Luigi Saksikan Awarding Ceremony Catur Pada 21st ASEAN University Games 2024

 


Suatu hari pelatih catur Luigi mengatakan bahwa beliau tidak bisa mengajar karena ditugaskan sebagai wasit di 21st ASEAN University Games 2024 (AUG). 21st ASEAN University Games 2024 adalah ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota ASEAN.

 

Di bawah naungan ASEAN University Sports Council (AUSC), AUG untuk pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981. Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

 

Tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah AUG yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Ada sekitar 2.000 atlet dan ofisial dari 11 negara yang akan berlaga pada event yang berlangsung 26 Juni-6 Juli 2024 itu. 

 

Total ada 21 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam 21st ASEAN University Games (AUG), antara lain Futsal, Petanque, Bola Voli, Tenis, Renang, Sport Climbing, 3X3 Bola Basket, Judo, Bola Tangan, Wushu, Bridge, Atletik, Bola Basket, Badminton, Panahan, Voli Pantai, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, dan Catur. Indonesia ikut di semua cabang olahraga.

 

Khusus untuk cabang olahraga (cabor) catur, venue pertandingan berada di Ballroom GKB 2 FEB lantai 9 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Surabaya).


sumber foto : https://www.upnjatim.ac.id/upn-jatim-jadi-salah-satu-venue-aug-2024/


Kembali ke pelatih Luigi, setelah diberitahu bahwa pelatihnya tidak bisa mengajar karena menjadi wasit di AUG, aku semakin kepo siapa gerangan kontingen Atlet Catur Mahasiswa Indonesia. Ternyata ada sederet nama-nama atlet catur yang tidak asing, mereka sering mendulang prestasi catur untuk Indonesia. Diantaranya WIM Laysa Latifah yang peroleh gelar Woman International Master (WIM) karena kemenangannya di Asian Youth Chess Championship, Al Ain, Uni Emirat Arab (UEA) pada akhir tahun 2023.


Dalam kompetisi catur pada 21st ASEAN University Games 2024, memperebutkan kejuaraan dalam berbagai kategori : Catur Blitz Putra dan Putri, Catur Rapid Putra dan Putri, serta Catur Standar Putra dan Putri.

 

Sebelumnya aku tanya dulu ke pelatih Luigi mengenai jadwal pertandingannya. Beliau memberi foto rundown pertandingan catur dari hari pertama sampai akhir. Berbekal rundown pertandingan itulah Ayah Luigi akhirnya membawa Luigi ke lokasi pertandingan tepat saat awarding ceremony Rapid Game. Rapid Chess adalah dimana atlet bermain maksimal selama 30 menit dalam 1 round.


kiriman WA rundown dari pelatih Luigi


Sebenarnya saat atlet bermain catur, pasti berada di ruang tertutup yang berisi atlet itu sendiri, wasit dan panitia. Tidak seperti permainan sepak bola yang bahkan gemuruh penonton memenuhi stadion. Sehingga, Luigi pun juga tidak bisa menyaksikan atlet catur berlaga. Partai semua atlet catur pada 21st ASEAN University Games 2024 bisa ditonton di siaran youtube @UPNVeteranJawaTimurOfficial.

 

Kami pun disarankan pelatih Luigi untuk datang sebelum pertandingan dimulai, saat para pemain berada di waiting room, bersebelahan dengan ruang pertandingan. Saat itulah bisa berfoto bersama atlet catur 30 menit sebelum pertandingan.


Kenapa Luigi dibawa ke venue pertandingan catur pada 21st ASEAN University Games 2024? Menurut kami, akan banyak manfaat yang didapat ketika mengajak Luigi di lokasi pertandingan catur ini. 


Manfaat Mengajak Anak Menonton Pertandingan Olahraga Catur

Merasakan Atmosfir Suasana Kompetisi Catur Mahasiswa Level ASEAN

Bukan suasana dukungan teriakan seperti suporter bola, namun merasakan semangat atlet langsung. Bagaimana wajah keceriaan atlet setelah peroleh medali. Selain itu di sana untuk pertama kalinya Luigi melihat dan menyentuh Chessnut Air yakni papan catur elektronik yang bisa dihubungkan ke chess.com dan Lichess. Dari alat ini penonton bisa melihat setiap partai pemain catur.


duduk di meja pertandingan


Ia juga duduk di meja pertandingan layaknya pemain catur yang sedang melawan dari negara lain. Saat duduk di meja itulah, Luigi dipanggil oleh Wakil Ketua Percasi Jawa Timur, Pak Yusuf Satriono. Ternyata oleh beliau, Luigi dihubungkan dengan Pak Suharto, Ketua Percasi Gresik melalui video call WhatsApp.

 

“Pak Harto, ini ada atletnya di awarding catur ASEAN University Games di UPN” ucap Bapak yang sering di sapa Pak Yoyok ini. Luiginya dadah dadah dari kejauhan. Akupun hanya menyahut “inggih, inggih Pak” karena suara Pak Harto kurang jelas. Entah mungkin karena signal, hehe.




Selama di Ballroom GKB 2 FEB lantai 9 UPN, Luigi menyaksikan bagaimana suasana awarding ceremony Rapid Game. Saat itu juara 1 tim catur putri diraih Vietnam, maka bendera yang dinaikkan adalah bendera Vietnam termasuk lagu kebangsaan yang diputar di ruangan. Sementara pada Rapid Game, tim catur putri Indonesia beregu meraih medali perak. Mungkin jika tim Indonesia peroleh emas, pasti lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan, hmmm bayanginnya aja bikin haruuu.




Berfoto dengan Beberapa Atlet Catur Mahasiswa Indonesia

Dengan berfoto, Luigi bisa berkenalan langsung dengan atlet catur. Setelah itu, ia bakalan kepo, mencari tahu permainan dan kiprahnya melalui youtube.

 

Ada seorang pelatih Luigi di Gresik yang memberi tahu bahwa atlet catur, International Master Azarya Jodi Setyaki adalah putra legenda catur putri, WIM Lisa Karlina Lumongdong. Setibanya di ruang pertandingan Luigi langsung menunjukkan padaku di mana letak meja Jodi di babak terakhir.



 

Alhamdulillah pada AUG 2024 Luigi bisa berfoto dengan atlet catur mahasiswa diantaranya IM Azarya Jodi Setyaki, CM Dziththauly Ramadhan, WIM Diajeng Theresa Singgih, dan IM Gilbert Elroy Tarigan. Oia, CM Dziththauly Ramadhan adalah atlet dari Sidoarjo, Jawa Timur dan mewakili Universitas Gunadarma. Atlet berkacamata ini meminjamkan medalinya untuk dipakai Luigi. Makasih Kak 😁


CM Dziththauly Ramadhan


WIM Diajeng Theresa Singgih


IM Azarya Jodi Setyaki


IM Gilbert Elroy Tarigan


Belajar Menyikapi Kemenangan dan Kekalahan

Menyaksikan awarding ceremony Rapid Game membuat Luigi belajar menghadapi kemenangan dan kekalahan. Suasana saat itu sangat akrab dan hangat, pemain yang menang bersalaman dengan yang kalah. Yang menang pun juga tak perlu jumawa. Terlihat mereka berfoto bersama sesama kontingen. Penting sekali menyikapi kemenangan sewajarnya agar tetap berpijak pada bumi.

 

Akupun menyelipkan pesan pada Luigi bahwa atlet yang berada di podium adalah mereka yang disiplin latihan untuk mendapatkan kemampuan catur yang hebat. Contohnya CM Dziththauly Ramadhan yang bertekun berlatih catur sejak kecil hingga peroleh gelar Candidat Master. Beliau merupakan atlet catur kebanggaan Jawa Timur yang sumbang 3 medali emas dan 2 medali perak di AUG 2024. Saat ini, Dito panggilan akrabnya, masuk Puslatda PON Jawa Timur. 




Pada akhirnya ajang 21st ASEAN University Games 2024 (AUG), Tim Catur Mahasiswa/Mahasiswi Indonesia berhasil mempersembahkan gelar juara umum pada Kontingen Indonesia dengan koleksi 8 emas, 7 perak, dan dua perunggu.


Foto oleh Heri Darmanto - Info Catur 


Selamat kakak-kakak atlet catur kebanggaan Indonesia. Terselip doa, semoga gara-gara Luigi diajak nonton Awarding Ceremony Catur di ASEAN University Games, ia makin semangat berlatih catur. Selain itu, meski fokus catur juga harus terus meraih pendidikan tinggi.




Alhamdulillah meski sebentar saja nonton awarding ceremony catur pada 21st ASEAN University Games 2024, namun semoga berkesan di hati Luigi. Justru yang lama adalah perjalanannya.

 

Menempuh kepadatan tol pada jam pulang kerja, kartu e-toll bermasalah pula. Sehingga kami harus minggir bentar di bahu tol. Belum lagi Ayah dan Luigi kelaparan, karena Luigi pulang memancing juga. Sementara aku kebelet pipis.

 

Secara jadwal awarding ceremony jam 19.00 WIB, namun jam 19.28 WIB sudah di parkiran venue catur. Kami bertiga masih bisa mengejar tim catur putri berada di podium. Lima menit saja kami datang lebih lambat, kami tak akan mendapat apapun. Alhamdulillah, hanya karena Allah semua ini terjadi. Tapi disayangkan kami tak bertemu pelatih Luigi karena beliau sudah kembali ke hotel. Jam 20.00 WIB kami keluar gedung dan bertemu kontingen Indonesia menuju hotel menggunakan bus. 

 

Sampai jumpa lagi kakak-kakak, Atlet Catur Mahasiswa Indonesia yang hebat !!!😍

 




 

 

 

Referensi :

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kontingen-atlet-mahasiswa-indonesia-siap-berlaga-di-asean-university-games-aug-2024/

 

 

13 komentar

  1. keren banget Luigi, pasti semakin termotivasi untuk berprestasi sebagai atlet catur. barakallah

    BalasHapus
  2. Keren Luigi. Semoga kelak Luigi yg bertanding mewakili Indonesia lagi ya
    Terus berlatih dan berprestasi ya Anak Soleh dan Ganteng


    mbak Septi semangat selalu mendampingi Luigi ya...

    BalasHapus
  3. Masya Allah Luigiii, betapa beruntungnya Nak dirimu punya mama kece dan full support kayak Mama Septi aka Kakaknya Luigi *eh :D
    Btw, semoga sukses selalu ya anak shalih, semangat terus maju sampai ke puncak.
    Dan nanti, jangan pernah lupakan, betapa support mama Septi tuh luar biasa banget

    BalasHapus
  4. Wow menginspirasi banget..bisa jadi umi yang luar biasa buat anak-anak nya hingga sukses sebuah kebahagiaan

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata Indonesia semakin sering diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah event-event besar seperti AUG ini ya. Salut dengan Luigi yang sudah merintis menjadi atlet catur sejak dini. Semoga dengan menyaksikan langsung event AUG, bisa semakin terpacu untuk bertumbuh dan sukses ya.

    BalasHapus
  6. Semangaaat, Luigi.
    In syaa Allah beberapa tahun lagi, Luigi yang berada di ASEAN University Games untuk cabang olahraga Catur.

    Senang sekali kalau anak sudah menemukan bakatnya.

    BalasHapus
  7. Semoga Luigi makin semangat ya untuk berlatih catur, biar bisa kayak kakak2 mahasiswa yang keren2 itu, penyumbang kemenangan untuk atlit2 catur Indonesia.

    BalasHapus
  8. Keren Luigi, kecil-kecil udah terasah bakatnya. Semoga sampai puncak yah jadi Grand Master Catur Dunia. Doa dan support dari Ayah & Bunda nya Luigi selalu...

    BalasHapus
  9. Masya Allah Luigi jadi banyak belajar ya. Semoga kelak menyusul kakak-kakak ini ya Luigi..
    Kayaknya olahraga yg paling aku bisa dulu adalah catur, bisa tapi nggak ahli, IFYKWIM 😂

    BalasHapus
  10. Wah hebat nak, dan mamanya juga hebat bisa support sampai sejauh ini. Semoga karir caturnya makin cemerlang di masa depan ya nak ganteng.

    BalasHapus
  11. Wah jadi semakin semangat nih Luigi bertemu dengan atlet0atlet catur. Semoga bisa menjadi atlet catur yang membawa nama Indonesia hingga ke kancah pertandingan Internasional ya. Bravo Luigi

    BalasHapus
  12. Wuihhh...Luigi keren banget bisa berpose dengan para master catur tingkat Asean bikin iri aja

    BalasHapus
  13. keren banget Luigi, saya aja nggak pandai main catur. Selamat ya Nak, semoga jadi atlet besar nanti.

    BalasHapus