Terima Kasih 2018

by - Rabu, Desember 26, 2018


Wah empat hari lagi sudah berganti tahun. Tahun 2018 adalah tahun penuh warna buat saya. Saya banyak mengenal dunia lain yang seru. Saya coba menuliskannya disini ya.

2018 best nine on Instagram akuanggraenisepti

Tentang Luigi
Diusia dua tahunnya, saya memberi hadiah tulisan untuk Luigi. Setelah belajar Montessori disepanjang tahun 2017, maka saya aplikasikan ilmu ini pada Luigi. Seperti motivasi awal resign bekerja, saya akan lebih banyak waktu dan totalitas mendidiknya dirumah. Tulisan yang sempat dirangkum adalah practical life skill dan sensory play. Semua berbasis ilmu Montessori yang pernah saya pelajari. Semoga esok Luigi baca ya, Nak.

Baca juga : Prcatical Life Skill dan Sensoy Play


Luigi rawat inap karena panas yang tidak kunjung reda
Kalo Luigi panas, saya selalu yang paling gemetaran. Takut dia bakalan rawat inap. Dan ternyata bulan Maret adalah rawat inap ketiganya. Mungkin dia kangen RS. Darmo.

Tadi malam (25/12) Luigi pun panas hingga 40 derajat, saya bawa ke IGD RS. Darmo. Ketika dokter jaga mengatakan “buk, jika setelah diberi obat ini tidak turun, anaknya harus rawat inap”. Terlintas bayangan saya akan menghabiskan akhir tahun 2018 di Rumah Sakit. Ternyata Allah masih memberi kesempatan merawat Luigi dirumah. Panasnya turun menjadi 37 derajat. Sehingga hari ini saya bisa menulis ini didepan komputer dan tidur syantik dikamar rumah.

rawat inap ketiga :(

Memulai project #dolenkaroLuigi
Karena Luigi lebih banyak hidup di Surabaya dan mulai bisa jalan dan berkomunikasi. Maka saya membuat project untuk kami berdua. Yakni #dolenkaroLuigi. Dolen artinya bermain, maka #dolenkaroLuigi bermakna banyak menghabiskan waktu bermain bersama Luigi. Karena dunia anak adalah bermain. Namun dolen yang saya maksud adalah aktivitas outdoor. Targetnya mengunjungi tempat menarik dan edukatif di Surabaya untuk dieksplorasi. Sebagai pengalaman dan menambah kosa kata Luigi. 

nonton wayang orang di Balai Pemuda

penonton ter-NIAT, kami datang paling awal haha


Luigi sekolah
Kebiasaan yang tidak pernah saya tinggalkan adalah mendengarkan alunan musik. Mulai instrumen, pop sampe dangdut haha. Saya suka nonton video konser penyanyi luar seperti Mariah Carey. Maka dengan beberapa pertimbangan, agar kelak Luigi juga menyukai musik maka saya menyekolahkannya di sekolah musik. Yamaha Music School dipilih karena ada kelas untuk usia dua tahun. Sepanjang jadwal les, Luigi tidak pernah bolos. Padahal lesnya siang hari, panas, kadang saya juga males anter panas-panas. Namun dia tidak pernah mogok les. Semester ini kurang 3 kali pertemuan di bulan Januari 2019. Semoga betah terus ya lesnya.

Baca juga : Sekolah Luigi

Blogging
Sejujurnya blog membuka banyak jalan untuk saya melihat “dunia luar” dan memberi banyak kesempatan. Apa saja itu?

Mengikuti event blogger
Setelah resign dari pekerjaan kupikir tentulah hidup saya hanya seputar rumah, anak, dan suami. Ternyata datanglah tawaran liputan event blogger yang membuka jalan mengenal teman blogger. Tidak hanya mempertemukan saya dengan para blogger yang biasanya hanya dilihat dari dunia maya, namun saya juga bisa dapat duit dari hasil blogging. Sungguh ini rezeki yang tidak pernah disangka. Karena tujuan awal ngeblog saya adalah untuk menulis pengalaman alias curhat. 

bersama founder Mom Blogger Community (mom Amalia) dan mommin MBC (mom Bella)

Mom blogger dan mom influencer Surabaya berkumpul

Mendapat tawaran sponsor post
Saya tidak pernah menyebutkan bahwa saya seorang travel blogger. Saya hanyalah emak-emak yang kebetulan punya blog. Ternyata suatu hari email datang menawarkan pada saya untuk mengulas perjalanan wisata dengan perusahaan penyedia layanan tiket pesawat dan hotel. Tawaran pertama saya tolak, karena saya tidak percaya diri bisa mengerjakannya (huhu nolak rejeki dakuh hiks).

Lalu datang email lagi. Dan tau gak, lagi-lagi saya tolak karena kayaknya saya enggak bisa ngerjakan (lagi-lagi tidak PD). Akhirnya pihak sana menaikkan harga tulisan dua kali lipat. Tentu sayang banget khan kalo ditolak haha
*mata duitan
*biarin!!!.

Dengan yakin saya ambil job tersebut, untuk membuktikan pada diri sendiri bahwa saya bisa menakhlukkan tantangan. Menulis dengan tema diluar kebiasaan!!!. Ternyata saya bisa, dan fee cair seminggu kemudian. (bahagiaku receh bener yaaak mhuahahaha). Dan tawaran tulisan lainnya yang sungguh tidak pernah saya sangka-sangka datangnya.

Menang lomba
Dengan mengenal dunia blogging saya sering baca tulisan para jawara lomba blog. Berbekal petuah seorang teman, meski liputan tulislah yang maksimal siapa tau menang. Ternyata saya mendapat juara dua dalam liputan Hijup Blogger Meet UpXArisan Resik. Tulisan yang menang itu diketik dari komputer kantor, komputer rumah, laptop teman dan laptop sendiri.

Semua ini karena laptop saya rusak sehingga harus sering mengungsi saat menulis. Perjuangan tidak sia-sia. Dari juara 2 saya jadi dapat duit. Alhamdulillah. Itulah kompetisi menulis blog saya yang pertama, dan kemenangan pertama saya di dunia blogging. Lomba berikutnya yang saya ikuti adalah Cagar Budaya Surabaya. Meski akhirnya kalah, namun saya jadi bisa berkenalan dengan para peserta lomba.


juara II lomba Blog :)


Menjadi Bloger Inspiratif
Kalo ini sungguh diluar nalar saya seseorang bisa menyukai tulisan saya. Adalah mbak Reyne Raea yang menjadikan saya satu diantara 5 blogger inspiratif versinya. Diantara jagad per-bloggeran, pastinya banyak yang lebih keren dan inspiratif daripada saya. Namun mbak Rey menjadikan saya salah satunya. Terimakasih mba Rey. 





diambil dari www.reyneraea.com

Padahal sejujurnya, dialah yang saya jadikan junjungan dalam konsistensi ngeblog. Menggambarkan seorang “blogger” yang sesungguhnya. Baca aja resolusi ngeblognya tahun depan, pasti bikin kalian bilang "gilaaaaaak". Gila sama totalitasnya blogging. Salut mbak, senang kenal denganmu, muaaah :D

foto diambil dari WA mbak Reyneraea

Pembicara
Saat Luigi mengalami oral motor disorder saya rajin menuliskannya di blog. Ternyata dari blog itu banyak yang membaca bahkan sampe hari ini masih menjadi popular post di blog saya. Dan karena tulisan itu saya diajak oleh dokter cantik, dr Grace Tantri untuk mengisi acara Happy Mama Vs GTM bersama para 30 mama-mama di Surabaya. Inilah pertama kali saya menjadi pembicara (meski sifatnya sharing) dengan para Mama yang berkaitan dengan gangguan makan pada anak.

Sungguh saya sangat berterima kasih pada dr Grace karena dengan ini saya bisa berbagi manfaat kepada mama yang lain, yang mengalami kesulitan yang sama seperti anak saya (dulu). 

info di Instagram @momanddoc


sumber foto : MC - Natalia

Tidak hanya itu, saya pun diajak untuk mendampingi mba Elfira salah seorang team sharing Enlightening Parenting dan coach profesional saat beliau mengisi materi Mengembalikan Fitrah Baik Anak di Gresik. Saya diberi kesempatan berbagi contoh Briefing and Role Playing yang sudah saya lakukan bersama Luigi. Sungguh ini pengalaman kedua saya mengisi para emak. Semoga menjadi anchor positif buat saya. Terimakasih mbak Elfira kesempatannya untuk bertumbuh, meningkat dan bermanfaat :)

sumber foto : mama Miesha


Menjelajahi Surabaya
Blogging membuka jalan saya mengenal akun @LoveSuroboyo dan akhirnya bisa mengikuti kegiatannya. Blusukan Kampung Eropa 3 adalah pertamakali saya bisa mengenal teman-teman lain yang minat mengabarkan Surabaya melalui fotografi dan video. Mungkin karena saya bloger pula, saya menang GA tour hotel Majapahit. Selain itu, karena LS pula saya bisa masuk ke Ereveld Kembang Kuning, Blusukan Kampung Melayu dan Pecinan. Semua kabar yang menjadi bahan project #dolenkaroLuigi saya dapatkan di grup WA. Terimakasih mimin atas kesempatannya. 


Jembatan Merah. Foto oleh Rachmad Juliantono
 

Mendapat tiket Bus SSCT
Tiket bus wisata Surabaya ini sulit didapatkan. Dibuka tiap tanggal 1 diawal bulan, selalu habis tanggal itu juga. Lagi-lagi karena saya mengenalkan diri sebagai bloger pada seseorang, maka diberilah saya satu tiket rute Bahari, padahal papan informasi jelas-jelas tertulis tiket terjual habis. Dan uniknya dalam perjalanan saya ini bisa bertemu dengan mba Elfira dan mba Ninta beserta anak-anak mereka. Sehingga meski saya hanya dapat satu tiket, tapi saya tidak sendiri. Alhamdulillah.

difotoin mba Ninta setelah melihat Bunker Balai Kota

Saya akhirnya juga mendapat kesempatan berkeliling dengan bus SSCT rute museum saat ditawarin teman untuk menggantikannya mendampingi Forum Anak Surabaya (FAS). Dia bilang perjalanan ini bisa sebagai bahan kamu menulis. Terimakasih Mas.

Akhirnya semua rute bus SSCT saya pernah mencobanya, baik rute bahari maupun rute museum karena ngeblog.  

mendampingi Forum Anak Surabaya (FAS)


Belajar
Dan diluar rencana saya bisa ikut Training Transforming Behavior Skill by Okina Fitriani, S.Psi, MA, Psikolog pada 16-18 November yang lalu. Padahal saya sudah niat tidak akan ikut acara ini karena laptop saya rusak. Lah apa hubungannya? Maksudnya uangnya mau saya alokasikan untuk beli laptop. Karena kedepan akan jadi alat penting untuk rajin menulis di blog.

Ternyata saya ditawarin oleh alumni Enlightening Parenting mbak Zulfi untuk mengganti kuotanya. Karena beliau dengan berat hari berhalangan hadir pada training tiga hari itu. Terimakasih banyak ya mbak Zulfi, semoga Allah membalas segala kebaikan mbak.

Dan tau gak, beberapa hari setelah training, Adit ajak sy dan Luigi ke Hi Tech Mall. Ngapain? Yah dibelikan laptop dong haha. Makasih babe :)

Rejeki yang luar biasa,  belajar dengan bu Okina juga dapat laptop baru. 

akhirnya ketemu bu Okina lagi :)


Lainnya
Dan setelah pertandingan liga 2 hampir berakhir dengan hasil Persegres degradasi ke liga 3 maka diberi pengalaman suami ditempat lain. Nonton Persebaya di Gelora Bung Tomo Surabaya. Sebanyak dua kali saya diajak “mbonek” yakni saat melawan Madura United dan yang seru adalah saat melawan Persija. Luar biasa euforia penikmat sepak bola di Surabaya. Sangat totalitas. Saya pernah terjebak di Tribun Utara alias Green Nord GBT. Ajaib pokoknya pengalaman disana, haha. Apalagi setelah video saya di share di IG @LoveSuroboyo saya banyak dapat komen, DM bahkan WA yang keberatan dengan video itu. 

foto oleh aku sendiri, tanpa editan hihi :D


Dan akhir taun ini tidak seperti Desember tahun lalu. Jika tahun lalu saya liburan ke Bali, liburan akhir tahun saya memilih ke Kabupaten Trenggalek. Tempat masa kecil Ibuk dan Bapak. Mengajak Luigi eksplorasi alam di desa mumpung musim hujan. Pasti sungai tidak kering sehingga bisa nyemplung disana. Sungguh Luigi kerasan dan empat hari disana rasanya tidak cukup karena belum ekplorasi konservasi penyu di Pantai Kili-Kili.

Trenggalek nan sejuk


Sehingga saya sungguh bersyukur pada Allah, karena saya diberi banyak kesempatan sepanjang tahun 2018. Pengalaman yang berwarna warni dan membahagiakan. Semoga segala nikmat kebahagian ini tidak melupakan saya padaNya, menjadi kufur nikmat dan sombong. Selalu ingat Allah dimanapun. 



Ditulis dalam waktu satu jam di depan komputer. Tapi nyari fotonya yang lamaaa hihi. Maaf kalo banyak typo dan kurang tertata. Terimakasih semua pembaca. Love u all. Semoga tahun depan akan banyak kejutan lain yang membahagiakan.

Jangan Lupa Bahagia. Foto oleh : Rachmad Juliantono
Baca juga : 2019 mau ngapain?

You May Also Like

2 komentar

  1. Awww... awww.. mamah cantikkkk..
    Bener-bener wonderfull 2018 yakk..
    Semangat selalu bersama Luigi, insha Allah selalu sehat, kakak Darrell juga dulu bebas DSA setelah usianya 6 tahun kok, malah pindah ke Dokter gigi anak huhuhu.

    Mama Luigi mah memang pantas jadi sosok inpirasi, sudah cantik, manis, masha Allah sopannya santunnya, attitudenya mengejutkan.
    Secara orang cantik terlebih pintar biasanya agak-agak ya gitu deh wkwkwkwk...

    Dan kagum banget ama semangatnya dalam #DolanKaroLuigi , terus semangatnya mengexplore kota Surabaya.

    Bener-bener mamak yang menginspirasi, all out bersama anak, tapi gak lupa membahagiakan diri sendiri bersama suami.

    Semoga bahagia dan berkah selalu ya say, semua sehat selalu, Luigi juga tumbuh sehat dan semangat selalu seperti mamanya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak mami kak Darrell, semoga anak-anak sehat selalu ya :D dan bloggingnya lanjuuuut dan makin cetar. Kamulah junjunganku ngeblog mbak, energinya gak habis-habis :D

      Hapus