Selasa, 26 Desember 2017

Belanja Tanpa Nyampah, Buang Sampah Dapat Hadiah

Kehidupan kita tidak pernah lepas dari sampah. Apalagi sampah plastik. Cobalah kita tengok perlengkapan kita mulai sabun mandi, sabun cuci, shampo, pasta gigi yang pasti dikemas dengan bahan plastik. Sementara masih banyak diantara masyarakat yang tidak mau repot untuk memilah sampah plastik. Semuanya dimasukkan dalam satu bak sampah. Selesai. Benar saja, sebanyak 65,8 juta ton sampah dihasilkan di Indonesia setiap tahun karena tingkat pemilahan sampah di masyarakat yang masih rendah. Bahkan Indonesia menyumbang 1,29 MMT (million metric tons) sampah plastik ke laut setiap tahun.

Melihat masalah pelik ini, PT Unilever bekerja sama dengan Hypermart mengkampanyekan "Belanja Tanpa Nyampah, Pilah Sampah itu Mudah". Tanggal 2 Desember 2017 rekan blogger dan rekan media hadir di Hypermart Pakuwon Mall, kami dikenalkan cara memilah sampah dengan sangat mudah.



Maya Tamimi selaku Head of Environment and Sustainability dari Yayasan Unilever Indonesia menyatakan “Unilever merasa perlu menggandeng banyak pihak salah satunya ritel seperti Hypermart untuk sama-sama menggalakkan edukasi mengenai pentingnya pilah sampah ditataran rumah tangga”.

dropbox untuk membuang sampah plastik

Caranya dengan mengajak konsumen untuk memilah sampah dirumah dan menyalurkan ke dropbox yang ada di ritel Hypermart. Dengan memasukkan ke dropbox Hypermart kita akan berkesempatan mendapatkan hadiah. Seperti ini caranya :

Setiap hari Senin-Sabtu di Media Sosial
Kumpulkan sampah kemasan apapun
Foto dengan pose memasukkan sampah ke dropbox
Upload foto ke Instagram, dengan caption berisi tips cara pilah sampah dirumah
Gunakan hastag #BelanjaTanpaNyampah
Mention/tag @UnileverIDN dan @hypermart_id
Pemenang akan dipilih setiap bulan berdasarkan foto dan tips yang paling menarik

Setiap hari Minggu di Dropbox
Kumpulkan 5 sampah kemasan kosong Unilever
Masukkan ke dropbox
Isi form penukaran hadiah dan akan mendapat hadiah berupa hand towel, pouch tresemme, piring atau tumbler.
Jika memasukkan 5 kemasan plastik Unilever beserta membeli produk Unilever seharga Rp. 30.000 akan mendapatkan tas dave, tas blue band atau tas hasil daur ulang sampah plastik lainnya.



Menariknya program “Zero Waste From Nature” ini akan berlangsung antara bulan Desember 2017 hingga Februari 2018 di Hypermart terpilih yakni Hypermart Pakuwon Mall, Hypermart Sidoarjo dan Hypermart East Coast Surabaya. Sampah yang dikumpulkan konsumen tersebut akan disalurkan ke jaringan Bank Sampah binaan Unilever yang nantinya akan disalurkan ke industri daur ulang. Khusus materi plastik fleksibel (plastik sachet dan pouch) akan menjadi materi untuk pabrik CreaSolv. Diawal tahun 2017, Unilever telah membuat terobosan Craesolv Process, sebuah teknologi pertama di dunia yang mampu mendaur ulang plastik fleksibel kembali menjadi bahan baku kemasan sachet dan pouch.



Unilever secara global telah berkomitmen untuk mengurangi berat kemasan produknya hingga sepertiganya pada tahun 2020. Dan meningkatkan penggunaan konten plastik daur ulang di kemasannya minimal 25% di 2025. Selain itu, Unilever juga menargetkan seluruh kemasan plastiknya akan dapat didaur ulang, digunakan kembali atau diurai di 2025.

"Kami berharap program kerjasama ini dapat meningkatkan kesadaran semua pihak untuk bersama-sama mengatasi permasalahan sampah dengan mulai memilah sampah dari tataran rumah tangga hingga instansi dan industri," tutup Maya.

Yuk, buang sampah produk Unilever ke dropbox Hypermart. Siapa tau beruntung dapat hadiah menarik :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar