya bukan hanya sekedar slogan. Namun sebuah harga yang harus dibayar jika mengharap kesuksesan. Tiga pembicara diatas adalah contoh generasi millenials yang menjawab tantangan jaman dengan membuat project yang bermanfaat dan berkomitmen pada mimpi.

25 komentar :

  1. Envyyy deh, pengen gitu bisa ikutan acara2 keren sarat ilmu kayak gini.

    Tapi why oh why..
    Selalu di weekday hiks.

    Emang harus bersabar menanti waktunya, di mana saya bebas ninggalin anak2 di saat weekday.

    Thank ulasannya mama cantik, jadi mengobati sedih hati karena ga bisa ikutan :)

    Rey

    BalasHapus
  2. Kerena acaranya, baru tau ada acara yang ditujukan buat milenials dari semen Indonesia. Asik lagi dengerin suara merdunya mas Is.

    BalasHapus
  3. Kisah perjalanan hidupnya Kevin sangat inspiratif, jadi memotivasi diri untuk bisa melakukan banyak hal yang lebih bermanfaat tiap hari, apapun bisa asal kita mau.

    BalasHapus
  4. Aku masuk ke empat mini classnya dan bener2 inspiring kak, gilakkk wadah bgt nih utk para millenials

    BalasHapus
  5. Pas aku liat poster itu pertama aku liaf mas gondrong kyaknya familiar banget.. Eh ternyata foundernya kitabisa ya.. Aku ngefans sama mas ituuu eh sama kitabisa nya sih.. Bagus banget menginspirasi.. Sayang kmren ga bisa ikutan padahal uda mau telepon utinya nitipin naufal

    BalasHapus
  6. Seru banget acaranya. Sekarang banyak perusahaan yang menyasar generasi millenials ya. Narasumbernya juga oke oke..

    BalasHapus
  7. Jadi dirimu lihat sampe malam banget mbaa?
    Waaaa, cihuy deh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Wahhh ada pusakata, syahdu syahdu gimana gitu, kayaknya mantul tuh mbak acaranya ya, inspiring banget buat anak muda

    BalasHapus
  9. Baru lihat dirimu pakai celana model gitu. Hahaha jauh dari ekspektasi saya kalau mba ini kalem wkwkw

    Kemarin seru ya acaranya Millennials Berkarya itu.

    BalasHapus
  10. Keren banget nih acaranya buat generasi millennials... sayang kemarin mau kesana janjian ama teman blogger buat reedem voucher tapi sayanya yg nggak bisa...pengen dengerin materinya sebenarnya...

    BalasHapus
  11. Bangga sama milenials Indonesia, banyak kegiatan dan karya-karya positif yang dihasilkan, semoga dengan adanya acara begini, makin banyak milenials lain yang tergerak bergabung :)

    BalasHapus
  12. Seru banget festivalnya. Aku jadi teringat dengan salah satu teman blogger yang aktif di KI (Kelas Inspirasi). Anak muda zaman now memang keren dan kreatif banget ya.

    BalasHapus
  13. acara yang keren, nggak cuman buat anak milenial
    buat emak milenial juga ya hehehehe

    BalasHapus
  14. Sangat..sangat menginspirasi memang Kak acara dari semen Indonesia, semoga bisa menjadi masukan buat yang lain juga untuk menghasilkan karya yang terbaik

    BalasHapus
  15. Dapat pelajaran banget dari Kevin tentang kerja keras jadi Youtuber. Setahun awal ngerintis sampai ratusan video dan hitungannya masih belum untung euy.

    BalasHapus
  16. Wah sampai jam 10 malem ya, acaranya pasti seru.

    Awal karir Kevin H, dimulai dari host di salah satu televisi swasta. Setelah jadi youtuber dan berhasil buat konten kece, dia jadi lebih berhasil sekarang.

    BalasHapus
  17. Aku kagum ama youtuber youtuber yang jago banget konsiten menciptakan karya dan mengisnpirasi banyak orang. Keren nih Kevin :)

    BalasHapus
  18. Wah, lanjut sampe malem ya. Kalau deket mah aku liat sampe selesai, moga tahun depan di Surabaya hehe..

    BalasHapus
  19. No pain no gain..ada harga yang musti dibayar untuk sebuah kesuksesan.
    Wah aku jadi semangat lagi ..Narsum nya inspiratif sekali ini...
    Dan liputannya lengkaaap. Sukaa, Mbak Septi, tengkyuuu

    BalasHapus
  20. Orang-orang hebat biasanya memang melalui jalan terjal yang berliku dulu untuk sukses yaa...

    BalasHapus
  21. Lho lho... Kok curang lanjut sampe malem gini? Enak banget bisa nonton hiburannya juga.

    BalasHapus
  22. Acaranya lengkap banget, ada mini class dan big stage yang pembicaranya keren-keren! Food truck-nya juga bikin ngiler. Masing-masing narasumber punya kekuatan sendiri ya, jadi menarik banget buat pengunjung. Makin semangat nih buat bikin hal positif untuk Indonesia walau bukan millenials :)

    BalasHapus
  23. Keren nih acaranya ya Mba. Mendukung anak muda lebih berkarya lagi. Dimana ini acaranya mba?

    BalasHapus
  24. Seruu, acara ini yg kudu di perbanyak suoaya milenials juga aktif berpikir untuk menghasilkan suatu karya

    BalasHapus
  25. Asyikkk, bisa photo sama kak Vikra :D

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates