Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Sasha Pencegah Gigi Berlubang

by - Senin, Juni 08, 2020



Sejak kecil aku sangat akrab dengan dokter gigi. Aku tidak pernah merasa menderita harus cabut gigi susu paksa dengan tali karena Bapakku lebih memilih membawaku ke dokter. Tapi ada cerita yang gak pernah aku lupakan. Waktu aku SD dulu pernah gigi gerahamku berlubang, dan lubangnya lumayan gede. Apalagi pernah keluar darahnya. Dan itu nggak enak banget kalo lagi kumat sakit. Jadi aku dibiasakan Bapakku ngecek kondisi gigi minimal setahun sekali. Apalagi saat SMP gigiku dibehel, yang otomatis gak boleh ada masalah gigi, jadi bener-bener gigi kudu dirawat dengan bersih.

Baca jugaPengalamanku 5 tahun gigi di behel




Ketika punya anak, aku gak mau Luigi merasakan sakit gigi karena hal sepele, tidak menjaga kebersihan gigi. Rencananya aku juga mau kenalin dokter gigi ke Luigi dengan berkunjung ke dokter gigi anak di Surabaya. Buku tentang suasana di klinik gigi udah aku siapkan, malam hari aku bacain sebagai bahan briefing supaya dia tahu gimana kalo ke dokter gigi. Ternyata Covid-19 menyerang Indonesia, yang berefek pada dokter gigi banyak yang tutup, kecuali di Rumah Sakit. Sementara di Rumah Sakit tanpa kasus kegawatan juga gak disaranin kesana. Yaudah ditunda dulu deh.

Padahal selama masa dirumah aja, kami sekeluarga suka nyimpen makanan, termasuk kudapan. Cemilan yang jadi stok adalah makanan manis. Mulai es krim satu timba, aneka snack, bahkan kapan hari juga sempet nyobain brownies yang nyoklat banget. Belum lagi suka beli martabak manis alias terang bulan, keju dan susunya meleleh gak karuan. Apalagi selama Ramadhan rasanya ada yang kurang jika takjil tanpa makanan dan minuman manis. Iya apa iya? Gorengan, kurma, es sirup sampe es campur ditambah susu kental manis sepertinya jadi menu wajib di meja makan.

Menjelang Idul Fitri malah aku beli kue nastar dan kastengel buat di makan bertiga dirumah. Sekarang kami kayaknya gak suka kalo mulut nganggur sejak gak puasa lagi. Maunya ngemil dan ngemil. Lah gimana dong, di rumah gak kemana-mana akhirnya ya ngemil supaya tetap hepi. Bukankah makanan manis bisa memperbaiki mood yang kurang baik? Tapi oh tapi, ternyata makanan manis gampang bikin karang gigi terutama di gigi bawahku karena bentuknya gak rapi. Malah setelah aku cari tahu di sebuah website makanan manis juga bikin gigi berlubang. Waduh -.-


Bahaya Makanan Manis
Salah satu bahaya makanan manis selain menyebabkan diabetes jika terlalu berlebihan adalah membuat gigi kita berlubang. Makanan manis mengandung gula, namun sesungguhnya bukan gula yang bikin berlubang. Jika lapisan paling keras di gigi (email gigi) sering terkena makanan manis, dan kita salah dalam membersihkannya, maka lapisan keras yang ada di bagian luar gigi akan menjadi hitam dan lembek, lalu kuman akan datang dan memakannya sehingga muncul lubang kecil. Ini aku tahunya juga dari buku yang aku bacain ke anakku, judulnya Gigi yang Putih.

Kalo berdasarkan info di Hello Sehat bahwa gula khan termasuk karbohidrat. Nah saat karbohidrat dicerna, bakteri yang ada di mulut akan memakannya lalu memproduksi asam. Ludah ketika bercampur asam bisa ngebentuk plak gigi. Plak gigi terdiri dari bakteri dan asam. Nah, plak ini yang sebenernya bikin gigi berlubang. Jika ngebersihin gigi caranya keliru, plak akan terus menggerogoti email gigi, jadinya menghasilkan lubang pada permukaan gigi deh.

Penyebab gigi berlubang ternyata gak cuma karena kebanyakan makanan manis, tapi ada beberapa sebab yang lain, misalnya :
1.       Penggunaan rutin obat-obatan, vitamin, produk herbal dan suplemen yang mengandung gula
2.       Jarang membersihkan gigi
3.       Tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride

Terus gimana dong cara ngebersihin gigi yang benar, biar gak terjadi lubang pada gigi. Apalagi masa pandemi gigi makin susah khan ke dokter gigi.

Sasha Pencegah Gigi Berlubang Mengandung Siwak untuk Keluarga Muslim
Mungkin teman-teman pernah dengar pasta gigi Sasha, yang merupakan pasta gigi keluarga muslim. Kali ini Sasha menghadirkan varian baru yang merupakan untuk pencegah gigi berlubang. Sasha pencegah gigi berlubang mengandung siwak asli, flouride, dan kalsium untuk melindungi keluarga muslim.


Siwak adalah bahan yang sudah dikenal sejak berabad-abad silam. Dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad pun menggunakannya sebagai alat untuk membersihkan gigi dan mulut. Siwak adalah batang atau ranting dari pohon arak (Salvador Persica). Siwak mengandung resin, flouride alami, klorida dan kalsium. Dari keempat zat ini, manfaat siwak dapat mencegah gigi berlubang, menjaga kekuatan akar gigi, dan mencegah karies. Bahkan bisa memperkuat email gigi (enamel) atau permukaan gigi secara berkelanjutan.

Flouride pada Sasha Pencegah Gigi Berlubang  juga bermanfaat untuk mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat asam dari plak bakteri dan gula. Sehingga perpaduan siwak, flouride dan kalsium bisa menjaga gigi dari bau mulut, melawan bakteri penyebab plak, membuat gigi tampak putih alami. Dan tentunya dengan flouride dan kalsium menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Benar-benar perlindungan ganda untuk gigi dan rongga mulut pada pagi dan malam hari. Sasha Pencegah Gigi Berlubang juga aman karena tidak mengandung alkohol dan bahan yang berasal dari hewan.


Pengalaman Menggosok Gigi dengan Sasha Pencegah Gigi Berlubang
Teksturnya hampir sama dengan pasta gigi biasanya. Namun, rasanya tidak terlalu mint, sehingga dipakai anak-anak pun masih aman, jadi mereka gak kepedesan. Di kardus kemasannya tertulis untuk anak dibawah 6 tahun bisa menggunakan seukuran biji jagung dan dibawah pengawasan orang dewasa. Saya sih ngerasa nyaman menggunakan pasta gigi ini, karena busanya tidak terlalu banyak.

Yang lebih penting lagi, Sasha pencegah gigi berlubang memiliki sertifikat halal. Sehingga pasta gigi benar-benar cocok untuk keluarga muslim Indonesia karena aman dan halal. Apalagi pastinya semangat menjalankan ibadah sunnah harus diteruskan meski bulan Ramadhan telah lewat. Seingat saya ada hadist yang mengatakan kebersihan sebagian dari iman.

Menurut aku kebersihan ini luas, salah satunya kebersihan gigi dan mulut yang harus dijaga. Semoga dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan produk yang halal dari Sasha Pencegah Gigi Berlubang menjadi salah satu bagian dari ikhtiar meningkatkan keimanan kita pada Allah.




Tips Menjaga Kesehatan Gigi :
Saya tuliskan lagi tips menjaga kesehatan gigi yang terdapat di kardus kemasan luar Sasha Pencegah Gigi Berlubang
1.       Sikat gigi 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur
2.       Kurangi makan yang manis
3.       Periksa gigi secara rutin ke dokter


Sasha Pencegah Gigi Berlubang juga mudah didapatkan DISINI dan harganya terjangkau. Untuk tube 150 gr dibandrol Rp.10.500 dan tube 65 gr dibandrol Rp.4.500


Untuk mengetahui tentang Sasha Pencegah Gigi Berlubang bisa klik dibawah ini ya
Instagram @sashaindonesia




Referensi
https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/makanan-manis-menyebabkan-gigi-berlubang/

You May Also Like

68 komentar

  1. Beruntungnya Mbak Septi punya ayah yang peduli sama urusan kesehatan gigi putrinya. Kan banyak ya para ayah yang menyerahkan semua urusan kepada sosok pahlawan bernama ibu, hihihi ... Pastinya, kebiasaan baik itu akan diturunkan dong ya ke Luigi. Sayangnya banyak yang tutup. Emang, sih. Di Bogor klinik gigi langganan buka tapi waktu dan jenis pelayanan terbatas banget.

    Anak-anakku sudah agak gedean, jadi mereka sukanya pakai pasta gigi dewasa. Biar pedas huh hah katanya kalau nyembur, hahaha ... Tapi tentunya status kehalalan jadi yang utama, dong. Kayak Sasha ini. Mana pas pula ada varian pencegah gigi berlubang. Jadi ingat lubang-lubang nyebelin di gigiku, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jadi keinget Bapakku nih yang suka ngomel kalo nganterin ke dokter gigi hahaha. Tapi blio perhatian banget sama gigi anak-anaknya :)

      Hapus
    2. Suka ngomel tapi berbuah baik sekarang ya, Mbak ... Makin cantiiik senyumnya.

      Hapus
  2. Sejak kecil mah yuni jarang banget berkunjung ke dokter gigi. Kalau nggak terlalu gawat kayak sakit gigi gitu ya emang nggak ke dokter.

    Solusi yang ditawarkan kedua orang tuaku mah harus rajin sikat gigi. Biasanya pake yang biasa dipake mereka. Jadi, satu pasta gigi untuk sekeluarga. Asal sikat giginya nggak barengan kan. Hehehe...

    Kayaknya, Yuni pingin ngenalin pasta gigi sasha deh ke keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gigi perlu di cek berkala katanya mba hehe, soalnya dia pakai terus buat makan. Btw gpp dikenalin nih, pasta gigi HALAL :)

      Hapus
  3. saya dan keluarga juga pakai pasta gigi sasha sas. selain memang kandungan siwak yg memang ampuh ngatasi masalah gigi dan mulut, sasha ini dijamin kehalalannya mba. lengkap dan pilihan terbaik buat keluarga muslim mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah cocok banget deh keluarga muslim pakai Sasha ya mba :) apalagi yang varian Pencegah Gigi Berlubang :)

      Hapus
  4. Wah kebayang waktu itu habis kecelakaan gigi banyak pecah. Memang kalau dengan pasta gigi yang pas gigi lebih baik dan terjaga. Saat ini saya juga menggunakan pasta gigi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama dong Kak, pakai Sasha juga, tos dulu :D

      Hapus
  5. Ahhh aku galfok sama wajah ayunya Mama Lui euy... Makin cantik dipadu sama gigi putih sehat terawat. Ngomong-ngomong itu pasta giginya ekonomis juga ya mba harganya. Pas banget sama kantong emak-emak model aku gini. Gigi sehatnua dapet, hematnya juga dapet. Ciamik tenan. Mantuuuuul

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya bener, harganya terjangkau looh hehe. Duh aku dipuji wong ayu juga, jadi tersipu aku :)

      Hapus
  6. Aku juga pengguna sasha pencegah gigi berlubang mba happy banget akhirnta nemu pasta gigi dengan kandungan siwak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya, hepi banget karena tenang, udah gak diragukan keHALALannya juga hehe :)

      Hapus
  7. Wah pantesan giginya Mbak Septi rapi dan bersih, karena selalu dirawat dari kecil ya...
    Pasta gigi Sasha ini rekomended banget ya, selain mengandung siwak juga gak beralkohol. Aman untuk keluarga, deh!

    BalasHapus
  8. Aman dan halal menjadikan Sasha pencegah gigi berlubang pilihan. Memang menjaga kebersihan gigi dan mulut termasuk sebagian dari iman yaa..jadi mesti juga diperhatikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener mbak, sebagian dari iman jadi kudu dijaga juga nih mulut dan gigi :)

      Hapus
  9. Gigi kalo udah berlubang duuh... Tentunya harus dicegah dong ya dengan perawatan yang baik dan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh lebih baik sakit hati daripada sakit gigi kak huhu

      Hapus
  10. Pas banget, ini yang sedang aku alami. Anak-anak memang suka yang manis-manis, apalagi abis lebaran begini. Cookies setoples dihabiskan sendiri. Nah, susahnya untuk menjaga kebersihan gigi. Sebelum emaknya ngomel-ngomel mereka ngga bakal sikat gigi, dan langsung naik ke tempat tidur. Jadilah tiap malem sebelum tidur emaknya ngomeel panjang lebar. Hahahahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabaaar mak, haha. Emaknya contohin dulu dong nikmatnya sikat gigi malem2 pakai Sasha, entar pasti ngikut deh xixixi

      Hapus
  11. Mau coba juga ah pasta gigi Sasha. Pasta gigi, aku pilih-pilih sih. Kalau engga cocok, sariawan atau muncul bentol kecil-kecil gitu di mulut bag dalem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, apakah gusi mulutnya rada sensitif ya Bund. Hmm boleh deh kalo mau dicoba :))

      Hapus
    2. Saya juga gonta-ganti. Tapi kalau malam biasanya pakai pasta gigi yang buat gigi sensitive. Kalau pagi bisa ganti-ganti

      Hapus
  12. Menarik juga nih pasta Gigi Shasha karena telah mengandung siwak. Dan aja juga sih merk lain mbak yang mengandung siwak cuma aku lupa merk nya...😊😊

    Dan ternyata setelah baca postingan ini ada juga pasta Gigi Shasha yang mengandung Siwak jadi pingin nyoba Shasha nih..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuklah mas dicoba Sasha baru ini, udah komplit deh :D

      Hapus
  13. waktu masih SD pergi ke dokter gigi terasa biasa, udah gede kok jadi deg degan hehehe, aneh emang
    banyak yang bilang ni pasta gigi bagus, jadi pengen cobain juga buat orang rumah, apalagi bahan bahannya alami seperti siwak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dokter gigi nggak gigit kok mbak hehe :) selamat mencoba

      Hapus
  14. Alhamdulillah ada pasta gini yang halal dan aman. Saya pernah nyoba shasa yang herbal siwak, kalau yang pencegah gigi berlubang ini belum pernah. Mesti beli nih ntar kalau pas belanja bulanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini varian baru khusus pencegah gigi berlubang, makin komplit deh :)

      Hapus
  15. Di minimarket tempatku masih jarang Sasha. Sekalian deh kalo ke supermarket beli stok 1-2 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, bisa dipakai seluruh keluarga termasuk anak-anak :)

      Hapus
  16. Pasta gigi andalan keluarga saya nih. Anak² juga pakai. Moga kesehatan gigi kita semua terjaga ya mbak 😍

    BalasHapus
  17. menjaga gigi dengan siwak adalah sunah rasu;
    dengan bentuk pasta gigi ini jadi lebih mudah ya mbak menggunakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hijrah bisa dimulai dengan pasta gigi Sasha ya Kak :)

      Hapus
  18. Aku juga pake Sasha, kadang yg siwak yg packagingnya coklat, kadang yg biasa yg packagingnya putih.. yg pencegah Gigi berlubang packaging pink ini belum ada di supermarket dekat tempatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semoga makin mudah menemukan Sasha Pencegah Gigi Berlubang dekat rumahnya ya Kak :)

      Hapus
  19. Belum pernah coba pasta gigi yang satu ini. Setelah baca info lengkapnya malah jadi makin penasaran. Bakal segera cobain ah dan bisa merasakan kesegarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  20. Anakku yang no2 rajin banget ke dokter gigi, sering bolong emang. Karies gitu. Wah sasha bisa jadi rekomendasi pasta gigi andalan mencegah gigi berlubang nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak untuk seluruh anggota keluarga :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  21. Gigi Mba Septi rapi ih, envy saya. Sasha Siwak ini kalo untuk anak-anak bisa dipakai sejak usia berapa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rapi hasil pakai behel bertahun2 mbak hehe, kalo anak-anak bisa digunakan dibawah 6 tahun juga , asal digunakan dibawah pengawasan ortu :)

      Hapus
  22. Baru tadi sore liat produk ini di minimarket. Ternyata bagusnya, besok coba beli ah sapa tau cocok untuk gigiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  23. Aku udah penasaran aja lho sama si Sasha ini. Apalagi gigiku sensitif.beberapa kali nyoba pasta gigi lain blm ada efeknya

    BalasHapus
  24. Merawat gigi itu kayak investasi jangka panjang sih. Kalau udah dibiasakan hal-hal positif sejak kecil meskipun sederhana kayak sikat gigi teratur dan cek kondisi gigi, pasti giginya cakep bener pas udah gede. Nyesel saya nggak melakukan itu, sekarang geraham kanan-kiri berlubang haha. Jadi penasaran pengen coba pasta gigi Sasha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  25. Saya sudah pake produk ini kak. Dan terbukti membuat gigi yang tadinya ngilu udah gk ngilu lagi. Cocok. Pas dihati.

    BalasHapus
  26. Toss kita mba.. aku pun juga pake Sasha Pencegah Gigi Berlubang buat keluargaku. Segar dan bersih seketika ketika habis sikat gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik sama nih pakai Sasha Pencegah Gigi Berlubang :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  27. Wah belum nyobain Sasha nih, ntar deh kl yg sekarang abis pingin juga soalnya bs buat mencegah gigi berlubang kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  28. Gigi berlubang merupakan keluhan banyak orang. Rupanya bisa juga diatasi dengan siwak Sasha ya Mbak. Perlu dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  29. Wah terjangkau sekali ya harganya, saya baru tahu loh ada varian yang ini. Bisa jadi referensi buat ibu saya yang sering mendapat masalah gigi berlubang, nice info kak

    BalasHapus
  30. Adanya siwak, jujur saja, membuat saya langsung pengen beli. Mungkin karena kita merasa aman jika pakai produk yang punya nilai islami. Apalagi direkomendasikan oleh teman dekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat, yuk mulai hijrah dimulai dari pasta gigi

      Hapus
  31. emang segerr pakai odol ini tuh, aku suka pakai hehe. bikin enggak bau mulut dan makin pede deh. susah deh buat pindah ke lain hati hehe. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  32. Pake pasta gigi kadang memang harus hati-hati, pilih yg cocok juga dengan diri sendiri. Saya pernah pake pasta gigi merk C, eh, malah rasanya gigi pada goyang semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dulu pakai Sasha Pencegah Gigi Berlubang Kak :) untuk gigi dan mulut yang sehat

      Hapus
  33. Dengan menggunakan pasta gigi bersiwak, semoga bernilai ibadah seperti halnya bersiwak ala Rasulullah ya Kak. Bersih dan sehatnya dapet, pahalanya dapet. Aamiin.

    BalasHapus