Belajar Pada Lyodra, Juara Indonesian Idol Season X

 

Kenapa blog saya ini apa tiba-tiba ngomongin acara musik di TV, padahal nonton TV saja jarang hampir nggak pernah. Padahal sejujurnya aku sangat menyukai satu acara pencarian bakat satu ini, yakni Indonesian Idol. Dari jaman Joy Tobing, Citra, Rini Wulandari, Lyodra hingga sekarang Indonesian Idol special session yang mempertarungkan Rimar Vs Mark di babak grand final, aku pasti nonton. Entahlah, acara kompetisi nyanyi satu ini sukses membiusku sejak masa audisi.

 

Diantara yang paling berkesan adalah kemenangan Lyodra Ginting. Berkesan bukan karena aku keluarganya, namun karena perjuangannya yang sungguh luar biasa. Dari kecil, Lyodra sudah menakhlukkan banyak kompetisi bernyanyi di Medan. Anak pertama dari 2 bersaudara ini suka nyanyi sejak usia 2 tahun.


sumber foto : https://www.instagram.com/lyodraofficial/ diedit menggunakan Canva


Di usia 11 tahun Lyodra digandeng Erwin Gutawa dan Gita Gutawa pada project Diatas Rata-Rata (DARR) generasi kedua. DARR adalah project musik untuk mengasah anak-anak berbakat musik di Indonesia. Cita-citanya sejak kecil menjadi penyanyi profesional. Bahkan dalam presentasinya pada Erwin Gutawa ia menulis kata Diva pada impiannya.

 

Tahun 2015 ia merilis lagu ciptaan Gita Gutawa berjudul Janji Untuk Mimpi. Lagu penuh emosi ini adalah lagu kesukaanku karena mempunyai pesan untuk terus berjuang dalam menggapai mimpi. Lyodra juga pernah mengiringi Krisdayanti pada konser tunggal diva Indonesia ini bertajuk Konser Traya. Pada tahun yang sama Lyodra tampil bersama Lea Simanjuntak pada acara Melodi Dua Masa yang diselenggarakan ulang tahun ke -2 Galeri Indonesia Kaya.


masa kecil Lyodra. Sumber foto : Instagram Erwin Gutawa


Anggota Diatas Rata-Rata juga dibuatkan konser pada tahun 2016 oleh Erwin Gutawa. Lyodra menyanyikan lagu miliknya Janji Untuk Mimpi dengan penuh penghayatan, dengan suara melengkingnya. Tahun 2016 itu juga, Lyodra digandeng untuk tampil di Java Jazz Festival membawakan lagu when wish upon a star.

 

Tahun 2017 pada usia 13 tahun, dengan suaranya yang memukau berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan membawa pulang piala kemenangan di Festival Sanremo Junior yang berlangsung di Sanremo, Itali. Ini adalah kompetisi menyanyi tingkat internasional solo usia 6-15 tahun. 


Penyanyi yang biasa dipanggil Lily ini membawakan lagu Dear Dream dari judul asli Janji untuk Mimpi. Pada tahun yang sama Lyodra akhirnya mendapatkan penghargaan sebagai artis solo perempuan anak-anak terbaik di AMI Award 2017.

 

Dengan segala prestasi yang dikumpulkan, dengan pengalaman yang dipunya, nyatanya Lyodra memulai karir menyanyi di blantika musik Indonesia dari nol dengan mengikuti ajang Indonesian Idol X. Penampilan audisinya ditampilkan di youtube Idol pada 21 Oktober 2019.

 

Saat itu 4 juri memberi Yes, hanya Ari Lasso saja yang No karena merasa ada aspek rasa yang kurang dalam cara bernyanyi Lyodra. Meski prestasinya sudah taraf internasional, pernah duet dengan mimi KD, namun di ruang audisi ia tidak bercerita pada juri bahwa dia pernah juara di Sanremo Itali, atau menyinggung pernah menjadi anggota project musik Erwin Gutawa. 


Ia tak menggunakan nama besar mentornya dalam bermusik, dan sangat santun dalam berkomunikasi. Termasuk rendah hati menerima kritik Ari Lasso.

 

Lyodra sempat diselamatkan Anang Hermansyah saat berada posisi terbawah di babak showcase 22 besar.  Hingga akhirnya bertahan dan menjadi juara Indonesian Idol X pada usia 16 tahun. Tidak hanya suaranya yang berkualitas, penampilannya sangat energik, dan aksi panggungnya juga menarik. Apalagi napasnya panjang. Sehingga lagu nada rendah atau tinggi dibabat habis sama dia, semua genre pasti bisa ditakhlukkan Lyodra.

 

Pesaingnya dalam grand final Idol –Tiara Andini-pun mengatakan bahwa selama karantina, Lyodra terus latihan, dimanapun dan kapapun.

 

Ada hal lain yang dapat dipelajari dari seorang Lyodra. Pemenang termuda dalam sejarah Indonesian Idol ini tidak pernah putus asa. Bisa saja dengan segala prestasi dan kemampuannya, ia jumawa dan berhenti berkompetisi. Namun, ia terlahir sebagai pejuang. Ia mungkin sadar, bahwa menjadi anggota DARR bukan berarti karirnya pasti melesat. DARR adalah jalan menuju jalan lain yang lebih besar.

 

Pada babak 18 besar Idol ia menyanyi seperti sedang konser, bak panggung adalah miliknya sendiri dengan menyanyikan lagu 7 Rings dari Ariana Grande. Saat itu Maia salah juri Idol mengatakan bahwa kenapa Lyodra diberi kritikan hingga membuat Lyodra menangis dibelakang panggung. Istri Irwan Musri ini mengatakan karena ia ingin Lyodra menjadi yang terbaik karena dia pernah jadi yang terbaik. Hingga Indonesia percaya padanya menjadi Idola Indonesia.

 

Menyanyi memang masalah selera, namun kualitas suara tentu bisa dinilai secara universal. Lyodra adalah contoh untuk kita meyakini bahwa nggak ada yang abadi. Prestasinya tidak akan menjamin masyarakat menerima karya-karyanya jika ia berhenti berkarya. Jalan Idol meski sulit dan penuh perjuangan pun dipilih demi cita-citanya menjadi penyanyi profesional. Yovie Widianto pun menyebut Lyodra sebagai calon diva Indonesia dan diaminkan oleh semua juri Idol.


sumber foto : https://www.instagram.com/lyodraofficial/

Saat ini, Lyodra lahir sebagai penyanyi muda Indonesia yang diperhitungkan di Indonesia. Setelah kelulusannya pada ajang Idol, Lyodra ada di jajaran nominasi artis solo wanita pop terbaik AMI Award 2020 bersanding dengan nama besar Isyana dan Raisa. Baru-baru ini Lyodra menerima penghargaan Indonesia’s Beautiful Women of 2021 dan memenangkan best dress bersama mimi Krisdayanti.


Lyodra berhasil mematahkan "kutukan" juara Indonesian Idol tak akan bersinar seperti beberapa pendahulunya. Namun ia membuktikan dengan karya, karya dan karya. Tanpa embel-embel gosip gandengan dengan lawan jenis. Tanpa konten viral tak mendidik. Tanpa tampil seronok. Dari Lyodra akupun banyak belajar, di usianya yang masih muda, masih remaja, masih 17 tahun, ia tak berhenti bermimpi dan belajar.

 

Berikut ini karya Lyodra di yang bisa dinikmati melalui streaming youtube. Single pertamanya berjudul gemintang hatiku per 26 April 2021 dinikmati 5,6 juta kali, lagu Mengapa Kita #TerlanjurMencinta ada ditonton 28 juta kali, Tentang Kamu 5,5 juta, dan yang teranyar Sabda Rindu ditonton 2,4 juta. Ini masih melalui youtube, belum hasil streaming pada aplikasi penyedia layanan musik seperti Joox, Spotify dll.

 

Lagu Mengapa Kita #TerlanjurMencinta miliknya masuk ke dalam album ‘Musikini Super HITS’ di KFC bersama Budi Doremi, Virgoun, Petrus Mahendra dan banyak penyanyi kenamaan lainnya.




Dengan segala kesibukannya, ia sebenarnya masih pelajar kelas 12 di salah satu sekolah di Medan. Pandemi mungkin menjadi peluang untuknya bisa menetap lebih lama di Jakarta karena pembelajaran masih dilakukan jarak jauh.

 

Yuk, jangan berhenti berkarya. Lyodra yang punya segudang prestasi saja masih mulai lagi dari nol, berjuang lagi melalui Indonesian Idol, untuk menakhlukkan industri musik Indonesia. Harus menjadi pembelajar sepanjang hayat, apapun bidangnya. Jangan mudah puas, dan terus konsisten !!! Lyodra sudah membuktikannya!

Tidak ada komentar