Memijat Bayi dengan Johnson’s Sentuhan Cinta

by - Kamis, April 11, 2019


Sabtu (6/4) lalu Alhamdulillah saya diundang The Urban Mama diacara TUM Bloggers Meet Up bersama Johnsons Sentuhan Cinta untuk hadir di Ibis Style Hotel. Tema yang akan dibahas yakni Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat bagi Tumbuh Kembang si Kecil. Menghadirkan dr. Dyah Retno Wulan, Sp. A dan Gina Puspanti Anggraeni sebagai instruktur pijat bayi bersertifikasi.

Foto oleh : Amma Chemist

Awalnya saya berfikir
“kenapa kita harus diberi pelatihan, sementara orang di Kampung lebih mempercayakan di dukun pijat bayi yang katanya ahli”
“Halah bawa aja ke dukun pijat, bayar gak sampe seratus ribu, anak boboknya bisa tenang”
“kalo pengen pijat bayi, bawa aja ke Baby Spa yang pasti terapisnya udah terlatih”
“eh pijat ya, di puskesmas murah loh, bidan pula yang mijat”

Dan serentetan argumen lainnya mengenai pijat bayi. Saat anak saya, Luigi masih bayi, saya kerja dari pagi dan nyampe rumah sudah tidak bertemu matahari. Boro-boro mau pijat anak, kondisi fisik saya aja udah capek banget. Apalagi sebagai Ibu baru, jangankan pijat, memandikan Luigi bayi saja tangan saya gemetaran. 

Akhirnya Luigi rajin ke mbah tukang pijat di kampung. Ibu saya yang sering nganterin Luigi, karena dirasa mbah bisa membuat Luigi tidur lebih tenang. Sampai disuatu masa, Luigi di vonis underweight oleh dokter anaknya. Yup, underweight alias kurus. Kurus dibanding usianya. Saat 19 bulan berat badannya hanya 9 kg saja. Saya pun getol kasih asupan nutrisi terbaik, mulai pembenahan Makanan Pendamping ASI (MPASI), terapi oromotorik, sampai memberi susu khusus tinggi kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kami mengejar sebelum masa 1.000 hari pertamanya lewat.

(Baca juga : cerita Luigi dengan Oral Motor Disorder)

Ternyata nutrisi saja tidak cukup!!! Kalimat pembuka yang sangat menohok buat saya karena sang MC mengatakan bahwa di usia emas bayi, nutrisi aja tidak cukup. Ada hal lain yang juga penting yaitu adalah anak mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui kontan fisik.

Apalagi untuk Ibu bekerja yang udah sibuk, terkadang lupa, jika ternyata cuma sentuhan sederhana aja bisa sangat berarti untuk anak. Ternyata secara umum kontak fisik dapat meningkatkan ikatan emosional bayi dan Ibunya, dan juga bisa meransang indera bayi sebagai kunci kesehatan dan perkembangan bayi.

Kontak fisiknya seperti apa sih? Melalui sentuhan cinta yaitu sentuhan sederhana namun penuh cinta yang dilakukan secara sederhana. Dilakukan saat pijat dan mandi. Karena dua waktu tersebut menjadi waktu yang tepat untuk membangun ikatan ibu dan juga bayi. Dan ternyata banyak banget manfaat pijat bayi.

Apa Sih Manfaat Pijat Bayi
Banyak sekali penelitian mengenai manfaat pijat bayi. Dan dibawah ini adalah beberapa manfaat dari pijat bayi yang sesuai dengan studi dari Johnsons :
Membantu melancarkan pencernaan sehingga makanan bisa diserap tubuh anak dengan maksimal
Membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi
Membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang
Berpengaruh pada sistem saraf , saat pijat membantu otak bayi bekerja dan berkembang lebih cepat
Membantu mengurangi kerewelan bayi
Bayi mudah bersosialisasi – melakukan kontak mata dengan orang lain dan senyum dengan ramah
Meningkatkan kualitas tidur bayi.

Johnsons Sentuhan Cinta - Pemaparan Wynne Lukman
Kita harus bersama-sama memberikan awal stimulasi yang baik untuk bayi kita, diawali 1000 hari pertama. Nah gimana caranya. Dari sesimple sentuhan cinta. Studi Jonhson memaparkan manfaat sentuhan cinta bagi perkembangan bayi.

“Semua teknik pijat bayi yang kita punya, ada studinya. Kenapa harus ke kanan dan kekiri, kenapa dari atas kebawah. Dikembangkannya bersama dokter anak, dibuat penelitian juga, teknik pijat bayi yang sudah di akreditasi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)” ujar mba Wynne.

mba Wynne Lukman sebagai brand manager Johnsons

“selain itu kita mentraining semua bidan di Indonesia. Semua bidan di Indonesia memakai teknik pijat bayi ala Johnsons. Dan kalo temen-temen pengen tau pijat bayi yang dibawain oleh Kementrian Kesehatan itu persis sama plek ketiplek sama yang dipunya Johssons. Kenapa. Karena dokternya di Kemenkes itu adalah salah satu dokter yang bekerja sama kita waktu penelitian pijat bayi di Indonesia. Jadi dia tau mana yang benar, mana yang salah.” lanjut mba Wynne.

Sehingga teknik pijat Johnsons ini terbukti ilmiah, bisa dipertanggung jawabkan. Bukan ke dukun bayi. Karena pijat yang terbaik adalah bersama orangtuanya. Jika dengan orang orangtuanya, bayinya akan merasa dicintai. 

Dan pijat bayi gak cuma baik untuk bayi tapi juga bagus buat Ibunya juga. “Membangun ikatan antara Ibu dan anak. Yang disebut bonding itu. bayi merasa dicintai, kita merasa nyaman, itu hormon oksitosin bakal melimpah ruah. Jadi kalo misalkan saat mengASIhi, ASInya sampai banjir-banjir. Karena Ibu ngerasa deket dan sayang banget sama anaknya.” mba Wynne melengkapi.

Mungkin jika saya flasback kebelakang saat Luigi bayi, sepertinya Luigi rewel, Luigi bikin saya begadang, karena saya gak bisa bikin dia nyaman. Kalo dia nangis tanpa henti, sayanya jadi ikutan nangis. Hiks. Berarti pijat bayipun akhirnya saya simpulkan dapat meminimalisir datangnya baby blues syndrom, bahkan post partum depression.

Pentingnya Stimulasi - Pemaparan dr Diah Retno Wulan, Sp.A
Dokter yang mempunyai minat khusus tumbuh kembang anak ini mengatakan bahwa bayi usia 0 sampai 28 hari merupakan periode yang kritis. Bayi pada saat usia tersebut sangat Rentan. Baik kulit dan daya tubuhnya. Bayi mudah terkena infeksi. Sejak bayi dilahirkan sebenarnya bayi sudah dalam proses pembelajaran. Janin 6 bulan cikal bakal pembelajaran sudah terbentuk. Misalnya Ibunya kaget bayi ikut bergerak. Sejak didalam kandungan, jalur sensori visual dan audiotori, kemampuan sudah mulai terbantuk.

dr Diah Retno Wulan yang megang bantal di tengah. Foto : Pribadi

Saat bayi lahir, dia belajar melalui panca inderanya. Tumbuh kembang yang tidak optimal di masa awal, akan mempengaruhi, perkembangan selanjutnya. Mengapa? Karena sebenarnya tugas perkembangan awal terutama di dua tahun pertama itu adalah basic untuk kemampuan kognitifnya.

Nah, yang dibutuhkan bayi itu selain lingkungan fisik, jaminan nutrisi, jaminan kesehatan seperti imunisasi, bayi juga membutuhkan mental emosional dengan merasa dikasihi dan merasa bahagia. Pada masa bayi, stimulasi awal adalah indera penglihatan. Maka stimulasinya dengan meransang mata. Biasanya dokter tumbang akan memberi benda-benda yang berwarna merah, karena reseptor warna merah itu lebih diterima lebih dulu.

Manfaat stimulasi salah satunya adalah bonding yakni keterikatan antara Ibu dan bayi. Seringkali kita tidak menyadari ada pembelajaran yang melibatkan keseluruhan panca inderanya. Ketika anak sudah mulai jelas melihat, ketika Ibunya menunjukkan mainan, anak akan menunjukkan gerakan meraih yang pertama. Meraih itu adalah kecerdasan pertama.

Kapan stimulasi dilakukan? sedini mungkin. Apa stimulasi paling dini yang diberikan untuk anak. Yaitu IMD yaitu skin to skin contact. Stimulasi taktil. Kapan dilakukan stimulasi? Tidak ada jamnya. Sesering mungkin.

salah satu booth foto yang kece banget. Difoin oleh Hanifah

Mengenai waktu maksimal stimulasi adalah saat pijat dan saat mandi. Saat mandi, itu stimulasi yang multisensori bagi seorang anak. Karena pada waktu mandi, dia merasakan dan meraba bahwa ada cairan yang hangat misalnya, kemudian mencium harum shampoo, mendengar suara Ibunya, bisa melihat wajah Ibunya. Ini merupakan contoh multisensosi stimulasian.

Fungsi stimulasi multisensori adalah dapat menurunkan stress pada bayi, rileks, tidak rewel, minumnya baik sehingga berdampak berat badan naik secara signifikan

Stimulasi tidak hanya bermanfaat untuk bayi namun juga untuk Ibu. Karena meningkatkan bonding. Mengapa bisa meningkatkan bonding? karena sebenarnya dengan kita melakukan stimulasi, kita bisa mempelajari bahasa non verbal yang disampaikan oleh anak. Nangis saat lapar seperti apa, nangis saat merasa panas seperti apa, dan lainnya.

Dengan orangtua yang semakin percaya diri mampu memahami anak, maka orang tua akan hilang stresnya. Bayangkan jika orang tua sudah capek pulang bekerja, anaknya rewel, Ibunya tidak bisa mendiamkan, tentu ini akan menimbulkan stres tersendiri. Dan jika Ibu sedang memberikan ASI, pasti akan berpengaruh.

Sehingga, stimulasi yang baik adalah multisensori yakni mengenai semua panca indera dan dilakukan sedini mungkin.

Pijat Sentuhan Cinta sebagai stimulasi multisensori
Menurut mba Wynne saat kita pijat bayi, tubuh bayi khan tidak hanya di pegang dan elus aja khan. Tapi sambil ngobrol “ia kakinya panjang ya, yang kuat ya, habis gini bisa jalan ya, kalo udah gede yang pinter ya” dan itulah khas orang Indonesia, memijat bayi sambil doa dan senyum. 

Tidak hanya berdoa dan senyum, kita pun bisa mengajak ngobrol untuk berkomunikasi dengan bayi. Kita melihat matanya, bayipun akan fokus pada kita. Dan stimulasi sensori ini bisa terjadi jika kita memijat dengan cara yang benar.

Cara pijat bayi dengan Sentuhan Cinta
Kali ini kami dipandu oleh mba Gina Puspanti Anggraeni yang merupakan instruktur pijat bayi tersertifikasi. Berikut ini ada 6 rangkaian teknik stimulasi pijat bayi cukup bulan dan batita


Rangkaian Teknik Stimulasi Pijat Bayi

Pijatan Wajah
1.       Caress Love
2.       Relax
3.       Circle Down
4.       Smile
5.       Cute

yuk senyum Nak, dipijat Mama :) Sentuhan Cinta pijatan wajah. Difotoin oleh Zahra Firda


Pijatan Dada
1.       Butterfly
2.       Cross

sentuhan cinta pijatan dada, difoin oleh Zahra Firda


Pijatan Perut
1.       Mengayuh
2.       Bulan matahari
3.       I love you
4.       Walking Fingers
5.       Relax

sentuhan cinta pijatan perut. Gambar diambil dari Instagram Johnsonsbaby_Id


Pijatan Tangan
1.       Milking India dan Milking Swedia
2.       Rolling
3.       Squeezing
4.       Thumb after Thumb
5.       Spiral
6.       Finger Shake
7.       Relax dengan tangan disilangkan dan diagonal tangan kaki.

Pijatan Kaki
1.       Milking
2.       Sqeezing
3.       Thumb after thumb
4.       Spiral
5.       Finger shake
6.       Relax

Pijatan Punggung
1.       Go back forward
2.       Slip
3.       Mengayuh
4.       Spiral
5.       menggaruk


Tips Pijat Bayi
Berikut ini beberapa tips yang diberikan pada sebelum, saat dan setelah memijat bayi yang harus diperhatikan oleh orangtua

Sebelum Memijat
1.       Tidak memijat saat bayi setelah makan dan minum
2.       Tidak membangunkan bayi hanya untuk pijat
3.       Tidak memijat bayi saat sakit
4.       Tidak memaksa posisi tertentu saat pemijatan
5.       Pastikan Ibu telah memotong kukunya sehingga tidak melukai bayi
6.       Ibu tidak menggunakan perhiasan di jari dan tangannya
7.       Siapkan alas yang rata dan lembut
8.       Mencuci tangan sampai bersih

Saat Memijat
1.       Memilih ruangan yang hangat saat memijat
2.       Memijat sambil bernyanyi atau memutar musik lembut
3.       Ibu harus peka isyarat yang diberikan bayi seperti mengantuk, menangis atau kehausan
4.       Gunakan baby oil atau lotion dari Johnsons Baby Oil
5.       Oleskan sedikit ke telapak tangan kita
6.       Tidak mengoleskan baby oil atau lotion ke kulit bayi yang iritasi

Pasca Memijat
Setelah memijat mandi atau seka tubuh bayi dengan air hangat

menggunakan baby oil atau lotion dari Johnsons Baby Oil 

 
Perjalanannya Sentuhan Cinta
Johnsons sendiri sebagai produk unggulan PT Johnsons n Johnson telah dikenal luas sebagai produk terkemuka yang fokus terhadap perkembangan holistik anak. Tujuannya untuk mendorong dan mengedukasi Ibu di Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta Ibu demi kesehatan dan juga perkembangan bayi. Khususnya untuk periode emas atau 1000 hari pertama. Agar tumbuh kembang anak berjalan secara optimal.

Perjalanan Sentuhan Cinta dimulai sejak 2017, dan Johnsons memiliki Tim Edukasi Profesional yang tersertifikasi untuk pijat bayi di Indonesia. Mba Gina contohnya dan hanya 22 orang di Indonesia. Mereka melakukan edukasi yang berkala, di 14 kota.

Jadi mereka setiap hari kunjungan ke bidan-bidan, ke dokter anak, ke Rumah sakit, untuk memberikan edukasi perawatan kulit bayi yang baik, cara memandikan bayi yang baik, pijat bayi yang baik dan benar dengan teknik yang sudah terakreditasi oleh IDAI ini.

Menurut mba Wynne, orang yang tinggal di kota aja kadang suka gak tau manfaat pijat bayi, sehingga Johnsons pada rentang 3 tahun kampanye Sentuhan Cinta untuk edukasi. Tahun 2017 Johnsons bikin acara sama bidan sekitar 500an memecahkan Guiness World. Tahun 2018 edukasi pijat bayi memecahkan rekor MURI dengan peserta pijat bayi terbanyak di Jakarta.

Johnsons juga melakukan perjalanan ke tiga kota yang bisa dibilang terisolasi yang gak bisa dapat akses informasi, untuk menuju ke area itu harus melalui pakai sampan dulu. Johnsons dan tim telah mengunjungi Tapanuli Utara, Sumba dan Maluku.

Salah seorang blogger kenamaan, Grace Melia pernah diajak Sentuhan Cinta Johnsons untuk menjadi salah satu tim edukasi pijat bayi ke Desa Onan Runggu, Sumatera Utara.

Sentuhan Cinta sampe ke pelosok. Gambar diambil dari Instagram Grace Melia


Sentuhan Cinta untuk Negeri
Dalam kampanye ini, Johnsons berkerja sama dengan Habitat For Humanity buat bangun pusat kesehatan anak di Posyandu Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Johnsons ngajak para orang tua di Indonesia untuk ikut berpartisipasi di program Sentuhan Cinta dengan cara donasi melalui pembelian produk dibawah ini :
1.       Setiap pembelian produk Johnsons di Alfamart dan Shopee senilai minumun Rp. 25.000,-
2.       Setiap pembelian Johnsons Oil 125 ml atau Top to Toe Bath 400 ml atau Baby Lotion 200 ml di toko-toko lainnya yang berpastisipasi dalam program sentuhan cinta

Dari transaksi diatas, kita otomatis menyumbang Rp. 500 (lima ratus) untuk bantuin pembangunan sarana kesehatan Ibu dan Anak di Posyandu Randusongo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Agar bayi-bayi disana juga dapat akses untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

dukung terus gerakan Sentuhan Cinta ya :)


***
Sehingga mari para Ibu dan orangtua lainnya, belajar teknik pijat bayi yang benar dan aman. Yakni dengan Johnsons Sentuhan Cinta. Agar kelak bayi tumbuh sehat dan kuat. Bayi bahagia, Ibupun akan bahagia.

Ikuti dan dukung terus gerakan Sentuhan Cinta di Instagram @johnsonsbaby_id ya


Salam
Anggraeni Septi

You May Also Like

9 komentar

  1. Sejak dulu saya menggunakan minyak Jhonson buat sentuhan ke anak saat memijit. Memijit juga menjadi komunikasi tanpa bicara tapi penuh makna

    BalasHapus
  2. Keren program Sentuhan Cinta Johnson ini. Memang pijat bayi yang sangat bermanfaat ini elum tersosialisasi dengan baik. Di Jakarta saja, sekitar rumah tetangga bawa bayinya ke dukun pijat bayi di kampung dekat kompleks..Padahal kalau ibunya sendiri pasti berlipat manfaat pijat akan didapat.
    Ulasan yang lengkap dan informatif mbak Septi.... Thanks

    BalasHapus
  3. Jangankan bayi, Mbak, anakku usia 7 dan 9 tahun aja suka banget dipijat sebelum tidur. Apalagi kalau habis beraktivitas luar yang padat. Jadi pada berebutan deh siapa yang mau dipijat duluan. Setelah itu biasanya tidur mereka lebih pulas. Terasa juga sih bonding sama anak-anak jadi lebih kuat. Sambil memijat, sambil mengobrol keseharian mereka hari itu. Sayangnya sewaktu mereka bayi aku nggak pernah memijat sendiri. Ya itu, udah capek karena berangkat gelap dan pulang gelap banget. Jadi sekarang ceritanya pijat bayi gede, hahaha ...

    BalasHapus
  4. Wah, mbak. Saya juga termasuk yang jarang mijat sendiri ke anak. Ya ketika anak sehat paling saya pegang2 atau remas2 dikit aja. kalo anak sakit, dipijatnya ya sama tukang pijat yang bisa mijat bayi dan balita. Ternyata ibunya juga harus bisa mijat sendiri, ya. okelah saya akan belajar, siapa tahu nanti punya bayi lagi. hehe

    BalasHapus
  5. Dulu waktu pelatihan konseling menyusui sempat dapat preview kelas pijat bayi. Persis kaya begini mba, banyak manfaatnya. Anakku pun sekarang maunya kalau dipijat ya sama aku. Lumayan tahu pijat I Love You hihi biasa aku kerjain sebelum dia pup.

    BalasHapus
  6. Aku hobi banget mijit anak-anak. Terutama pas masih bayi dulu. Kalau sekarang suka gantian sih. Habis mereka nginjek2 ibunya, gantian aku mijitin mereka. Tapi emang momen mijit bayi nih bagus banget buat ngobrol a-i-u-e-o sama mereka. Kadang mereka ketawa, atau mau ngomong sesuatu seolah udah bisa ngobrol aja. Ya pokoknya kudu dimanfaatin momen kayak gini, sebelum mereka besar dan interkasinya sudah berbeda.

    BalasHapus
  7. Sy dulu py dosa sama anak pertama bawa ke tukang pijat anaknya teriak teriak dan ternyata bahaya, pijatbitu tujuannyanbuat baby nyaman

    BalasHapus
  8. Ponakan jg sering dipijat nih, tapi saya baru tau bisa pake johnshon hehe. Lain kali pakai ini ah. Keren jg acaranya sekaliam diajarin cara memijat bayi. Keren euy.

    BalasHapus
  9. Saya suka sama harumn produk jhonson. Seger dan wangi. Anak anak hampir sebulan sekali di pijit. Tapi sama tukang pijit. Hihi... Saya nggak ngerti mijit, bun.

    BalasHapus