Bermain dan Belajar di Kidzooona



Sabtu, 24 Februari kemarin adalah hari yang bikin bingung. Karena saya harus pulang ke Gresik, sementara besok paginya balik lagi ke Surabaya. Sehingga, membawa Luigi atau tidak ke Gresik adalah  keputusan pelik *tsaaaaealah*. Iya sih, kami ke Gresik bakalan naik taxi online. Tapi, kalau paginya sudah balik lagi, apa dia tidak capek di jalan. Akhirnya saya ada ide lewat selintas. Luigi tidak saya bawa serta ke Gresik, namun sebelum pulang, saya mau quality time sama dia. 



Yes, pilihan jatuh pada nge-mall, haha. Maunya sih jalan-jalan ke taman, tapi cuaca siang Surabaya sedang tidak bersahabat. Gerimis manja menyelimuti awan dilangit. Akhirnya kami ke Plaza Tunjungan. Yeyeye, mama senang. Sudah lama enggak nge-mall. 

Sebelumnya saya bilang sama Luigi saat persiapan berangkat, bahwa setelah ini ikut mama bermain di TP ya. Dianya langsung antusias bilang “itut TP” yang maksudnya ikut ke TP. TP aja belum tentu dia ngerti.

Nyampe penurunan di Lobby TP 2 Luigi tidur melulu. Turun dari Uber, Luigi masih tidur. Sementara saya tidak membawa gendongan apapun. Hanya membawa tas ransel yang isinya penuh perlengkapan dia. Dan hidup terus berjalan. Saya gendong Luigi sejak turun di Lobby TP-2, muter-muter buat nyari TP 6. Dan sodara-sodara TP 6 ini masih baru. Jadi butuh waktu buat saya menuju kesana. 

Setelah tanya sana sini, ngelilingin SOGO dulu, naik ke XXI TP 3, akhirnya sampai juga di TP-6. Yeyyyy nyampe. Dan itu saya gendong Luigi dengan bermodal kedua tangan sambil juga menggendong ransel dibelakang. Wow gendong "bayi" 24 bulan yang sudah 11 kg muterin TP lumayan juga ternyata. Dan kami sampai di Kidzooona yang bertempat di Plaza Tunjungan 6 lantai 4.



Kidzooona merupakan taman bermain dalam ruangan untuk belajar lewat bermain. Dalam Bahasa Jepang kidzooona berasal dari kata Kizuna, yang berarti “ikatan” atau “hubungan”. Kidzooona bertujuan membawa anak-anak dan orangtua dari berbagai usia untuk bermain dan membangun ikatan yang kuat. Berikut ini harga tiketnya.  Dibagi menjadi dua.  Main satu jam atau sepuasnya. 



SATU HARI
SATU JAM
REGULAR
 Weekday
 Rp        90.000
 Rp     60.000
 Weekend n Holidays
 Rp      150.000
 Rp     90.000
 MEMBER
 Weekend
 Rp        70.000
 Rp     45.000
 Weekend n Holidays
 Rp      130.000
 Rp     75.000
 
Harga tersebut sudah termasuk satu orang dewasa. Dan jika ada penambahan orang dewasa dikenakan biaya Rp. 30.000 per orang.
Dan karena hari itu Sabtu, maka saya dan Luigi memilih bermain sepuasnya dan membayar Rp. 150.000.

Kami ditanya apa membawa kaos kami, baik anak maupun pendamping. Luigi bawa dan saya tidak. Karena diwajibkan menggunakan kaos kami, maka saya harus membeli kaos kaki yang tersedia disana seharga sepuluh ribu saja. Lalu setelah membayar kami diberi gelang berwarna merah muda dan boleh masuk.

Wawwwww, wahana bermainnya luas banget. Permainannya bener-bener edukatif semua. Ada banyak pilihan permainan yang bisa disesuaikan umur anak.



Berikut ini pilihan permainannya :

Toys corner
Sudut mainan ini merupakan wilayah kidzooona yang isinya adalah permainan edukatif. Misalnya wire beads atau alur kawat manik, papan kayu busy board yang cara kerjanya bagaimana anak bisa membuka dan menutup pintu, permainan “kota mini”. Menurut saya disudut ini anak distimulasi untuk dikembangkan ide kreatifnya untuk berfikir memecahkan masalah.





Sensory play
Disudut ini anak bermain pasir kinetik dengan membuat cetakan beragam bentuk yang disediakan. Disediakan kursi kecil sehingga saat bermain anak bisa fokus duduk untuk berkreasi sambil sensory play. Mengembangkan indra perabanya dengan tekstur pasir buatan.


Tak jauh dari pasir kinetik ada permainan untuk mencetak tangan. Dan Luigi seneng banget main ini.



Ball poll
Merupakan daerah kidzooona dengan lautan bola. Tidak hanya bermain bola anak juga bisa bermain ala anak Pencinta Alam, naik di titian simpul dan prosotan. Saya ini Ibu yang berusaha tidak membawa anak ke permainan mandi bola. Karena alasan kebersihan. Tapi tenang saja, bola di kidzooona bukan seperti permainan mandi bola yang lain. Bolanya dari plastik dengan kualitas bagus dan sangat bersih.



Air Track
Track Udara ini merupakan area anak untuk melompat setinggi mungkin. Seperti trampolin. Permainan ini bagus banget untuk stimulasi indra keseimbangan.



Cyber Whell
Permainan berputar dalam roda menarik sekali. Karena anak akan digulung dalam roda yang berputar. Berputar dalam roda membuat tubuh anak lebih kuat. Menurut saya juga bisa menstimulasi indra keseimbangan.

Kota Kidzooona              
Kota kidzooona merupakan daerah paling luas diantara area bermain yang lain. Dan yang paling menarik. Kenapa? Karena diarea ini anak bisa bermain peran. Banyak sekali peran yang bisa dimainkan disini. Misalnya mengirim surat lewat POS, bermain memasak didapur, belanja sayur dan buah di minimarket, berjualan kue dan roti, penjual sushi, dan lainnya. Di area ini anak juga dikenalkan beragam profesi misalnya saja polisi, pemadam kebakaran, dan dokter.





Semua permainan peran ini dilengkapi dengan perangkat sesuai dengan tema profesinya masing-masing. Misalnya saja pemadam kebakaran, dilengkapi dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), baju anti api beserta topi layaknya sang pemadam kebakaran yang ingin melenyapkan api. Dan ada target api yang merupakan api buatan dan bisa menyala juga bisa mati dengan sendirinya. Keren banget khan?



Air Slider
Merupakan area perosotan yang meluncur  lurus, tanpa meliuk. Area ini bisa menstimulasi keseimbangan tubuh anak.

Untuk Mama yang membawa bayi tidak perlu khawatir. Karena ada area khusus bayi untuk usia 0-18 bulan. Semua permainan disesuaikan dengan tubuh bayi. Perosotan pun dibikin mini. Dan ada mandi  bola mini juga. Diarea banyak disediakan buku anak.



Area permainan bayi juga gabung dengan ruang menyusui. Ruang menyusuinya sangat nyaman karena dilengkapi dengan sofa empuk. Dibagi menjadi tiga bilik, setiap bilik dilengkapi cairan antiseptik pencuci tangan dan tisu. Untuk Mama yang pumping juga sangat nyaman.



Ada juga area makan, jadi ketika anak capek bermain dan lapar bisa duduk diarea ini. Semua perlengkapan boleh dibawa masuk atau jika bawaannya berat bisa dititipkan diloker yang disediakan disebelah kasir. Termasuk stoller. 

Kekurangan Kidzooona menurut saya :
Terlalu rame suara musik dan suara pengeras suara dari mbak-mbak yang membuat games untuk anak. 

Tips mama Luigi saat bermain di Kidzooona :
Ikutlah bermain bersama anak. Fokuslah bermain bersamanya. Karena disini adalah tempat yang bagus banget buat meningkatkan bonding bersama anak. Jika anak bermain track udara dan melompat, ikutlah melompat, bahkan melompatlah dengan semangat.
Jika bermain peran, ikutlah bermain. Entah menjadi pembeli atau penjualnya. 

Karena disana saya melihat banyak orangtua bahkan suster yang lepas tangan sama anak. Anak banyak bermain sendiri, dan banyak saya temukan Ibu yang memilih mojok untuk fokus pada gawainya. Kalau buat saya sih, sayang banget. Ini menurut saya sih. Walaupun ada satu dua Ibu yang nemenin anaknya bermain, tapi bisa dihitung dengan lima jari tangan.

Kecuali jika anak sudah besar dan sudah bisa bermain secara berkelompok. Dia bisa main bareng dengan anak yang lain. Tapi usia dua tahun seperti Luigi pasti masih fokus bermain individu. Siapa lagi yang bisa "nyambung" bermain sama dia kalo bukan saya, mamanya.

Jika ingin memotret anak untuk kenang-kenangan ya foto aja. Tapi khan tidak memotoi terus menerus setiap yang anak lakukan. Yang lebih penting adalah banyaknya waktu yang kita gunakan untuk bermain bersama anak.

Dan datanglah bukan saat weekend karena seperti yang kami rasakan, sungguh rame hari itu. Apalagi pendamping juga ikutan masuk, jadi malah riweh melihat banyak orang lalu lalang.

Saya membayangkan jika kesini saat sepi, sungguh menyenangkan sekali. Bermain peran bersama Luigi bisa lebih maksimal. 

Tertarik ajak anak bermain ke Kidzooona? Datang aja ke Plaza Tunjungan 6 Surabaya. Dijamin anak dan Mama lupa waktu hehe :D



Info untuk Mama yang diluar Surabaya, Kidzooona juga ada di Jabodetabek dan Bandung.

1 komentar :

  1. Wah, mirip-mirip kidzania di Jakarta ya mba.. keren dan edukatif. Bagus banget buat anak-anak ��

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates