Printer Multifungsi Untuk Bisnis Jasa Print Online

 

L : “Mama kita belajar apa lagi pagi ini?”

M : “bentar ya, Nak. Mama masih mau ngeprint?”

M : “Aduh kok printernya error ya, Ayah lagi kerja lagi, waduh”

 

Kondisi suatu pagi yang bikin panik. Printer satu-satunya di rumah akhirnya nggak bisa mengeluarkan kertas. Sudah saya coba restart berkali-kali tetap saja nihil. Kebetulan anak saya – Luigi – 5 tahun saat ini menjalani homeschooling yang salah satu media belajarnya adalah menggunakan worksheet (printable). Hingga saya harus keluar perumahan, mencari jasa print yang lumayan jauh, agar anak saya bisa segera mengerjakan tugas.


sumber gambar : Canva dan di edit oleh penulis


Saat menunggu puluhan worksheet dicetak, pikiran melayang. Membayangkan mungkin orang-orang yang letak perumahannya bukan di pusat kota, juga mengalami kesulitan yang sama saat membutuhkan jasa print untuk bahan belajar anaknya atau juga Bapak-Bapak yang sedang work from home.

 

Terlintas ide untuk mengerjakan bisnis jasa print online. Jasa print online yang saya maksud adalah bisnis jasa yang tujuannya memberi solusi kepada siapa saja yang membutuhkan cetak dokumen dengan sistem mengirimkan dokumen secara daring, hingga pesanan diantar sampai rumah pelanggan. Fokusnya pada memberi kemudahan pada konsumen, tanpa antri, tanpa kerumunan, tanpa kontak fisik.

 

Apalagi terjangan masa pandemi Covid-19 tak tahu kapan ujungnya. Saya rasa bisnis ini masih realistis dikerjakan ibu rumah tangga seperti saya. Bisa dikerjakan sambil mengasuh si kecil. Yang penting juga, kapan lagi bisa bantu suami, lumayan untuk tambah pemasukan.

 

Menurut saya print dokumen di masa pandemi tetap menjadi kebutuhan ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa dan pegawai kantoran. Usaha print dekat kampus dan sekolah banyak yang tutup karena tak ada pembelajaran tatap muka. Sekarang orang-orang takut keluar rumah jika tidak benar-benar mendesak.

 

Sementara Ibu rumah tangga tetap butuh menyiapkan printable untuk bahan belajar anaknya yang masih usia dini. Mereka kadang juga ingin bereksperimen dengan resep masakan. Tak semua Ibu merasa nyaman membaca teks resep masakan melalui ponsel.

 

Pekerja kantoran yang Work From Home (WFH) tak menutup kemungkinan mendesak membutuhkan cetak laporan. Pengusaha rumahan butuh cetak brosur untuk promosi dagangannya. Pelajar juga tak lepas dari tugas atau latihan soal yang di-print. Belum lagi mahasiswa yang tetap butuh mencetak makalah, atau draft maupun final skripsi.

 

Asumsinya tidak semua rumah ada mesin cetak (printer). Beberapa perumahan juga tak selalu ada di lingkungan yang strategis dengan kemudahan jangkauan jasa print dokumen. Sehingga peluang pasar perumahan masih bisa digarap untuk bisnis jasa print online.

 

Kenapa Bisnis Jasa Print Online?

1.       Bisa dikerjakan ibu rumah tangga

2.       Modal irit dan mudah

Berbekal kuota untuk membalas pesanan, printer, tinta, kertas dan plastik

3.       Pelanggan tak perlu datang ke lokasi cetak

4.       Cukup menggunakan ponsel dalam genggaman, pesanan datang di rumah

5.       Membantu lapangan pekerjaan (karena butuh kurir pengiriman)

 

Gambaran Bisnis Jasa Print Online?

o   Melayani print pada media kertas

o   Memberikan harga yang terjangkau

o   Melayani ngeprint warna hitam putih dan print warna

o   Melayani scan

o   Bisa foto copy

o   Tidak perlu antri (sehingga dibutuhkan kecepatan printer)

o   Pelanggan mendapatkan hasil cetak bagus (sesuai aslinya)

 

Printer yang saya butuhkan adalah printer multifungsi yang bisa mencetak hitam putih maupun print warna, scan dan foto copy dalam satu alat. 


Hingga suami menyarankan untuk memakai printer HP Deksjet Series 2335 karena awalnya tertarik perpaduan warna putih dan ungu, seperti warna kesukaan saya (ini sungguh subyektif ya :p).

 

HP Deksjet Series 2335

HP Deksjet Series 2335 ini merupakan printer inkjet A4 yang sangat rekomen untuk mencetak kebutuhan kantor kecil, usaha rumahan atau tugas anak sekolah. Hal ini karena printer HP ini kapasitas cetaknya mampu hingga 1.000 lembar.

 

Untuk ukuran kertas yang di dukung 2335 adalah A4, B5, A6, DL envelope, dengan berat kertas yang di sarankan  75 g/m². Print area dari printer deskjet 216 x 355 mm dan untuk scan areanya adalah 216 x 297 mm.

 

Selain itu, printer HP DeksJet Ink Advantage 2335 bisa mencetak dalam format file yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti JPEG, TIFF, PDF, BMP, PNG.


HP Deksjet Series 2335. Sumber gambar : https://www.erasupplies.com/product/hp-deskjet-ink-advantage-2335-all-in-one-printer-7wq08b/


Kecepatan Cetak

Untuk kecepatan pengiriman ke rumah pelanggan, tentu saja juga dibutuhkan kecepatan cetak mesin print. HP Deksjet Series 2335 kecepatan cetaknya adalah 7.5 ppm atau setara dengan 7.5 lembar per detiknya untuk warna hitam sedangkan untuk warnanya 5.5 lembar per detiknya.

 

Resolusi Cetak

Peran resolusi pada sebuah printer sangat penting karena berpengaruh pada kualitas cetak yang di hasilkan. HP Deskjet 2335 ini mempunyai resolusi hitam hingga 1200 x 1200 dpi sedangkan untuk warnanya hingga 4800 x 1200 dpi. Sehingga bisa disimpulkan printer 2335 HP DeksJet Ink Advantage 2335 akan menghasilkan cetakan yang serupa dengan gambar aslinya.

 

Tipe Cartridge

HP Deskjet 2335  menggunakan cartridge tipe 682 black hingga kapasitas 360 lembar sedangkan untuk cartridge 682 color hingga 200 lembar. Yang penting memastikan harus menggunakan tinta original yang menjadi standar HP.

 

Sistem Operasi

Untuk kamu yang juga ingin menggunakan printer HP DeksJet Ink Advantage 2335 bisa menggunakan sistem operasi Windows 10, 7.

 

Dimensi dan Berat

Untuk printer HP 2335 ini membutuhkan sedikit ruang karena memiliki ukuran sedang yaitu kisaran 58 x 30 x 46 cm, sedangkan untuk beratnya 12 kg.

 

Harganya Terjangkau

Saya searching di google menemukan tempat pembelian printer yang terpercaya di Era Supplies Indonesia. Kebetulan saat ini HP Deksjet Series 2335 sedang diskon. Dari harga Rp.700.000 menjadi Rp.658.000. Cukup terjangkau untuk modal usaha jasa print online, bukan?

 

Dengan adanya peluang bisnis bermodalkan printer HP Deksjet Series 2335 ini saya optimis bisa membantu banyak orang yang kesulitan cetak dokumen, terutama orang-orang di perumahan. 


Mereka tidak lagi pusing memikirkan worksheet yang harus segera dikerjakan si kecil untuk dikirimkan ke gurunya. Atau juga pekerja WFH yang mendesak mengumpulkan laporan fisik sehingga membutuhkan jasa print terpercaya.

 

Penutup

Masa pandemi Covid-19 saat ini masyarakat banyak melakukan kegiatan di dalam rumah. Dalam hal tertentu ada keperluan yang membutuhkan dokumen cetak. Tidak semua rumah ada mesin cetak (printer) dan banyak perumahan yang lokasinya jauh dari jangkauan jasa print dokumen. Sehingga peluang pasar perumahan masih bisa digarap untuk bisnis jasa print online.

 

Untuk mengeksekusi ide bisnis tersebut dibutuhkan printer multifungsi HP Deksjet Series 2335 yang bisa mencetak hitam putih maupun print warna, scan dan foto copy dalam satu alat. Juga memberikan hasil cetak yang serupa aslinya dan kecepatan cetak. Bisa ngeprint di mana saja dan kapan saja!!!

Tidak ada komentar