Minuman Menyehatkan ala Anggraeni Septi


Sebagai manusia biasa, saya mudah menahan lapar namun sulit menahan haus. Ternyata hal ini karena sekitar 60% tubuh manusia adalah air. Air dalam tubuh manusia juga berfungsi sebagai alat mengontrol suhu tubuh. Jadi dengan banyak mengkonsumsi air, tubuh akan mempertahankan suhu intinya. Sehingga penting memastikan kecukupan air yang kita minum.

Air putih dan jus avokad adalah minuman menyehatkan yang paling saya sukai, dan berusaha untuk selalu meminumnya dengan bahagia. Ada apa dengan 2 minuman ini?


sumber gambar : Canva dan diedit oleh penulis

Air Putih
Saya pernah merasakan berat badan hampir 60 kg ketika hamil Luigi. Setelah melahirkan hanya menyusut 5 kg saja. Padahal bobot sebelum negara api menyerang adalah 39 kg. Wah PRnya berarti banyak sekali. Akhirnya saya rajin mengikuti akun Instagram pesohor yang hobby olahraga. Biasanya mereka berangkat dari tubuh besar dan bertransformasi menjadi kurus hanya berbekal membakar kalori.

Ada seleb fitness yang pernah meramu sebuah rumus, kalori masuk sama dengan kalori keluar. Setelah makan nasi padang, akan dibalas dengan lari selama 1 jam. Setelah minum dalgona coffe akan dibalas dengan skipping setengah jam. Begitu seterusnya hingga tubuh mereka terjaga rampingnya. Bagaimana agar tidak membalas dengan bakar kalori? Mereka makan dan minum dengan kandungan low kalori. Memperbanyak buah, sayur dan minum air putih. Karena air putih mengandung nol kalori.

Sejak tahu informasi tersebut, saya jadi menggilai air putih. Jika di acara  banyak pilihan air minum, akan memilih air putih. Kemanapun saya pergi, air putih selalu ada di dalam tas. Berbekal tumbler Tupperware warna ungu, saya rajin mengisi, meminum airnya, dan mencuci wadahnya setiba di rumah. Saya menargetkan minimal 1 liter air putih masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Air Putih
Manfaat minum air putih di bawah ini adalah yang saya rasakan selama rajin meminumnya. Beberapa diantaranya adalah :
Mencegah dehidrasi
Kamu haus? minum air putih saja, cukup melegakan. Haus hilang, sehat dan tidak menyebabkan gemuk.
Melancarkan buang air besar dan kecil
Selama rajin meminum air putih rasanya saya jadi jarang sembelit. Buang air kecilpun lancar tanpa hambatan hehe.  
Membantu menurunkan berat badan
Saya pernah program diet ala-ala. Ya pokoknya diet bahagia gitu. Dan air putih membantu saya menurunkan berat badan dari 55 kg menjadi 45 kg. Hebat nggak tuh? Hahaha.

Kapan Minum Air Putih
Saya terbiasa minun dimulai dari membuka mata pagi hari. Minimal segelas air, dan minum lagi setelah mandi. Selanjutnya di sela-sela aktivitas sehari-hari. Kadang kebanyakan air putih saya jadi sering ke kamar kecil, bahkan kekenyangan hingga tak tertarik lagi makan berat.

Jus Avokad
Selain air putih ada lagi minuman yang saya suka dan bermanfaat untuk kesehatan. Dialah avokad. Buah berkulit hijau tersebut adalah buah yang paling saya suka sejak kecil. Dulu, setiap musim avokad di pasar, Ibu selalu membelikan buah berdaging lunak ini. Selama hamil Luigi saya juga rajin membuat jus avokad. Tantangan memilih buah avokad ini adalah ketepatan memilih yang matangnya pas, karena jika terlalu matang dagingnya jadi menghitam.

Kandungan Avokad
Ternyata banyak kandungan avokad yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya : air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, karoten, tiamin, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan vitamin E.

Manfaat Avokad
Daging buah avokad dapat menangkal kanker, stroke, jantung dan darah tinggi. Dalam dunia kecantikan, buahnya digunakan sebagai masker untuk melembabkan, dan menghaluskan kulit wajah. Kandungan minyak yang terdapat dalam avokad dapat mengurangi kerut, dan meningkatkan isi kolagen kulit yang membuat kulit terlihat lebih kencang. Senyawa dalam avokad juga berguna untuk mengurangi bintik akibat penuaan.

Apakah lemak avokad membuat tubuh gemuk?
Dalam paparan dr Anggi Swastika dalam bukunya Kitab Khasiat Buah dan Sayur Tumpas Segala Penyakit menjelaskan bahwa lemak yang terdapat dalam avokad tidak menyebabkan tubuh gemuk. Kandungan lemaknya malah menurunkan kadar LDL atau lemak jahat dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan serangan jantung.

Kapan Minum Jus Avokad
Ketika musim avokad dong, hehe. Sekarang belum musim avokad, jadi susah memilih avokad yang bagus. Jikalau harganya lumayan mahal.

Cara Membuat Jus Avokad
Siapkan avokad yang matang, buang isinya dan keruk dagingnya. Masukkan daging avokad ke dalam blender, tambahkan air secukupnya. Bisa ditambahkan madu atau gula sedikit saja. Jus avokad siap disajikan. Disajikan dingin lebih nikmat. Saya berusaha tidak royal terhadap gula ketika membuat jus avokad. Karena tidak akan kuat balas kalorinya hehe.

Kalau kalian punya minuman menyehatkan buatan sendiri nggak? Share di kolom komentar yuk


Referensi :
dr. Anggi Swatika, Kitab Khasiat Buah dan Sayur Tumpas Segala Penyakit, Shira Media, Yogyakarta, 2019


3 komentar

  1. pas hamil kemarin sering banget maem alpukat, sampai mpASI juga kubuat campuran alpukat untuk Babybear. Katanya sih kandungan lemak dalam alpukat ini, lemak baik.

    BalasHapus
  2. Air putih itu memang banyak banget manfaatnya. Selain yang disebutkan di atas, yang juga terasa buat manfaatnya adalah buat detoksifikasi. Apalagi kalau baru beli makanan di luar yang banyak micinnya, dududu langsung auto haus. Segera kugelontorkan dengan air putih, biar langsung jadi pip*s :D

    BalasHapus
  3. iya betul mbak Septi, aku juga pernah membaca kalau alpukat itu aering disalahpahami. Padahal lemak yang dikandungnya termasuk yang sehat. Yang bikin jus alpukat jadi gak sehat ya SKM dan gulanya itu hihihi

    tapi anehnya ya, kalau aku makan alpukat saja, rasanya pusing, macam kolesterol naik begitu, tapi aku juga gak yakin sih apa sebabnya kok pusing...

    BalasHapus