Pentingnya Memperhatikan Kebersihan Botol Susu si Kecil

by - Jumat, Desember 27, 2019


Hai Mama, sudah pada belum nih tentang 1000 hari pertama? 1000 hari pertama adalah masa selama 270 hari (sembilan bulan) di dalam kandungan ditambah 730 hari (dua tahun) pertama kehidupan seorang anak. Pentingnya 1000 hari pertama karena masa itu sangat penting dan menentukan kualitas kehidupan anak di masa depan. Sejak bayi baru lahir, tumbuh kembang si Kecil berlangsung sangat cepat. Makanya dibutuhkan nutrisi sebagai bahan bakar pertumbuhan si kecil.

Aku sendiri berusaha memberikan nutrisi terbaik buat anakku (Luigi) dengan memberi ASI eksklusif. Meski saat itu aku masih bekerja, tapi sangat semangat memerah ASI. Hingga berhasil mengumpulkan puluhan botol di freezer lemari es. Selama bekerja, Luigi diberi ASI perah melalui media botol. Banyak yang menyayangkan, kenapa memberi botol dot sebagai media pemberian ASI perah, kenapa bukan disendoki atau menggunakan cup feeder. Tahu diri!!! Itulah alasannya. Aku menitipkan Luigi pada Ibuku minimal 9 jam, dan Ibuku merasa lebih mudah menggunakan botol.



Hingga akhirnya botol susu berisi ASI perah berganti dengan susu formula di usia Luigi 10 bulan. Biarpun dibilang “kok gak ASI lagi?” “kok diatas 2 tahun masih ngedot sih?”, aku tutup telinga. Yang aku tahu setiap Ibu pasti akan memberi yang terbaik untuk anaknya, apapun versinya. Toh susu formula juga tidak haram khan? *mulai keluar tanduk haha.

Pengalaman Menggunakan Botol Susu
Teringat dulu Luigi pernah diare tanpa henti, mengunjungi beberapa dokter anak tak kunjung sembuh hingga akhirnya aku bawa ke dokter spesialis gastro anak. Pernah usia dibawah 2 tahun, ia harus rawat inap di sebuah Rumah Sakit di Surabaya karena diare. Perawat kesulitan mencari nadi di tangannya untuk dipadang infus. Sehingga, nadi di kaki sebagai media kabel infus ke tubuh anakku.

Saat itu hatiku mecelos, tak sanggup melihat kondisinya. Ia hanya menangis tak sanggup berkata apa-apa. Apalagi dia tetap harus dipasang infus lebih dari 4 hari agar tidak dehidrasi. Masa itu adalah masa oral dimana Luigi suka memasukkan benda apapun ke mulutnya. Sementara aku juga tidak bisa memastikan bahwa semua barang yang diraih dalam kondisi bersih.

cairan infus di kaki Luigi

Ternyata, penyebab diare pada anak tidak hanya karena sering memasukkan benda ke mulut. Jika Mama tidak bersih dalam pencucian botol susu juga bisa berpotensi menyebabkan anak diare. Hal ini karena sisa lemak susu yang masih tertinggal menjadi sarang kuman dan bakteri. Tentu saja botol susu yang diberikan menjadi tidak steril. Padahal coba deh dihitung berapa kali bayi minum susu, apalagi saat masa ASI Eksklusif dan masa MPASI (Makanan Pendamping ASI). Bisa lebih dari 5X dalam sehari ya. Pengalaman Luigi terkena diare hingga rawat inap menjadi pelajaran berharga bahwa memastikan kebersihan semua perlengkapan bayi adalah priotitas di masa awal kehidupannya.

Maka, penting banget buat kita para Mama untuk memberi 1000 hari perlindungan, karena imun bayi masih belum kuat pada masa itu. Sehingga memperhatikan kebersihan botol susu dan perlengkapan bayi adalah salah satu cara untuk mencegah terkena berbagai penyakit si Kecil.


Cara mencuci botol susu yang benar
Ini aku ada sedikit tips yang gimana cara mencuci botol agar bersih
1.       Cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun
Sebelum melakukan aktifitas apapun yang berhubungan dengan perlengkapan anak, pastikan tangan dalam kondisi bersih. Caranya mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air mengalir.
2.       Melepaskan setiap bagian dari botol, termasuk tutup dan dotnya
Jangan lupa untuk melepaskan setiap bagian botol. Termasuk melepaskan dot botolnya, agar saat mencuci kita memastikan sela-sela botol terkena sabun. Termasuk tutup botolnya.
3.       Cuci botol, dot dan tutup dengan sabun hingga ke sela-selanya
Jangan menggunakan sikak khusus pencuci botol agar masuk ke setiap sela botol.
4.       Bilas dengan air mengalir
5.       Sterilisasi
Untuk proses steril ini awalnya aku menggunakan alat sterilizer karena perlengkapan saat Luigi bayi banyak banget. Sekarang cukup aku bilas dengan air hangat. 

Mencuci botol susu dengan 8 Proteksi
Dan aku mempercayakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi sebagai pembersih botol bayi anakku hingga usia 3 tahun ini. Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi terbukti aman untuk si kecil. Sehingga, selalu menjadi pilihan terbaik dalam hal mencuci perlengkapan bayi, seperti botol, alat makan dan lainnya.


8 proteksi yang dimaksud adalah
1.        Foodgrade
Bahan yang digunakan adalah bahan yang tersertifikasi setara dengan makanan sehingga aman jika tertelan
2.       Natural Anti Bacterial
Bahan alami yang mampu membersihkan kotoran secara ampuh
3.       Stain Removal
Memudahkan membersihkan noda yang menempel, sisa lemak susu yang masih menempel.  Juga bau yang gak sedap akibat susu yang masih tersisa.
4.       Hypoallergenic
Bahan yang digunakan merupakan bahan yang tidak memicu iritasi pada kulit
5.       Dermatologically Tested
Sabun pencuci botol yang sudah sangat teruji secara klinis
6.       Microbiological Tested
Produk teruji efektif dalam membunuh mikro-organisme yang berbahaya
7.       High Quality Concetrate
Mengandung bahan konsentrat sehingga Mama jadi lebih hemat dalam pemakaian
8.       Paraben free
Tidak mengandung paraben dan bahan pengawet sehingga aman untuk si kecil.

Anak adalah amanah dariNya yang harus dijaga dan dirawat sepenuh hati. Apalagi kelak usaha kita sebagai orang tua akan dimintai pertanggungjawabanNya. Memastikan memberikan botol susu yang bersih adalah salah satu upaya menjaga kesehatan si Kecil. Karena anak yang sehat, pasti punya banyak kesempatan memperoleh kesempatan di masa depannya. Untuk itu, tak perlu berpikir 2 kali untuk memilih partner terbaik Mama agar bisa #BersamaMelindungi Si Kecil di 1000 hari pertama kehidupannya.
Bersama Melindungi ini tercipta atas kerjasama Sleek Baby bersama Philip Avent dan Shopee. Pembelian Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi di Kino Official Store di Shopee.



Kunjungi IG dan Fb Sleek Baby disini ya 

#SleekBaby #BersamaMelindungi #SleekBabyAlamiMelindungi #1000HariPerlindungan #SleekBaby8Protection #BabyProtection #BottleCleanser #BabyCare #BabyCareProducts

You May Also Like

53 komentar

  1. Sleek ini andalanku juga, bahkan sudah harus tersedia sejak sebelum bayinya lahir karena perlu untuk cuci perlengkapan ASIP. Begitu udah waktunya pumping, udah siap deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tos mba, andalan banget ya Sleek Baby ini :))

      Hapus
  2. Ladang ada nih kak pembersih botol bayi tapi bunya tuh strong banget. Jd kadang aku bilas berkali-kali sampe baunya hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo Sleek baby gak bau mbak :)) dan tentunya aman buat perlengkapan baby :)

      Hapus
  3. memang benar ya mba, sleek ittu andalanku banget. Dari Pendar masih ngedot aku udah pakai sleek

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak Pendar, Luigi sampai sekarang juga masih pakai Sleek baby :))

      Hapus
  4. Bener y selain nutrisi utk kbutuhan tumbuh lengkap anak yg lngkap perlu Juga kebersihan alat2 nya sleek formula nya Aman bngt yakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah si baby imunnya masih belum kuat, makanya butuh produk yang aman ya Kak :)) supaya tetap sehat :))

      Hapus
  5. Sleek merupakan produk yang sudah terpercaya termasuk untuk urusan bersih-bersih botol. Untuk hal satu ini kita nggak boleh main-main karena kalau botol nggak bersih bisa-bisa mengganggu pencernaan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat, sama anak jangan main-main hehe :)) pakai Sleek Baby aja udah terbukti aman

      Hapus
  6. Aku juga selalu pakai sleek mbak waktu anak2 kecil soal kebersihan botol susu dan alat makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah tos mbak, sudah mempercayakan Sleek Baby untuk kebersihan botol susu dan alat makan :))

      Hapus
  7. Sehat2 ya Luigi.
    Aku kenal Sleek sejak punya anak. Krn tetangga2 yang punya anak duluan rekomen itu jd ya pakai Sleek.Sampai skrng jg msh ada persediaannya suka dipakai buat mencuci botol minum anak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih mba April :))
      Ah iya Luigi juga masih pakai Sleek Baby :)

      Hapus
  8. Aku dulu jaman anakku masih ngedot, selalu pakai Sleek Baby juga untuk membersihkan botol susunya. Pokoknya urusan perbotol susuan harus bersih dan higienis.

    BalasHapus
  9. Botol susu untuk si kecil memang harus selalu higienis dan steril ya kak, karena untuk digunakannya minum air putih dan minum susu

    BalasHapus
  10. Dulu saat anak anak masih minum asip dan mpasi, perlengkapan makan dan minum mereka aku cuci pake Sleek..

    Jadi lebih bersih dan higienis. Anakpun terhindar dari diare..

    Memang harus jaga kebersihan ya mom, semoga anak anak sehat terus ya :)

    BalasHapus
  11. Botol susu yang nggak dicuci bersih bisa bikin diare anak juga. Aku pakai Sleek ini juga nih untuk cuciin peralatan makan si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lihat ponakan2ku yang masih ngedot, pake botol susu Sleek ini, Wien. Karena hygienis-nya itu, bikin hati ortu jadi tenang dan yakin akankesehatan anaknya. ��

      Hapus
  12. Kalau anak sakit rasanya memang gak enak banget ya Bun.. aku juga pake sleek buat mencuci peralatan anak-anak

    BalasHapus
  13. Aku belum punya baby, nikah pun belum hehe. Tapi liat tante dan sodar-sodara yang sudah punya baby memang kebanyakan dari mereka pake sleek loh kak, wah emang sebagus itu ya ternyata

    BalasHapus
  14. Penting banget kebersihan botol susu anak yah, saya meskipun anak sudah besar. Peralatan makan minumnya tetap pakai Sleek.

    BalasHapus
  15. Sleek ini membantu banget ya buat menjaga kebersihan peralatan botol susu si ade, apalagi aman banget dan bersih.

    BalasHapus
  16. Sleek Baby ini memang membantu menjaga kebersihan untuk peralatan bayi dan anak-anak. Sudah lama pakai juga.

    BalasHapus
  17. Aku juga pernah moms membersihkan botol susu anak menggunakan sleekk baby. Wanginya aku suka, serta kebersihannya itu lebih kesat. Terasa bersih.

    BalasHapus
  18. Ya ampun Mbak gak tega banget ya lihat anak bayi diinfus. Kasihan banget, dulu waktu anakku didiagnosa BB kurang aja aku mewek di rumah sakit. Memang penting sekali menjaga higienitas di 1.000 hari pertama yah Mba, dan Sleek juga menjadi andalanku.

    BalasHapus
  19. sejak punya bayi aku selalu nyetok Sleek juga mba mulai dari sabun, deterjen dan juga sebagai pencuci piring2 mpasi. alhamdulillah kesehatan si kecil selalu terjaga.

    BalasHapus
  20. Penting banget krn susu klo tertinggal d botol makanan enak buat bakteri

    BalasHapus
  21. Waktu adek-adekku masih kecil, aku sering bantuin ibuk cuci botol bayi mbak. Biasanya sih di rendam di air mendidih. Belum tahu kalau ternyata ada sabun khusus pencuci botol

    BalasHapus
  22. Paling nyeri hati lihat anak sakit ya mom. Sebuah reminder untuk terus menjaga kesehatan si kecil bahkan juga peralatan makan minumnya. Karena bakteri dan kuman bisa masuknya lewat mana saja.

    BalasHapus
  23. Produk ini bagus banget ya buat bantu para mommy menjaga kebersihan alat makan si kecil. Tapi kayanya masih banyak yang belum tau pentingnya menggunakan pembersih alat makan khusus untuk si kecil.

    BalasHapus
  24. Keluargaku juga udah lama pakai sleek, sampai sekarang pun masih tetep pakai. Harganya juga gak begitu mahal jadi big deal banget

    BalasHapus
  25. Sleek emang pembersih ter- recommend banget emang ya kak. Dari sekian ibu yang aku kenal juga mereka pakai nya sleek loh. Keren-keren nanti udah jadi ibu aku pakai ini juga ah hahaha

    BalasHapus
  26. Sleek memang andalan para ibu ya mba, aku juga selalu pakai sleek kalau bersihin barang - barang Binar dan hasilnya memang bersih banget

    BalasHapus
  27. wah kita perlu serba higenis untuk keluarga tercinta agar tetap sehat yaa :D

    BalasHapus
  28. Dengan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini para mamak lebih merasa aman ya karena bisa menepis berbagai kekhawatiran.

    BalasHapus
  29. Aku dulu ya pake Sleek Baby untuk bersihin botol, gelas dan piring anak-anak

    BalasHapus
  30. Sedih ya Mba, liat si kecil sakit Snape diinfus gitu..
    Alhamdulillah kami di rumah juga pake sleek. insyaAllah sehat-sehat kita semua ya Mba

    BalasHapus
  31. Suka deh sama tulisannya Mba Anggraeni. Beda dan mengena. Hehehe. Kebersihan botol susu bayi itu penting mba. Gak jarang banyak orang tua cuek soal ini. Dotnya udah kusam banget tapi tetap dipake. Karet dotnya udah jamuran putih-putih, tapi tetap dipake. Padahal itu harus rutin diganti. Nyucinya juga harus telaten, jangan cuma dikocok pake air panas doang cuma karena botol dotnya baru sekali dipakai minum susu. Hahaha. Untung ada Sleek ya, jadinya botol susu anak terjamin kebersihan dan selalu higienis.

    BalasHapus
  32. Luigi makin sholeh, pintar, kreatif yaaa
    SLEEK jadi sahabat setia untuk ibu2 millennial nih

    BalasHapus
  33. Saya pernah liat seorang ibu dengan botol susu anaknya yg sudah ga bersih lagi, bahkan kesannya ga pernah di cuci. Tp si anak asik aja menikmati botol susunya huhu

    BalasHapus
  34. sleek ini memang melegenda ya haha aku sampe skr anak-anak masih nyusu padahal usianya 5 dan 7 tahun ya masih pakai sleek hehe biar terjamin aja kebersihannya

    BalasHapus
  35. Dulu waktu anak-anak masih bayi, aku juga nyuci peralatan MPASInya pake sleek juga loh mbak.

    BalasHapus
  36. sleek wajib jadi pilihan nih untuk nyuci perangkat makan, minum juga botol asi. jadi kepikiran ngadoin sleek deh buat temen-temen yang punya anak batita & balita.

    BalasHapus
  37. Kalau bayi kami punya botol, kami akan pakai sleek juga Mbak. Agar bersih tanpa bau dan tidak alergi. Memang bagus sekali produknya. Pernah pakai yang sabun cuci cair. Bersih, bahkan lebih bersih dari sabun cair biasa kalau untuk pup bayi. dan... baunya sangat lembut.

    BalasHapus
  38. Bagus banget Sleek Baby Pembersih Botol ya?
    Punya 8 Proteksi sebagai pembersih botol bayi sehingga orang tua bisa merasa nyaman

    BalasHapus
  39. Kl anak sering memasukkan benda ke mulut dan kita tidak bersih dalam pencucian botol susu juga bisa berpotensi menyebabkan anak diare ya Mbak. Huhuu....untung ada Sleek ya jd insyaallah aman urusan cuci² alat makannya

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah sleek membuat kita jadi nggak khawatir lagi ya mba soal kesehatan botol susu anak dan lain sebaagainya. Soalnya produknya banyak juga ya.

    BalasHapus
  41. Aku pake sleek juga buat anakku. Wanginya aku suka, dan tidak menempel di perabot anak.

    BalasHapus
  42. Emang kalau mau cuci peralatan bayi nggak bisa sembarangan ya Mbak karena bayi rentan terkena kuman penyakit so butuh sabun cuci khusus seperti sleek baby ini.

    BalasHapus
  43. Waktu anak-anak kecil aku juga pakai sleek memberishkan alat makan anak, Mbk. Senang dengan wangi dan bersihnya cocok deh. Semoga tetap terjaga kebersihannya biar bebas kuman dan tetap sehat ya.

    BalasHapus
  44. Anakku juga sama Mbak, pernah diare sampe dirawat. Ikut ngerasain pasti sedih banget deh waktu itu.
    Memang kebersihan buat bslita itu nomor satu banget deh. Sabun pencuci yg dipake juga harus pilih2

    BalasHapus