Pengalaman Luigi Mengikuti Preschool SD Muhammadiyah 1 GKB, Gresik (SD Mugeb)



Menyekolahkan anak di sekolah swasta, ada beberapa hal yang membuat saya heran. Pertama pendaftaran yang harus inden bahkan satu tahun sebelum siswa berseragam putih merah. Ya tepatnya sejak TK-B !!! 


Bahkan ada yang inden atau “titip nama” sejak TK-A. Buset !!!


Kedua, adanya “sekolah SD sebelum SD”. Apalagi ini?

 

Jadi 1 Oktober Luigi tes SD atau istilahnya Maping Calon Siswa dan Interview Orangtua. Seminggu kemudian tepatnya 6 Oktober, saya mendapat pengumuman yang ditanda tangani Kepala Sekolah bahwa Luigi diterima di SD yang telah kami pilih bersama, SD Muhammadiyah 1 GKB, Gresik tahun pelajaran 2023/2024. Sekolah Ramah Anak ini lebih dikenal dengan sebutan SD Mugeb.

 

Saat itulah saya dikasih agenda selama Oktober-Desember dan Januari-Maret ada program preschool SD. Sekolahnya masih Juli tahun depan euuuy. Juli 2023 !!!


sd-muhammadiyah-1-gkb
Luigi saat masih survei sekolah sama Mama 😅

Sebelum anak-anak beneran jadi siswa SD, maka mereka sudah mulai dikenalkan dengan lingkungan dan suasana pembelajaran SD pada preschool ini. Preschool pun tidak sekadar anak-anak masuk sekolah dan jalan-jalan keliling fasilitas gedung doang.

 

Ternyata ada kurikulum yang jelas dari sekolah. Sehingga bayangan saya, pasti siswa-siswi TK ini lebih siap dan percaya diri dengan suasana Sekolah Dasar nanti.

 

Program Preschool SD Mugeb

Preschool atau pra-sekolah ini sebenarnya adalah nama lain dari pengenalan lingkungan sekolah SD Muhammadiyah 1 GKB, Gresik. Jadwalnya seminggu 1 kali pada hari Jumat, pukul 15.00-16.30 WIB. Jadi, pulang sekolah bisa tidur bentar untuk persiapan. Targetnya dari bulan Oktober-Desember 2022 dan Januari-Maret 2023.

 

Banyak kegiatan preschool yang dilakukan siswa-siswi yang telah terdaftar. Misalnya fun cooking, gardening, handy craft, science project, calistung, painting, all about pet, mencocokkan gambar, movie time, outbond, mini city tour hingga nanti di akhir ada pentas seni wisuda preschool SD. 


Semoga dengan kurikulum ini membuat proses adaptasi lingkungan, teman dan pelajaran SD menjadi lebih mudah. Di sela preschool, pada Januari 2023 ada pengukuran seragam sehingga Juni 2023 udah bisa diambil.


preschool-sd-mugeb


Pengalaman Preschool Pertama di SD Mugeb

Dua hari sebelum hari H, saya sudah diingatkan ustadzah untuk preschooll perdana. Pengenalan sekolah bertajuk A Start of Colorful Journey ini akan ada penampilan polisi cilik (pocil), tapak suci dan tari tradisional pada pembukaan.

 

Yang membuat sedikit gelisah awalnya adalah informasi dresscode nuansa merah. Sementara Luigi sepertinya udah nggak punya baju berkerah warna yang identik dengan warna berani ini. 


Namun, setelah bongkar lemari akhirnya ketemu hem motif salur merah dan putih. Meski saya deg degan apa masih bisa dikenakan atau malah sudah cingkrang pada lengannya. Alhamdilillah ternyata masih cukup.

 

Sejak Luigi dibriefing mengenai preschool ini, dia excited. Saking semangatnya, hingga terlontar kalimat “yaudah Ma, aku sekolah SD sore aja, nggak usah sekolah TK lagi”. Entah kenapa bisa bersamaan dengan Luigi nggak masuk sekolah karena pilek mendekati preschool SDnya. Jadi semakin tidak sabar dia dengan sekolah barunya nanti.

 

Hingga waktu itu telah tiba. Jumat yang cerah Luigi masih bolos. Saya masih harus ke sekolah TK karena jadi panitia seminar parenting. Ternyata meski ditinggal, Luigi tetap bangun pagi. Luigi sudah bilang ke Ayahnya bakalan ikut Jumatan dan tidak akan tidur siang.

 

“sekolahnya jam 3, sekarang jam setengah 2, nanti aku kebablasan sekolah SD gimana?” protesnya saat saya tawarkan tidur siang.


 

Sepulang acara seminar, saya menyiapkan makan untuknya. Ayam goreng krispi yang saya beli di depan gang perumahan, dimakannya dengan lahap tanpa sisa. Sebagai bahan bakar saat preschool nanti pikirnya. 


Saya suruh ia mandi lagi agar tidak ngantuk, ia pun makin girang karena bakalan ada alasan mainan air.

 

Tepat pukul 14.30 WIB, saya mendorong sepeda motor keluar pagar. Mesin dinyalakan lalu kami berdua pergi menuju Jalan Belitung IV Gresik Kota Baru (GKB) tempat SD Mugeb berdiri kokoh.

 

Entah karena melamun atau apa, di lampu merah arah GKB saya malah kebablasan lurus hingga tersadar langsung membelokkan stang stir motor ke arah SMA Muhammdiyah 1, seberang jalan Universitas Muhammdiyah Gresik. 


Untunglah ada akses bawah flyover, tinggal belok kanan udah tembus akses ke SD Mugeb. Ini pertama kali saya dan Luigi lewat underpass Jalan Wahidin arah Lamongan ini.

 

Luigi awalnya panik, lalu kami tertawa bersama. Menertawakan ketidak fokusan Mamanya ini HAHA 😁. Ternyata pukul 14.45 kami sudah sampai di sekolah. 


Awalnya bingung ini kumpulnya dimana. Kirim WA ustadzah belum ada balasan pula. Karena dilapangan ada banner bertulisan Preschool maka saya dan Luigi duduk di bawah pohon sambil menikmati embusan angin. Cuaca sangat cerah.

 

Luigi tiba-tiba mencolek pundak, menunjukkan bahwa teman sekelasnya –Maure- berjalan menuju pagar sekolah. Setelah itu, kami sama-sama menyapa Maure. Tiba-tiba bapak yang mengantarnya menitipkan Maure pada saya. “Mbak, ini temennya Maure ya? Nitip Maure ya.”

“loh nanti Bapaknya jemput lagi kan?” tanya saya bingung

“nanti dijemput Mamanya”

 

Dan Bapak yang tak kutahu ini Ayah atau Kakek Maure berlalu. Alhasil saya selalu memastikan Luigi dan Maure dalam pandangan sebelum preschool dimulai. “adek harus berdua sama Maure ya?” kata saya pada Luigi.


Luigi dan Maure dalam satu barisan


Pukul 15.00 kurang beberapa menit ada Spiderman yang menyambut anak-anak TK ini didepan gerbang sekolah. Tidak hanya mengajak tos tangan, namun Spiderman ala-ala ini juga membagikan permen susu untuk anak-anak. Tentu saja Luigi sangat senang. Meski permennya rasa coklat, ia tak sabar membuka bungkusnya.

 

Semua siswa-siswa akhirnya dikumpulkan di lapangan dan diarahkan untuk membentuk barisan. Bersama Maure akhirnya Luigi ada di barisan Al Qudus


Semakin sore suasana semakin padat karena setiap anak pasti diantar orangtua entah seorang atau bahkan dua-duanya. Namun ramainya suasana lapangan tidak mengurangi kemeriahan pembukaan preschool SD yang terkenal dengan polisi ciliknya ini.

 

Katanya dunia ini selebar daun kelor, pada barisan Al Qudus juga ada Gauzan dan Yusuf teman TK Luigi. Saya lihat juga ada beberapa mama-mama yang biasanya ketemu saat jemput sekolah TK. 😅

 

Pembukaan dimulai tepat pukul 15.00 WIB dan dipandu oleh ustadzah Lala dan ustadz Authon. Kedua MC ini sangat energik menyemarakkan acara. Kepala Sekolah SD Mugeb M. Nur Qomari, S.Si atau lebih akrab disapa ustadz Ari juga turut menyapa siswa paling cilik di SD Mugeb ini.

 

Untuk memeriahkan acara ada tampilan dari kakak-kakak Polisi Cillik yang baris berbaris. Kakak-kakak tari tradisional juga unjuk gigi dan ditutup oleh kakak yang ber-tapak suci. Senjata bambu yang dipakai tapak suci sampai patah. Oya, Polisi Cilik SD Mugeb setau saya bagian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik untuk mengedukasi tentang safety riding

 

Selama kakak kelas tampil, semua anak-anak disuruh duduk. Untunglah Luigi termasuk barisan depan. Terlihat tidak hanya anak-anak yang senang, namun para orangtua yang hadir mengantar juga terhibur. Eh apa ini saya aja ya HAHA. 😂😁

 

Acara pun tidak berhenti pada tampilan kakak-kakak SD Mugeb, namun mereka semua diajak jelajah di ekowisata yang menjadi salah satu fasilitas terbaik sekolah. Ekowisata ini terletak di ujung barat Sekolah Ramah Anak (SRA) ini.

 

Semua siswa harus berbaris dengan menaruh dua tangan ke pundak rekan di depannya agar tak putus seperti kereta api. Di ekowisata mereka bertemu dengan banyak hewan misalnya marmut, iguana, burung hantu, ayam, kura-kura, aneka burung, dan berbagai tanaman seperti terong dan lainnya.

 

Setelah berlelah berkeliling ekowisata, anak-anak berfoto dan mendapat snack yang terdiri dari camilan gurih dan susu. Nggak ada yang rebutan, semua tertib antri.

 

Pulangnya saya harus menunggu mama Maure untuk menjemput. Ditemani mama Rayyan yang tak lain Rayyan adalah teman satu kelas Luigi dan Maure. Mantap nih, kawan-kawan dari TK Islam Terpadu Al Ibrah ketemu lagi di SD yang insyaAllah menjadi sekolah terbaik untuk menuntut ilmu. Terbaik menurut penilaian subyektif saya dalam spiritual, akhlaq, akademik dan minat bakat mereka. Amin.


Dari preschool perdana SD Mugeb, ada beberapa manfaat yang bisa diambil. Berawal dari perhatian Luigi mengenai banyaknya teman yang ikut preschool. Saya jelaskan bahwa nanti di SD, teman Luigi memang akan lebih banyak daripada sekolah TK. Sehingga ia bisa mengembangkan potensi kemampuan sosialisasi. Selain itu, Luigi bisa mengenali beberapa ustadzah/ustadz yang bakalan jadi gurunya nanti. 

 

Mendung menggelayut manja di kota industri ini. Awan menjadi lebih gelap, bukan karena menjelang senja. Saya dan Luigi bergegas pulang, takut awan makin menangis. 


Eh tapi kok lapar ya. 


Mampir sebentar di sebuah kedai daerah GKB beli pentol gila, lalu kami makan dengan khusuk sesampainya di rumah sambil bercerita pada Ayah mengenai pengalaman hari ini. Luigi makan pentol jamur, Mama pentol ranjau dan Ayah bagian pentol daging. 


Luigi terkesan dengan aneka binatang yang ada di ekowisata sekolah. Katanya acaranya seru banget. 

 

MashaAllah, Allah mudahkan semuanya. Lalu hujan turun deras.


video keseruan preschool-nya ada di link ini ya :) - saya tarik dari Youtube masih belum bisa, nanti saya edit kalau sudah bisa ya :)



Salam

Anggraeni Septi


 

 

 

 

 

 

 

 

 

8 komentar

  1. Walah. Preschool juga ada sebelum SD juga tho. Tapi menarik sih menurutku. Anak-anak jadi dipersiapkan untuk masuk sekolah dasar sebelum mereka benar-benar menjadi anak SD. Luigi keren dah semangatnya.

    BalasHapus
  2. Bagus ya konsepnya, preschool sebelum SD. Jadi anak engga kaget kalau sudah beneran sekolah. Saya bahkan baru tahu harus ada psikotes dulu sebelum mulai sekolah. Semangaaat ya Luigi. Semoga lancar sekolahnya...

    BalasHapus
  3. Waaah Luigi udah mau SD yaa? Preschool programnya menarik sekali. Belum banyak sekolah yg punya program ini ya. Padahal pasti bakal membantu saat hari H jd anak SD beneran. Happy dan semangat selalu ya Luigi

    BalasHapus
  4. ekowisatanya menarik. anak-anak belajar merawat hewan di sekolah yaa. Keren banget ini Mugeb.
    dan alamaaak dari sekarang udah ada pengenalan sekolah!

    BalasHapus
  5. Sekolahnya kedengaran keren. Sebelum masuk, udah diperkenalkan terlebih dahulu. Jadi, nantinya anak2 gak kaget atau takut.
    Wah, kalau dekat mah pengen banget sekolahin anakku di sana. Luigi semangat ya, sekolahnya.

    BalasHapus
  6. Bagus juga program preschool ini. Anak-anak nantinya sudah kenal dan terbiasa dengan sekolah barunya ya... Jadi nanti tinggal fokus belajar, tidak perlu membutuhkan banyak penyesuaian.
    Semoga Luigi tetap semangat sekolahnya ya...

    BalasHapus
  7. Berarti saking banyaknya yang indent, maka dipakai sistem preschool ini kah Mbak Septi?
    Btw cepet banget Luigi sudah mau SD, ya mbak. Moga sehat selalu, Luigi dan mama cantik.

    BalasHapus
  8. Lumayan lama juga Yaa preschool nya mba. Baru tahu ada preschool gini di swasta. Semua anakku negeri soalnya, jadi ga ngalamin preschool 😅. Tapi bagus kok konsepnya, anak2 jadi ga kaget pas bener2 udh mulai belajar THN depan. Udah terbiasa Ama rutinitas nya. Yg penting anaknya nyaman sekolah , jadi dia juga semangat tiap berangkat 👍

    BalasHapus