Kamis, 19 April 2018

Surabaya Punya Mini Agrowisata

Setelah kemarin mengikuti pelatihan The Secret of Enlightening Parenting selama dua hari full, esoknya saya berfikir harus ajak Luigi ke alam bebas. Sebelumnya saya sudah merencanakan akan mengajak Luigi ke Mini Agrowisata, namun selalu terkendala waktu. 

Nah pagi itu (9/4) saya tidak ada alasan yang lebih berat dan penting kecuali harus ajak Luigi belajar outdoor. Apalagi dua minggu sebelumnya saya sudah survey lokasinya dijam pulang kerja nan padat. Niat banget khan gue muahaaha.




Emangnya dimana sih Mini Agrowisata? Di Surabaya dong, yeyyy kota kelahiran aku ada beginian yang biasanya cuma ada di daerah pegunungan seperti Pandaan atau Malang. Kenapa mini? Karena berdasarkan informasi memang agrowisata ini berdiri dilahan 6.000 meter persegi. Meski tak sebesar agrowisata di kota lain,  namun dengan kondisi kota Pahlawan yang sudah padat dan sangat panas, Mini Agrowisata ini sudah cukup sebagai tempat rekreasional maupun tempat edukasi. Mini Agrowisata dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.




Wah begitu masuk, kami akan disuguhkan pemandangan khas perkebunan. Disisi kiri pinggiran got terdapat kolam ikan hias yang bergerombol. Disisi kanan ada kolam ikan terapi. Yup, kami bisa masukin kaki dan kemudian kawanan ikan akan menciumi kaki kita. Geli book :D




Kolam ikan terapi,  Lui berani masukin tangannya

Ada banyak pohon buah seperti mangga, belimbing, bahkan deretan terong berjajar dengan cantiknya. Ada juga berbagai tanaman seperti anggrek dan berbagai sayuran. Juga hamparan bibit tanaman yang masih terus dikembangkan.




Ini loh pohon terong
Di sudut peternakan juga ada ayam petelur, kambing, kasuari, ayam kalkun. Kami bisa mengamati para telur yang sedang makan bahkan detik-detik mengeluarkan telurnya. Juga bisa memberi makan kambing yang jumlahnya kira-kira belasan.

Kambingnya ada yang kecil

Mini Agrowisata ini terbuka untuk umum. Bahkan untuk murid sekolah mulai TK sampai mahasiswa untuk belajar. Kebetulan saat Luigi kesana, kami berbarengan dengan salah satu SD swasta Surabaya dan murid SMA Sidoarjo. Kata Pak Satpam, untuk sekolah atau komunitas sebelum berkunjung kesana, disarankan memberi pengajuan proposal terlebih dahulu.


Ayamnya maem Lui

"Lui liat telurnya"

Untuk kalian yang memiliki anak usia toddler seperti Luigi atau guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tempat ini cocok untuk memaksimalkan stimulasi sensori anak. Memegang berbagai tekstur sayuran dan buah yang ada. Juga berinteraksi dengan binatang yang pasti menyenangkan. 

Dan seperti kata bapak multiple intelligenseHoward Gardner bahwa salah satu jenis kecerdasan anak adalah cerdas naturalis,  yakni berkaitan dengan kepekaan terhadap lingkungan dan alam. Dan kecerdasan naturalis juga harus dibangun. Jika anak sering diajak ketempat seperti ini, maka bisa menumbuhkan sikap untuk ingin mengenal, ikut memelihara, dan mengeksplorasi lingkungan lebih luas. Dan tentunya membuat anak senang berada di alam seperti pantai, gunung,  kebun, dan sawah. 

Saya ingat dulu sengaja membawa Luigi kedesa hanya untuk berinteraksi dengan alam. Kalo di Surabaya sudah ada pembelajaran alam yang natural gini, cuzzzz kesini.

Baca juga : (Sensory Play untuk Luigi)



"Mama, Lui pegang tok." "Ok boleh"



Penasaran jam bukanya? Nih dibisikin jam bukanya, supaya enggak kayak saya pas survey lokasi yang sudah kesorean dan mau tutup pula, haha. Hari Senin – Jumat buka jam 08.00-14.00 sedangkan Sabtu – Minggu buka jam 09.00-15.00. Oya meski perkebunan dan peternakan tapi tempatnya instagramable juga kok. Jadi masih bisa pepotoan seru dan sebagai bahan ngisi media sosial. *eaatetep :p

Sekian tulisan singkat ini, semoga bermanfaat ya ☺ Maaf kebanyakan poto-potonya,  hihi sekalian merapikan kenangan 


Ini yang paling menarik buat Lui

Mini Agrowisata
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya
Jl Pagesangan II No. 56
Surabaya 

38 komentar:

  1. Asik ya bisa liburan sambil belajar dari alam.

    BalasHapus
  2. seruuu yaa....bisa mengenalkan anak tentang alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget mbak, cuma panas haahha :D

      Hapus
  3. Duh asik ya bisa buat belajar tentang alam bagi anak-anak. Mamaku aja paling senang wisata agrowisata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener nih, wisata semua kalangan dan umur, yes

      Hapus
  4. Suka banget tempat wisata kayak gini. Adem dan edukatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat edukatif untuk anak-anak, apalagi yang tiap hari ketemu tembok dan TV hihi

      Hapus
  5. Noted. Tempat asik buat Salfa studi tur tentang penasarannya dengan alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cocok buat mba Salfa nih mbak Amma :)

      Hapus
  6. Keren ada agrowisata di tengah kota. Tempatnya asyik pula. Bisa bermain sambil belajar...Milik Pemkot Surabaya lagi. Wow, salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup Bu Risma :D hidup dinas Pertanian Surabaya :D

      Hapus
  7. Asik ya...anak-anak bisa bermain sambil belajar.
    Saya paling gak tahan kalau masukin kaki ke kolam ikan terapi, geliii..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga geli mbak, gak berani :D

      Hapus
  8. Whuaa seru yaa... Sayang jauh di Surabaya, etapi insya Allah nti anakku skolah di skolah alam jadi mirip-mirip laah... hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolah Alam dimana mbak @dwi arum? keren tuuuh

      Hapus
  9. Jadi pengen ke sana loh, bawa anak2. Thanks infonya

    BalasHapus
  10. Wah pengen ke sini bawa keponakan, tapi sayangnya jauh mbak di Surabaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada kesempatan main-main ke Surabaya ya mba Anind :)

      Hapus
  11. Bisa bermain sambil belajar di sini sambil ajak anak-anak. Seru nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, belajar sambil bermain :)

      Hapus
  12. Tks infonya ya..besok pas ke Surabaya pasti ke situ deh

    BalasHapus
  13. Lumayan buat ngadem ya mbak. Apakah anak kecil di bawah 3 tahun bayar?

    BalasHapus
  14. Keren mba... bikin anak-anak seneng maen di alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Bety, anak-anak pasti seneng :)

      Hapus
  15. Saluut dengan dibuatnya mini agrowisata ini, anak-anak bisa bermain sambil belajar ya

    BalasHapus
  16. Bagus banget tempatnya, anak jadi mengetahui alam, berbagai tanaman dan lainnya. Makasih mba infonya ntar kalo ke Surabaya mampir ah😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk ah mba amer, mampir ya kalo ke Surabaya :)

      Hapus
  17. Baru tau Surabaya punya ini. Baiklaah kapan-kapan lewat Pagesangan mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru ini makmin, mampiro yo. jangan lupa putu-putunya juga wkwkwk :D

      Hapus
  18. Aku belum pernah ke sini mba. PAdahal pernah tinggal di SUrabaya 6 tahun loh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh Umi Alida pernah tinggal di Surabaya lama toh ternyata :D Ini baru kogh Umi, beberapa spot juga masih proses pembangunan :)

      Hapus
  19. seruuu, bagus sekali untuk anak-anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Egy, anak-anak pasti suka :)

      Hapus