Interlac – Solusi Gangguan Pencernaan Pada Anak


Hai Mama, suka galau gak sih Mam jika si kecil terserang masalah pencernaan? Diare merupakan gejala gangguan saluran pencernaan yang paling sering terjadi pada anak. Padahal tahukah Mama, diare dapat menyebabkan dehidrasi kronis, gangguan pencernaan dan malnutrisi.

Akhir September kemarin anak saya -Luigi- berjuang melawan diare selama dua minggu. Meski tidak sampai rawat inap seperti sebelumnya, namun harus mengunjungi beberapa dokter untuk menegakkan diagnosa demi penyembuhan diare ini.




Suatu malam, saat Luigi mengeluh perutnya sakit dengan durasi Buang Air Besar (BAB) delapan kali dalam dua puluh empat jam. Akhirnya menghubungi dokter anak langganan dan disarankan dibawa ke ahli gastro anak karena sudah berkepanjangan. Adalah dr Andy Darma, Sp. A (K) dokter ketiga yang saya kunjungi. Dari barat menuju selatan Surabaya, taxi online membawa kami ke RS Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo. Lalu saya konsultasi panjang lebar, oleh dokter diberi pengantar Lab untuk cek pup dan saat keluar hasilnya, diresepkan antibiotik pada Luigi.  

Masalah pencernaan pada anak

Karena diare Luigi diare berkepanjangan, maka saya mulai membaca artikel terpercaya mengenai masalah pencernaan pada anak. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) gangguan pencernaan pada anak sering dikeluhkan orangtua bila berkunjung ke dokter.

Diantaranya diare, konstipasi, gumoh dan kolik. Diare adalah kondisi dimana frekuensi buang air besar (BAB) meningkat dibanding biasanya dan feses lebih lunak dan cair. Sedangkan konstipasi lebih familiar disebut sembelit, dimana frekuensi BAB berkurang daripada biasanya dan feses lebih keras dan besar.

Masalah pencernaan pada anak lainnya adalah gumoh dan kolik. Gumoh adalah muntah ringan pada bayi yang mengeluarkan sedikit isi lambung. Sedangkan kolik adalah ketika bayi menangis terus menerus secara berlebihan, setidaknya 3 jam/ hari atau 3 hari/minggu tanpa sebab yang jelas

Pentingnya pencernaan yang sehat

Mama, ternyata 80% dari sistem imun kita terletak disaluran cerna loh. Saluran pencernaan ini terbentang dari mulut sampai anus dengan fungsi yang berkaitan. Ketika makanan di dorong di usus halus, makanan dicerna dan diserap sebagai zat nutrisi yang diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Saluran cerna tersusun dari jaringan limfoid dan sebagian besar selnya menghasilkan antibodi. Jaringan limfoid terbesar didalam tubuh manusia. Oleh karena itu, saluran cerna sangat berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh (sistem imun) secara keseluruhan.

Karena  saluran pencernaan adalah organ imunitas terbesar dan memiliki fungsi yang penting salah satunya mengolah nutrisi, maka penting bagi kita menjadi saluran cerna anak agar selalu sehat Mam.

Solusi mengatasi masalah pencernaan pada anak

Menurut IDAI, mikroflora yang stabil dan seimbang merupakan pertanda keadaan saluran cerna yang sehat. Berbagai laporan memperlihatkan bahwa saluran cerna yang sehat mempunyai dampak positif pada tumbuh kembang anak dan kesehatan anak pada umumnya.

Mikroflora di dalam saluran cerna dapat berupa
(1) bakteri yang menguntungkan (misalnya Bifidobacteria, Lactobacillus, Eurobacteria),
(2) bakteri yang merugikan (misalnya P. aeruginosa, Proteus, Staphylococcus, Clostridia, Veillonella.), atau
(3) bakteri yang mempunyai sifat keduanya (misalnya Bacteroides, Enterococcus, E. coli, Streptococcus).

sumber gambar : https://www.instagram.com/interlacprobiotics/


Mama, bakteri di dalam saluran cerna sangat berhubungan dengan kesehatan manusia. Keberadaan bakteri/mikroorganisme dalam saluran cerna sangat penting untuk proses perkembangan system imun saluran cerna manusia. Bakteri-bakteri tersebut selalu saling berkompetisi loh, sehingga komposisi mikroflora saluran cerna sangat bervariasi.

Sehingga, sangat penting bagi Mama untuk menjaga kesehatan saluran cerna anak. Dengan mempertahankan keseimbangan mikroflora saluran cerna yang didominasi oleh bakteri menguntungkan, sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri merugikan.

Interlac sebagai suplemen bakteri baik (Probiotik)

Selama masa diare, Luigi harus meminum antibiotik yang diresepkan oleh dokter ahli gastro anak selama beberapa hari kedepan. Dan pada kemasan obat tertulis Harus Dihabiskan. Namun, antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri didalam tubuh, termasuk bakteri yang baik dan jahat.




Lalu gimana dong, padahal bukankah kita harus mempertahankan keseimbangan mikroflora saluran cerna anak? Gimana jika bakteri baik di usus juga ikutan mati? Dalam keadaan diare, Luigi masih butuh bakter “baik”.

IDAI menjelaskan keberadaan bakteri “baik” didalam saluran cerna telah terbukti oleh banyak kajian ilmiah sangat bermanfaat pada diare, salah satunya yang disebabkan oleh infeksi (bakteri dan virus). Bakteri baik ini disebut probiotik. Probiotik dapat diperoleh melalui makanan atau minuman yang difermentasi seperti tempe dan tahu. Namun bukankah saat diare biasanya anak mengalami penurunan nafsu makan? Berarti Luigi butuh probiotik dalam bentuk selain makanan.


sumber gambar : https://www.instagram.com/interlacprobiotics/


Alhamdulillah hal itu terjawab saat saya diundang Mom Blogger Community (MBC), di Interlac Blogger Gathering dari serangkaian acara Mother and Baby Fair Surabaya. Bertempat di Pakuwon Trade Center mall (Jum’at, 28 September 2018), disitu saya dikenalin probiotik yang membantu menyehatkan saluran cerna.

Acara ini menghadirkan dr Intan Diana Sari dan  Bapak Mohamad Nurhadi selaku brand manager PT. Interbat. Dr. Intan menyebutkan pencernaan adalah ibarat otak ke-dua anak. Anak yang sehat dan cerdas pasti memiliki pencernaan sehat pula. Pak Nurhadi menjelaskan bahwa Interlac bukan obat, melainkan suplemen saluran cerna.


Mengenal Interlac

1.      Interlac adalah produk impor dari BioGaia, sebuah perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics
2.      Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis
3.      Lactobacillus reuteri Protectis adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti didunia, dengan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.




Varian produk Interlac

Wah ternyata Interlac ini memiliki varian untuk segala usia loh Mam. Jadi dapat dikonsumsi untuk seluruh anggota keluarga, tidak hanya bayi dan anak-anak. Berikut ini varian produk Interlac yang bisa disesuaikan dengan umur si kecil Mam.




1.       Interlac Drops (bayi usia 0-12 bulan)
Interlac oral drops adalah satu-satunya probiotik dengan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia satu tahun.
Aturan pakai : 5x tetes, 1x sehari atau sesuai petunjuk dokter
1 botol = 125 tetes untuk penggunaan 25 hari
Menurut penjelasan Bapak Nurhadi pemberian Interlac untuk bayi yang baru lahir terbukti aman dan efektif meningkatkan imunitas. Membantu mencegah dermatitis atopik, membantu mencegah infeksi (demam, influenza, diare) dan menaikkan imunitas bayi terhadap alergi.

2.       Interlac Serbuk Sachet (anak usia 1-5 tahun)
Nah karena Luigi diatas sudah dua tahun, maka ia saya beri Interlac sachet ini. Teksturnya berupa serbuk sehingga perlu dilarutkan pada makanan atau minuman, bahkan susunya. Tenang aja Mama, meski dilarutkan kedalam air putih, tidak akan berwarna dan rasanya tetap netral. Dosis Interlac sebuk 1 sachet per hari.

3.       Interlac tablet kunyah strawberry (anak usia 6-12 tahun)
Untuk anak yang sudah berusia 6 tahun keatas, ada interlac tablet. Cara mengkonsumsinya dengan cara dikunyah. Tenang aja Mama, meski dikunyah namun rasanya seperti strawberry, jadi enggak seperti minum obat. Anak-anak pun tidak perlu parno, ukurannya kecil seperti permen dan rasanya manis.



4.       Interlac tablet kunyah lemon (dewasa)
Interlac ini memang probiotik untuk segala usia, jadi Mama dan seluruh anggota keluarga lain pun bisa mengkonsumsi Interlac untuk menjaga saluran cerna yang sehat.


Mengapa harus mempercayakan Interlac Probiotics untuk saluran cerna yang sehat ?

1.       Interlac merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leaser in Probiotics
2.       Interlac teruji klinis di lebih dari 13.000 individu pada 160 uji klinis
3.       Terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia bahkan bayi prematur loh Moms
4.       Probiotik Interlac juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan makanan tertinggi untuk suplemen makanan.
5.       Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran, termasuk bayi yang lactose intolerant
6.       Profil keamanan dan manfaat Interlac yang sudah teruji klinis membuat Interlac menjadi probiotic pilihan dokter dilebih di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur
7.       Praktis, cukup 1x sehari
8.       Memiliki varian untuk segala usia
9.       Mudah didapatkan

dr Intan menjelaskan saluran cerna yg sehat membuat anak sehat


Manfaat Interlac Bagi Kesehatan

1.       Menjaga kesehatan saluran cerna
2.       Meningkatkan daya tahan tubuh
3.       Suplemen probiotik dianjurkan sebagai pendamping antibiotik untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik didalam saluran cerna dan mengurangi efek samping antibiotik
4.       Asosiasi dokter anak (ESPGHAN) merekomendasikan penggunaan Interlac untuk terapi diare pada bayi dan anak
5.       Pemberian interlac terbukti klinis mempercepat penyembuhan diare (19-32 jam lebih cepat)
6.       Berdasarkan pengalaman, setelah Luigi mengkonsumi Interlac ia tidak mudah sakit perut. Dan pupnya jadi lebih teratur.  Dan saat digunakan serangkaian pengobatan diare, membuatnya masih mau makan. Sehingga saat diare, berat badan Luigi tidak turun loh Mams.

sumber gambar : https://www.instagram.com/interlacprobiotics/


Wah tidak perlu galau lagi ya Mam, menghadapi gangguan pencernaan pada anak. Dan saluran cerna harus benar-benar dijaga agar selalu sehat karena merupakan imunitas tubuh manusia. Saluran cerna yang sehat, membuat anak kuat dan semangat.

Yuk Mama, jaga saluran cerna seluruh anggota keluarga. Dengan memberi suplemen bakteri baik (probiotik) yang aman dan sudah terpercaya. Interlac adalah probiotik yang terbukti aman digunakan semua anggota keluarga dan mudah didapatkan. Untuk mengetahui info Interlac lebih lanjut bisa intip di
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotic

Untuk mendapatkan Interlac dapat dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, baby shops dan secara online di Monthercare.co.id, JD.ID dan Orami.


Senangnya belajar bersama member MBC Jawa Timur :)


Referensi :

1 komentar :

  1. Luiiii, kalau ke RS Mitra Keluarga Waru, mampir dong, udah deket tuh ama tempat kakak Darrell hehehe.

    Btw, diare emang menakutkan, si bayi kapan hari juga diare.
    Dan emang si bayi selalu bermasalah ama sembelit dan diare.

    Saya kasih interlac, Alhamdulillah bisa normal pencernaannya

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates