Menginap bersama Satwa Khas Afrika di Baobab Safari Resort


Asik gitu ya kalo tiap pagi, mata melek liat gunung dan aneka satwa. Ngeliat mereka makan, maen, tiduran, bahkan makin seru jika dapat berinteraksi bareng para satwa. Pernah nonton film Tarzan gak? Dimana anak manusia tinggal dan hidup bareng dengan para Jerapah dan kawan-kawannya. Ah ini semua bisa kalian rasakan saat menginap di Baobab Safari Resort loh. Resort bintang empat ini terletak di bawah kaki gunung Arjuno yang akan membuatmu menikmati sensasi tinggal bersama satwa khas Afrika seperti Jerapah, kawanan zebra, rusa, dan lainnya.


Terinspirasi dari nama pohon Baobab, dari dataran Afrika, Madagascar dan Australia, Baobab dikenal sebagai pohon kehidupan. Baobab dapat hidup hingga 2.000 tahun dan mempunyai diameter hingga 15 meter. Disebut pohon kehidupan karena setiap bagian dari pohon Baobab sangat berguna. Saat musim kemarau Baobab dapat menyimpan air hingga ribuan galon untuk bertahan hidup. Daun dari Baobab dapat dimasak dan dimakan layaknya seperti sayuran. Dan biji dari pohon Baobab untuk membuat kertas, pakaian, karung dan jala ikan.


Berlokasi di Prigen, Pasuruan hanya butuh gak sampe 30 menit saat keluar tol Taman Dayu. Masih satu kawasan dari Taman Safari Indonesia II. Dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar Baobab Safari Resort dikemas African Style yang unik, dengan mengedepankan prinsip konservasi satwa. Resort ini dikelilingi oleh padang Savana yang dihuni beragam satwa khas Afrika seperti Zebra, Jerapah, Wildebeest, cape Buffalo, Badak, Kuda Nil dan banyak lagi yang lain.

Pohon Baobab depan lobby


lobby corak zebra

Saat masuk lobby kita akan disambut dengan replika pohon baobab dan kursi-kursi yang cakep. Meski sudah bayar melalui Trav*l***, kami harus deposit 600ribu sebagai jaminan jika misalnya ada barang pecah, hilang dan lainnya. Entar kalo pulangnya gak kenapa-kenapa ya dibalikin utuh kogh.

Untuk harga kamar dimulai dari 750 ribu weekday. Saat itu saya dapat kamar Deluxe seharga 1.2 juta (belum termasuk tiket Taman Safari) untuk check in 13 Oktober hari Sabtu, dan check out esoknya. Saya memesan kamar kebetulan berada di lantai 7. 

Fasilitas kamar seperti hotel berbintang empat pada umumnya, televisi dengan pilihan channel lengkap, lemari es, dan hair dryer (penting nih). Interior kamar mandi berwarna cokelat seperti jerapah.

Meski kamar sudah terasa dingin, namun masih ada fasilitas AC dan emang saya nyalakan 24 jam. Lupakan Surabaya sejenak, kapan lagi ngerasain udara dingin kayak gini. Ketika membuka jendela balcon, kamu akan melihat gunung Arjuna yang sungguh indah dan para zebra yang berlarian. Tergantung pilihan kamar, ada yang menghadap ke savana (satwa) ada yang ke arah perbukitan (hill).

kamar yang nyaman

toilet bernuansa corak satwa

Aktivitas Seru di Baobab Resort
Fasilitas dibawah ini akan membuat liburanmu dengan Baobab Safari Resort tak akan terlupakan, diantaranya :
Kolam renang
Apa yang paling menarik dari semua fasilitas yang ada di Baobab bagi Luigi? Tentulah kolam renang. Menyeret pelampung renang, berlarian menuju lift, demi bisa bercipratan dengan air. Kolam renang ini unik banget karena viewnya adalah Jerapah, Rusa dan Zebra. Jadi sambil renang liatin Jerapah lalu lalang. Juga hamparan padang rumput yang menghadap Gunung Arjuno.

tuh Jerapahnya kliatan dari dekat

Setelah puluhan purnama saya tidak berenang karena susah dengan kacamata, akhirnya sore itu saya ikutan nyemplung juga. Oh jadi ini rasanya renang dilihat kawanan satwa Afrika. *Akuh jadi maluh

Kolam renang ini memang tidak terlalu luas, tapi lumayan jika kondisi tidak terlalu ramai. Disediakan handuk khusus kolam oleh petugas penjaga kolam renang, dan tempat bilasnya bersih banget. *Yakali masak disamain kayak renang ditempat renang umum.

Halo Jerapah :)


akhirnya renang kembali setelah puluhan purnama

Tersedia sabun bilas dan pilihan air hangat atau dingin. Lalu handuk yang sudah selesai dipakai, ditaruh di tempat khusus handuk kotor dekat kolam. Untuk anak-anak kolam renang Baobab aman kok, karena ada tangga untuk menyesuaikan tinggi anak.

Apa kabar Luigi? Enggak mau diangkat dari kolam sebelum dia bener-bener kedinginan. Wkwkwk. Didepan kolam ada dipan untuk menunggu yang lagi renang atau bahkan untuk bermalas-malas.

renang sore, anak ini yang paling happy
Feeding giraffe
Kapan lagi bisa sedekat ini dengan jerapah dan memberi makan langsung tanpa harus mengantri sepanjang jalan kenangan seperti di Kebun Binatang. Ada jam khusus dalam sesi memberi makan jerapah, jam 8 pagi, 10 pagi dan jam 4 sore. Jika makanan yang disediakan sudah habis, maka jam memberi makan Jerapah ini disudahi.

Gimana Luigi, tertarik gak kasih makan Jerapah? Enggak sama sekali. Bangun tidur yang dipikirin renang dan renang. Yaelah sore kemarin khan udah renang Lui. Dan ini menyebabkan ia mogok sarapan. Setelah diturutin nyemplung ke kolam renang, dianya happy banget. Setelah renang, sarapan dikamar, baru deh jam 10 mau kasih makan Jerapah.

lupakan Jerapah, maunya renang Ma !!!

Saat ini kondisinya tidak ramai. Bahkan sepertinya hanya Luigi yang kasih makan Jerapah. Sepertinya pengunjung hotel lainnya pada sibuk persiapan cek out. Ada beberapa penjaga (keeper) yang akan memanggil jerapah dan kami terlebih dulu mengisi kotak donasi untuk makan Jerapah minimal 20 ribu.

Kita bisa foto-foto sepuasnya pakai ponsel pribadi. Kalo kurang puas dengan hasil dari ponsel kita, pihak Baobab memberi fasilitas foto dari angel yang pas banget. Dibandrol 50 ribu foto langsung jadi ini bakalan jadi kenangan yang indah deh. Suer.

Luigi si anak pemberani

Luigi takut enggak sama Jerapah? Awalnya dia kaget lalu jadi takut, “Ma lidahe Jerapah panjang” dan emang lidahnya panjang bener yak, wkwkwk. Lalu saya bilang kalo Jerapahnya baik, enggak akan gigit Lui meski lidahnya panjang, baru deh dia mau nyobain kasih makan. Dan malah ketagihan.

Foto langsung jadi, dihalaman depan lobby


Kids Story Telling
Tepat jam 19.00 kita bisa mengajak anak-anak untuk mengenal lebih dalam tentang karakteristik satwa melalui cerita-cerita dan aktivitas menarik. Dibuat dengan sesi kuis, acara ini membuat anak-anak aktif dalam menjawab pertanyaan kakak-kakak dari pihak resort.
hawa dingin jadi sedikit anget karena api unggun

serunya story telling

Misalnya dilayar LCD ditunjukkan sebagian gambar tubuh satwa dan kakak-kakak memberi ciri-ciri singkat dan menanyakan hewan apakah yang ada di layar? Tidak hanya tubuh, namun pertanyaan sampai pada ekor dan juga suara. Seru banget lah.
Apalagi dilengkapi dengan api unggun akan membuat imajinasi anak semakin berkembang selain mengangatkan suasana dingin Pandaan. Bagaimana Luigi, pro aktif menjawab gak? Tentunya dong. Dibisikin Mama setiap jawaban pertanyaan, dia yang jawab dan mendekatkan mulutnya pada mic alias pengeras suara dan sayangnya jawaban Mama tidak ada yang benar, wkwkwk, maafkan Mama. Padahal kalo jawabannya bener, dapet hadiah boneka kecil satwa. :p

Movie Night
Pada jam tertentu disediakan tempat untuk nonton film. Hari Sabtu saat saya nginep jadwalnya adalah Ferdinand untuk semua umur jam 18.00 dan Avengers Invinity War untuk 13 tahun keatas jam 21.30. Sofanya empuk bisa juga digunakan bersantai saat tidak dipakai nonton film.


Night Walk
Pada pukul 21.00 selama 30 menit ada aktivitas berpetualang menyusuri track untuk berjalan-jalan melihat satwa malam lebih dekat sekitar Baobab Resort. Dipandu guide, jadi tentu terjamin keamanannya. Namun saya tidak mencobanya, emak sudah capek anak saya waktunya bobok.

Bird Watching
Pada pukul 6 pagi selama 30 menit bagu pecinta burung akan ada eksplorasi burung disekitar Baobab Safari Resort. Kita bisa menemui Paok Pancawarna dan Anis Sisik dan berbagai macam aneka burung lainnya.

Free wifi
Selain menikmati berbagai kegiatan diatas, jika kalian ingin didalam kamar aja tetep bisa menikmati resort kogh. Selain pilihan televisi channel yang lengkap juga bisa nge-yutub sampe bosen. Entah nonton film atau bahkan donlot lagu faforit kamu.

Berfoto
Banyak banget spot foto yang bisa kamu dapetin di sini. Mulai dari lobi, depan Savana, foto bareng satwa mulai Jerapah, bayi singa. Selain itu spot kolam renang, tempat duduk lobby, restaurant, dan tempat lain seperti balcon kamar. Setiap sudut Baobab Safari Resort udah layak bangetlah naik Instagram.

maaf muka bantal alias blom mandi :(
Balcon kamar.  Ngopi aja harus ke Pandaan dulu ya :p


foto saat renang juga keren khan?


Makan malam di Kilimanjaro Restaurant diiringi Safari band
Menu makan malam yang disediakan adalah menu khas Nusantara. Saat itu yang ready adalah sop buntut, iga rawon, soto betawi, dan ayam penyet yang semua dibandrol 70.000/porsi. Untuk yang membawa anak disediakan high chair untuk makan anak. Tentu hal ini membantu Luigi untuk fokus makan. Di restaurant terdapat meja kursi tempat anak-anak mewarnai.

Untuk sarapan gratis, dimulai dari jam 6 sampe 10 pagi. Pihak Baobab juga menyediakan fasilitas makan dengan harimau putih dan juga sarapan dengan jerapah. Tinggal bilang sama receptionist entar diatur waktunya sama mereka.  
sop buntut untuk Luigi
setelah makan kenyang, mewarnai


Hanya 5 menit ke Taman Safari Prigen
Untuk menuju Taman Safari tinggal ambil mobil dari parkiran, jalan lurus belok kanan sudah sampai. Saat itu kami membeli tiket rusa seharga 105.000 untuk usia 1-5 tahun, dan dewasa 110.000. Disafari adventure kita akan berkeliling merasakan dunia satwa dari berbagai belahan dunia. Untuk daerah satwa beruang cokelat, harimau benggala, dan singa kami dilarang membuka kaca mobil bahkan memberi makan satwa.


Selain satwa tersebut, kami boleh berinteraksi dengan satwa dan memberinya makan dari kaca mobil. Membeli wortel satu ikat yang disediakan pihak Taman Safari seharga 10ribu saja. Lebih dari 2.000 satwa dari berbagai spesies akan bisa kita ekplore di Taman Safari Prigen. Pada bagian Taman Safari ini akan saya ceritakan di halaman lain ya. Entar gak cukup kalo diceritakan semua. Tunggu ya.

Untuk kalian yang ingin membeli oleh-oleh disediakan store dekat lobby resort. Berbagai aksesoris khas Taman Safari lengkap ada disana. Mulai gantungan kunci berbagai satwa, tas, bandana, rompi, kaos dan lainnya.

***

Seru bangetlah pengalaman menginap di Baobab Safari Resort. Apalagi emang niatnya khan memberi pengalaman baru untuk Luigi. Menikmati keindahan ciptaan Allah dipagi hari saat melihat gunung Arjuno dan hamparan padang rumput Savana. Merasakan interaksi antara satwa ciptaanNya. Luigi esok tau bahwa sesama makhluk Allah harus berkasih sayang.

Dan Alhamdulillah selama disana no drama, no tantrum, semua bisa diajak kerjasama. Termasuk tetap melanjutkan masa toilet trainingnya. Jadi selama di hotel pipis tetap di WC, bukan di pempers. Juga bahagianya Lui berenang diliatin Zebra dan ngasih makan Jerapah yang lidahnya panjang dengan penuh keberanian. Lupakan panasnya Surabaya, lupakan gadget, saatnya bersenang-senang dengan Luigi.

Jadi kapan kamu ajak teman-teman atau keluarga menginap ke Baobab Safari Resort? Tuh, ditungguin sama Jerapah.

ijinkan Mama foto sendiri, boleh? enggak boleh !!! Baiqlah


BAOBAB SAFARI RESORT
Ds. Jatiarjo Prigen, Pasuruan
+62 342 6743888
reservation_baobab@tamansafari.net

17 komentar :

  1. Kereeeen, salfok saya, saya kira beneran di afrika hihi. Seru banget ke Baobab Safari Resort, harga penginapannya jg terjangkau. Mauuuuu. Bookmark dulu ah. Makasih ya mba infonya ❤️

    BalasHapus
  2. Mbak..aku mau juga bermalas-malasan di sebelah kolam sambil berpandang-pandangan dengan jerapah di kejauhan..
    Apa sensasinya yaak kwkwk
    Hadeh kok baru denger Baobab ini ya..keren banget ini buat ngenalin anak-anak biar enggak jauh-jauh bawa mereka ke Afrika.. , mending pas mudik mampir Prigen dan ke Baobab aja :)

    BalasHapus
  3. aq lho nyesel.. jane pas ultah ku juni duli ditawari 500rb include taman safari.. aq gamau gataunya skrg susah bgt dpt harga segitu ��

    BalasHapus
  4. Waah...udah berapa puluh tahun ga nginjak taman safari, karena anak2 udah pd dewasa. Dulu tiap 3 bln sekali..udah makin bagus aja ya. Nti bawa cucu berarti kesana. Tq infonya Mba

    BalasHapus
  5. Wah, seruuu ... Pengeeen juga. Berpetualang di safarinya Afrika itu impian banget. Kalau belum sampai sana beneran, di sini dulu nggak papa kali, yaaa. Apalagi knowing the fact kalau jerapah udah pada nungguin hahaha ...

    BalasHapus
  6. Seruu banget ya, kawasannya deket pingin kesana..���� eh lucu si adek yang mau renng lagi, mamae jadi harus nyemplung lagi loh hihihihi.. Kalau weekend rame bgt ga mbak?

    BalasHapus
  7. Cuantiiik nih... Yang nulis dan Baobab-nya, hehe. Kekudetan saya terobati deh. Lha taunya taman safari Prigen aja, sih. Duh, itu kolam kok bikin pengin nyemplung ya? Btw, pinter deh, Dek Luigi. Gak membiarkan Bundanya bergaya sendirian :D

    BalasHapus
  8. Senangnyaaaaa Lui ganteng.
    Emaknya lebih senang lagi hahaha.
    Baru tau saya kalau Baobab itu nama pohon, mau nginap di sana tapi maju mundur cantik liat harganya, hiks.
    Terlebih si Darrell bosanan.
    Yang bener aja emak bayar jutaan tapi gak betah dianya

    BalasHapus
  9. Aiiihhh seru bangettt... Jadi pengen ke Prigen... Aduuuh jadi bingung nih kopermini mau ke Jogja apa ke sini dl yaa... hihii

    BalasHapus
  10. aku pengeen banget kesini belum kesampaian, nunggu anak bayi nanti aja deh insyaallah hihi

    BalasHapus
  11. Senangnya berasa berpetualang ya sama si kecil seru nya 😍😍😍

    BalasHapus
  12. Whaaa asik bangettts mba.. berasa di luar negeri ya. Lui pasti seneng ����

    BalasHapus
  13. Waaww ... Bener-bener menikmati hari ya ...mupeng juga nih mbaa...Keren....

    BalasHapus
  14. Mbak, viewnya bikin segera main aja ke Baobab. Tapi uang depositnya lumayan mahal yak? Meski nantinya dikembalikan lagi.

    BalasHapus
  15. udah lama nih ngincer nginep di safari baobab ini. lihat postingan ini makin pengen lagi hihi

    BalasHapus
  16. Seru dan edukatif, liburan yang sangat bagus untuk anak

    BalasHapus
  17. Blogmu uapiiiikk mba
    Informatif tenan!

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates