Terpukau di Bawah Tenda Sirkus The Great 50 Show



Apa yang ada dibayangkan kalian ketika saya menyebutkan kata ”sirkus”? Kumpulan badut yang lucu, pemain akrobat bergelantungan, dan aksi cerdas binatang terlatih? Hmm, rasanya kalian harus datang ke Surabaya, dan nonton pertunjukan sirkus yang dikemas modern dan pertamakalinya disuguhkan tanpa menggunakan hewan ini.

Bertempat di lapangan utara Lenmarc Mall, Oriental Circus Indonesia (OCI) yang merupakan kelompok sirkus legendaris sejak 1967 menggelar pertunjukan sirkus bertajuk “The Great 50 Show”. The Great 50 Show adalah pertunjukan sirkus untuk merayakan 50 tahun perjalanan OCI di Indonesia. Sekaligus menghadirkan kembali sirkus sebagai sebuah seni pertunjukan keluarga yang bsia dinikmati oleh siapa saja dari segala usia.



Berdurasi selama 2 jam dengan jeda 20 menit, The Great 50 Show menyuguhkan pertunjukan akrobat, musik, tarian, video mapping dan badut. Digawangi oleh promotor Ananta Harsa Group (AHG) The Great 50 Show berbeda dengan pertunjukan sirkus sebelumnya. Selain tanpa hewan, kali ini dipadukan dengan teknologi baru seperti laser, video mapping serta live band.

“The Great 50 Show adalah sebuah perayaan akan perjalanan panjang yang sarat kegembiraan, kerjasama, dan juga keanekaragaman seni,” ujar Hans Manansang, Managing Director AHG sebagai pihak penyelenggara The Great 50 Show.



Sejujurnya ini untuk pertamakalinya saya nonton sirkus secara langsung. Yang biasanya tenda sirkus hanya dilihat dari televisi, pemain yang melayang di udara hanya dilihat dari TV kabel channel luar negeri, kali ini ada dipelupuk mata. Semuanya sangat dekat, karena jarak antara panggung dan kursi penonton disetting nyaris tanpa batas. Sensasi ini tentu lebih menegangkan.

Semua yang hadir berdecak kagum atas penampilan pemain sirkus yang solid. Semuanya sempurna, kompak dan tentu menghibur. Dibuka dengan seorang Ring Master berkostum merah dan topi hitam besar, penonton diajak bergembira dan bertepuk tangan.

Penampilan pertama diceritakan seorang pemain yang bersepeda menyapa temannya sedang menjemur pakaian. Kemudian teman lainnya ikut dibonceng bersama-sama dan berakrobat, dan berputar dalam satu sepeda. Amazing !!!

Foto diambil dari Instagram The Great 50 Show

Bahkan pemain lainnya bergelantungan dengan kain putih, menahan empat kawannya dibawah dengan berkalungkan cincin yang ditaruh di leher sambil berputar-putar dalam ketinggian. Kami harus mendongak keatas, menyaksikan keseruan tampilan tersebut.

Seakan tak berhenti dibuat takjub, datang gerombolan penari api dengan membawa obor api dengan berbagai bentuk. Ada yang hanya memutar tongkat, ada yang menggunakan satu tangan kemudian diputar-putar. Karena jarak tempat duduk penonton dan panggung yang dekat, saya yang duduk di kursi Platinum (belakang VIP 1) dapat merasakan panasnya obor-obor pemain.

Foto diambil dari Instagram The Great 50 Show

Datanglah dua akrobat yang tampil dan membuat kami tak berkedip sambil mulut setengah menganga *hiyaaah. Pemain akrobat berputar di udara dengan tumpuan 2 kaki salah seorang akrobat. Bahkan setiap tampilan selalu dimulai dari level terendah sampai level maksimal. Semakin cepat dan semakin cepat. Saya gak bisa kalo gak tepuk tangan. Ajaib penampilan mereka.



Adalagi tarian di sebuah kapal bersama banyak pemain. Mereka menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh, kompak satu sama lain namun dengan dengan menampilkan akrobat.

Belum lagi pemain yang terbang dan ditangkap oleh pemain yang lain. Mereka melayang diudara dengan kompak, dan setiap berhasil ditangkap tangan rekannya, tepuk tangan penonton bergemuruh.

Penonton juga dibuat deg-degan dengan atraksi menantang oleh pemain perperawakan kecil (sepertinya masih SD) yang berputar di lingkaran seperti roda hamster. Duet dengan pemain lainnya, yang berputar  di dalam putaran roda. Sampai akhirnya salah seorang pemain keluar yang berjalan, berlari, memainkan mainan yang dilempar dan tangkap, lompat tali bahkan dengan mata tertutup. Sungguh mata tak berhenti berkedip, sambil jantung berdetak lebih kencang karena ngeri liatnya. Takut kalo jatuh. Ternyata mereka melakukan dengan sempurna.  




Dan terakhir penonton dibuat terpukai oleh pemain perempuan yang menari bersama laser hijau dengan sangat detail. Terlihat berkelas dan modern.

Kesan saya saat berkesempatan menonton The Great 50 Show di hari pertama adalah :
1.       Wow, luar biasa. Itu adalah tiga kata yang pantas menggambarkan acara berdurasi 2 jam ini. Saya sungguh dibuat terpukau oleh setiap detail penampilan pemain sirkus.
2.       Pemain yang kompak
Hampir penampilan mereka tidak ada kesalahan satupun. Nyaris sempurna !!! Menurut saya jika tanpa team yang solid, permainan mereka tidak akan bisa sekeren itu.
3.       Penampilan berupa kostum dan sepatu yang keren
Nah ini yang gak luput dari pendangan saya tentang kostum pemain. Warnanya menyala dan mewah. Kalaupun ada yang tidak menggunakan atasan, namun bawahan yang dipakai sangat memukau. Dan hampir tidak ada pemain yang tidak menggunakan alas kaki meski permainan sirkus ini dilakukan indoor. Sepatu mereka pun cakep. Ah sempurna lah pokoknya
4.       Modern
Dan tentu inilah inti dari semuanya. Sebuah pertunjukan sirkus modern yang pertama kali pemain yang melayang-layang diudara saja, namun ada alur ceritanya. Selain adanya alur cerita juga perpaduan teknologi baru seperti laser dan video mapping memanjakan mata. Dan penampilan live band yang membuat suasana dan penampilan pemain akrobat lebih seru, lebih tegang, dan lebih menghibur. Alunan disetiap seruling khas musik oriental sungguh membuat penonton semakin menghayati setiap tampilan pemain akrobat. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan membekas dihati setiap penonton.



Apakah saya akan kesana lagi? Tentu saja dong. Saya gak bisa jika tak kembali ke tempat ini lagi, duduk dan fokus menikmati suguhan tampilan sirkus berkelas dunia.

Apakah aman mengajak anak-anak ke tempat ini?
Yang saya pahami, usia anak 3-6 tahun cara berfikirnya adalah  “I am what I can imagine”, sehingga sangat amat saya sarankan untuk melakukan briefing dengan detail kepada anak, gambaran acaranya seperti apa, pemainnya entar ngapain aja, dan jangan lupa untuk mengatakan tidak untuk ditiru.

Jelaskan juga alasannya kenapa tidak boleh dituru. Bisa dengan cara “karena kakak-kakak pemain latihannya lama, bahkan mungkin bertahun-tahun, jadi kalau kita tidak latihan dengan benar, akan sangat berbahaya jika ditiru. Kira-kira kalo mencoba meniru tanpa latihan, resikonya apa ya, Dek?” nah bisa dialog dua arah seperti itu. Jadi anak juga diajak berfikir bahwa yang dilihat hanyalah hiburan saja.

Bersama pemain akrobat yang melayang di udara


Amankah membawa bayi? Untuk membawa bayi sih, sebagai asumsi suara musiknya kenceng jadi semua tergantung keputusan orang tua.

Namun dari semua pertanyaan diatas, yang tidak boleh dilupakan adalah tujuan pertunjukan The Great 50 Show adalah menghibur keluarga dari segala usia. :)

Oleh karenanya di pintu masuk pertunjukan disediakan berbagai booth ramah anak. Misalkan tempat bermain perosotan dan arena menggambar, ada pula badut yang berbaik hati memberikan balon dengan bentuk unik, dan booth face painting dari The Monkey Stones yang bisa dicoba dengan gratis. Jika khawatir lapar, disini disediakan booth makanan dan minuman.

Booth face painting 

Dan serunya adalah, pengunjung boleh membawa makanan dan minumannya ke dalam pertunjukan. Asik khan? Gak khawatir anak rewel karena perut keroncongan. Yihaaa.

Namun selama pertunjukan penonton dilarang mengambil gambar maupun video dalam bentuk apapun, karena hak cipta. Kami para rekan media dan blogger hanya boleh mengambil gambar 15 menit awal karena alasan liputan. Namun yakinlah, semuanya pasti berkesan dan simpanlah di hati terdalam, hal itu takkan hilang. Ihiiiii :D

Bersama rekan blogger. Foto kiriman : Zahra F


Tertarik untuk juga ikutan nonton pertunjukan keren diatas, saya bisikin info tiketnya.Tiket dijual dengan harga mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 375.000, dan berlaku diskon 25% untuk pembelian dengan kredit dan kartu debit BCA.

Posisi kursi sebagai pertimbangan


Tiket bisa dibeli melalui :
1.       Traveloka
2.       Booth Lenmarc Mall main entrance
3.       Booth Pasarame Tunjungan Plaza 6
4.       On site (1 jam sebelum show dimulai)

Pertunjukan berlangsung Selasa-Minggu, dengan jadwal dibawah ini :
1.       Selasa-Kamis jam 19.00 WIB
2.       Jumat jam 16.00 WIB dan 19.00 WIB
3.       Sabtu-Minggu jam 10.00, 16.00 dan 19.00 WIB

Untuk info acara lebih lanjut bisa kunjungi situs www.thegreat50show.com dan Instagram : @thegreat50show

Yuk, rame-rame ajak keluarga dan teman-teman nonton pertunjukan sirkus terkeren di Surabaya.

21 komentar :

  1. Bener deh mbak, saya pingin datang ke sana lagi��

    BalasHapus
  2. wah serunya bisa nontin sirkus secara langsung. aku ngeliat di tv aja udh takjub banget rasanya. gimana kalo nonton langsung yaa..

    BalasHapus
  3. Seru banget ya nonton sirkus gini, anak saya tuh antusias sekali kalau liat sirkus

    BalasHapus
  4. Wah ada yang pertunjukkan di jam 10 yah, pas weekend lagi. Ini pas banget nontonnya di waktu liburan

    BalasHapus
  5. Pertunjukan sirkus ini cocok untuk anak-anak usia 7 tahun ke atas kayaknya, tapi kalau untuk anak dibawah 7 tahun atau usia TK menurutku masih agak berbahaya. Krn bisa ditiru sm mereka

    BalasHapus
  6. Mbaaak, asli keren banget ini. Aku belum pernah nonton sirkus live kayak gini. Btw ini hanya di Surabaya aja?

    BalasHapus
  7. Foto 1 dan 2 beberapa waktu lalu pernah ada di Pondok Indah Mall 2, aku yang nonton aja deg-degan tapi mereka karena terbiasa mah pasti lebih tenang. Penonton cuma bisa teriak histeris.

    BalasHapus
  8. Aku nonyon sirkus terqkhir saat masih ada si Mas. Jadi adiknya belum pernah nonton. Dan kemarin waktu the Great 50 show main di sekitar Jakarta ga sempat nonton huhuhu.
    Tapi memang keren banget sirkus ini.
    Dan setuju latihan memang perlu berkali-kali sampai luar biasa seperti ini sehingga oerlu sekali ditanamkan dan diingatkan ke anak-anak agar jangan ditiru.

    BalasHapus
  9. Seru bangeeet mbak, jadi inget film The Greatest Showman. Duh, pengen banget aku nonton sirkus kayak gini. Terakhir nonton kapan ya? Udah lama banget kayaknya.

    BalasHapus
  10. aku belum pernah nih nonton sirkus secara langsung, paling liat di tv aja.. seru ya ternyata.. pengen banget ih nonton sirkus kayak gini

    BalasHapus
  11. Seruuuu ada sirkus. Dulu ortu saya jg bawa saya ke sirkus pas saya masih kecil banget sih. Tapi ya dijelasin aja kalau adegan itu begini begitu dan jangan ditiru hehe :D

    BalasHapus
  12. Wah ini emang keren aku baca di blog ini aja udah mearsakan bagaimana keseruannya nonton langsung sirkus mba :) jadi penasaran semoga bisa nonton langsung

    BalasHapus
  13. Aku belim pernah nontonnsirkus. Kirsin cuma adaa di luar negeri, hehe ternyata d indo ada juga ya. Paling berkesan adegan mana mba?

    BalasHapus
  14. Menyenangkan sekali bisa melihat sirkus keren ini secara langsung. Smoga aku juga bisa berkesempatan ya. Aamiin

    BalasHapus
  15. Pasti seru banget deh nonton pertunjukan sirkus ini. Apalagi melihat orang yang bergelantungan pake tali. Ngeri-ngeri sedap.

    BalasHapus
  16. Inget dari SD pengen banget nonton sirkys eh sampai sekarang belum terkabul, haha. Padahal masih pengen juga bisa nonton loh

    BalasHapus
  17. Ini kapan ya nyampai Jakarta, haha. Pengen banget bisa nonton sirkus live yang pakai tenda gitu. Pernah nonton sirkus live waktu ada performance sirkus dari Eropa di Dufan Ancol, setelah itu belum pernah nonton lagi.

    BalasHapus
  18. Saya suka banget mbak nonton sirkus, waktu kecil sering banget diajakin bapak nonton. Tapi kl sekarang udah gak pernah lagi sih, jadi kangen nih buat nonton sirkusnyA

    BalasHapus
  19. Iyaa sebelum dimulai, kita harus kasih tau bahwa ini ga boleh ditiru dirumah hehehe. tapi pasti senang deh nontonnya soalnya menarik dan ga setiap kali kita bisa liat ini :D

    BalasHapus
  20. Wah asik iku. Sweeru kayake..

    BalasHapus
  21. Kalau lihat sirkus di teve saja sudah takjub apalagi lihat beneran. Pasti "wow" banget ini.

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates