Bersantai di Taman Surya Surabaya

by - Selasa, April 30, 2019


Sudah tau belum, kalo didepan Balai Kota Surabaya terdapat sebuat taman yang keren? Namanya Taman Surya. Beberapa masyarakat menyebut Taman Surya sebagai Taman Balai Kota. Hal ini tentu wajar karena Taman Surya berada tepat didepan Balai Kota yang merupakan kantor Pemerintahan Kota Surabaya. Meski taman ini berada berseberangan di depan kantor pemerintahan, namun sangat ramah untuk warga.

anggrek yang indah diatas air mancur


Banyak hal yang bisa dilakukan ketika menyusuri taman yang tak terlalu besar ini. Apa sajakah itu? Yuk kita lihat Taman Surya dari depan, di sekitaran pedestrian yang penuh anak-anak bermain air mancur. Ini merupakan pemandangan paling keren di Taman Surya. Sangat menggambarkan dunia anak yang bahagia meski dengan hal sederhana. Bermain air !!!

Kenapa air mancur disini selalu menarik bagi anak-anak? Karena air mancur ini memancar dari ubin yang dihiasai lampu warna warni. Namun pancarannya ada jeda dan bergantian antara ubin. Jeda itulah yang membuat mereka berlarian pelan, berkejaran dengan teman, untuk menangkap air yang memancar. Dan ternyata baru saya tahu bahwa, air mancur dengan konsep seperti ini sengaja dibangun Bu Risma untuk anak-anak bermain. Padahal awalnya saya berfikir, air mancur depan pagar ini hanya sebagai pemanis taman untuk menyambut berbagai tamu yang datang ke Balai Kota.

Disepanjang pedestrian dipasang bola-bola, untuk keamanan pejalan kaki agar sepeda motor tidak mudah nyelonong. Cat bola-bola biasanya berganti warna sesuai tema. Misalnya saat menjelang Agustusan, bola-bola akan dicat berwarna merah dan putih. Semarak bukan?

Jika memasuki dan berjalan-jalan disekitar taman, kita akan dimanjakan dengan beraneka tanaman hias berwarna warni. Bahkan banyak pula tanaman yang digantung di pohon. Dan yang bikin seneng adalah yang digantung tanaman berwarna ungu dan putih. Apalagi namanya kalo bukan bunga Anggrek. Sungguh perpaduan yang cantik.

Ditengah taman ada kolam besar dengan air mancur yang melingkar. Bagaikan oase di tengah terik Surabaya yang panas, air mancur ini menyala dengan keras. Tidak ada pagar pembatas, jadi jika anak-anak bermain disekitar air mancur utama harus lebih hati-hati. Ada pula air mancur kembar yang lebih kecil dengan lima sumber yang memancar bergantian. Luigi paling seneng melihat air mancur disini, karena semburannya sangat kencang dan jika malam berwarna warni.


air mancur utama


air mancur kembar

Disepanjang aspal halaman Taman Surya biasanya digunakan warga untuk bersantai. Memang banyak ruang yang disengaja kosong diantara aneka tanaman. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berolah raga seperti jogging, bermain sepatu roda, bermain bulu tangkis bersama orang tua, bermain balance bike dan bermain skate board.

Setiap minggu pagi, teman-teman Luigi dari Pushbike Surabaya latihan balance bike di sekitaran taman. Bahkan masih banyak ruang untuk membuat lintasan yang lurus sampai zig zag. Namun disarankan ijin ke kantor Balai Kota jika memang ada komunitas yang rutin latihan di Taman Surya.


sejuknya Taman Surya untuk latihan pushbike

Jika tak ingin beraktifitas fisik, hanya ingin merasakan angin sejuk dari pohon rindang dipinggir Taman Surya, disediakan bangku duduk cor. Bangku ini unik karena terdapat lambang kota Surabaya. Bangku taman ada pinggiran taman, ada juga yang di tengah taman. Gak bisa bayangin kalo siang gimana, duduk ditengah taman yang panas. Namun apa yang enggak buat foto khan ya. Hehe.


Foto oleh : Rachmad Juliantono

Untuk penggemar foto dengan background bangunan tua bisa berswafoto dengan latar belakang megahnya gedung Balai Kota, yang merupakan salah satu gedung peninggalan jaman Belanda. Gedung Balai Kota juga salah satu bangunan cagar budaya yang dimiliki Surabaya.


gedung Balai Kota Surabaya

Oia didepan gedung Balai Kota, disamping tiang bendera, mungkin kita akan melihat banyak jagung seakan berserakan. Taukah kamu bahwa jagung itu sengaja disebar di bawah sebagai makanan burung merpati yang dipelihara di Taman Surya. Para kawanan burung merpati akan berkumpul tepat diatas gedung Balai Kota. Oleh karenanya jangan heran jika saat menyusuri taman akan banyak merpati berterbangan, beberapa juga berjalan di aspal taman.

Tentu pemandangan yang sangat menarik buat anak terutama Luigi. Ia bahkan rela berkejar-kejaran dengan merpati, dan tak membiarkan merpati memakan jagung. Hal ini dilakukan untuk melihat gerombolan merpati beterbangan beramai-ramai dengan kompak. Kadang ia mengambil jagung, meletakkan di genggaman, menadahkan tangan berharap ada satu merpati yang mendekat. Sebuah usaha khas anak-anak.

Selain merpati, ada pula burung Love Bird di taman. Di pagi hari para Love Bird didalam sangkar akan dikeluarkan dan dijemur di pohon Taman Surya. Kawanan Love Bird saling bersahutan dengan suaranya yang khas.

Jika berjalan ke arah pintu sebelah barat, kita akan menemukan kawanan Tupai. Tupai ini juga sengaja dipelihara oleh Ibu walikota. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 300 tupai menambah keramaian dan koleksi binatang di Taman Surya. Tak ada taman lain di Surabaya dengan peliharaan seperti ini. Hanya ada di Taman Surya.

Taman Surya merupakan taman yang sangat bersih. Tidak akan kita temukan sampah berserakan, karena mudah menemui tempat sampah disetiap sudut taman. Dan juga tidak diperbolehkannya pedagang asongan berjualan di pelataran Taman Surya. Namun jangan khawatir, jika ingin membeli minuman atau sekedar cemilan ada penjual es dan gorengan di depan Taman. Taman Surya juga dilengkapi dengan toilet portable di samping pagar pintu masuk. Gak perlu bingung ya kalo mau buang air kecil.

Taman ini menarik untuk dikunjungi siapa saja, mulai anak-anak sampai dewasa. So, tunggu apalagi, buruan maen kesini, karena mall sudah terlalu mainstream. Hihi.

Taman Surya ada di Jalan Taman Surya, Ketabang Surabaya. Untuk memarkir kendaraan, bisa lewat jalan Sedap Malam. Disana akan disediakan parkir mobil dan juga motor. Kalian bisa mengunjungi Taman Surya pagi hingga malam hari. Suasana akan makin ramai di hari Sabtu malam dan hari libur.

Ini beberapa foto bagian sudut Taman Surya 


Foto oleh : Rachmad Juliantono

Foto oleh : Rachmad Juliantono

Foto oleh : Rachmad Juliantono


Foto oleh : Rachmad Juliantono


Foto oleh : Rachmad Juliantono

Foto oleh : Rachmad Juliantono


You May Also Like

20 komentar

  1. Aku kesini agak siangan, panas. Bangku-bangku penuh keluarga yang ingin sejenak bersantai. Anak-anak pasti suka lihat dan main di air mancur.

    BalasHapus
  2. Indah banget ya kak taman di surabaya ini, aku belum pernah jalan-jalan ke taman kota di surabaya gini pasti kalau keluar kota malah ke tempat rekreasi gitu. Masukin list dulu deh jalan-jalan kemudian hari jadi punya referensi

    BalasHapus
  3. Ciee itu yang duduk di bangku taman pasti nungguin admin open Bw deh, eh 😂. Seru kak tamannya, semoga bisa kesempatan ke sana

    BalasHapus
  4. Ya amppuuun, sukses bikin aku ngiler pengen ke Surabaya. Dulu aku pas ke sana bingung mau ke mana, kita blm kenal sih ya. Jadi taunya monkasel sama makan di bebek sinjay, ya uwis... hahaa

    BalasHapus
  5. Itu kalau bulan puasa nanti pasti semakin ramai ya pengunjung nya. Banyak yang ngabuburit secara suasananya bersih, adem dan menyenangkan yang lihat. Bikin betah.

    BalasHapus
  6. mupeng sama kegiatan balance bikenya, aku mau ngajak anakku deh kalo deket, pd suka naik sepeda semua, yang batita asik nih kalo bisa naik balance bike gini

    BalasHapus
  7. Sebenarnya saya ada rencana berkunjung ke Surabaya karena ada kerabat disana. Smoga habis lebaran bisa mampir ketaman surya ini sambil lihat balai kota

    BalasHapus
  8. asyiknya punya taman kota yang ramah anak-anak, sampai bisa buat latihan push bike segala, semoga bisa terjaga keindahannya yaa, ngga ada tangan jahil yg suka iseng merusak taman :)

    BalasHapus
  9. Wah, bagus dan bersih ya tamannya. Nyaman banget jadinya dipake main. Tempat refeshing yang murah meriah :)

    BalasHapus
  10. Waaah besok kalau ada kesempatan ke Surabaya, jadi pengin mampir ke sini

    Eh tapi aku galfok sama balance bike nya mba ��

    BalasHapus
  11. Tamannya bagus sekali, ini sih aku juga demen banget punya taman model seperti ini. Kita juga happy lihat anak-anak bisa main dengan trman-temannya, terlihat sekali di wajah anak-anak gembira bermain disitu.

    BalasHapus
  12. Aku juga suka bawa anakku ke taman, selain murah meriah sekalian bisa menyehatkan

    BalasHapus
  13. Keinget zamanku kecil bak, dulu bapak ibuku msh tingal di rumah budheku di area situ, aku sering banget diajakin sore2 ke Taman Surya alih2 ke mall :D

    BalasHapus
  14. Wiih keren ada binatangnya juga ya di taman surya ini. Cocok banget memang kalau bawa anak ke sini ya pas hari libur

    BalasHapus
  15. Bagus bener mba tamannya. Dan anak anak juga keliatan nyaman sekali menikmati keindahan taman. Mampir surabaya lagi aah

    BalasHapus
  16. Taman-taman di Surabaya cantik-cantik yaaa, ramah anak pula. Sayangnya waktu ke Surabaya kemarin sama anak-anak blm sempat mampir ke Taman Surya ini, cuma main ke Taman Flora aja waktu itu. Mau jalan tapi Si Kakak lagi sakit. Huhuhih

    BalasHapus
  17. Aku juga pernah ke taman Surya ngajak anakku main2 disini. Dan gayanya persis ama Lui dengan gambar no.3. plek ketiplek gayanya. Apakah jangan2 kalau anak2 melihat air mancur modelnya kek gitu semua. Hahahaha... Dan gambar no. 5 pun persis ku pernah duduk disitu juga. Jadiiii... intinya kita bener2 saudara kembar...hahahaha. mulai halu kan si mamak ...

    BalasHapus
  18. ahh gemesh banget pada latihan pushbike hihi. anw adem juga yaa Taman Surya ini. :D

    BalasHapus
  19. jujur nih Mba.. setelah baca tulisan ini, apalagi setelah liat foto2nya juga, aku jadi kangen banget sama Surabaya.. udah lama sekali gak ke sana sejak masih SD dulu.. semoga bisa jalan2 ke sana lagi.. Aamiin..

    BalasHapus
  20. Keren Surabaya masih punya taman begitu bagusnya. Di Depok masih jarang yang begitu. Harus dijaga nih fasilitas masyarakat bagus begini

    BalasHapus