Curhatan tentang Ibuk



Kalau dipikir-pikir, Ibuku yang seorang ibu rumah tangga 1000%, di rumah aja sepanjang waktu sejak aku kecil kok bisa punya tabungan ya. Beliau kagak punya income dari dirinya sendirinya loh.

Keahliannya ya jadi ibu rumah tangga. Masak untuk keluarga, nyuci baju, setrika, beres2 sampe rumah kinclong. InsyaAllah dikerjakan sepenuh hati hingga hari ini.

Sebagai istri pensiunan BUMN, duit pensiun berapa sih.

Tapi ada satu hal yang aku pelajari dari Ibuk sejak dulu.


Gaya hidup!!!






Saat bapak masih dinas, Ibuk-ku selalu menyisihkan duit sisa belanja. Saat bapak mulai merangkak golongan dan jabatannya sebagai sekretaris direktur utama BUMN, Ibuk nggak pernah shopping, arisan sosialita, koleksi make up, koleksi kebaya, koleksi sandang, beli beli barang lucuk, beli panci wajan jutaaan, kagak pernah. Type orang rumahan. Bahkan kayaknya baju yang couple sama Bapak cuma satu 😁 Bertengkar karena kurang duit juga nggak pernah liat.

Tapi Ibu diam-diam nabung dan nabung dari duit yang di kasih Bapak. 
Ya nabung konvensional lah, celengan, bank, atau ikut arisan. Dalam senyap ia kumpulkan pundi-pundi rupiah hingga kekumpul dikit-dikit dan dibelikan tanah deket rumah. Dari tanah itu, ia bangun, dan sekarang jadi kos-kosan. Ya nggak banyak sih kamarnya. Cuma 4, tapi di Surabaya tengah kota (eh sekarang jadii 3 kamar, karena satunya buat mbakku yang baru nikah). 

Dari duit itu bisa untuk makan sehari-hari dan jadi tabungan lagi termasuk tabungan haji. Bahkan bisa qurban kambing juga kalo Idul Adha 🥺🥺 InsyaAllah besok tanggal 9 Juli 2022, Ibuk juga beli kambing lagi.

Ibuk juga sangat menghindari hutang. Pernah ding, hutang di bank untuk renovasi rumah yang sekarang jadi kos-kosan tapi udah lunas sejak jaman dulu kala 😍

Sampai hari ini Ibuk atau Bapak kagak pernah minta duit ke anaknya. Cuma aku dan mbak tetep tahu diri sebagai anak 🤗 *meski aku sekarang juga ibu rumah tangga 😘

Hikmahnya, rezeki itu luas ya. Dan karena gaya hidup sederhana, bisa bikin Ibuk Bapakku beli apa yang mereka mau dan inginkan di masa sekarang. Termasuk Ibuk yang pingin beli hape Op*o RAM 6 dari duitnya sendiri.





InsyaAllah sehat terus Buk, Pak 💜😘
Semoga Allah selalu menjaga keluarga kita 🤲.  Dan semoga rezeki dari Allah tetep menjadikan kita hamba yang beriman dan bersyukur. 🤲💜



*ditulis melalui hp

3 komentar

  1. Itulaaah mba, hebaaaaat memang ibu2 zaman dulu itu. Hanya modal nabung loh, tapi mereka bisa menyisihkan utk nantinya beli tanah, atau rumah. Saluuut. Intinya sih pengendalian diri supaya ga boros.

    Jujur aku msh boros. Tapi setidaknya skr ini kalo income masuk, selalu aku sisihin dulu buat investasi, baru sisanya utk pengeluaran rumah dan traveling 😅. Untuk traveling aku susah kalo sampe ga ada mba 🤣. Bisa stress kalo sampe ga bisa jalan2 😂.

    Suami udh pernah bilang, seandainya budget traveling ga ada, mungkin asset kami jauh LBH banyak lagi. Tapi aku pikir2, kami kan cari duit buat dinikmati juga yaaa. Toh keperluan investasi dan kewajiban lain udh terpenuhi. Masa iya ga ada seneng2nya 😁. Jadi ya sudahlaaah, budget traveling termasuk yg wajib selalu ada di keluargaku.

    Mamaku pas tahu aja suka ngomel. Katanya, udah umur segini, diem2 ajalah di rumah, ga usah kelayapan lagi 😅. Duuuuh mam, bisa cepet pikun aku kalo ga kemana2 🤣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha katanya gini mbka, jalan-jalanlah mumpung ada kesempatan. Apalagi kalau masih muda masih bisa menikmati. OK juga sih, kalau traveling jadi agenda wajib keluar. Tergantung visi misi keluarganya, ceileeeh.
      Aku sih traveling kalau ada duitnya wkwkw :p Minimal di dalam kota atau kota yang deket tempat tinggal, nginep hotel semalam sekeluarga aja udah seneng Haha

      Hapus