Jenuh? Nggak lagi. Ada game online di Plays.org Siap Menemani


Kalian udah pada kenal sama Plays.org belum nih? Atau mungkin dengar sekilas? Eh sini dong deketan, aku ceritain bentar ya. Nggak terasa hampir dua tahun lamanya merasakan pandemi yang entah kapan bakalan berakhir. Jujur aja di awal pemerintah menyuruh di rumah aja, awalnya mati gaya. Duh ngapain lagi nih. Mengingat sebelum zombie Korona masuk Indonesia, kegiatanku sama Luigi ya main di luar.

 

Apalagi tahun kemarin Luigi belum aku sekolahin, jadi bener-bener 24 jam ngendon di kamar. Mau melipir cari pelipur hawa sejuk di luar kota juga nggak bisa karena banyak penyekatan. Duit juga makin nipis karena event udah nggak ada lagi. Sementara suami cari duit dari acara olahraga. Makin makin jenuh-lah sama pendemi. Hiks


plays-org

Tapi nggak butuh waktu lama untuk haluuu alias halusinasi, dimana berharap buka mata setelah bobok dan si Korona tetiba ilang. Aku hadap kaca dan liat diri sendiri. Bahwa manusia ini kan makhluk ciptaan Allah paling adaptif dari semua perubahan. Akhirnya mulailah mikir dengan FOKUS SOLUSI.

 

Nggak lagi nyalain keadaan diluar kontrol kita. Akupun list semua kegiatan yang tetep bisa dilakukan menyenangkan, biar rasa jenuh enyah jauh di Samudra Hindia.


Kegiatan Selama di Rumah Aja

Olahraga

Pandemi beneran bikin jenuh dan stres. Kadang larinya ngemil dan makan. Halo? Apa kabar timbangan? Auh ah gelap. Yang pasti jarum semakin menuju ke arah kanan. Dulu, masih bisa tuh pakai baju ukuran M. Sekarang? Boro-boro.

 

Akhirnya olahraga adalah kegiatan baru yang masih realistis dilakukan. Ternyata gerak dari teras rumah juga bisa keringetan loh. Bahkan di ruang tamu pun masih bisa bercucuran air dari jidat hanya berbekal youtube. Banyak kok, gerakan aerobik yang asik banget.

 

Dan ternyata olahraga juga memicu hormon bahagia. Jadi nggak hanya bisa lebih sehat, tapi juga bikin hepi. Luigi gimana? Ikutan gerak dong, kadang juga ambil sepeda dan keliling di komplek perumahan. Pastinya, protokol kesehatan jadi hal utama. Pakai helm dan masker nggak boleh lupa.

 

Melibatkan kegiatan di rumah

Bikin – bikin di dapur

Meski cowok, Luigi (5 tahun) akrab sama alat dapur dan masak memasak. Ia aku libatkan dalam kegiatan nyiapin makanan dan camilan. Bahkan ia aku percaya pegang pisau untuk mengiris tempe, juga menaruhnya dalam penggorengan.

 

Tetep dalam pengawasan ya. Pisaunya pun bukan pisau buat gorok kambing Idul Kurban kok, hehe. Terakhir, kami bikin susu jelly dan puding bareng. Pernah kami gagal bikin cimol, tapi seru banget dapur jadi penuh tepung :p

 

Kasih makan hewan peliharaan

Pandemi pada akhirnya mengubah cara berpikir, bahwa hewan itu bikin kotor. No! Ternyata pelihara hewan itu asyik. Dan kami memelihara anak ayam. Lucu sih!! Sungguh itu adalah alasan jujur dari anakku HAHA.

 

Mungil dan warna-warni pasti jadi menarik ya buat balita. Hingga sering hilang, entah kemana. Hal ini karena anak ayamnya aku bebasin, di halaman belakang rumah.

 

Sekarang yang masih ada adalah pelihara lele. Kasih makan lele di pagi hari adalah aktivitas yang mengendurkan ketegangan otot akibat berita Korona bertubi. Entar kalo udah banyak bakalan dijual? Kagak!!

 

Bermain bongkar pasang

Bermain lego duplo, magformers, dan memainkan puzzle adalah jenis permainan yang Luigi suka. Ternyata juga banyak manfaatnya buat anak usia dini, misalnya mengembangkan motorik halus dan mengembangkan kemampuan visual-spasial.

 

Lumayan lah, Luigi mulai mau pegang pensil seiring kekuatan otot jarinya yang makin kuat karena permainan itu.

 

Bermain video game

Menurut WHO, anak-anak usia 2 hingga 5 tahun nggak boleh nonton layar gawai lebih dari 1 jam setiap hari. Tapi karena aku mama aliran realistis, maka saat masa karantina di rumah, screentime pada masa pandemi aku tambah, dengan pembatasan maksimal 2 jam.

 

Syarat menambah screentime :

o   Apakah Luigi nggak abai sama sekitar, masih noleh jika dipanggil, masih tetap mau bergerak.

o   Apakah konten screentime bermanfaat dan sesuai passionnya. Misalnya youtube Si Bolang atau Si Unyil.

o   Selain itu, boleh juga bermain gim video yang nggak perlu donlot di hp namun menggunakan laptop atau komputer.

 

Manfaat Bermain Video Game

Kenapa aku membolehkan Luigi memainkan permainan digital? Bermain gim video ternyata punya manfaat juga loh. Video game dari berbagai genre diyakini dapat mendukung pembelajaran seseorang dalam memecahkan masalah, memperkuat ingatan, bahkan mendukung pembelajaran komunikasi.

 

Penelitian Dr Giorgos Papanastasiou (2017), dari pengajar bidang Artificial Intelligence and Engineering in Medicine yang dilansir pada Harian Kompas, menyimpulkan bahwa gim video dapat mengembangkan keterampilan komunikasi, spasial, kognitif dan motorik.

 

Selain itu, bermain video game juga mengajarkan memecahkan masalah yang kompleks, membuat gamer merasakan berbagai emosi dan meningkatan kreativitas.

 

Seperti cerita Miftah Tri yang sejak kecil suka bermain gim militer. Mahasiswa Desain Produk Telkom University Bandung ini lama-lama tertarik bikin karya desain persenjataan. Hingga akhirnya memenangkan kompetisi desain produk pertahanan bareng rekannya. Keren banget khan bermain gim video?

 

Video Game Seru dan Edukatif dari Situs Plays.org

Dengan banyaknya manfaat bermain video game, rasanya nggak ada alasan lagi melarang Luigi melirik permainan digital tersebut. Aku percaya, bahwa gim video adalah wahana hiburan digital seperti film kartun dan hiburan lainnya.


Justru karena ada interaksi dalam bermain video game yang menjadi keseruannya. Anak masuk dalam dunia permainan, mendapatkan banyak poin, menang atau game over.


plays-org


Hingga akhirnya aku menemukan situs video game dari Plays.org yang asik banget. Kenapa asik? Karena bisa dimainkan langsung melalui browser web, nggak perlu unduh aplikasi (masalah klasik, males donlot ini itu bikin hp penuh :))

 

Jadi kita maupun anak-anak bisa bermain video game dari hp, tablet, laptop dan komputer yang didukung Windows. Bahkan semua file game bisa disimpan secara lokal di chache browser web kita.

 

Nggak cuma itu, situs Plays.org diakses tanpa pembelian sepeserpun alias gratis. Game yang tersedia ratusan dalam setiap kategori. Kita bisa memilih dari list kategori dan melihat rating dari permainan tersebut.

 

plays-org
ratusan kategori Plays.org


Khawatir nggak bisa main? Tenang aja, udah dilengkapi tutorialnya kok. Bahkan dikasih penjelasan singkat mengenai permainannya dan tingkat kesulitannya.

 

Kita juga bisa melihat game baru yang ditambahkan oleh situs Plays.org. Yang makin bikin nagih selain jenis gamenya yang aman dari jenis kekerasan dan pornografi, juga tanpa iklan loh. Menyenangkan bukan? dan tentunya bisa usir jenuh :p


plays-org
rating Plays.org

Rekomendasi Permainan Asik dan Seru dari Plays.org

LEGO City Adventures Build and Protect City Simulation Game

Permainan ini keseruannya adalah kita bisa bikin kota dan bahkan berkreasi dengan kota metropolitan yang komplit. Bahkan kita bisa bikin stasiun pemadam kebakaran dan kantor polisi secara strategis untuk melayani dan melindungi kota yang udah kita buat.

 

Anakku –Luigi- seneng banget loh sama permainan ini. Bahkan dia merasa kudu gerak cepat kalo terjadi kebakaran. Sekali telat, bangunan bakalan hangus tak bersisa.

 

plays-org


plays-org

Stacky Stack LEGO Brick Building Game

Ini adalah permainan LEGO dimana kita bisa bangun menara balok. Caranya juga gampang karena cuma tinggal meletakkan balok sebanyak mungkin dan setinggi-tingginya. Jangan lupa kasih ruang buat hewan kayak kucing, hiu dan ayam. Seru pol.

 

plays-org


Out of Step : LEGO Platform Adventure Game

Ini adalah permainan dari platform LEGO yang menempatkan kita sebagai tupai yang terbuat dari balok. Tupainya bisa lompat-lompat meraih poin yang ada.

 

Caranya gampang banget, tinggal letakkan potongan balok untuk membantu tupai berjalan dengan aman melintasi daratan. Kalo nggak, si tupai bakalan jatuh ke bawah.

 

plays-org

Mempersiapkan Anak Bermain video game dari Plays.org

o   Memastikan kebutuhan dasarnya terpenuhi, misalnya makan dan tidur

o   Kesepakatan untuk istirahat setiap 20 menit untuk kesehatan mata

o   Tidak menjadikan screentime sebagai reward tapi urutan kegiatan (jadwal harian). Jadi Luigi bisa semangat menyelesaikan kegiatan wajib seperti belajar membaca, mengaji, dan olahraga baru deh bisa screentime

 

Kesimpulan

Pandemi udah berjalan 2 tahun nih. Entar kita juga nggak bisa libur natal dan tahun baru. Jenuh? Nggak lagi, dong. Karena ada situs bermain dari Plays.org yang bisa dimainkan, untuk atasi bosan dengan hepi. Udah gratis, tanpa iklan dan banyak pilihannya.

 

Seru banget memainkan setiap kategorinya. Sstttt, tapi jangan sampai bikin lupa waktu ya. Anak-anak tetap menjalankan kewajibannya dulu, baru deh Plays.org. Siap? :p




Salam Anggraeni Septi


Tidak ada komentar