Melihat Suro, si Hiu yang Menyemburkan Air di Taman Skate&BMX

13 Juli 2018 malam itu saya sengaja mengajak Luigi berkeliling Surabaya pada malam hari. Kali ini tujuan saya adalah Taman Skate&BMX. Jam menunjukkan pukul 19.00 WIB saat kami tiba di taman. Taman ini terletak di bantaran sungai Kalimas. Sungai yang menjadi salah satu icon wisata kota Surabaya. Untuk bisa sampai ke taman Skate&BMX, saya dan Luigi berjalan dari parkiran menuju lokasi yang letaknya dibelakang Plaza Surabaya.




Walaupun sambil terengah-engah karena berjalan kaki sambil menggendong Luigi, kami disambut dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Yup indahnya sungai kalimas. Dengan warna-warni hiasan yang menggantung diatas air, juga patung Suro dan Boyo yang menghadap kearah sungai kalimas. Uniknya mulut Suro si ikan hiu ini menyemburkan air mancur yang keren.




Taman ini sungguh berbeda dengan taman lain di Surabaya. Sesuai namanya, taman ini lebih banyak untuk area berlatih olahraga ekstrim seperti sepeda BMX dan skateboard. Difasilitasi untuk yang amatir sampai yang professional. 

Yang pasti dengan adanya fasilitas seperti ini arek Suroboyo memiliki wadah berlatih olahraga ekstrim ditempat yang aman, bukan dijalanan. Jika kalian pernah ke Taman Bungkul mungkin kalian akan berfikir sama saja. Namun sebenarnya arena di taman ini sudah berstandar internasional. Taman ini lebih banyak dikunjungi pada malam hari.




Namun meski dikunjungi siang hari, taman ini tak kalah menarik. Jika beruntung, anak-anak bisa melihat perahu wisata yang menyeberangi sungai. Di minggu siang 26 Agustus saat itu ada lomba dayung perahu naga antar SMA Surabaya Sidoarjo. 

Sengaja saya mengajak Luigi hari itu agar Luigi bisa menyaksikan kompetisi dayung di kalimas dari taman Skate/BMX. Dimulai dari Monkasel, lomba dayung perahu naga ini diadakan pemerintah kota Surabaya untuk mewadahi dan menambah jam terbang pendayung siswa siswi yang ada di Surabaya. Diharapkan agar pedayung Indonesia ada bibit-bibit baru tiap tahunnya sehingga dapat mencapai target kejuaraan dunia.


melihat lomba dayung


Apa yang bisa dilakukan bersama Luigi disini?
1.       Menyaksikan dan merasakan cipratan air dari mulut Suro. Tentu ini akan jadi pengalaman menarik, karena saat ini Luigi sedang menyukai segala hal mengenai air mancur.




2.       Melihat kakak-kakak berlatih olahraga sepeda BMX dan yang sedang skateboard. Hal ini merupakan pengalaman yang baru buat dia. Bahwa bersepeda tidak hanya dilakukan di tempat datar, namun juga tempat yang meliuk dan naik turun.
3.       Melihat indahnya Surabaya pada malam hari sambil dikejauhan melihat lalu lalang kendaraan didepan Grand City Mall yang akan naik menuju viaduct
4.       Berlarian yang pasti akan menguatkan motorik kasarnya dan keseimbangan tubuhnya.




5.       Dan yang pasti menceritakan sejarah Suro dan Boyo dengan bahasa yang sederhana. Suro adalah nama hiu dan Boyo adalah nama buaya. Mereka menjadi lambang kota Surabaya yang saat ini Luigi tinggali. 
6.       Secara kebetulan di tempat yang sama, banyak muda mudi yang sedang melakukan sesi fotografi disini, sekalian dikenalkan bahwa kakak-kakak tersebut memfoto obyek karena hal tersebut dianggap bagus atau menarik.
7.       Melihat kompetisi dayung perahu yang menarik. Para peserta bersatu meneriakkan yel-yel agar semangat. Hal ini tentu mengajarkan Luigi apa yang dinamakan kerja sama. Tujuan akan mudah diraih jika bekerja sama dengan orang lain. Jika dilakukan individu dan tidak kompak, tentu perahu mereka tidak akan berjalan dan pasti tidak mencapai tujuan garis finish yang ditentukan panitia. Mengajarkan anak untuk tidak menyerah dalam meraih yang diinginkan. Tidak ada hasil yang mengkhianati proses jika dilakukan secara sungguh-sungguh bersama-sama.
8.       Dan tentunya mengajarkan bersukur kepada Allah karena Luigi bisa melihat indahnya suasana malam di taman Skate&BMX karena Allah memberi nikmat kedua mata, mendengar gemericik air yang keluar dari mulut Suro karena Allah telah memberi nikmat kedua telinga. Dan karena kulit yang sehat, Luigi bisa merasakan sensasi cipratan yang membuatnya ingin dekat dengan sumber air. Alhamdulillah karena kesehatan sehingga bisa sampai dengan selamat ke taman ini.

Sampai jumpa di #dolenkaroLuigi ditempat asik lainnya di Surabaya ya :D




Taman BMX&Skate
Jalan Pemuda
Surabaya
Biaya Masuk : Gratis



1 komentar :

  1. Luiii, enaknya jalan-jalan mulu :D
    Dulu tempat ini jadi favorit kami, sewaktu adek bayi belum lahir.

    seru banget di sini, mulai dari masuk monkasel dulu, terus ke taman ini deh

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates