Senin, 10 Agustus 2015

suatu pagi ke 2 dokter

Iyes, seperti judulnya. Pagi kemarin senin, 10 Agustus 2015 aku ke 2 dokter secara berurutan. Hah? Ngapain? Jadi gini ceritanya, sebagai warga negara biasa aku juga ingin menikmati fasilitas BPJS. Pengen banget!. Selama hamil khan cuma sekali ke Obgyn. Itupun statusnya pasien umum. Entah hari ini aku pengen ke Obgyn dengan pakai kartu BPJS yang kebanyakan nganggur di dompet. Jam 8 pagi aku ke klinik BPJS nya di Kartini Building. Alhamdulillah enggak antri. Syukur deh :)
Tapi mata aku agak terbelalak (dikit siih) dengan tulisan Gede di tembok klinik. Kira-kira bunyinya gini "Memint arujukan sendiri tidak dijamin, Rujukan harus karena ada indikasi media". Yaah padahal aku emang gak kenapa-kenapa. Cuman pengen aja ke Obgyn, di Usg, dikasih obat dll pakai Bpjs. Akhirnya pas aku masuk aku bilang gini ke dokternya "Oh gini dok, sy sedang hamil 10 minggu, obat dari obgyn sebelumnya udah habis, dan juga ini punggung saya sakit banget, trus perut juga kaku". (dalam hati semoga dengan bilang gini bisa dirujuk ke spesialis). Trus aku di suruh berbaring di kasur pasien. Perut di pegang, di tekan-tekan dikit, dan sampai akhirnya sang dokter klinik bilang "oh enggak apa-apa". Deg... firasat hati enggak nihh
Trus beliaunya nulis apa gitu yang ternyata aku disuruh ambil obat di apotik klinik. Dibilang kalau obat ini diminum saat nyeri. Trus dikasih vitamin juga. Entahlah vitamin yang kandungannya apa -_- . "Maaf dok, bukannya enggak percaya, tapi aku pengen ke spesialis" (dalam hati). Oh akhirnya dengan lemas kaki aku ke apotik dan mengambil obat yang cukup ditunggu enggak sampai 5 menit.



Enggak banyak mikir lagi, aku langsung menyalakan motor menuju RS. Semen Gresik. Langsung daftar ke pendaftaran pakai status "pasien umum" dan alhamdulillahnya yang praktek Dr. Maksum, Sp.OG. Padahal masih pagi banget ya, tapi aku udah dapat nomer antrian 14. Woww lamaaa nih pikirku. Trus aku nekat ngantri aja di barisan pasien kandungan yang lain. Kenal dengan seorang ibu yang udah hamil 7 bulan, dan ternyata pas hamil beliau ada Toxoplasma di dalam tubuhnya. Sehingga selama kehamilannya selalu terapi terus dan mengkonsumsi obat yang enggak murah. Hmm... Dan ada seorang ibu di pinggirku nanya ke aku
"ke dokter sendirian mbak?"
"iya bu, suami lagi kerja"
"loh harusnya ngajak suaminya mbak, biar suami juga tau perkembangan anaknya di dalam"
"oh iya bu, sedang repot" sambil aku senyum

Kupikir-pikir bener juga ya, kalau adit tau khan bisa sama-sama lega, sama-sama tau prosesnya. Langsung deh aku sms adit. Dan blsnya bentar ya ada deadline. Yah aku pasrah deh. Sampai akhirnya pas aku masuk ruangan, dia udah di depan ruangan dokter. Alhamdulillah pas banget. Ketika ketemu dokternya langsung disuruh rebahan. Di USG dan si "ajun" alias adit junior ini umurnya udah 10 minggu 6 hari. Waktu kami lihat USG, kami tertegun ngelihat si ajun yang tangannya bergerak-gerak, tubuhnya udah kelihatan lengkap, "Hei, finally i see u ajun" :) dan dilihatin jantung nya berdetak kencang yang sepertinya lebih cepat dari detak jantung aku. Alhamdulillah terlihat kepala, tangan, kaki, dan kami melihatmu sejelas ini meski tinggimu 4 cm nak. Yeyyy. Tangannya bergerak cepat seakan nunjukin "Hi Ayah dan Ibu, aku udah bisa menyapamu, tunggu aku ya".

hello mami, Ajun umurya udah 10 minggu 6 hari di dalam ovennya mami :)

Setelah itu kami bertiga duduk, doker bilang air ketubannya normal, bayinya normal, ukurannya 4cm, lalu aku langsung memberondong dokter dengan pertanyaan-pertanyaan yang udah aku siapin sejak ngantri hehe.
Me : "Dok, haruskah minum obat penguat kandungan sementara sy tidak pernah punya riwayat flek?"
Dok : "Kalau kehamilan awal iya, tapi sekarang sudah enggak diperlukan lagi. Jadi tidak minum obat penguat kandungan lagi ya"
Me : "Dok, ciri bayi autis itu gimana ya, apa bisa di analisa sejak dalam kandungan?, saya jadi parno dok"
Dok : "Buat apa, itu nanti diambil cairan di dalam dan resikonya sangat besar. Kalau hidup di luar negeri seperti Amerika, kalau ketauan bayi cacat langsung dibuang. Tapi di Indonesia, bagaimanapun hasilnya harus dipertahankan"
Me : "Dok, sebab bayi autis atau down sindrom gitu emang kenapa ya, apa karena makanan?"
Dok : "Bukan dari makanan, tapi biasanya jika hamil dan melahirkan diatas umur 40 tahun, atau resiko tersebut akan jauh lebih besar jika hamil dan melahirkan di bawah umur 16 tahun"
Me : "Dok, bolehkan makan makanan yang di panggang, seperti sate misalnya?"
Dok : "Tidak apa-apa, asalkan masaknya matang agar kuman2 di dagingnya mati semua. Jadi bukan sate nya atau makanan yang dipanggang yang tidak boleh di konsumsi, tapi pastikan benar2 matang"
Me : "Dok, olahraga yang aman untuk bumil dengan kehamilan usia kayak saya?"
Dok : "Saya sarankan tidak olahraga dulu, karena usia kehamilan seperti ini saja harus banyak istirahat dan tidak boleh capek. Nanti kalau usia 7 bulan bisa ikut kelas kehamilan. Di RS Semen Gresik menyediakan kelas tsb.
Me : "Dok, wajibkah minum susu ibu hamil, bukankah dari makanan yang dikunyah itu jauh lebih baik?"
Dok : "Tergantung makanan apa yang sehari-hari dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika makanan yang dimakan tidak ada variasi, jarang makan buah dan sayur, hanya makan nasi dan lauk saja, maka minum susu hamil menjadi wajib. Karena biasanya susu hamil dirancang memenuhi semua kebutuhan gizi ibu hamil. Namun jika makan yang dimakan bervariasi, ada lauk, buah dan sayur makan tidak wajib minum susu hamil"
Me : "Dok, perlukah vitamin kalsium ya, karena teman sy sejak tau hamil sama dokternya dikasih kalsium"
Dok : "vitamin yang diberikan kepada ibu hamil itu ada fase atau tahapannya. Jika hamil awal, yang terpenting adalah asam folat karena membentuk otak janin. Baru kalau usia Ibu sekarang, maka sy tambahkan kalsium dan juga DHA. Jangan membandingkan dengan para Ibu hamil lain, bisa jadi beda resep dan vitamin karena berbeda kondisi"
Me : "Dok, kenapa sy hamil seperti enggak hamil, jarang mual, jarang pusing, jarang capek dan masih bisa aktifitas"
Dok : "90% orang hamil biasanya pasti mual, pusing, capek berlebihan. Tapi kondisi orang hamil juga tidak sama antara yang lain. Seperti kita melihat orang ada yang cantik ada yang tidak. Tapi khan tidak aneh jika melihat orang cantik meski misalnya jarang? Berarti anaknya kuat ya"
Me : "Dok, bolehkah orang hamil di usia kehamilan kayak sy, naik sepeda motor sendiri ya, selama ini sy sering PP surabaya gresik, kemarin juga ke Cerme PP sendiri, dan enggak kenapa-napa dok, enggak capek , enggak mual juga"
Dok : "tidak apa-apa berkendara motor asal hati-hati"
Hmm itu sedikit pertanyaan dari aku yang ternyata ada yang sampe sekarang aku sesalkan yakni engak sempet nanya "Apa orang hamil boleh sakit flu, bolehkah sekali-kali makan di luar yang pastinya ada Msg nya" Dan pertanyaan itu penting menurut aku ya. Semua pertanyaan tadi dijawab singkat padat jelas.. Iya antrii nya panjang sih nih dokter.

Alhamdulilah pagi ini bisa USG dan konsultasi dengan Obgyn didampingi adit. Trus antrian obatnya aku tinggal karena harus balik kerja kami berdua. Di kantor, setelah shalat dhuhur aku nangis.

Ya allah betapa ajaib hal yang kualami pagi ini. Betapa indahnya hidupku hari ini. Aku melihat kehidupan di dalam tubuhku. Yang tangannya bergerak-gerak, menyapaku, dan itu bisa aku lihat meski ukurannya masih kecil.

Hei Ajun si Adit Junior, kesayangannya mimo dan bibo... kesayangan Ibu banget. Terimakasih sudah ada di dalam hidup Ibu di usia 25 tahun ini. Meski berat badan Ibu naik 2 kg jadi 50kg, tapi Ibu senang dan enggak pernah terlintas dalam pikiran Ibu kalau Ibu bakal jadi aneh karena badan melar kesana kemari. Yang Ibu pikirkan asal Ajun sehat. Oia, Ibu jadi pemakan segala sekarang. Ajun hebat ya, enggak pernah nyusain Ibu, gak pernah rewel, padahal diajak kemana-mana sama Ibu. Diajak keliling berjuang sama Ibu. Oia nak hari ini Ibu dapat suplemen baru buat kamu, dari dokter Maksum namanya kak. Kalau sebelum nya Ibu dikasih obat penguat kandungan yang namanya Presmaston 5 Allylestrenol dan asam folat yg namanya Folavit Folic Acid 400 di awal kehadiran mu, kalau yang di umur mu yang sudah 10 minggu 6 hari beda lagi kak. Yang ini vitamin DHA namanya Nulacta dan vitamin Kalsium namanya Elkana. Semua obat diatas memang sedikit mahal hehe :). Tapi untukmu, Ibu rela meninggalkan fasilitas obat BPJS. Yeyy, sehat terus ya kesayangannya mimo. Insyaallah kami, orangtuamu juga berusaha yang terbaik demi menyiapkan bertemu denganmu kakak :)

yang harus kita minum untuk 30 hari kedepan

nama sementara ku Ajun hihihi
Tidak ada komentar: