Ulasan Buku Kerja Let’s Stikers&Paste Kumon


Kumon first steps workbooks merupakan buku pembelajaran Luigi dirumah. Buku kumon didesain sebagai buku kerja untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus sebagai persiapan untuk menulis huruf dan angka.

Anak-anak membutuhkan banyak jam terbang untuk melenturkan kekuatan jari tangannya karena menulis tidak sekedar menggerakkan tangan. Namun jari-jarinya pun juga harus distimulasi. Anak-anak yang motorik halusnya tidak terlatih akan kesulitan menggenggam pensil, kesulitan menggengam balok, dan tangan yang lemas.




Nah buku ini merupakan buku yang membantu anak-anak berusia dua tahun belajar keterampilan dasar yang penting sambil bersenang-senang. Selain itu memungkinkan orangtua dan anak-anak untuk berbagi waktu bermain bersama-sama. Dan buku ini disusun step by step sehingga anak akan mengembangkan keterampilan kontrol motorik halus saat memperoleh kosakata baru didalam obyek gambar. Buku yang sangat cocok untuk bahan homeschooling untuk anak usia dua tahun.

Didalam Buku Kerja Let’s Stikers&Paste Kumon, dijelaskan mengenai tujuan buku ini diantaranya  :
1.       Mengembangkan keterampilan motorik halus
Anak akan meningkatkan kekuatan dan ketangkasan jari. Ini akan membantu anak memegang dan menggunakan pensil dengan benar, yang merupakan keterampilan penting untuk pembelajaran menulis
2.       Meningkatkan keterampilan menempel
Jika anak dapat menempelkan lem pada selembar kertas dan menempelkannya pada area yang ditentukan, maka dia telah menguasai keterampilan dasar menempel.

Pada umumnya anak-anak biasanya mengembangkan keterampilan menempel dalam urutan berikut : Melepas stiker dan menempelkannya, Menempelkan stiker dan bagian kertas ke bentuk pencocokan gambar latar belakang dan Menggunakan jarinya untuk mengoles lem pada bagian-bagian kecil dan tempelkan pada bagian yang ditunjuk.

Latihan dalam buku ini dirancang untuk anak melalui cara diatas selangkah demi selangkah, sehingga dia menguasai setiap langkah sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih sulit. Manfaat lain dari buku ini adalah untuk meningkatkan kemampuannya berkonsentrasi dan fokus.



3.       Meningkatkan kemampuan bentuk dan kemampuan pemosisian .
Anak akan belajar mengaitkan kata-kata seperti “lingkaran” dan “persegi” dengan bentuk aktual yang diwakili oleh kata-kata. Dia akan belajar untuk menempelkan bentuk serta menempelkan potongan kertas besar dan kecil ke gambar latar belakang. Kreatifitas anak dan kemampuan pemosisian bentuk akan ditingkatkan sesuai urutan worksheet. Selain itu, melalui belajar menempelkan stiker atau bagian kertas area yang ditentukan, ia akan mengembangkan kemampuan penentuan posisi (ketajaman visual)


Dan juga halaman yang menjelaskan tips menerapkan untuk anak
Bersantai dan nikmati
Kumon first steps workbooks dirancang agar anak-anak dan orangtua dapat belajar dan bersenang-senang bersama. Guru terbaik anak adalah belajar dari orangtua yang aktif dan partisipatif, jadi kami diingatkan untuk membantu anak dengan kegiatan dalam buku ini. Dengan membantu anak, kita sebagai orangtua mendorong dia untuk mengembangkan keinginan untuk belajar, serta meletakkan fondasi bagi anak untuk menjadi pembelajar yang bermotivasi diri sendiri



Bagaimana memilih lem
Harap hindari menggunakan lem dengan bau yang kuat. Pilih produk yang aman dalam wadah yang mudah digunakan. Yang terbaik untuk anak-anak adalah lem yang dapat diaplikasikan dengan tangan. Anak-anak menikmati pengalaman sentuhan menyebarkan lem dengan jari-jari mereka.

Tips untuk menggunakan lem
Mulailah dengan mendorongnya dengan menempelkan lem pada kertas bekas. Kemudian minta anak menggunakan jarinya untuk menyebarkan lem ke area yang ditentukan.
Sebarkan lem tipis-tipis secara merata dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah dan membuat gerakan spiral. Namun tidak masalah jika si kecil hanya menggunakan satu jari. Ketika anak menempelkan bagian-bagiannya ke kertas, dorong anak untuk memegang kertas dengan satu tangan dan menempelkan untuk tangan satunya. Karena ini sulit untuk anak-anak, kita dapat memegang kertas untuk anak membantu anak diawal.



Bagaimana menempel
Anak mungkin sudah akrab dengan bermain dengan stiker, tapi mungkin dia hanya terbiasa menempelkannya secara acak. Mungkin sulit pada awalnya anak menempelkan stiker di tempat yang ditentukan, tapi bersabarlah. Pada waktunya anak akan menguasai keterampilan ini.



Tidak masalah jika anak tidak dapat menempel dengan akurat atau jika gambar yang dia buat tidak sempurna. Dia akan secara bertahap belajar untuk menempelkan bagian-bagian ke area yang ditentukan.

Ketika anak pertama kali mencoba untuk menempel bagian ke latar belakang, dorong dia untuk meletakkan ujung-ujungnya terlebih dahulu dan kemudian perlahan-perlahan tekan sisa bagian itu ke tempatnya. Secara bertahap belajar bagaimana menyelaraskan dan menempelkan bagian-bagian ke area yang ditentukan.



Yang paling saya suka dari buku ini adalah
1.       Didesain per tahapan belajar, dari yang paling mudah sebagai pengenalan, sampai meningkat yang paling sulit sesuai urutan worksheetnya.
2.       Gambarnya colorfull dengan kertas yang tebal. Pasti menarik untuk anak usia dini
3.       Tidak hanya menempel namun anak bisa belajar kosa kata baru dari setiap latihan
4.       Ada petunjuk ilustrasi setiap halaman
5.       Ada keterangan yang jelas mana gambar yang perlu dibantu orang tua untuk digunting
6.       Semua gambar adalah hal yang familiar oleh anak, kecuali yang tidak sering dilihat anak pun kita diberi petunjuk point kosa kata barunya.
7.       Menstimulasi tidak hanya satu indra, namun beberapa indra dalam satu pembelajaran
8.       Karena dalam bentuk buku, sehingga tidak tercecer dan bisa disimpan sebagai kenang-kenangan belajar.



Ini merupakan workbook yang terkurikulum dan sangat recomended untuk menerapkan homeschooling untuk anak dua tahun. Paket komplit, karena anak belajar warna, belajar bentuk, tekstur lem yang lengket (indra peraba), pemosisian dengan gambar latar belakang (visual), belajar fokus dan konsentrasi, belajar kosa kata baru (indra pendengaran) dalam satu buku. 

Selama menggunakan buku ini Luigi tidak pernah bosan, dan jika ditawarkan tidak pernah menolak. Mungkin untuk awal-awal dia merasa jijik dengan tekstur yang lengket, namun setelah dipresentasikan caranya dan melihat gambar yang menarik dia pasti semangat.



Bahkan Luigi di usia 25 bulan pernah menyelesaikan 8 worksheet dalam satu waktu. Dan sekarang dia telah menyelesaikan buku pertama tepat diusia 26 bulan. Pengerjaan buku ini dimulai 27 Maret 2018 dan berakhir 18 April 2018 sejumlah 39 worksheet. Sekarang Luigi sudah belajar di buku Kumon tahapan berikutnya yakni More Let’s Stikers&Paste yang merupakan kelanjutan dari buku ini.



Asiknya lagi, buku ini dilengkapi dengan sertifikat yang menunjukkan anak telah menyelesaikan keseluruhan workbook. Mungkin kertas ini tidak akan berguna buat Luigi, tapi berharga buat saya. Sebagai catatan kebaikan dia. Kebaikan semangat belajarnya, terus antusias, dari yang tidak tau cara memakai lem, dicicil mengerjakan, kadang setelah Shubuh, atau pagi sebelum saya pergi, atau bahkan malam. Kadang dapat satu worksheet, kadang bertahan fokus mengerjakan 5 worksheet. Akhirnya selesai juga. Terimakasih Luigi sudah semangat belajar sama Mama.



Oia karena beberapa teman di Instagram @akuanggraenisepti tertarik menggunakan buku serupa, InsyaAllah Mama Luigi akan menjual buku seri Kumon dengan harga yang terjangkau. Kenapa terjangkau? Karena Luigi beli buku ini di ELC seharga 85rb untuk satu buku. Ya mungkin saja saya bisa menjual dengan harga yang lebih murah. Semoga bisa membantu Mama lain memberi kegiatan yang edukatif untuk si kecil dirumah. Dan esok bisa jadi bloggerpreneur. Hihi. Amin. Semoga lekas terealisasi ya :)




*update 03 Mei 2018
Akhirnya saya jadi jual buku seri Kumon yeeyyy, cek di Instagram @akuanggraenisepti ya :D

24 komentar :

  1. Buku edukatif untuk anak-anak,suka semoga bisa memilikinya ya untuk anakku.

    BalasHapus
  2. Ah dari dulu aku penasaran buku ini beli di mana. ELC tho. Kalau buat SID ada gak? Dia suka banget stiker tapi ya asal tempel.

    BalasHapus
  3. Kreatif nih dan pas buat keponakanku nih kayaknya mba. Soalnya orangnya juga kreatif

    BalasHapus
  4. Wah "pemosisian" kyknya idenya oke jg nih buat ngajarin anak2, tapi kuprint sendiri hehe TFS

    BalasHapus
  5. wah mauuu mbaa kalau harganya nyungsep. aku seneng lihat pembelajarannya luigi di feed instagram 🤗🤗

    BalasHapus
  6. Kumon kayaknya bagus, ya. Bukunya juga bagus, deh.

    BalasHapus
  7. Aku jadi ingat pernah menjadi salah satu tutor di Kumon.
    Daaan...
    Seneng.

    Melihat perkembangan anak dengan masing-masing keunikannya.
    Tidak seperti di sekolah yang di sama ratakan.

    BalasHapus
  8. Bukunya bagus bnget. Aduh, sygny skrg anak ak udh TK tp malah pengen buku yg seri ini. Haha. Kepoin ignya ahh..

    BalasHapus
  9. Keren nih bukunya. Kumon memang punya metode yang bagus ya untuk membantu perkembangan anak, khususnya untuk aspek intelektual. Dulu taunya Kumon kayak model kursus aritmatika gitu hehe

    BalasHapus
  10. Bagus ya buat melatih ketrampilan anak..

    BalasHapus
  11. Mbak, sulungku ikutan les Kumon dari TK sampai sekarang SMP kelas 7. Dan memang metodenya bagus!
    Senangnya sudah ada bukunya di pasaran. Dulu yang bisa belajar ini hanya yang les saja. Semoga semua bisa ikut merasakan Kumon melalui bukunya dan belajar di rumah bersama orang tua:)

    BalasHapus
  12. Amin, ditunggu bukunya ya mba supaya lebih murah,hihihi.

    Bagus dan kreatif sekali, cocok untuk anak-anak ;)

    BalasHapus
  13. Bagus bukunya..cocok buat ngado keponakan nih...

    BalasHapus
  14. Tulisan mba Septi ini selalu mencerahkan.sayang anakku udah mau TK, hihihi.. padahal kayaknya bagus banget ya,, buat batita

    BalasHapus
  15. kreatif banget yah kumon mba :)

    BalasHapus
  16. Whuaa seneng dateng ke blog mama Luigi selalu dapet sesuatu yang baru buat anak. Buku ini cocok banget buat anakku, trims infonya ya mba

    BalasHapus
  17. Wah keren ni bukunya. Mau dong satu buat anakku 😁😁

    BalasHapus
  18. Mbak Septiiiii, seru banget bisa dibuat kenang-kenangan. Mas Luigi duduknya udah bisa tenang yaa, jadinya makin asik main stikernya

    BalasHapus
  19. Kegiatan yang bisa menstimulasi motorik halus anak-anak ya...
    Katanya nanti tulisannya bakalan bagus, kalau yang suka di stimulasi.

    BalasHapus
  20. Wah bagus tuh bukunya mbak. Bisa merangsang perkembangan motorik juga. Paling tidak dari rumah anak sudah mendapatkan modalitas belajar yg benar ya

    BalasHapus
  21. Berarti nanti bisa beli lewat mbak Anggraeni ya? Bagus bukunya nih. Mau beliin buat keponakan nih, tapi rumahku jauh..

    BalasHapus
  22. Bukunya bagus.. Aku menunggu mbak, kalo harganya bisa jadi lebih murah hehe

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates