Belajar Literasi Finansial Melalui Mortgage Calculator Money Games

 


Kali ini aku ingin memperkenalkan pada kalian Mortgage Calculator Money Games yakni sebuah website untuk bermain game sekaligus belajar literasi finansial.

 

Emang kenapa sih harus belajar literasi finansial?



Agar anak-anak mampu bertahan pada era abad ke-21, meraka harus menguasai enam literasi dasar, salah satunya adalah literasi finansial. Secara umum literasi tidak lagi diartikan sebagai kegiatan baca tulis, tetapi memiliki makna yang lebih luas yang mencakup pemahaman yang baik terhadap berbagai aspek kehidupan.

 

UNESCO menerjemahkan literasi atau keaksaraan sebagai rangkaian kesatuan dari kemampuan menggunakan kecakapan membaca, menulis, dan berhitung yang dimana sesuai konteks yang diperoleh dan dikembangkan melalui proses pembelajaran dan penerapan di sekolah, keluarga, masyarakat, dan situasi lainnya yang relevan untuk remaja dan orang dewasa.

 

Intinya kecakapan literasi finansial adalah kecakapan untuk mengambil keputusan terkait pengelolaan keuangan. Cakap disini adalah memutuskan secara bijak, karena uang merupakan sumber daya yang terbatas.

 

Dari keterangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebutkan bahwa kecakapan literasi finansial mencakup pengelolaan pendapatan untuk disimpan (ditabung atau diinvestasikan), dibelanjakan dengan bijaksana, dan dibagi kepada orang lain yang membutuhkan.

 

Kecakapan ini memotivasi seseorang untuk bertindak secara bertanggungjawab dan bijaksana, sekaligus mendorong kepedulian sosial. Nilai-nilai karakter ini sangat relevan dengan pendidikan anak, khususnya anak usia dini.

 

Menumbuhkan Literasi Finansial Sejak Dini

Kemampuan untuk mengambil keputusan dengan bijak merupakan kecakapan hidup yang sangat penting. Sejak kecil kita sudah mempu membuat keputusan sederhana misalnya memilih warna pakaian atau memilih jenis makanan.


Semakin dewasa, keputusan hidup yang diambil seseorang semakin sulit, kompleks. Juga memiliki dampak yang signifikan tidak hanya untuk irinya, tetapi juga orang lain di sekitarnya. Untuk itu, kemampuan membuat keputusan bijak perlu ditumbuhkan dan dilatih.

 

Sejak dini, anak perlu diberi kesempatan seluas mungkin untuk memilih, membuat keputusan, serta mempertimbangkan plus dan minus konsekuensi dari keputusannya. 

 

Terkait kecakapan literasi keuangan, keputusan yang diambil anak usia dini dapat berupa hal-hal yang relevan dengan minat, kemampuannya berpikir, dan pengalaman kesehariannya.

 

Kecakapan literasi finansial yang dapat ditumbuhkan pada diri  anak mencakup hal-hal sebagai berikut:

 

Pengetahuan tentang konsep uang dan keterampilan untuk mengenali ragam jenis uang.

Ajaklah anak untuk mengenali dan mengamati gambar beserta warna pada uang. Kemudian, ajak anak untuk mengenali bahwa ragam bentuk dan warna uang tersebut mencerminkan nilai uang yang berbeda-beda.

 

Pengetahuan tentang kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari dan keterampilan untuk membedakan kebutuhan serta keinginan.

Ajaklah anak untuk mengenali bahwa uang dapat digunakan untuk mendapatkan benda atau jasa yang dibutuhkan. Maka mereka perlu dibiasakan untuk mengenali dan membedakan kebutuhan dan keinginannya.

 

Pengetahuan dan keterampilan untuk menyisakan uang guna disimpan dan digunakan di kemudian hari.

Ajak mereka memasukkan uang ke dalam celengan tersebut baik di sekolah maupun di rumah. Tanyakan benda apa yang sangat diinginkannya.

 

Kesadaran untuk berbagi kepada orang lain atau teman yang lebih membutuhkan.

Biasakan anak untuk memperhatikan orang-orang di sekitar mereka yang membutuhkan bantuan. Ajaklah mereka memikirkan cara untuk membantu mereka.

 

Belajar Literasi Finansial di Mortgage Calculator Money Games

Saat ini belajar literasi keuangan bisa lebih melalui permainan di Mortgage Calculator Money Games.

 

Website Mortgage Calculator Money Games tidak hanya menawarkan banyak permainan untuk anak-anak belajar literasi keuangan, namun permainan yang ada dibuat dengan menyenangkan, gratis, dan tanpa iklan.

 

Selain itu permainannya penuh warna, ada suara musik dan banyak kategori pilihan. Misalnya Business Simulation Games, Real Estate Games, Money Games, dan lainnya. Cocok untuk anak-anak yang memang sukanya bermain ya HEHE 😊

 

Aku kenalin beberapa diantaranya ya

 

Treze Coins

Treze Coins adalah permainan untuk menambahkan uang. Caranya dengan menambahkan koin untuk disetorkan ke mesin kotak bola sesuai dengan nominal yang diminta.

 

Jika ada nominal yang jika ditambahkan tidak sesuai, maka kita bisa melakukan tukar uang. Agar ketika ditambah, hasilnya bisa pas. Anak-anak juga dapat belajar bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Prancis karena ada pilihan bahasa tersebut.





Cashier Simulator

Cashier Simulator  sangat menyenangkan karena anak-anak seakan-akan menjadi kasir di supermarket. Mereka belajar menghitung barang, menjumlahkan harga, menerima uang dari pembeli, lalu memberikan kembalian. Jika berhasil maka mereka bisa menyerahkan struk belanja. Ketika sudah selesai, akan ada score-nya. Musiknya juga ceria ya, jadi belajar berhitung dengan sangat fun.






Idle Mole Empire

Idle Mole Empire adalah permainan untuk membantu tikus tanah untuk membangun konstruksi. Caranya mudah banget, kita klik tikus pekerja untuk mulai bekerja dan pekerjakan manajer untuk mengotomatiskan alur kerja mereka. Agar mereka kerja lebih cepat maka tingkatkan level pekerja di tiap lantai.

 

Anak-anak akan bermain dengan menggali lebih dalam dan menghancurkan batu untuk membuka konstruksi baru. Dengan terus bekerja, tentu akan banyak uang yang didapat. Uniknya permainan ini, jika sudah naik level, meski dibiarkan saja maka pekerja akan bermain secara otomatis untuk mendapatkan uang.




Pizza Cafe

Game Pizza Cafe  ini anak-anak belajar mengatur sebuah kedai kopi, kios burger, atau pizza. Misalnya pada Pizza Café anak-anak harus cepat melayani setiap pesanan pengunjung sesuai yang diminta Ibaratnya kudu gercep.

 

Mereka harus teliti melihat pesanan pelanggan, memastikan resep pizza, kemudian menyiapkan pesanan dengan benar. Belum lagi lanjut menyajikan agar pelanggan puas dengan layanan restoran. Jadi tidak hanya belajar me-manajemen kedai namun juga melakukan pelayanan pelanggan secara cepat agar pelanggan menjadi loyal. Belajar bisnis dengan cara yang seru banget.




Meski ini belajar literasi finansial dengan cara bermain, namun tetap lakukan kesepakatan dengan anak mengenai waktu yang tepat untuk bermain. Agar tidak lupa belajar pelajaran sekolah, mengaji dan shalat ya. Saranku, ketika bermain menggunakan latop saja agar tidak bermain sambil rebahan.

 

Semoga anak-anak mendapat manfaat kecapakan literasi finansial dari Mortgage Calculator Money Games ini ya.

 

Sampai jumpa di tulisan lainnya. Semoga bermanfaat.

 



Referensi :

Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Pendamping, dan Orang Tua https://sikapiuangmu.ojk.go.id/


Tidak ada komentar