Luigi Raih Golden Ticket Pada Seleksi Atlet Kejurprov Catur 2024

 

Pecatur cilik asal Gresik, Luigi Kautsarrazky rebut golden ticket atau tiket emas menuju Kejurprov 55 di Kota Blitar, setelah memenangi babak terakhir pada Seleksi Atlet Kejurprov Catur 2024, yang dihelat Percasi Kabupaten Gresik.

 

Seleksi berlangsung Minggu, 9 Juni 2024 di SMK Semen Gresik, Jalan Arif Rahman Hakim Gresik. Kemenangan Luigi itu diraih pada detik terakhir babak penentuan yang menggunakan sistem catur kilat, 15 menit + Increament 5 detik (15” + 5’)



Ajang duel ini digelar karena Percasi Gresik hanya menyediakan satu jatah golden ticket ke Kejuprov 55 untuk pecatur kategori F Putra (usia 8-9 tahun). Padahal, masih ada 11 atlet lain yang juga ikut memperebutkan, salah satunya Luigi. Kejurprov sendiri diselenggarakan 22-25 Juli 2024 di Gedung Kesenian Aryo, Kota Blitar, Jawa Timur.

 

Percasi Gresik sebenarnya menyiapkan 15 golden ticket, 5 diantaranya diberikan kepada 5 atlet berprestasi. Sepuluh sisanya diberikan kepada atlet lain melalui jalur seleksi di tiap kategori mulai kelas G hingga A Putra Putri. 


Tiket emas ini diperebutkan 71 atlet yang sebelumnya lolos seleksi penjaringan Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Kabupaten Gresik. Pemenang di setiap kategori pada seleksi inilah yang akan mendapat golden ticket untuk dibiayai oleh Percasi Gresik.


Luigi fokus memutuskan langkah terbaik, foto oleh mamaalika


Babak terakhir, foto oleh mamaalika



suasana pertandingan, foto Percasi Gresik


Sebagai atlet catur diluar bimbingan Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Percasi Gresik, tentu saja bukan Luigi yang diunggulkan pada seleksi ini. Apalagi pada babak pertama saja, bukan menang yang didapat melainkan Luigi malah remis dengan lawannya. Hal ini tentu menambah keraguan, pada kami orangtuanya yang sejak awal tidak ekspektasi apapun untuk Luigi.

 

Dewi fortuna ternyata masih berpihak pada Luigi. Setelah remis pada babak pertama, Luigi terus menerus melibas lawannya hingga kemenangan diraih dan kejutannya πŸ‘‰ nama Luigi Kautsarrazky berada peringkat 1, hanya selisih setengah poin dengan peringkat 2. Inilah moment kompetisi catur, Luigi ada di urutan wahid.




“aku kebelet pipis, pas babak 1” Luigi beralasan. Mungkin air kencing itu seperti longsor yang siap mendorong keluar menjadi kunci kemenangan Luigi karena babak selanjutnya ia tak berada di meja atas. Kebelet pipis menjadi faktor keberuntungan Luigi pada pengacakan pairing. Kebelet pipis adalah kunci.

 

Hingga pada salah satu babak, ia bertatap muka dengan atlet yang beberapa kali mengalahkannya pada turnamen catur. Ternyata hasilnya Luigi menang. Berlanjut pada babak terakhir, Luigi berhadapan dengan atlet Kejurnas 49 Jakarta pada 2023 sebagai perwakilan Gresik. Kembali kemenangan di tangan Luigi.

 

Berikut ini proses Luigi selama 5 babak

Babak 1 Luigi (putih) meja 4 melawan Razka Odi (1/2-1/2) remis

Babak 2 Luigi (hitam) meja 4 melawan Hanif Elrasyid (1-0) menang

Babak 3 Luigi (putih) meja 2 melawan Ilham Arkana (1-0) menang

Babak 4 Luigi (hitam) meja 1 melawan Achmad Arju (1-0) menang

Babak 5 Luigi (putih) meja 1 melawan Banyu Giri (1-0) menang

Luigi meraup 4,5 poin yang didapat dari 4 kali menang dan 1 kali remis.


foto oleh mamaalika


kanan Ketua Percasi Gresik. foto oleh mamaalika


Namun apa hasil hari ini hanya faktor dewi fortuna? Tentu saja karena rezeki dari Allah. Hanya karena Allah, Luigi bisa sehat selama turnamen dan diberi kefokusan berpikir. Selain itu mungkin juga adalah hasil ikhtiarnya berlatih catur. Selain sekolah, mengaji dan les bahasa Inggris, waktu Luigi dihabiskan berlatih catur.

 

Hingga dengan semua kerja kerasnya, Luigi raih golden ticket menuju Kejurprov 55 di Kota Blitar, pada Seleksi Atlet Kejurprov Catur 2024 oleh Percasi Gresik. Golden ticket ini hanyalah pembuka, karena perjuangan sebenarnya adalah pada saat Kejurprov nanti.


bersama pelatih, foto oleh mamaalika


Semoga dari tiket emas ini semakin melecutnya giat berlatih. Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan. Kesempatan mendapatkan satu-satunya golden ticket pada kategori F Putra dari Percasi Gresik. Nantinya di kota Sang Proklamator, menjadi pengalaman pertama Luigi bertanding pada catur klasik, 60 menit + Increament 10 detik (60” + 10’) dengan menulis notasi.


terima kasih Ayah yang telah menemani dan mendokumentasikan


***

Melesatlah terus seperti busur panah Luigi Kautsarrazky. Namun tetaplah berpijak bumi, tetap rendah hati, dan hormati para pelatihmu. Semoga dari olahraga adu otak ini, Luigi belajar continuous improvement, hari ini senantiasa lebih baik dari hari kemarin. Doa Mama dan Ayah selalu dalam hati. Mohon doa pembaca juga untuk kelancaran Luigi pada Kejurprov bulan depan.

 

Selamat datang dan selamat berjuang pada 22-25 Juli 2024 atlet catur kelompok F Putra Kejurprov ke 55,  Luigi Kautsarrazky !!!

 


5 komentar

  1. Mantap bin cetar, Luigi. Ayo terus melesat. Doa terbaik dari Bunda Xi untukmu. πŸ€©πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Bunda Xi, Semoga keluarga belalang cerewet juga sehat selalu :))

      Hapus
  2. MasyaAllah Luigi Menyalaaa terus Naak😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bu guru TD, semoga Ibu guru sekeluarga sehat selalu :))

      Hapus
  3. Selamat dan sukses terus, gak mudah untuk fokus lama di pertandingan catur

    BalasHapus