Perawatan yang Tepat untuk 3 Jenis Kulit Bayi


Hai Mama, apa sih yang paling kita sukai dari bayi selain baunya yang khas? Tentulah kulitnya yang lembut dan kenyal bak jelly. Apalagi bayi sampai usia satu tahun biasanya lagi gemol-gemolnya. Pada masa ini kenaikan berat badan bayi memang drastis. Mama mana yang tak greget dengan anaknya yang lucu dan menggemaskan dengan kulit lembut bak roti sobek.

Namun ternyata Mam, kulit bayi yang yang terlihat sangat lembut itu sebenarnya sangat sensitif loh. Informasi ini saya dapatkan saat hadir di acara Kampanye #ApaJenisKulitBayimu? dari Mustela di Pakuwon Mall dalam serangkaian acara Mom and Baby Fair Surabaya bersama @mombloggercommunity. Menghadirkan dr Intan Diana Sari dan  Bapak Mohamad Nurhadi selaku brand manager PT. Interbat.





Mama tentu kita ingin bersentuhan dengan kulit bayi menjadi momen yang menyenangkan. Namun terkadang kita khawatir untuk memberi sentuhan kenyaman pada bayi karena kulit bayi sering mengalami merah-merah, ruam ASI, bahkan ruam popok.

Menurut American Academy of Family Physicians (AAFP) menjelaskan bahwa gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami kulit bayi dengan pravelensi mencapai 70% sehingga menjadi sumber kekhawatiran yang besar bagi orang tua.  

Dr. Intan menyebutkan fakta mengapa kulit bayi mudah ruam ASI dan ruam popok? saat baru lahir lapiran kulit bayi masih rapuh dan sensitif. Selaim itu kulit  bayi cenderung lebih kering dibandingkan kulit orang dewasa. Dan bayi dilahirkan dengan kekayaan stem sel yang menjaga regenerasi kulitnya hingga dewasa.




Kulit bayi pada usia 0-2 tahun berbeda dengan kulit dewasa, sel-sel belum matang, rapuh dan cenderung kering. Kekayaan sel (stem cell) kulit sangat tinggi, dan cenderung menurun drastis di usia 0-2 tahun karena faktor luar. Seperti faktor lingkungan seperti polusi udara, sinar UV dan penggunaan bahan kimia jumlah stem sel kulit menurun drastis sejak bayi baru lahir hingga usianya 2 tahun.

Apa yang harus dilakukan Mama dengan fakta kulit bayi diatas ?

1.       kulit bayi perlu dilindungi dan diperkuat agar tahan terhadap lingkungannya
2.       terus jaga dan perhatikan kelembaban kulit bayi
3.       rawat kulit bayi dengan baik supaya kualitas kulitnya terjamin hingga dewasa.
4.       Bayi lahir dengan jenis kulit yang berbeda-beda, kulit normal, kulit kering, kulit atopic, dan kulit sangat sensitive. Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Yuk kenali jenis kulit bayi kita agar bisa memberi perawatan yang terbaik untuknya.

Jenis kulit bayi dan cara mengidentifikasinya

Kulit bayi memang terlahir berbeda-beda jenisnya, diantaranya :
1.       Kulit normal adalah kondisi kulit bayi terasa lembut, lembab dan bersih
2.       Kulit kering cirinya kasar, bersisik, kadang terkelupas. Penyebabnya karena beberapa faktor seperti genetik, lingkungan yang tidak bersih ataupun penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.
3.       Kulit atopic atau eczema tanda-tandanya bisa dilihat sejak lahir, diantaranya kulit sangat kering, terutama area badan dan muka, dan sesekali timbul pola bercak merah yang mengakibatkan rasa gatal.
Menurut American Academy of Dermatology, 1 dari 5 anak beresiko terkena dermatitis atopic. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan berasal dari berasal dari faktor keturunan, sistem imun yang rendah dan pada umumnya lebih sering terjadi di daerah perkotaan dengan iklim kelembaban yang rendah.




Bagaimana mustela berperan merawat kulit bayi?

Sebagai brand skincare ibu dan bayi nomor 1 di Eropa, menjawab masalah-masalah diatas. Sejak awal berdiri di Perancis pada tahun 1950, Mustela memahami bahwa kulit bayi sangat unik dan membutuhkan perawatan khusus. Menurut Pak Nurhadi, meski tanpa keluhan pun, kadang kulit bayi mengalami kemerahan.

It all starts with skin. I all starts with Mustela.




Mustela menggunakan avocado perseose, yang merupakan bahan aktif alami yang ada di semua varian Mustela, mulai kulit normal, kulit kering hingga kulit atopik. Memiliki sifat biomimetic yakni struktur serupa dengan kulit bayi à torelance. Varian ini dibedakan dari warna produk yakni warna biru, orange dan hijau tosca.

Kulit normal dengan produk berwarna biru, kulit kering dengan produk warna orange dan kulit atopik dengan warna hijau tosca.

Avocado Perseose mempunyai 3 manfaat penting :

1.       Melindungi dan menguatkan kulit bayi
2.       Menjaga kelembaban kulit bayi
3.       Menjaga kekayaan sel kulit bayi

Mengapa harus memilih Mustela sebagai produk perawatan kulit bayi ?

1.       Riset berkelanjutan pada kulit bayi selama lebih dari 60 tahun
2.       Keamanan yang terjamin, aman untuk bayi sejak baru dilahirkan
3.       Sudah teruji dibawah pengawan dokter
4.       Prioritas menggunakan bahan alami, 0% alcohol dan 0% paraben
5.       Kenyamanan penggunaan khas Mustela
6.       Peduli lingkungan




Perawatan Mustela sesuai kulit bayi

1.       Perawatan Kulit Normal
Untuk kulit normal ada beberapa rangkaian perawatan kulit yang bisa dicoba, diantaranya Mustela No Rise Cleansing Water yang fungsinya membersihkan area wajah, badan, dan diaper area sekaligus mampu membersihkan kotoran pada kulit tanoa merusak keseimbangan alami lapisan kulit. Produk sabun mandi seperti Mustela Bebe gentle cleansing gel dan Mustela bebe 2 in 1 cleansing gel 200 ml. Produk perawatabn rambut yang bisa dicoba adalah Mustela bebe gentle shampoo 200 ml.

2.       Perawatan Kulit Kering
Untuk kulit kering Mustela menggabungkan Avocado Perseose dan Derma-Nutritition Complex untuk melindungi dan memperkuat lapisan kulit bayi, menjaga kelembaban kulit bayi, dan memelihara dan mengembalikan kelembutan kulit.
Perawatan mandi diantaranya Gentle Soap Nutri-protective 150 ml, Nourishing Cleansing Gel with cold cream, untuk perawatan kulit menggunakan Nourishing Lotion with cold cream 200 ml, Nourishing Cream with cold cream khusus wajah.




3.       Perawatan Kulit Atopik
Untuk keperluan kulit atopik yang spesifik, Mustela menghadirkan formula baru Stelatopia yang diperkaya dengan 2 kandungan aktif alami, Sunflower Oil Distillate dan Avocado Perseose. Serangkaian produk untuk kulit atopic berfungsi melindungi dan memperkuat lapisan kulit bayi dan mengembalikan kelembaban lapisan kulit pada kulit atopic.

Selain itu dapat meredakan peradangan kulit dan mengurangi rasa gatal. Bahkan bisa mengurangi risiko terkena dermatitis atopic pada bayi dengan riwayat keluarga penderita dermatitis atopic. Mustela menyebut formula baru 95% meredakan gatal .

Perawatan bath kulit atopik diantaranya Bath Oil 200 ml dan Cleansing Cream 200 ml. Sementara perawatan Skincare menggunakan Emollient Balm 200 ml dan Emollient Cream 200 ml.




Mustela mengenalkan perawatan ruam popok

Bayi mana sih yang enggak pernah mengalami ruam popok? Huhu, sedih banget khan jika anak rewel karena ternyata masalahnya kemerahan disekitar pantatnya. Mustela barrier cream adalah perawatan rutin untuk ruam popok yang cocok untuk semua jenis kulit bayi dan anak. 




Dengan perpaduan bahan dari avicado perseose, alcacea oxeoline, dan sunflower oil distillate membantu mencegah, meredakan bahkan memperbaiki iritasi dan kemerahan akibat ruam popok. Namun jangan lupa Mama, untuk tetap mengganti popok minimal 8 kali sehari, dan oleskan Barrier Cream setiap kali mengganti popok.

Produk untuk anak yang suka melakukan kegiatan outdoor

Pak Nurhadi juga mengenalkan Mustela Sun Protection, untuk anak dan Mama yang suka melakukan kegiatan outdoor dibawah sinar matahari. Produk tabir surya dari Mustela ini diformulasikan dengan sistem Organo-Mineral Photoprotective yang mengkombinasikan perlindungan SPF 50+ UVA/UVB. Meski SPFnya mencapai 50 namun sangat aman bahkan untuk bayi sekalipun.




Teksturnya seperti lotion biasa, tdiak berbau dan tidak lengket. Dapat dipakai bayi sampai dewasa. Dengan Avocado Perseose, bahan aktif alami untuk melindungi lapisan kulit dan kekayaan sel kulit dari sinar UV. Kabar baiknya, tabir surya ini aman juga untuk kulit sensitif dan kulit atopik, loh.
Tips untuk hasil maksimal. Gunakan Mustela Sun Lotion 20 menit sebelum terpapar sinar matahari ya.

***

So, ayo Mom rawat kulit bayi sesuai jenis kulitnya. Usia 0-2 tahun adalah masa keemasan kulit bayi sehingga tentulah harus dijaga. Kulit normal dijaga agar tetap normal, kulit kering dibuat agar lembab, dan kulit atopik dicari solusi yang sesuai masalahnya. 

Kata dr. Intan jangan takut melakukan perawatan kulit bayi hanya karena pikiran “entar bikin ketagihan”, “jika berhenti dirawat entar malah rusak kulitnya”. Yang penting rawat kulit bayi sesuai dengan jenis kulitnya dan pilihlah produk terpercaya seperti Mustela.  Protect baby skin today for tomorrow

Mustela mudah didapatkan loh Mam. Semua produk Mustela dapat dibeli di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com dan JD.ID

Atau di
Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia

16 komentar :

  1. Happy banget Lui, kulitnya makin sehat, adebayi juga seneng pakai Mustela, bikin kulitnya maoin lembut dan terawat :)

    BalasHapus
  2. Waw lengkap banget ya produknya Mustela ini mba.. itu dek Lui keliatan so happy deh, kulitnya dirawat sama mama pinter. Sehat terus ya dek....

    BalasHapus
  3. Whuaa di Guardian ada ya, nanti coba cari ah... Kulit bayi dan anak memang masih sensitif jadi memang baiknya jangan asal pilih produk ya.

    BalasHapus
  4. Lui, senyummu ituuuh...
    Ini Mustela komplit bangets yak, semua ada sesuai jenis kulitnya. Aman lagi komposisinya buat bayi. Mustela memang juwara dalam melindungi kulit bayi nihhh. Keren!

    BalasHapus
  5. Punya anak dua kali kok ya kudet banget masalah beginian. Apalagi si Najib ini, sejak lahir nggak kenal telon, bedak dan teman-temannya. Bersyukur ya, mama2 sekarang semakin banyak pilihan produk berkualitas. ya salah satunya Mustella ini yang sudah banyak review positifnya.

    BalasHapus
  6. Wah Bunda Anggaraini sekarang blognya makin kece aja penampilannya. Saya sukaaa ��. Oh ya ngomongin soal kulit bayi, saya baru tahu kalau Erysha itu ternyata dia punya alergi yang muncul lewat kulitnya. Jadi, bener-bener harus diperhatiin banget kalau berada di cuaca yang sangat panas dalam kuran waktu berminggu-minggu. Karena kami pindah dari bandung yang cuacanya masih dingin lalu pindah ke Tangsel yang panas banget. Akhirnya Erysha ngalamin biang keringat parah dari kepala sampai punggungnya. Saking parahnya sampai kayak borok hampir di seluruh kepalanya. Akhirnya dibotakin. Jadi penting bgt nih memperhatikan soal kulit bayi ini

    BalasHapus
  7. Wah, suka ulasannya, sama foto2nya. Kalau anakku sebenarnya kulit normal, tapi berhubung dua2nya rawan kena alergi jadi gampang merah kulitnya kalau ada faktor pemicu. Apakah tetep masuk normal atau harus perawatan kulit atopic yaa

    BalasHapus
  8. Si adek dulu pas baru lahir kena dermatitis atopik. Kulitnya merah2, gitu. Sempat bingung krn kakaknya enggak pernah ngalamin. Waktu itu pake salep resep dokter, sih. Sekarang sih cenderung normal. Oia saya waktu itu blm tau kalo ada Mustela. Lengkap banget ya paket perawatannya. Sip!

    BalasHapus
  9. Bener nih mustela produknya bagus dan recommended buat si kecil ya mbak��

    BalasHapus
  10. Mustela bagus ya, pantes Luigi kulitnya bagus, cocok buat kulit bayi yang sensitif

    BalasHapus
  11. Baru tahu mbak produknya. Udah lama banget ngga ngurus bayi, jadi udah agak lupa. Makasih ya informasinya...

    BalasHapus
  12. Mustela ada sunblocknya juga nih...keren. Walaupun udah engga punya bayi, boleh nih reviewnya karena kulit saya pun sensitif, gampang merah...
    Makasih sharingnya...

    BalasHapus
  13. Luiii....lucu banget sih..
    Waah..mutela.lengkap ya produknya.

    BalasHapus
  14. Baru tahu kalau produk mustela itu lengkap banget, jadi pengen coba nih

    BalasHapus
  15. Sepertinya istri perlu memakai produk mustela untuk dede tercinta nih, coba nanti tak rekomendasikan... BTW, thanks ya review nya, sangat informatif... Salam...

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates