Prive Uri-Cran Bikin Perempuan Makin Aktif, Percaya Diri dan Bebas Anyang-Anyangan

by - Rabu, Juli 24, 2019


Sebagai ibu rumah tangga, mall adalah tempat mewah untuk saya melakukan me time. Mall memberikan semua kebutuhan menenangkan untuk melepas kejenuhan sejenak dari pekerjaan domestik. Terkadang saya suka alasan mengantar Luigi main ke playground, dan saya bisa ikutan main. Tidak hanya itu, saya suka beli barang lucu-lucu meski itu tidak terlalu dibutuhkan.

Oleh karena itu saya membutuhkan waktu yang tidak sebentar saat ke mall, apalagi dengan mengajak Luigi. Kami ke playground, ijin keluar makan, sholat, masuk playground lagi, lanjut jalan-jalan bebas. Pernah kami ke mall dari jam 1 siang sampe jam 7 malam haha. Dan selama itu saya tidak pernah pipis. Saya menjejakkan kaki ke toilet hanya untuk mengantar Luigi pipis. Hah kogh bisa, Luigi pipis dan saya gak sekalian pipis?

Ya bisa dong, lha saya lebih memilih menahan keinginan buang air kecil. Bagi saya toilet mall adalah tetap tidak higienis, apalagi toilet duduk harus berbagi “pantat” dengan orang lain hiks.



Hal ini saya alami pula saat awal bulan Juli kemarin liburan keluarga ke Bali. Di berbagai tempat wisata saya tidak pernah pipis, kalo saya kebelet pipis saya tahan sampe nyampe hotel. Kalaupun saya “terpaksa” harus pipis di toilet wisata, saya harus benar-benar membersihkannya sampe bersih. Jika itu toilet duduk, maka dudukannya saya taruh lembaran tisu terlebih dahulu.

Ribet? Iya dong. Tapi saya nyaman seperti ini. Dan apa yang terjadi? Suatu kali saya buang air kecil terasa sakit sekali. Ternyata saya terkena anyang-anyangan. Setelah saya banyak googling, ternyata baru saya tahu bahwa anyang-anyangan salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Dan Alhamdulillah pada Sabtu (20/7) saya bersama Women’s Community 2019 belajar tentang Infeksi Saluran Kemih (ISK) dengan tema “Aktif dan Percaya Diri dengan memelihara Saluran Kemih” bersama dr Eighty Mardiyan Kurniawati, Sp.OG (K). Bertempat di Hotel Santika Premier, acara ini dimulai dengan sangat antusias namun juga bikin deg-degan. Karena dr Eighty menyampaikan bahwa ISK bisa menyebabkan gagal ginjal. Huifttt makin bikin hati mencelos mendengarnya. Siapa yang tak khawatir dengan penyakit yang membuat penderitanya harus cuci darah sepanjang hayat. 



Ternyata menurut dr Eighty, ISK bukan masalah sederhana, dan sangat mengganggu jika dibiarkan. Diawal bu dokter asli Suroboyo ini menjelaskan mengenai anatomi saluran kemih manusia. Ada yang namanya ureter, adalah saluran yang menghubungkan antara ginjal dengen kandung kemih. Jika kita mengalami infeksi di area tersebut, bisa mengalami infeksi yang diginjal atau infeksi yang dibawah.

Ada yang infeksi diginjal saja tidak kemana-mana. Ada yang di kandung kemih doang gak kemana-mana. Tapi jangan salah, kalo infeksi di kandung kemih dibiarkan itu bisa naik, kemudian naik lagi ke ginjal. Jadi infeksi yang tadinya hanya kena pada kandung kemih, akan kena ginjal pada akhirnya. Jika sampe ginjal akan sangat bahaya. Karena semua infeksi disebabkan kuman virus dan lain-lain.

Infeksi ini bahkan bisa menyebabkan produksi air seni kita bukan air seni yang biasa, bukan yang bening, tapi sampe bernanah. Kalo sampe terjadi itu lama-lama ginjalnya bisa rusak. Jika ginjalnya bisa rusak, apa yang terjadi? Gagal ginjal. Maka jangan heran, jika ada orang yang daerah kanding kemihnya menyeluruh isinya nanah, tidak ada jaringan yang sehat, bisa kena seluruh tubuh, dan tersebut lekas meninggal. Hiks -.-

Penelitian menyebutkan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kencing. 2 diantaranya mengalami ISK berulang. Dan wanita lebih rentang terkena anyang-anyangan daripada laki-laki. hal ini disebabkan :
1.       Secara anatomi pada saluran kemih perempuan lebih dekat anus daripada pada pria
2.       Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah pipis/buang air kecil. Masalahnya seperti disebutkan diatas bahwa air bisa menjadi tempat bakteri.
3.       Wanita lebih sering menahan pipis/buang air kecil. Hal ini dikarenakan wanita perlu pergi ke toilet untuk buang air kecil
4.       Resiko terekspos bakteri lebih tinggi melalui dudukan toilet, toilet kotor atau penggunaan pantiliner yang berlebihan. Padahal panteliner menyebabkan daerah kemaluan lembab, yang membuat senang para kuman atau bakteri bersarang.

Di Indonesia gejala ISK dikenal sebagai anyang-anyangan. Gejala ISK ada yang dibagian atas ada yang gejala ISK bagian bawah (karena berbeda secara anatomi)
Gejala ISK bagian atas :
1.       Demam tinggi, menggigil
2.       Hilang nafsu makan
3.       Mual dan muntah
4.       Nyeri pada pinggang (lokasi letaknya ginjal)

Gejala ISK bagian bawah :
1.       Nyeri saat buang air kecil dan rasa panas di uretra saat pipis
2.       Buang air kecil lebih sering sampai malam hari dengan jumlah urin yang sedikit
3.       Tidak dapat menahan rasa buang air kecil
4.       Buang air kecil yang tidak tuntas atau anyang-anyangan
5.       Nyeri pada bagian perut bagian bawah
6.       Demam ringan atau tidak enak badan
Wah jangan anggap remeh gejala seperti diatas ya, ngeri juga khan kalo tepat ditangani. Padahal kita semua pasti pengen umur panjang untuk lihat anak-anak sukses. Dan menikmati hari tua dengan sehat dan bahagia.

Sebab Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada di saluran kemih. Infeksi terjadi karena adanya mikroba. Sebagian besar dari banyak kasus ISK adalah karena bakteri, jamur ataupun virus. 80% persen kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih.

Bakteri bisa masuk karena beberapa hal
Nahan pipis
Entah karena tak ada toilet yang bersih atau sedang ribet maka biasanya kita menunda-nunda untuk buang air kecil. Padahal keinginan pipis adalah signal atau alarm tubuh untuk segera mengeluarkan urine
Cara cebok/membasuk organ intim yang salah
Yang benar adalah dari arah depan ke belakang. Disaluran kemaluan perempuan ada tempat pipis, tengah ada vagina, belakang ada anus. Kalo kita cebok dari depan ke belakang, nanti kotoran buang air besar kena tempat pipis. Dan hal ini ternyata sejalan dengan penelitian ISK bahwa penyebab kuman ISK terbesarnya dari kotoran buang air besar, namanya eserisia coli.
Toilet yang tidak bersih dan airnya kotor
Bakteri yang masuk dari air kotor akan mendekat, melekat, atau menempel di lapisan permukaan saluran kandung kemih, setelah dia nempel, dia akan menyebabkan kerusakan, kemudian melakukan infasi artinya menerobos masuk, dia berkembang biak, tambah biak, kerusakan saluran kemih. Ini yang bikin rasa nyeri. Dinding saluran kemihnya rusak, tidak mulus lagi.

Cara mendiagnosa ISK
Normalnya urin kita tidak mengandung bakteri, tidak mengandung jamur, tidak mengandung virus. Jadi harus melakukan cek Lab dengan kultur kurin, untuk menegakkan diagnosa. Urin yang di cek adalah urin yang keluar di tengah, nanti urinnya akan ditunggu 3-7 hari. Karena urinnya akan dilihat pertumbuhan kumannya.



Anyang-anyangan bukan diobati dengan mengikat jempol kaki
Ada beberapa ikhtiar yang dilakukan beberapa orang saat terjadi anyang-anyangan. Salah satunya adalah mengikat jempol kaki padahal ini adalah mitos.  Ada cara yang disarankan yakni :
1.       Minum yang banyak
Jika kita minum yang banyak, maka virus / jamur atau bakteri di saluran kemih akan tergelontor keluar lagi saat kita buang air kecil. menurut dr Eighty minum air putih 1,5-3 liter per hari
2.       Tidak menunda ke toilet
Saat ada tubuh memberi signal ingin buang air kecil, jangan ditunda. Segeralah untuk mengeluarkan urine. Menurut dr Eighty kalo bisa per 3 jam kita harus buang air kecil.
3.       Cebok dengan benar
Membersihkan area kewanitaan dari depan ke belakang dan jangan terbalik ya
4.       Konsumsi Cranbery
Buah cranberry telah lama diteliti dan digunakan di dunia dan dipercaya efektif mencegah ISK. Hal ini karena Cranberry kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-Coli pada dinding saluran kemih. Cranberry sebagai pilihan alternatif non antibiotik profilaksis, yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi E Coli pada saluran kemih sebesar 36%. Dan menurunkan 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang.

Sayang seribu sayang Cranberry tidak mudah diperoleh di Indonesia. Cranberry tidak dijual di pasar maupun supermarket. Kalaupun ada sebagian besar adalah produk impor yang harganya mahal. Juga tidak praktis karena rasanya yang asam membuat Cranberry sebagai obat harus diolah terlebih dahulu menjadi jus.



Kini di Indonesia melalui Combiphar memperkenalkan Prive Uri-Cran. Prive Uri-Cran adalah ekstrak Cranberry yang dapat mencegah anyang-anyang dan infeksi saluran kemih serta ISK berulang. Sehingga tidak perlu mengkonsumsi antibiotik.

Padahal cara kerja antibiotik adalah mematikan semua bakteri yang ada di dalam tubuh. Baik itu bakteri baik dan bakteri jahat. Padahal tubuh kita masih butuh bakteri baik. Didalam Prive Uricran terdapat probiotik (bakteri baik) yang terdapat dalam Prive Uricran Plus baik bagi tubuh. Apabila tidak diminum dengan teratur, dampaknya antibiotik bisa menyebabkan resistensi pada tubuh alias kebal.

Terdapat dua varian Prive Uricran diantaranya Uricran Capsule dan Uricran Plus. Uricran Capsule mengandung 250 mg extract Cranberry, dengan dosis minum 1-2 kapsul/hari. Per box isinya 30 kapsul. Sedangkan Uricran Plus mengandung 375 mg Cranberry Extract, 60 mg vitamin C, 0,1 mg bifidobacterium bifidum, 0,1 mg lactobacillus acidophillus dengan dosis 1-2 sachet per hari. Isi per box 15 sachet. 

Prive Uri-Cran Bikin Perempuan Makin Aktif, Percaya Diri dan Bebas Anyang-Anyangan

Semua varian Prive Uricran bisa dibeli di Watsons, Guardian, Century, Apotek K24, Viva Health, Kimia Farma, Lazada @lazada.co.id/combiphar, rumah sakit atau apotik-apotik terdekat di kota kamu.

Jika kalian pengen tahu lebih detail tentang Infeksi Saluran Kemih dan Uricran, bisa menjelajah di https://uricran.co.id/. Dan ada kuis berhadiah tiket ke acara puncak UriCrevent. Silahkan check di Instagram @uricran.id ya buat 5 orang yang beruntung loh. Yuk ikutan ya, caranya gampang banget tinggal jawab pertanyaan di kolom komentar. Jangan lupa kalian ketik hestek #uricran #uricrevent.

Semoga dengan saluran kemih yang sehat akan membuat perempuan makin aktif dan percaya diri ya. Karena perempuan aktif harus bebas anyang-anyangan. Yeyy

You May Also Like

0 komentar