Taman Prestasi, Sebuah Taman Masa Kecil


Sejak saya kecil setiap malam minggu selalu diajak Bapak dan Ibuk saya ke Taman Prestasi. Sehingga taman ini bersejarah karena masa kecil saya sering kesini. Dan benar saja taman Prestasi merupakan taman yang sudah tua. Berdasarkan penuturan ketua @LoveSuroboyo dalam sebuah percakapan, Taman Prestasi dibangun tahun 1992 dan diresmikan oleh Nyonya Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Taman ini terletak di tengah kota Surabaya, jadi mudah mencari lokasinya. Untuk menuju taman prestasi kita melewati pusat kota tepatnya Jalan Pemuda, sebelum Balai Kota Surabaya belok kiri jalan yang banyak pohon dipinggir sungai Kali Ketabang. Taman ini lokasinya membentang disepanjang tepi sungai Kalimas.

Apa saja yang ada di Taman Prestasi ?


Replika Prestasi Surabaya
Yang membedakan taman Prestasi dengan taman yang lain adalah adanya replika penghargaan yang pernah diraih kota Surabaya. Misalnya Wahana Tata Nugraha 1992 dan Kota Adipura Kencana tahun 1992. Replika ini dikelilingi pepohonan yang tidak terlalu tinggi dan rumput yang rapi. Pengunjung taman tidak boleh menginjak rumput di daerah ini.





Monumen Pesawat Bomber B26 Intruder
Monumen Pesawat Bomber B26 Intruder lengkap dengan peluru kendali dan bomnya. Pesawat buatan USA ini berbahan gas Avgas BU 100/130 yang bernaung dibawah Skadron Udara 1/Pembom. Dan sejak tahun 1950 telah melakukan berbagai operasi. Diantaranya tahun 1950 berpengalaman dalam penumpasan DI/TII di Jawa Barat, penumpasan Andi Azis di Sulawesi Selatan dan penumpasan RMS di Maluku. Pada tahun 1958 pernah berpengalaman operasi Tegas/PRRI di Riau daratan sampai operasi merebut keunggulan udara di Indonesia Timur. Dan terakhir operasi Papera di Irian Jaya dan diakhir tugasnya pesawat ini digunakan pada operasi seroja di Tim-Tim tahun 1975-1977.




Diekor pesawat terdapat lambang Kijang. Lambang kijang mempunyai latar belakang karena pada saat penugasan di kawasan lapangan borobudur LANUD Kendari terdapat banyak kijang. Dan uniknya roda pesawatnya masih diputar lho. Mungkin untuk menarik perhatian anak-anak pesawat bomber ini dicat dengan motof ikan hiu. Letak monument ada di dekat Sentra PKL Ketabang Kali.

Monumen ini diresmikan oleh mantan walikota Surabaya, Bambang Dwi Hartono pada 19 Juli 2006. Apa yang bisa didapatkan anak-anak ketika melihat pesawat bomber ini?. Menurut saya anak-anak bisa belajar sejarah perjuangan pahlawan TNI AU Indonesia karena jasa dalam berbagai operasi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Arena Permainan Anak
Ditaman yang sejuk ini terdapat arena permainan anak diantaranya pesotan, ayunan, jungkat jungkit, rumah-rumahan yang bisa menuju perosotan, lingkaran dan segitiga besi. Luigi suka main ayunan dan jungkat jungkit disini. Dengan tempat yang luas anak-anak bisa berlarian, dan melompat. Naik tangga sebelum turun ke perosotan tentu menguatkan otot-otot dan memperlancar sirkulasi darah anak.




Dengan banyaknya pilihan permainan, akan membuat rasa penasarannya bertambah karena anak-anak ingin mencoba semua. Hal ini akan membuatnya senang. Dan jika taman sedang ramai, pasti harus bergantian dalam menggunakan fasilitas di arena permainan anak ini. Anak-anak bisa belajar bersosialisasi dengan sebayanya dan juga melatih kesabaran. Jika sudah disini, bye for gadget :D




Berdasarkan buklet Surabaya City Park, taman seluas 6.000 meter persegi  ini terdapat sekitar 21 jenis tanaman. Jadi sambil bermain anak-anak tidak terlalu kepanasan meski siang hari. Banyak pohon tinggi untuk melindungi kita dari teriknya matahari.




Di sudut taman ada papan yang bertuliskan Dilarang Pacaran yang mengingatkan muda-mudi bahwa ini adalah ruang terbuka publik ramah anak. Jadi tidak akan kita temui muda-mudi bergandengan atau bahkan bermesraan lebih dari itu ditaman Prestasi kecuali mereka tidak bisa membaca papan informasi. Hehe :D





Melihat Wisata Air di Sungai Kalimas
Karena letaknya di pinggir sungai kalimas, anak-anak juga bisa melihat perahu yang berjalan atau yang diparkir. Alhamdulillah saat itu kami bisa melihat para muda mudi pendayung yang berlatih melewati sungai kalimas. Pelatih memberi aba-aba kapan kayu harus diangkat, kapan harus dikayuh.




Ada juga wisata air Kalimas dengan menggunakan perahu menyusuri sungai Kalimas. Dengan tiket seharga 4.000 rupiah kamu bisa menikmati perjalanan ala kota Venesia, Italia. *jadi inget film the Italian Job dan the Tourist. (saya akan bahas wisata air Kalimas di halaman lain ya)

Panggung terbuka
Panggung terbuka ini dikelilingi tempat duduk. Meski tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung sekitar 50 orang. Anak-anak bisa memanfaatkan untuk latihan seni, atau sekedar duduk-duduk bersantai sambil membaca buku. 




Panggung hiburan
Panggung hiburan ini letaknya tinggi dan dilengkapi tangga atau jalur difabel untuk kursi roda. Biasanya digunakan untuk acara-acara besar, entah acara pemerintah kota maupun komunitas. Disini juga dilengkapi sound system yang memadai. Sehingga suaranya bisa menjangkau penonton dari kejauhan.

Saya dan Luigi pernah kesini diminggu pagi yang kebetulan saat itu dipanggung hiburan penuh orang dari berbagai usia. Mulai anak-anak, remaja bahkan dewasa. Dan semua dari mereka tidak bisa bicara atau tuna wicara. Mereka mengadakan acara untuk komunitasnya. Diantara mereka menggunakan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi. Saya yang melihat menjadi terkesan. Bahwa mereka bisa sekompak itu berkumpul dan mengadakan acara besar ditaman Prestasi. MashaAllah.

Broadband Learning Centre (BLC)




Yaitu tempat pembelajaran teknologi informasi. BLC ini tersebar diseluruh wilayah Surabaya yang ditujukan untuk semua kalangan masyarakat dan gratis. Materi yang diajarkan diantaranya aplikasi perkantoran writer (pengolah kata), spreadsheets (pengolah angka), presentation (presentasi multimedia), design grafis, pengenalan komputer seperti aplikasi berbasis google, team viewer dll, dan materi internet seperti pengenalan browser, social networking, etika informasi dan transaksi elektronik, dan aplikasi perizinan online.

Dengan jadwal pelatihan yang di bagi per sesi dari sesi 1 sampai 5 dimulai pukul 08.00 Wib berakhir pukul 20.00 WIB. BLC ini dibawahi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya.




Jogging Track
Track jogging terletak disisi kiri sungai kalimas. Sambil berlari kecil kita bisa menikmati suasana kalimas dan taman yang sejuk. Ditengah kalimas terdapat jembatan kayu gantung yang menghubungkan taman prestasi dengan halaman belakang gedung Grahadi. Dulu saat saya masih kecil sering melewati jembatan ini, namun saat ini sudah tidak bisa dilewati alias ditutup. Hal ini dikarenakan kayu yang sudah rapuh.







Fasilitas lain-lain
Ada toilet bersih yang merupakan sumbangan dari keluarga Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sejak 1 Januari 2016. Toiletnya bersih. Dan untuk menjaga kebersihan tangan, disediakan pula wastafel.  Musholla ada dibagian taman sebelah tepi jalan raya. Tersedia mukena dan sarung apalagi sedang tidak membawa.

Taman ini cukup bersih dan ada tempat sampah di beberapa titik yang dipisah sampah basah dan kering. Suasana juga selain sejuk juga sangat nyaman karena banyak tempat duduk. Taman prestasi adalah taman yang ramah bagi difable karena ada jalur khusus kursi roda pada pintu masuk taman.




Apabila lapar setelah berjalan-jalan dan bermain, tidak ada salahnya ke Sentra Kuliner taman prestasi tersedia berbagai macam makanan khas Surabaya seperti tahu campur, rujak cingur, lontong kupang, soto, nasi goreng, ayam bakar, nasi rawon, nasi campur, gado-gado sampai penyetan.


Taman Prestasi
Jalan Ketabang Kali
Surabaya
Biaya masuk : gratis

14 komentar :

  1. Bagus banget ya, tempatnya, ada fasilitas cocok untuk anak-anak juga. Kalo sudah di tempat sebagus ini, pastinya lupa ma gadget ini. Tapi harus diabadikan 😁😁

    BalasHapus
  2. Kalau jalan-jalan bawa anak kecil, pasti cari tempat yang mendukung kegiatan jalan2nya ya Bun. Dan taman prestasi ini mendukung banget ya buat anak-anak kecil ��

    BalasHapus
  3. Dulu waktu anak-anak masih kecil, saya juga sering banget ajakin main ke Taman Prestasi, mbak. Murah meriah dan bahagia hehehe. Lumayan deket sama rumah itu. Ayo kapan-kapan mampir, rumah ibu di gang kecil belakang TP tuh

    BalasHapus
  4. Tempatnya bagus, bersih dan lengkap fasilitasnya ya. Ditambah lagi gratis masuknya, pengunjung pasti banyak yang betah berlama-lama di taman ini.

    BalasHapus
  5. Taman prestasi keren bangettt. Sekarang Surabaya banyak taman yang sudah rapi begini ya mba, kayanya aku lihat Luigi sering main2 di taman kaya gini.

    BalasHapus
  6. Taman yg cocok untuk anak. Walaupun gratis tp fasilitas lengkap

    BalasHapus
  7. Ya ampun jadi inget gubernur Jatim Basofi Sudirman, yang sempat punya album dangdut..
    Keren ini, taman yang diresmikan sejak 1992 masih terjaga dengan apik. Surabaya memang ketjeee!!

    BalasHapus
  8. Beberapa kali ke Surabaya, aku cuma numpang lewat, lho. Yang terbayang cuma taman kota biasa. Yaaah, kalau begini ceritanya nyesel deh waktu itu nggak ikutan masuk hahaha ..

    BalasHapus
  9. Masya Allah keren banget ini Taman Prestasi, jadi kepengin kesini juga deh. Makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  10. Yaaaahhh..... dilarang pacaran..... padahal pingin pacaran di tempat ini.....

    wkwkwkkwkw

    BalasHapus
  11. Mantab mba. Kirain tadi dari namanua itu taman untuk mereka yg berprestasi apaaa gitu. Ternyata lengkap banget isinya. Surabay emang OK.

    BalasHapus
  12. "dilarang pacaran" muahahaha.
    Berarti sblm plang itu dibuat sempat jadi tempat pacaran ya mbak. Bagus banget tamannya, pantesan banyak yg suka.

    BalasHapus
  13. Harus kesana nih klo nanti pas ke surabya

    BalasHapus
  14. Bagus ya mbak, gratis lagi hehe.
    Kalau suatu hari ke Surabaya, wajib banget ngajak io ke sini

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates