Rencana Liburan Seru ke Jogja bersama Traveloka


Pukul 00.30 adalah waktu me time buatku. Ketika semua penghuni rumah sudah melayang dengan mimpinya, aku mulai bergerilya didepan laptop untuk menuangkan ide dalam ketikan. Malam itu, enam puluh menit setelah menyelesaikan target tulisan, mata mulai sayu dan beberapa kali menguap. Kubuka folder sembarang agar aku punya kesibukan lain untuk membunuh rasa kantuk. 

Kursor tanpa sengaja kuarahan pada folder foto. Mataku terbelalak tertuju pada kata Jogja. Aku klik dua kali folder lama yang seketika menarik perrhatianku. Kubuka satu persatu foto didalamnya. Terbayang kisah liburan yang pernah kulewati dengan Adit di kota gudeg itu. Pikiranku menari-nari dengan indah. Ah, Jogja aku rindu…


masih kurus sebelum datangnya Luigi :p


Jogja (Yogyakarta)
Siapa yang tak rindu ketika mendengar kota Jogja. Sebuah kota kecil yang memiliki tempat sendiri dihatiku. Tidak hanya karena Jogja memiliki wisata alam yang indah, namun yang unik adalah Jogja memiliki tradisi dan budaya lokal yang kental.

Saat matahari mulai menampakkan sinarnya, kusampaikan kerinduanku ini kepada Adit. Kujelaskan panjang lebar bahwa aku ingin kembali ke Jogja. Mungkin karena hawa pagi itu sejuk, akhirnya Adit setuju, kami akan kembali ke kota kenangan itu. Namun tidak di tahun 2018 ini. Kenapa? Karena tahun ini sudah ada jadwal liburan yang sudah kami susun jauh-jauh hari, bahkan sampai akhir tahun.



Tapi bukankah tahun 2019 sebentar lagi. So, tidak ada salahnya merencanakan semenjak sekarang. Iya khan?

Ramadhan sebagai Waktu yang Tepat ke Jogja
Jika dulu aku dan Adit ke Jogja belum ada Luigi, dan mencuri waktu berdua saat libur Nyepi, tapi kedepan targetku ke Jogja bukan hanya untuk ‘lepas kangen’ saja. Namun, aku ingin perjalananku kali ini memiliki hikmah atau sebuah pelajaran yang bisa diambil untuk kami bertiga, aku, Adit dan Luigi. Diusia Luigi yang masih pra aqil baligh, pembelajaran yang paling bagus untuknya adalah menanamkan kecintaan kepada Tuhannya.


masih pakai behel hihi :D

Adit melihat kalender 2019 dan mengamati hari cuti nasional. Dan aku mengusulkan, bagaimana jika tahun depan kami ke Jogja saat Ramadhan. Adit mengernyitkan dahi, masak bulan puasa liburan sih, begitu mungkin yang ada dipikirannya. Liburan saat puasa memang tidak umum, tapi jika tujuannya Jogja SELALU ADA PENGECUALIAN :D 
Mengapa?

1.       Jogja merupakan daerah istimewa yang memiliki budaya bernafaskan Islam. Sebagai provinsi yang dulunya terbentuk karena perpecahan di tubuh kerajaan Mataram Islam, Jogja menjadi sebuah wilayah yang dekat dengan nilai-nilai keislaman, yang disaat bersamaan membaur dengan nilai-nilai budaya khas Jawa.  

suasana kajian saat Ramadhan di Masjid Gede Kauman. Sumber gambar : disini
2.       Selama ini kami hanya pernah merasakan suasana Ramadhan di dua kota yakni Surabaya dan Gresik. Dengan Jogja yang kental budaya Islam, maka kami ingin merasakan syahdunya suasana religius disudut kota Jogja, sekaligus napak tilas sejarah. Dan hal ini tentu masih sejalan dengan target kami yang fokus pada penanaman kecintaan kepada Allah untuk anak kami, Luigi.

3.       Kami juga penasaran ingin mengunjungi Masjid Gede Kauman. Masjid Gede Kauman merupakan masjid tertua yang ada di Indonesia. Dibangun pada 29 Mei 1773, awalnya digunakan sebagai sarana beribadah bagi keluarga raja serta rakyatnya untuk kelengkapan sebuah kerajaan Islam. Masjid ini memiliki sejarah penting saat KH. Ahmad Dahlan berhasil mengoreksi arah kiblat yang memiliki selisih kemiringan 23 derajat. Dan dibulan Ramadhan selalu ada kajian rutin yang bisa diikuti. Nah, kami sekeluarga nantinya bisa shalat tarawih, tadarus dan iktikaf disana. Menjemput malam seribu bulan dengan suasana berbeda.
Tarawih Perdana, Masjid Gedhe Kauman Dipenuhi Ribuan Jamaah. Sumber gambar : disini
 
4.       Ditempat ini saya bisa mengenalkan Luigi pada tokoh bernama Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah. Sejarah perjuangan anak muda yang semangat dalam dakwah dengan cara rasional.

5.       Kami juga berencana berkunjung ke Kampung Kauman. Selain karena ingin berburu jajanan dan kuliner di kampung Kauman, juga sekaligus ingin mampir untuk melihat suasana dipesantren Kauman. Pada zaman kerajaan, kampung Kauman menjadi tempat bagi sembilan penghulu untuk mengurusi dan membawahi urusan agama. Seiring dengan perkembangan waktu, komunitas santri di Kauman semakin berkembang dalam ikatan persaudaraan dan keagamaan. 

sumber gambar : disini
6.       Kami ingin merasakan produk kuliner khas Jogja yang hanya bisa dicicipi ketika Ramadhan, yakni kicak. Kicak terbuat dari perpaduan rasa antara ketan, kelapa muda dan nangka muda. Rasanya manis dan aromanya khas. Kicak adalah kue khas kampung Kauman yang dijual khusus di pasar Ramadhan yang hanya buka didaerah Kauman selama bulan puasa. Konon kicak ini sudah diproduksi di Kauman sejak 1950.

Dan ke-enam alasan inilah yang membuat aku dan Adit sepakat kami akan rencanakan ke Jogja saat Ramadhan. Bulan Ramadhan tahun 2019 diprediksi akan dimulai 6 Mei – 4 Juni. Sementara itu, hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 5-6 Juni. Setelah menghitung semuanya, akhirnya kami putuskan untuk ke Jogja selama 4 hari. Berangkat 29 Mei dan pulang 1 Juni 2019. Setelahnya bisa kami gunakan untuk persiapan lebaran di Surabaya.


berangkat tgl 29 Mei karena tgl 30 merah
tgl 1 Juni masih tgl merah


Mulailah aku memainkan jemari untuk cek harga tiket dan hotel di beberapa situs pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel. Jika kami liburan selama ini, selalu memesan tiket dan hotel secara terpisah. Dan tentunya ini cukup ribet karena pembayarannya pun juga sendiri-sendiri. Mencoba browsing sampai akhirnya aku lihat Traveloka memiliki produk pesawat dan hotel sebagai satu paket. Tentu hal ini akan sangat efisien karena bisa sekali jalan, sekali bayar. Beres. Aku pun mencoba untuk booking tiket pesawat dan hotel ini.

Cara hunting tiket pesawat dan kamar hotel di Traveloka
1.       Download aplikasi Traveloka pada google play atau app store




2.       Pilih menu Pesawat+Hotel




3.       Pilih tanggal berangkat dan tanggal pulang

4.       Isi kota asal dan tujuan, ketik penumpang dan kelas penerbangan yang dipilih.

5.       Lalu akan muncul penerbangan yang dipilih beserta jadwal berangkat dan pulang pesawat



6.       Isi total tamu dan kamar hotel yang dipesan




7.       Kamu sudah bisa memilih mana yang pesawat+hotel yang sesuai dengan keinginanmu




Melalui aplikasi ini kamu dimudahkan untuk mengurutkan berdasarkan harga terendah sampai harga tertinggi. Tidak hanya itu kamu bisa memilih berdasarkan nilai ulasan dan popularitas tertinggi yang sering dipilih oleh traveler


pilihan untuk memudahkan


Saat memilih hotel pun kamu dimudahkan dengan pilihan jenis hotel bintang berapa, fasilitas hotel seperti wifi, kolam renang, juga tipe akomodasi. Apakah memilih homestay, vila, apartemen, hostel, ataukah hotel. Disertakan pula deskrispi hotel secara umum dan nilai hotel dari pengunjung.  Lengkap banget khan ya.


pilihan hotel berbintang dan fasilitas



pilihan type akomodasi



Kelebihan pesan tiket pesawat+hotel Traveloka
Beberapa kelebihan jika memesan paket tiket pesawat+hotel diantaranya :
Menghemat waktu
Sebagai seorang Ibu yang kerjaannya tiada batas (*alah) kita harus jeli dalam memanfaatkan waktu. Termasuk urusan persiapan liburan. Apalagi kalo bukan memilih tiket pesawat dan hotel. Selama ini kita kerja dua kali, hunting tiket dulu, pilih maskapai dan harga yang sesuai kantong, lalu masih harus hunting hotel. Huhu. Bayar sendiri-sendiri pula. Ribet cin :p
Nah, dengan Traveloka sekali klik semua beres.

Lebih murah daripada pesan terpisah
Wah ternyata pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah. Bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.




Buset dagh, kece banget khan Traveloka. Buatku sih lumayan duit sisanya bisa buat persiapan hari raya, untuk oleh-oleh buat keluarga di Surabaya, atau bahkan ditabung buat liburan lagi. Eaa *emakrajinmenabung

Urusan tiket pesawat+hotel serahkan saja sama yang sudah terpercaya. Oia banyak destinasi populer yang disediakan Traveloka saat liburan puasa Ramadhan 2019. Cek aja linknya disini https://www.traveloka.com/libur-nasional/ramadhan ๐Ÿ˜Š

Liburanmu bakalan nyaman tanpa diribetin urusan hunting tiket+hotel disana-sini. Dengan menu tiketpesawat+hotel dalam satu paket tentu akan memudahkanmu. Saving time and money. Yuk liburan dan rencanakan bersama Traveloka !!!

Traveloka dulu, momen seru kemudian ๐Ÿ˜Š



Referensi :

http://jalanjogja.com/menengok-sejarah-masjid-gedhe-kauman/ diakses 26 September 2019 pukul 23.00 WIB

https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-travel-guide/7-ambiences-to-feel-while-in-jogja/photo-gallery/7/ diakses 26 September 2019 pukul 23.05 WIB

http://pesonajogja.net/2017/06/09/tradisi-ramadhan-di-jogja-yang-tak-lekang-oleh-zaman/ diakses 26 September 2019 pukul 23.10 WIB

http://www.jogja.co/kicak-kuliner-khas-jogja-yang-hanya-ada-di-bulan-ramadhan/ diakses 26 September 2019 pukul 23.15 WIB
 



39 komentar :

  1. Traveloka ituuuu da besssttt... Selalu always pake traveloka hehe. Dan yess yg paketan itu lbh murah jatuhnyaa ...

    Kangen Jogjaaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba lebih murah kalo sekalian :) duh pada rindu Jogja nih :D

      Hapus
  2. Waahhh Luigi mau liburan anti mainstream bangeeettt.
    Jarang banget ada yang liburan di bulan Ramadhan loh.
    Tapi justru itu sisi menariknya. Terlebih bawa anak ya.

    Saya terakhir ke Jogja tahun 2015 kalau gak salah, sudah kangen juga.

    Jadi pengen ikutan rencanain liburan pakai traveloka mulai sekarang.
    Saya belum pernah pakai traveloka yang paketan, baru nyoba2 aja sih dan emang jadi lebih murah .
    Bahkan bisa pesan ama transportasi yang antar jemput ke bandara :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener mba, ini liburan anti mainstream haha :D tapi pasti seru lah karena Traveloka ngasih banyak kemudahan :D

      Hapus
  3. Eh bener loh pesen tiket + hotel sekalian itu beneran kerasa diskonnya.

    Btw ide bagus juga nih ke jogja pas ramadhan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ide menarik ya mba, gak umum deh liburan pas puasa, tapi patut dicoba. karena ada Traveloka yang memudahkan :D

      Hapus
  4. JOGJAAAA!!! Nggak pernah bosen ke sana. Yuk, mba. Bulan depan kayaknya aku mau jalan2 ke sana huehe

    BalasHapus
  5. Juni yg lalu saya traveling ke Yogyakarta bareng suami.. Kami jatuh cinta banget sama Yogyakarta, dah pengen ke Yogyakarta lagi..

    BalasHapus
  6. wah uda terbittt....mama luii. keren deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan kekuatan bulan ala Sailormoon, akhirnya tulisan ini bisa kamu baca :D

      Hapus
  7. Whuaaa Jogja juga masuk wishlist aku liburan tahun depan. Nanti cek-cek ah ke Traveloka, pesannya gampang dan harganya jujur yaa..

    BalasHapus
  8. Samaaa...Aku dan suami selalu bikin rencana jauh-jauh hari kalau mau traveling, Mbak Septi.
    Pesan tiket dan hotel masih dapat harga yang murah kalau di awal. Apalagi paket seperti Traveloka ini. Hemat sekali.
    Oh ya, aku juga biasa sudah jalan saat Ramadhan Mbak. Mumpung anak-anak dah libur dan Bapake bisa cuti ya cuss pergi, lalu bablas langsung mudik.

    BalasHapus
  9. Aku & emak2 satu RT keliling Yogya & kepergian itu udah dirancang selama 1 th. Dan pd pelaksanaanya heboh & seruuu...Yogya selalu ngangenin..hehe

    BalasHapus
  10. Ramadan di Jogja memamng seru banget Mbak. Dijamin kerasan dan ketagihan, hehe. Booking2nya, ya teteplah Traveloka.

    BalasHapus
  11. Cari suasana yang beda ya, Mba. Bulan Ramadhan. Memang traveloka paling Ike.

    BalasHapus
  12. Traveloka langganan saya sekeluarga. Masih ingat waktu putra ketiga saya wisuda di Curug Tangeran, travelokalah yang mengurus semuanya. Mulai dari tiket hingga hotel. Traveloka emang juara.

    BalasHapus
  13. Saya jg kalo beli tiket pesawat atau hotel pasti dari traveloka. Makasih mba ulasannya

    BalasHapus
  14. Traveloka memang selalu juaraaa

    BalasHapus
  15. Sudah lama ngga ke sana mba, pasti sekarang udah jauh berbeda ya suasananya. Memang kalau dipersiapkan dari sebelumnya pasti lebih tenang dan nyaman. Makasih ya infonya

    BalasHapus
  16. Is so well prepare. Daku kalau mau pergi kalau direncanakan suka tidak jadi. Semangaat liburan.

    BalasHapus
  17. Saya juga kemana2 pakai traveloka. Soalnya simpel, cepat dan harganya bersahabat.

    BalasHapus
  18. Sama donk mba andalan kita untuk cari tiket maupun hotel pasti Traveloka. Udah ga ada biaya lain lain lagi. Jadi gak pusing. Hehe

    BalasHapus
  19. Mudah dan praktis pesan tiket perjalanan maupun penginapan, dan selalu nyaman soalnya ada Traveloka yang menemani

    BalasHapus
  20. Waah boleh tuh mba liburan sekaligus wisata rohani yaah. Duh jd kanhrn Jogja, kota kenangan banget

    BalasHapus
  21. Waah luigiii, asyik banget kamu liburannya mau ke jogja ya? Itu kampung halamannya tante loh. Kalai ke jogja lagi, berkabar yaaaa

    BalasHapus
  22. Jadi pingin ke Jogja lagi, boleh juga nih jalan pas puasa yaa, seru-seruan cari takjil di Jogja, menikmati suasana ramadhan.

    BalasHapus
  23. Traveloka juga jadi favoriteku kalau liburan๐Ÿ˜๐Ÿ˜ mb septi keren deh planningnya tahun dpn udh dari sekarang๐Ÿ˜

    BalasHapus
  24. Aku juga pakai traveloka mbak, merencanakan liburan jadi mudah dan bisa dapet diskon juga. Eh itu tanggal merahnya mantap juga ya, aku malah belum cek tanggalan tahun 2019 ��

    BalasHapus
  25. Makin kesini yogya selalu makin di hati. Apalagi kuliner seperti kicak , gudeg . ah jadi pengen kesana barsama traveloka

    BalasHapus
  26. Boleh banget neh Mba liburan ke yogya.
    Beli tiket di traveloka murah ya.

    BalasHapus
  27. Mantaap nih, bisa jadi referensi saya saat jalan-jalan liburan ke Jogja besok :)
    Lengkap dan nyaman ya mba pakai Traveloka

    BalasHapus
  28. udah lama banget nih aku pengen ke Yogya.. rasanya kalo temen2 cerita tentang Yogya tuh langsung mau cepet2 jalan2 ke sana bareng keluarga. :)

    BalasHapus
  29. emang enak sekarang ya, bepergian gak pake ribeut, cari aja tiket lewat traveloka. beres :-)

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates