Raih Cita-Cita Atlet Catur Bersama ASUS ROG Phone 8





“aku mau jadi atlet catur”

Adalah ungkapan anak saya -Luigi, 7 tahun- setelah ia sering membuka konten youtube bertema catur. Bahkan sekarang idolanya pun adalah para Grandmaster catur dunia seperti Magnus Carlsen.

 

Apa makna kalimat itu buat orangtua? Luigi menyiratkan bahwa ia bersungguh-sungguh menyelami dunia catur. Permainan di atas 64 kotak warna hitam putih ini telah membuat letupan gairah yang semakin hari semakin menyala.

 

Awalnya Ayah mengenalkan catur pada Luigi. Membeli papan catur secara online, mengajari singkat, akhirnya Luigi tertarik. Hal itu berlanjut dengan ia sering nonton youtube tentang catur. Hingga Ayah selalu diajaknya sebagai lawan tanding.

 

Bagi saya, catur hanyalah permainan belaka yang nantinya bakalan membuat Luigi bosan sendiri. Ternyata oh ternyata.

 

Rajin Berlatih Kunci Kemenangan

Luigi rajin berlatih. Ia pelajari teori catur baik Opening, Middle Game dan End Game dalam catur. Setelahnya ia selalu ingin mengajak Ayahnya bermain. Kalah ia evaluasi, menganalisa langkah apa yang membuatnya keliru. Bila menang ia mau main lagi dan lagi. Begitu terus.

 

Setelah saya lihat kesungguhannya belajar catur, Luigi saya dorong untuk mengikuti turnamen catur. Dalam competitive sport seperti catur, kemungkinan langkah itu tak terbatas. Maka jam terbang dibutuhkan untuk menguasai permainan tersebut.

 

Buat saya, kalah dan menang adalah proses. Turnamen akan membuatnya terus berusaha meningkatkan diri. Jika kalah pada sebuah turnamen tak mengapa, karena ia bakalan terpacu untuk belajar dan berlatih lagi agar meraih hasil yang lebih baik di turnamen selanjutnya.


Luigi kalah di Cap Kapal Checkmate Vegan Cup Chess Competition 


Namun bagaimana jika di rumah tak ada lawan bermain? Saya akan mengajak Luigi ke warung kopi (warkop) terdekat. Ia bisa bermain dengan Bapak-Bapak di sana. Namun kekurangannya banyak asap rokok. Lalu gimana dong, meningkatkan keterampilan catur yang aman? Jawabannya adalah bermain catur online.

 

Berlatih Catur Online

Permainan catur online semakin digemari pascalaga Dewa Kipas melawan Grandmaster Wanita/Woman Grandmaster (WGM) Irene Kharisma Sukandar pada catur cepat melalui siniar Deddy Corbuzier di Youtube.

 

Saya menemukan laman rogcommunity.id yang menunjukkan bahwa manfaat bermain catur online lebih dari sekadar bermain catur secara langsung.

 

Game catur online memungkinkan kita untuk bermain catur melawan pemain lain dari seluruh dunia, tanpa harus memiliki papan catur fisik. Kita juga bisa memilih tingkat kesulitan, mode permainan, dan waktu yang sesuai dengan preferensi Luigi.

 

Misalnya pada game LICHESS, Luigi dapat memutuskan melawan manusia atau komputer. Ada beberapa pilihan permainan dimulai beginner, easy, medium, hard hingga yang expert.


Anakku - Luigi - main game catur online


Dibalik anak yang HARUS selalu bermain game untuk menguasai permainan catur, saya mengambil sisi manfaatnya. Bahwa catur dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan logis anak. Karena satu langkah, berpengaruh pada langkah selanjutnya hingga dapat mematikan Raja lawan.

 

Hal positif ini sejalan dengan penelitian Bart yang mengklaim bahwa catur adalah tugas yang menuntut perhatian terfokus dan penyelesaian masalah, bermain catur memperkuat kemampuan kognitif tersebut sehingga bermanfaat bagi prestasi anak-anak sekolah.

 

Jadi saya tidak perlu khawatir jika Luigi bakalan menghabiskan banyak waktu main catur. Karena justru dengan catur, saya pun mendapat manfaatnya. Luigi belajar sabar dan selalu berpikir konsekuensi.


Luigi terus latihan dan suatu hari ia raih juara 1 pada turnamen catur online di LICHESS, mengalahkan rekan yang ratingnya jauh di atasnya.


Selain itu, dengan kemampuannya bermain catur, ia dapat berbagi ke teman-temannya. Misalnya membuat konten di youtube dasar bermain catur, macam-macam Opening catur, puzzle catur, trik catur dan banyak lainnya.

 

Siapa tahu, kelak bisa menjadi konten kreator game catur seperti FM (Fide Master) Masruri Rahman melalui RL CHESS-nya di youtube dan akun tiktoknya yang selalu rame membahas puzzle catur. Atau sebagai penyelenggara live streaming catur seperti WIM (Woman International Master) Chelsie Monica di Chess.com Indonesia


Juga menjadi komentator turnamen catur online yang biasanya dilakukan GM (Grandmaster) Daniel Naroditsky. Dan jika sudah banyak prestasi dan memiliki gelar catur, jalan sebagai pelatih catur online seperti yang dilakukan IM (Chess International Master) Sean Winshand Cuhendi juga makin mulus. 


Dunia catur itu luas, apalagi gaming catur online. Jangkauannya seluruh dunia. Dan semua itu dimulai dari menjadi ATLET CATUR !!!


Luigi raih medali perak (juara 2) di turnamen catur tingkat provinsi Jawa Timur pada usia 7 tahun


Namun saya sadari bahwa Grandmaster adalah perjalanan, untuk menjadi atlit catur tentu tidak mudah. Saya pernah menonton kisah Nayaka, seorang atlit pelatnas catur junior Indonesia pada tayangan SEA Today News.

 

Nayaka latihan catur Senin hingga Jum’at, mulai jam 1 siang dan diakhiri jam 9 malam. Untuk menjadi juara catur seperti Nayaka, membutuhkan waktu minimal 8 jam sehari dalam berlatih catur.

 

Maka, sebagai Ibu yang ingin mendukung minat anak, saya butuh ‘senjata’ yang bisa digunakan anak untuk main game catur daring. Senjata tersebut adalah gawai yang punya performa terbaik demi latihan paripurna. Yang itu ternyata ada di ASUS ROG Phone 8. Kok bisa?

 

Simak pelan-pelan kelebihan ASUS ROG Phone 8 berikut ini ya.

 

ASUS ROG Phone 8 Lebih dari Sekadar Permainan

ASUS Republic of Gamers (ROG) Phone 8 hadir dan berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer.



Desainnya lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis menjadikannya sebagai ponsel yang sempurna untuk melengkapi gaya hidup para gamer. Tentu ini semakin memudahkan gen Z bahkan Generasi Alpha seperti Luigi untuk semakin menghasilkan kemenangan paripurna saat nge-game.

 

Selain itu, ROG Phone ini dirancang sebagai ponsel serba bisa yang tangguh, guna memenuhi kebutuhan para gamer, streamer, content creator dan banyak lagi.

 

Performa Tak Tertandingi

Game selalu jadi salah satu acuan buat melihat performa komputer, baik dari PC maupun ponsel pintar. Pengolahan gambar 3 dimensi dan beragam efek visualnya menjadi ajang yang tepat untuk menguji kemampuan komputasi. Maka penting buat kita ngeliat prosesornya.



Nah, ASUS ROG Phone 8 menggunakan Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang maksimal.

 

Nggak bakalan ada drama lagging atau nge-lag saat turnamen catur online. Apalagi dalam turnamen Lichess jika 30 detik sebuah bidak catur tidak melangkah, maka akun terancam di banned. Huaaah, kalah dong !!! Nah dengan prosesor yang ada di ROG Phone 8, kinerjanya bakalan sat set, peluang kemenangan pun ada di depan mata.

 

Omong-omong mengenai chipset, Snapdragon 8 Gen 3 memiliki keunggulan performa yang 30 persen lebih cepat dari generasi pendahulunya. Hal ini membuat kinerja ASUS ROG Phone 8 lebih powerful pada game berat sekalipun.

 

Selain itu, main game nggak mungkin cuma sejam doang. Apalagi game catur online untuk mencapai rating yang lebih menantang. Maka ASUS ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang jadi bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

 


Hal ini karena ROG Phone 8 sudah didukung oleh pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2 kali lebih tinggi. Jadi bisa mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.


 



Dengan desain premium dan performa terbaik, seri ROG Phone 8 adalah smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68. Sehingga tahan terhadap debu dan air. Jadi dimanapun kita berada, kondisi cuaca apapun, tetap aman.

 



Desain baru yang menarik perhatian ini hadir lebih tipis hingga 15% dari generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan performa. Ukuran dan beratnya cuma 163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g. ROG Phone 8 makin memudahkan dibawa dikantongin karena makin ringkas.

 

Ultra-bright Display

Seri ROG Phone 8 Pro menampilkan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Dimana sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan dalam rangka mengurangi konsumsi daya.

 



Kita juga bisa milih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan.

 

Tingkat kecerahan tertinggi sekarang ditingkatkan menjadi 2500 nits. Sehingga gamer tetep bisa melihat gambar dengan jelas saat main game atau nonton film bahkan di bawah sinar matahari.

 

Visual yang keren ini disetel dalam kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia. Ini adalah tampilan yang nggak bakal tertandingi.

 

AI Kamera Tingkat Pro

Gamer dan konten kreator bersama ROG Phone 8 bakalan bisa menjelajah fotografi tanpa batas dengan kecanggihan tri-camera system.

 

Selain itu, teknologi OZO Audio memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

 

Kamera utama ROG Phone 8 menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih.

 



Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis. sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal banget buat fotografi potret dan fotografi makanan.

 

ROG Phone 8  dilengkapi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, video dihasilkan bakalan lebih mulus dan foto yang bebas guncangan di manapun.

 



Perkembangan stabilisasinya sekarang mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya.

 

Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.




ROG Phone 8 juga menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography.


hasil kamera ROG Phone 8 pada malam hari, Credit by techhijau.com


Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

 

Selain itu ROG Phone 8 juga dilengkapi kamera ultrawide 13 MP dan kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan.

 

Kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritma canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga gambar yang dihasilkan makin memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 bener-bener ngasih jaminan kualitas dan kejernihan maksimal dalam setiap pemotretan dan perekaman.




Terakhir, kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

 

Lensa ini punya sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

 

Dengan keunggulan ini, Luigi bisa belajar membuat konten video tentang dunia catur, yang bisa bermanfaat untuk teman-teman di sekolah misalnya. Dan saat turnamen catur di luar kota, ia bisa mengabadikan momen menjelajah kota tersebut, atau saat hunting kuliner khasnya. 


hasil foto menggunakan ROG Phone 8.  Credit by techijau.com



semakin di zoom, semakin jernih gambarnya. Credit by techijau.com

 

Fitur yang Disempurnakan oleh Kecerdasan Buatan (AI)

Empat fitur AI pada ROG Phone 8 bikin para gamer bisa mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture. Hal ini membuat ponsel ini sangat diperlukan oleh para gamer yang cerdas.

 

AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan.

 

AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

 

Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan.

 

AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

 

AniMe Vision

Seri ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang bikin para gamer dan konten kreator makin ekspresif dan kreatif.  

 


AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga bisa buka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. Sungguh menakjubkan bukan?

 

Detail Spesifikasi ASUS ROG Phone 8 Series

Dimensions / Weight

163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g

Color

😍ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

😍ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Rear Camera

😍Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9

😍Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

😍Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μmActual output photo: 8 MP

Front Camera

32 MP RGBWpixel binning 1.4 μmActual output photo: 8 MP

Screen

6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits

Battery / Charging

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging

Memory

12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB

Frequency

😍5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

😍4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

😍4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

😍WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Others

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC

 

 

Trus berapa harga ASUS ROG Phone 8 ?

Udah nggak sabar ya? Hehe. Untuk ketersediaan dan harga udah diumumkan pada hari launching ROG Phone 8 di Indonesia tanggal 20 Maret 2024, di FX Sudirman. 


credit by @travelerien

• ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000 

• ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000 

• ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000 

• ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000


Nah setelah terpampang nyata harga ROG Phone 8 Beyond Gaming, pertanyaan selanjutnya, emang nggak ada promo nih? YANG BENER AJA !!! RUGI DONG !!! (ala anak tiktok) haha😝


Kalau kamu mau lebih hemat, dapatkan promonya mulai 20 Maret 2024, ada First Sale Promo dan ada Consumer Launch Sales Promo 😍.

 

Untuk First Sale Promo :

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store 

Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

 

Untuk Consumer Launch Sales Promo :

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.


Credit by @travelerien

Setelah peluncuran, teman-teman bisa visit booth-nya untuk menjadi salah satu yang pertama merasakan pengalaman menggunakan ROG Phone 8 Series.


Credit by travelerien

Lewat kolaborasi bersama dengan PUBG Mobile, ROG menyelenggarakan event launching ROG Phone 8 bersamaan dengan 6th Anniversary atau perayaan ulang tahun ke-6 dari PUBG Mobile yang juga bertepatan dengan peluncuran update terbaru PUBG Mobile Versi 3.1: Skyhigh Spectacle.

 

Akan ada banyak acara menarik dalam peluncuran ini seperti PMIC (PUBG Mobile Influencer Championship), Jawara Tournament By Tangerang Community, WOW Tournament, Cosplay Competition, kehadiran guest star spesial BTR Ryzen, BTR7 dan Coach Justin, juga terdapat Giveaway berhadiah ROG Phone 8 dan banyak quiz lainnya !


seru-seruan di booth ROG Phone 8 saat hari perluncuran (20/3), Credit by @travelerien 


***


Jadi, setelah ini aku harus siapin diri jika kelak, anakku -Luigi- sering menghadap layar ROG Phone 8. Menghabiskan banyak waktu untuk berlatih, berkompetisi, menganalisa permainan, repeat.  Semua itu demi cita-cita menjadi atlet catur masa depan. Berprestasi dalam catur dan berkarya menghasilkan konten catur yang bermanfaat !!!

 

 



Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

 

 

 

Referensi

Artikel dari https://rogcommunity.id/article/game-catur-online/


youtube SEA Today News, Beyond The Limited S2 EPS. 1: "Nayaka Budhidarma Chess" https://www.youtube.com/watch?v=eHN3PpWg7jM


Gunes, G. & Tugrul, B. (2017). Is chess just a game, or is it a mirror that reflects the child's  inner world? International Journal of Research in Education and Science (IJRES), Volume 3, Issue 2, 438- 451.


 

 

 

2 komentar

  1. Uwaaah hari ini dong mba launchingnya 😍😍. Penasaran mau tahu harganya. Apalagi kameranya di seri terbaru jauh lebih bagus drpd yg 7. Aku pengen beli hp ini buat anakku. Soalnya hp skr juga udh lemot.

    Luigi kereeen, di usia segini udah tahu minat nya kemana. Dan dia bener2 serius pula 😍. Jarang anak begitu. Anakku punya banyak hobi, tp ga diseriusin. Bosenan. -_-. Kalo udah tau maunya apa, kan sebagai ortu kita udah enak, tinggal memfasilitasi hobinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah udah di spill harganya mbak hehe, yok dipilih dipilih :D
      Kameranya bukan maen pokoknya, kualitas zoomnya jernih. Bikin video juga stabil, cocok juga buat mba Fanny yang hobi traveling.

      Untuk Luigi emang kayak nggak sengaja gitu jalannya, mbak. Kok dia tiba-tiba serius. Yaudah dijalani aja sgala prosesnya. Emaknya tim hore pokoknya :))

      Hapus