Bebelac Hadirkan Bebeland di Surabaya, Permainan Edukatif Asah IQ, EQ, dan SQ

by - Senin, September 30, 2019


Setiap Ibu, termasuk saya pasti punya keinginan agar kelak si kecil tumbuh pintar dan hebat. Hingga ada pengalaman membekas dihati mengenai anak saya Luigi (3 tahun) yang membuat saya berkesimpulan “pintar saja tidak cukup!!!”. Suatu siang Luigi lapor bahwa kabel listrik sanyo dirumah keluar asap dan secepat kilat terdengar suara “bloooom”. Listrik dirumah mati!!! Tentu saja saya panik, karena Ayahnya sedang tidak ada dirumah. “wah listriknya konslet, dek” ucap saya pada Luigi. Saya masuk ke kamar mencoba saklar lampu apa masih bisa menyala. Luigi entah dimana.



Kemudian 2 satpam menghampiri rumah kami, dan menanyakan “apa listriknya konslet Bu, ada yang bisa dibantu? Listrik sanyonya mati ya?” suara satpam yang jelas terdengar di depan pagar. “oh tidak apa-apa Pak, habis gini Ayahnya pulang kok hehe” jawab saya keheranan dan sedikit “sungkan”. Sungkan karena secepat itu satpam tahu dan segera konfirmasi ke rumah.


Usut punya usut, sesaat setelah tahu saya panik listrik konslet, bergegas Luigi lari ke pos satpam, menjelaskan kronologi dan meminta bantuan untuk segera datang kerumah. MashaAllah. Tidak ada yang menyuruh, saya bahkan tahunya ia tiba-tiba “menghilang” sesaat setelah kepanikan terjadi.

Malamnya saya merenung, apa yang membuat Luigi punya inisiatif seperti itu. Kepedulian!!!. Dari kepedulian itulah ia befikir, menggunakan segala daya upaya yang bisa dilakukan. Mungkin ia berfikir, “saya gak bisa menyelesaikan masalah kelistrikan, namun apa salahnya menghubungi Pak Satpam?”. Satpam menjadi solusi masalah yang dihadapi Mamanya. Saat Luigi ke Pos Satpam, tumbuh pula kemampuan sosialisasinya, bagaimana menjelaskan kronologi sehingga membuat satpam tergerak membantu.



Pentingnya stimulasi IQ, EQ dan SQ
Setiap anak punya potensi kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan sosial (SQ). Inilah informasi yang saya dapat dari mba Nita, perwakilan Bebelac dari Jakarta yang hadir di Surabaya. Beliau mengatakan, menurut psikolog anak Roslina Verauli, M.Psi, Psi menekankan bahwa dengan empati dan rasa peduli, si kecil mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

Dengan mengembangkan rasa peduli, si Kecil mampu memiliki perilaku proporsional yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal ini yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si kecil agar si kecil mampu menyikapi sebuah permasalahan serta solusi yang tepat dan penuh empati.




Bebeland Asah Kemampuan IQ, EQ dan SQ
Setelah sebelumnya hadir di Summarecon Mall Bekasi di awal September, kali ini pada 28-29 September 2019 Bebelac menghadirkan Bebeland. Sebuah permainan edukatif dan interaktif untuk berbagi inspirasi tentang pentingnya pengembangan rasa peduli seiring daya pikir untuk mendorong si kecil menjadi Anak Hebat. 

Untuk bisa masuk ke arena bermain, para orangtua harus membeli paket pembelian produk yang dibantu oleh kakak-kakak Bebelac di depan area Bebeland.



Bebelac percaya bahwa rasa peduli dapat mendukung daya pikir si kecil berkembang lebih baik untuk mencari solusi atas masalah yang ada disekitarnya. Apabila rasa peduli anak berkembang seiring daya pikirnya, ia akan tumbuh menjadi Anak Hebat yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap, dan mudah bersosialisasi dalam menghadapi lingkungannya.

Atrium Plaza Tunjungan 3 disulap menjadi arena ramah anak dengan 10 permainan edukasi dengan 3 area besar, BebeTown, BebeSea, dan BebeForest. Uniknya setiap permainan Bebeland dirancang sebuah alur “masalah-solusi”, sehingga anak-anak dilatih rasa pedulinya kemudian memikirkan solusi. Semua permainan sudah direview oleh psikolog anak Roslina Verauli, M.Psi. Psi.


Bebelac Hadirkan Bebeland di Surabaya, Permainan Edukatif Asah IQ, EQ, dan SQ
Tantangan permainan Bebeland ini seru banget karena setelah menyelesaikan misi penyelamatan, anak-anak diberi bagde yang ditempel di rompi mereka. Yap, anak-anak yang bermain akan dilengkapi rompi, semakin banyak menyelesaikan tantangan, semakin lengkap pula badge yang ditempel di rompinya. Jadi Luigi makin semangat mengumpulkan bagdenya.

Inilah tantangan permainan yang ada di Bebeland.

Rescue The Cat
Ini adalah permainan yang paling menarik hatinya pertamakali. Ia diberi tantangan untuk menyelamatkan kucing yang tersangkut di pohon. Namun Luigi harus melewati wall climbing, mengambil kucing di pohon dan turun melalui perosotan. Seru banget ini, area perosotan dilengkapi banyak bola-bola. Jadi setelah menyelamatkan kucing, anak-anak bisa bermain mandi bola. 




Yang gak nyangka adalah, ternyata Luigi berani naik wall climbing yang tinggi, tanpa ditemani Mama. Karena setelah memasuki arena Rescue the Cat pintu pagar ditutup, dan diserahkan kepada kakak-kakak Bebelac yang baik. Wah Luigi hebat !!!

Find The Way
Permainan ini lumayan seru karena ada sebuah kancil yang tersesat dan tidak tahu jalan pulang. sehingga Luigi membantu si kancil menemukan rumahnya dengan memencet tombol pada sebuah layar. Tombol ini sebagai penunjuk arah, ke jalan sebelah kanan atau kiri. Benar-benar permainan modern nan edukatif ini.




Coral Savior
Menggunakan pasir kinetik, Luigi diberi tahu bahwa terumbu karang di laut mulau berkurang jumlahnya. Jadi Luigi diajak membantu melestarikan tumbuhan laut dengan penanaman kembali terumbu karang. Sehingga anak-anak tidak sekedar bermain pasir kinetik, namun ada solusinya yang hendak dilakukan untuk stimulasi kepedulian anak.




Helping Friends
Kali ini Luigi diberi “masalah” ada teman yang terdampar di suatu pulau. Luigi mencoba membantu menyelamatkan anak tersebut dengan menggunakan perahu. Ia harus mengayuh kedua kayu perahu agar lekas sampai pulau.

Light the City
Luigi diberi tantangan menyelesaikan listrik kota yang sedang mati. Caranya dengan mengayuh sepeda berpedal untuk menyalakan listrik kota. Sebagai pesepeda cilik, Luigi senang belajar menggunakan sepeda berpedal.




Preserve the Turtle
Luigi diberi tantangan bagaimana penyu yang barusan menetas kesulitan ke laut. Dengan cara mewarnai penyu. Dan hasil karya Luigi akan disambungkan dengan sebuah layar yang diibaratkan pelepasan penyu ke laut.




Fix the Gears
Untuk permainan ini keren banget, karena jam kota rusak yang menyebabkan penghuni kota terlambat melalukan kegiatan atau aktivitas. Luigi harus menyusun kumpulan gears dengan berbagai ukuran agar jam kota kembali bisa diputar. Dan taraaa, jam kota kembali berputar dengan adanya burung yang keluar diatas jam.

Save the Earth
Ada banyak binatang di hutan yang sedang kelaparan, dan Luigi harus membantu mencarikan makanan yang tepat bagi binatang tersebut. Kemudian memberikan makanan melalui mulut binatang. Ini keren banget karena saat Luigi menyuapi panda makan mambu, mulut panda berbunyi krauk krauk krauk. Seperti beneran loh haha.




Untuk anak yang usia lebih besar dari Luigi, ada berbagai macam percobaan sains yang dipandu oleh kakak-kakak Bebelac yang baik dan cantik. Misalnya bagaimana membuat gelembung sabun dari kaos kaki, dari berbagai pewarna makanan. Siangnya jam 1 ada story telling juga dari kak Nuk. Ah seru banget deh pokoknya.



Setelah mencoba permainan di Bebeland, ternyata rasa peduli bisa mendukung daya pikir Luigi ya, sehingga ia cepat tanggap mencari solusi untuk diri dan sekitarnya. Yang kesemuanya ada di permainan Bebeland. Semoga setelah ini bisa ditiru dirumah agar anak gak hanya pintar secara intelektual, namun juga menjadi anak yang empati dan tidak kaku (mudah bersosialisasi).

Sore harinya Bebeland Surabaya menghadirkan Jonathan Frizzy bersama istrinya untuk sharing bagimana membesarkan anak hebat dan pemenuhan nutrisi anak. Sayangnya kami tidak bisa ikutan, karena Luigi sudah mulai ngantuk karena kami sejak Plaza Tunjungan buka sampai 1 siang bermain di Bebeland.


wajah bahagia sedari pagi main di Bebeland

Buat kota lain, nantikan Bebeland kota mu ya. Dalam waktu dekat Bebeland akan Hadir di Plaza Medan Fair 26-27 Oktober 2019.


You May Also Like

1 komentar

  1. acaranya seru banget, kalo ada lagi mau ajak ponakan join ah :D

    BalasHapus