Jalan-Jalan ke Pasar Pabean Surabaya Sama Ibuk

 

22 Oktober siang, cuaca Surabaya sedang bersahabat. Nggak panas dan nggak hujan, gimana tuh. Akhirnya saking gabutnya, aku ajakin Ibu jalan-jalan. Ibuk pingin jalan-jalan kemana? Tanyaku dengan penuh keseriusan. Kali aja pingin ngadem ke mall.

 

Eh beliau malah ngajak ke Pasar Pabean. Yaudah deh, berpetualangan dengan aroma amis di pasar ikan terbesar di Surabaya ini. Sekalian bikin konten yutub selama disana.




Omong-omong, katanya Pasar Pabean ini pasar ikan terbesar di Jawa Timur loh karena emang legendaris. Pasar Pabean sudah ada sejak tahun 1918 (sumber https://tourism.surabaya.go.id/). Lokasinya dekat sama sungai Kalimas yang dulunya jadi urat nadi perdagangan kota Surabaya.

 

Lokasi tepatnya ada di Jalan Songoyudan dan berbatasan dengan Jalan KH Mas Mansyur (kawasan Arab Surabaya). Sepertinya Pasar Pabean ini komplit banget menyediakan beragam ikan tawar atau ikan laut. Semuanya masih segar ya.



Tujuan yang paling dicari di Pasar Pabean adalah cari ikan hiu. Ini ikan kesukaan Bapak banget deh. Ternyata cuma ada 1 penjual ikan hiu, itupun katanya karena ikut terjaring. Emang hiu tertentu kan nggak boleh diburu setahuku. Jadi kalau ikan hiunya nggak sengaja terjaring ya gpp lah. Kebetulan penjualnya juga cuma punya 2 ekor doang.

 

Tahu nggak sih, kalau selama di Pasar Pabean hanya ada 3 jenis perikanan yang aku tahu yaitu udang, kepiting dan cumi. Ikan lain? sumpah nggak tahu namanya apa. Bahkan aku iseng nanya sama penjual, pak ini ikan apa, gede banget. Iya beneran super gede. Dijawab singkat ikan bandeng.

 

Apah? Bahkan ciri-ciri ikan bandeng pun aku nggak tahu? Huaaah. Padahal udah berapa tahun dagh aku tinggal di Gresik yang terkenal dengan kontes bandengnya ini.

 

Makanya kalau Ibuku tanya harga ke penjual, selalu aku tanya nama ikannya. Rasanya semua ikan bentuknya sama. Beda ikan gurami, nila atau dorang aja aku gagal paham.

 

Kebetulan disana ada bule yang juga lagi belanja ikan, tapi nggak jadi tontonan. Orang Surabaya udah bosan lihat bule kali ya. Emang Pasar Pabean ini juga termasuk wilayah kota tua Surabaya, jadi wajar jadi jujukan wisatawan juga.

 

Untuk pencarian pertama akhirnya ketemu ikan hiu sekilo cuma 20ribu. Trus ketemu penjual kepala ikan yang biasanya buat nasi padang, 1 kg 25 ribu tapi Ibuk nggak tergesa-geda membelinya.

 

Eh ada pembanding ikan kuniran sekilo 28 ribu, akhirnya diputuskan beli ikan kuniran aja. Lanjut beli ikan sukun 1 kg 20ribu. Bentuknya lancip gitu. Entah ikan kuniran dan ikan sukun rasanya gimana dan bedanya apa HAHA.




Di dalam pasar tentu harus siap ber-becek ria. Juga tersenggol para pedagang atau kuli panggul ikan yang bawa 2 tong ikan sekali jalan atau para Ibu-Ibu yang membawa sebaskom ikan di atas kepalanya dengan penuh keseimbangan.

 

Makanya dress code ke Pasar Pabean tuh nggak usah cantik. Baju biasa aja karena toh pulangnya langsung masuk kotak baju kotor. Termasuk sandal nyaman anti air karena banyak genangan air di mana-mana.




Petualang cari ikan masih berlanjut di area luar pasar, masak aku nggak ikutan beli. Akhirnya aku beli kepiting sekilo 50 ribu doang loh. Murah banget kan. Sekilo itu isinya 4-5 ekor tergantung besar kecilnya juga sih.

 

Trus sebelum pulang, kita ganti ke area ikan kering. Daerah ikan kering ini ya masih satu atap sama ikan basah. Cuma disini lebih sepi. Ibuk beli cumi kering sekilog 60 ribu. Rencananya entar dimasak sambal cumi.




Ibuk sebenarnya pingin nambah ikan asin yang dari ikan kakap. Sekilonya 60 ribu, cuma karena merasa belanjaan udah banyak, katanya kapan-kapan aja kesana lagi. Udah deh, pulang membawa kresek berisikan ikan-ikan segar dari Pasar Pabean. Bayar parkir, dan cuz pulang.


Yutubnya ada di bawah ini ya 😅




1 komentar

  1. Mbaaaaa, murah2 bangetttttt yaaaa. Itulah yg aku suka kalo tinggal di pesisir, Krn seafoodnya muraaaah. Sama kayak Sibolga.

    Ya ampun, ikan hiu itu fav nya orang Sibolga 😍😍😍. Termasuk di keluargaku. Biasanya dimasak apa mba? Kalo di Sibolga hiu itu di gulai. Pake rempahnya buanyaaaaak, makanya sampe skr si mba asisten ga bisa masaknya. Belum lagi cara bersihinnya susah kan, Krn berpasir banget badannya.

    Pas kemarin Juni aku mudik, puas banget dimasakin gulai hiu Ama adekku 🤤🤤.

    Aku ga begitu suka ke pasar ikan Krn ga suka baunya, tapi sukaaa banget dengan kuliner seafood begini. Kalo mama udh belanja ikan, langsung deh penasaran bakal di masak apa 😁

    BalasHapus